>

26 Obat Panas Dalam dari Bahan Alami dan Apotik Paling Ampuh

obat panas dalam alami

Obat Panas Dalam – Banyak yang menganggap kalau panas dalam itu sebuah penyakit. Padahal, istilah panas dalam dalam dunia medis hanyalah menggambarkan suatu kondisi seseorang yang merasakan panas berlebihan. Istilah panas dalam diperkenalkan pertama kali oleh bangsa Tiongkok.

Sejak berabad-abad yang lalu para tabib Tiongkok percaya kalau dalam tubuh manusia terdapat keseimbangan yang disebut dengan Yin dan Yang. Apabila suhu tubuh tidak seimbang, karena terlalu panas misalnya, maka kita pun akan mengalami yang namanya gejala-gejala panas dalam.

Ketika muncul berbagai gejala panas dalam seperti sakit tenggorokan, sariawan, bibir kering, lemas, dan sembelit (susah BAB), Anda mungkin langsung mengonsumsi obat panas dalam atau minuman penyegar di toko. Padahal, panas dalam itu bukanlah sebuah penyakit yang harus disembuhkan dengan obat kimia.

Oleh sebab itu, dari pada merusak ginjal karena terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan kimia, lebih baik atasi dulu dengan bahan alami. Karena termasuk alami, tentunya obat panas dalam ini tidak akan menimbulkan efek samping berbahaya. Langsung saja berikut beberapa obat panas dalam alami terbaik.

Obat Panas Dalam dari Bahan Alami Paling Ampuh

Langkah pertama dalam mengobati panas dalam ialah mengetahui dulu gejala panas dalam mana yang sedang Anda alami. Apakah sariawan, sakit tenggorokan, atau justru bibir pecah-pecah. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengobatan agar tepat sasaran.

1. Berkumur air garam

obat panas dalam alami
Obat panas dalam dengan air garam

Obat panas dalam sebenarnya cukup simpel sekali. Salah satunya Anda bisa berkumur dengan menggunakan air garam. Berkumur dengan larutan garam dapat membantu meredakan gejala panas dalam seperti sakit tenggorokan dan sariawan. Selain itu, ramuan ini juga sering digunakan sebagai salah satu obat sakit gigi berlubang karena dapat meredakan nyeri.

Cara mengobati panas dalam dengan air garam:
  • Siapkan segelas air putih hangat dan campur dengan dua sendok teh garam.
  • Untuk mengobati radang tenggorokan, berkumurlah dengan mendongak. Sedangkan untuk menyembuhkan sariawan, Anda bisa berkumur diarea yang sakit.
  • Lakukan selama 30-40 detik kemudian buang airnya. Bila perlu lakukan lagi agar hasilnya lebih optimal.

2. Ampas teh celup


obat panas dalam alami
Obat panas dalam dengan ampas teh

Apakah Anda suka minum teh? Mulai sekarang jangan buang ampasnya ya. Dalam ampas teh terkandung senyawa antibakterial yang dapat membantu menyembuhkan sariawan dan gusi berdarah. Kandungan ini akan bekerja dalam melawan kuman penyebab sariawan ataupun gusi berdarah. Caranya langsung saja simak tutorial berikut ini.

Cara mengobati panas dalam dengan ampas teh:
  • Masukkan ampas teh yang sudah diseduh dalam freezer selama 10-15 menit.
  • Setelah dingin, tempelkan kantung teh tadi ke bagian sariawan Anda selama beberapa menit.
  • Sifat penyembuh dan suhu dingin dari ampas teh akan membantu mempercepat proses pemulihan sariawan.

3. Air kelapa muda

obat panas dalam alami
Obat panas dalam dengan air kelapa muda

Salah satu penyebab panas dalam ialah kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi. Untuk mengatasinya Anda bisa mengonsumsi air kelapa muda. Air dari kelapa mengandung senyawa elektrolit yang mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang ketika dehidrasi. Meskipun setelah meminumnya tidak langsung sembuh, tapi air isotonik ini dapat mengembalikan kesegaran tubuh kita.

Cara mengobati panas dalam dengan air kelapa:
  • Sebetulnya Anda bisa langsung mengonsumsi air kelapa muda. Namun agar hasilnya maksimal saya sarankan untuk menambahkan madu alami.
  • Minumlah secara rutin minimal 3x sehari dalam waktu sebulan. Kalau panas dalam Anda tidak cukup parah, biasanya dalam seminggu sudah sembuh.

4. Kacang hijau


obat panas dalam alami
Obat panas dalam dengan kacang hijau

Kacang ijo merupakan sumber protein nabati, vitamin (A, B1, dan C), serta beberapa mineral alami. Kelebihan kacang hijau ialah adanya vitamin E tinggi yang tidak ditemukan di jenis kacang lain seperti kacang tanah dan kacang kedelai.

Ada banyak sekali manfaat kacang hijau yang bisa kita peroleh. Menurut Drs. Didik Gunawan, Apt. S.U, dosen Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta, kacang hijau bermanfaat sebagai peluruh batu ginjal, obat sakit perut, maag, menambah nafsu makan, meningkatkan gairah se’ks, dan mengobati panas dalam.

Cara mengobati panas dalam dengan kacang hijau:
  • Sediakan 1/4 kg kacang hijau dan air panas secukupnya.
  • Keringkan kacang hijau dibawah sinar matahari. Setelah itu tumbuk sampai halus.
  • Seduh tumbukan kacang ijo tadi dengan air hangat secukupnya.
  • Minumlah sari kacang hijau ini secara rutin setiap pagi hari.

5. Lemon dan madu

obat panas dalam alami
Obat panas dalam lemon madu

Lemon dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin inilah yang berkhasiat untuk mengembalikan kekebalan tubuh kita. Jika imun tubuh semakin membaik maka akan semakin cepat pula proses penyembuhan panas dalam. Apalagi jika dikombinasikan dengan madu, maka ia akan menjadi obat panas dalam yang paling mujarab. Berikut caranya.

Cara mengobati panas dalam dengan lemon dan madu:
  • Sediakan satu buah lemon segar dan madu seperlunya.
  • Campur madu dengan perasan lemon tadi hingga merata.
  • Tambahkan sedikit air hangat lalu minum. Sedangkan untuk sariawan, Anda bisa menggunakan ramuan ini untuk berkumur.

6. Rambut jagung muda


obat panas dalam alami
Obat panas dalam rambut jagung

Dilansir dari step to health, rambut jagung muda memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satunya ia mengandung antiseptik yang dapat membantu menyembuhkan panas dalam. Bahkan bila dikonsumsi secara rutin, rambut jagung juga bermanfaat untuk menjaga mulut dan tenggorokan tetap sehat secara alami. Langsung saja coba berikut ini.

Cara mengobati panas dalam dengan rambut jagung:
  • Sediakan satu genggam rambut jagung muda yang masih segar.
  • Rabus rambut jagung tadi dengan 3 gelas air hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas saja.
  • Agar rasanya tidak hambar silahkan tambahkan madu atau gula batu.
  • Minumlah air rebusan tersebut secara rutin minimal 1x sehari sampai panas dalam sembuh.

7. Lobak putih

obat panas dalam alami
Obat panas dalam lobak putih

Orang juga sering menyebutnya dengan lobak China. Lobak putih sudah dikenal sebagai obat tradisional oleh bangsa China sejak 500 SM. Ternyata ia memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, termasuk salah satunya menyeimbangkan suhu tubuh yang nantinya dapat mengatasi panas dalam. Selain itu, ia juga kaya akan kandungan serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

Cara mengobati panas dalam dengan lobak putih:
  • Kupas sebanyak 2 lobak putih berukuran sedang lalu cuci sampai bersih.
  • Potong ukuran dadu kecil-kecil kemudian haluskan dengan blender.
  • Tambahkan air secukupnya dan bila ada madu sedikit saja.
  • Minumlah jus lobak tersebut minimal sehari satu kali untuk mengusir panas dalam. Biasanya hanya dalam 2-3 kali konsumsi panas dalam akan sembuh.

8. Telur ayam kampung dan madu


obat panas dalam alami
Obat panas dalam telur ayam kampung

Telur ayam kampung merupakan sumber asam amino essensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Dalam tubuh asam amino berperan dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap selalu fit serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, terutama akibat suatu gangguan seperti panas dalam.

Biasanya orang jaman dulu menenggak langsung telur ayam kampung sebagai jamu. Saya sendiri juga pernah mencobanya, dari rasa mungkin sangat amis ya, tapi setelah itu badan akan terasa lebih bugar seperti setelah bangun tidur.

Cara mengobati panas dalam dengan telur ayam kampung:
  • Pecah satu telur ayam kampung kemudian pisahkan dengan putihnya.
  • Tenggak langsung kuning telur tersebut. Lalu langsung minum satu sendok makan madu agar rasa eneg menjadi hilang.

9. Kencur

obat panas dalam alami
Obat panas dalam dengan kunir

Obat panas dalam selanjutnya ialah kencur. Rempah asli Asia ini memiliki kandungan mineral alami dalam bentuk antibiotik yang bisa membunuh bakteri gejala panas dalam. Kencur sangat cocok dijadikan sebagai obat sariawan dan radang tenggorokan. Berikut tutorial membuatnya.

Cara mengobati panas dalam dengan kencur alami:
  • Sediakan kencur berukuran 3-4 ibu jari
  • Berikutnya kupas, cuci bersih, dan parut kencur sampai halus.
  • Campurkan bersama dengan 1 gelas air hangat.
  • Minumlah ramuan obat panas dalam ini secara rutin sebelum tidur.

10. Sari tebu hijau

obat panas dalam alami
Obat panas dalam dengan tebu

Dilansir dari merdeka.com, air tebu mengandung senyawa elektrolit yang dapat menurunkan panas tubuh dan menghidrasi tubuh dari kekurangan cairan. Seperti kita ketahui bersama, dehidrasi merupakan salah satu penyebab panas dalam yang sering ditemui terutama saat musim seperti sekarang ini.

Namun selain bermanfaat sebagai obat panas dalam, sari tebu juga bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dan vitamin dalam tubuh. Jadi, bisa dikatakan air tebu merupakan minuman yang multifungsi. Bagi Anda yang penasaran langsung saja simak cara membuatnya berikut ini.

Cara mengobati panas dalam dengan air tebu:
  • Ambil beberapa batang tebu yang masih hijau dan segar.
  • Kupas kulitnya dan bersihkan. Setelah itu peras batang tebu tadi sampai menghasilkan banyak air.
  • Minumlah air sari tebu ini secara rutin minimal satu kali sehari.

11. Jus mentimun


obat panas dalam alami
Obat panas dalam dengan jus mentimun

Mentimun mengandung tiga vitamin pokok yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Vitamin A, B, dan C yang terkandung didalamnya tersebut dapat membantu mengembalikan sistem imun yang melindungi tubuh sehari-hari.
Untuk memperoleh hasil maksimal, mentimun juga bisa dijus bersama dengan wortel dan bayam. Namun sebaiknya mentimun tidak dikupas, karena bagian kulit mengandung 12 persen vitamin C yang dibutuhkan tubuh sehari-hari.

Cara mengobati panas dalam dengan jus mentimun:
  • Cuci bersih mentimun, wortel, dan bayam (opsional) sampai bersih.
  • Masukan semua bahan tadi kedalam blender tanpa menambahkan air sedikitpun.
  • Haluskan semua bahan sampai tercampur merata. Bila ada, tambahkan sedikit madu alami agar jus nantinya memiliki rasa nikmat.
  • Minumlah jus mentimun ini secara rutin minimal sehari sekali. Biasanya dalam 2-3 kali konsumsi saja panas dalam yang Anda alami sudah sembuh.

12. Jeruk


obat panas dalam alami
Obat panas dalam dengan jeruk 

Munculnya gejala panas dalam seperti sariawan salah satunya juga bisa disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C. Nah untuk memenuhinya Anda bisa mengonsumsi buah jeruk. Seperti kita tahu bersama buah jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik yang sangat disarankan untuk penderita panas dalam.

Untuk gejala panas dalam seperti sariawan dan bibir pecah-pecah, Anda bisa menempelkan jeruk ke bagian yang bermasalah secara langsung. Sedangkan untuk panas dalam seperti radang tenggorokan silahkan konsumsi jus jeruk. Khasiatnya akan semakin terasa apabila meminumnya setelah sarapan.

13. Buah jambu biji

obat panas dalam alami
Obat panas dalam dengan jambu biji

Dulu saya sudah pernah membahas lebih detail mengenai manfaat jambu biji. Ternyata selain membantu menangani gejala demam berdarah, jambu biji juga mengandung vitamin C yang dapat menyembuhkan panas dalam berlebihan. Bahkan kandungan vitamin C jambu biji dua kali lipat lebih besar dari buah jeruk.

Menurut penelitian, 100 gram daging buah jambu biji mengandung 180 gram vitamin C. Kadar vitamin inilah yang menjadikan jambu biji sebagai buah penambah daya tahan tubuh terbaik saat ini. Namun selain itu, ia juga diperkaya serat yang dapat mengobati sakit perut akibat diare kronis. 

14. Buah kiwi


obat panas dalam alami
Obat panas dalam dengan buah kiwi

Satu lagi sumber vitamin C yang dapat kita gunakan sebagai obat panas dalam. Yup, buah kiwi. Jika dibandingkan dengan jeruk sebetulnya buah kiwi mengandung vitamin C lebih tinggi. Tapi karena sulit ditemukan di pasaran, sehingga buah ini kalah populer dibandingkan dengan jeruk dan jambu.

Tahukah Anda kalau buah kiwi masuk kedalam daftar makanan paling aman dikonsumsi saat ini? Ya, sejak tahun 2012 lalu buah kiwi masuk dalam top 10 makanan yang paling aman dari residu pestisida. Selain itu, buah ini juga masuk dalam jajaran buah dengan antioksidan yang mampu mengatasi radang tubuh.

Kandungan nutrisi lain yang bisa kita peroleh dari buah kiwi ialah karbohidrat, protein, vitamin B1, B2, B3, B6, E, K, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, natrium, seng dan juga kalium. Masing-masing nutrisi tersebut tentu memiliki manfaatnya tersendiri. Anda bisa membaca manfaat kiwi disini.

15. Buah mangga


obat panas dalam alami
Obat panas dalam dengan buah mangga

Mangga mengandung vitamin C sebesar 27,7 gram. Dengan kandungan vitamin C tinggi tersebut mangga bisa menjadi salah satu solusi jika kita mengalami panas dalam. Namun selain berkhasiat untuk panas dalam, mangga juga menjadi buah penurun kolesterol tinggi dalam tubuh. Jadi, sekali konsumsi Anda akan mendapatkan dua manfaat kesehatan sekaligus dari buah mangga ini.

16. Buah delima

obat panas dalam alami
Obat panas dalam dengan buah delima

Meskipun sudah lama dikembangkan di dataran Mediterania, para ahli memperkirakan bahwa buah delima berasal dari Iran. Terlepas dari asalnya, buah delima mengandung potasium yang cukup tinggi. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A, C, dan E sekaligus asam folik yang dapat menyeimbangkan suhu tubuh yang sedang tidak stabil.

Dalam 100 gram buah delima mampu menyajikan 30 gram vitamin C bagi tubuh. Sehingga buah ini sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang mengalami gejala panas dalam.

17. Buah strawberry


obat panas dalam alami
Obat panas dalam dengan stroberi

Satu lagi buah yang bisa mengobati panas dalam. Ya, buah strawberry. Buah ini dikatakan berkhasiat karena ia mengandung sejumlah vitamin dan mineral seperti vitamin A, B, dan C, asam folat, kalsium, betakaroten, serta masih banyak lagi. Tidak hanya berguna untuk mengobati panas dalam saja, tapi kandungan tersebut juga bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, terutama usus besar.

18. Banyak minum air putih

obat panas dalam alami
Obat panas dalam dengan banyak minum

Dehidrasi menjadi penyebab paling sering seseorang mengalami panas dalam. Oleh sebab itu, sebaiknya mulai sekarang penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Para ahli menyarankan agar kita minum paling tidak 2-3 liter dalam sehari, atau sekitar 8-10 gelas air putih.

Agar tidak terasa mual Anda bisa membaginya menjadi beberapa sesi. Misal pagi 2 gelas, siang 3 gelas, sore 2 gelas, dan malamnya 1 gelas. Menjaga keseimbangan cairan berarti juga menjaga keseimbangan suhu dalam tubuh Anda.

19. Istirahat yang cukup


obat panas dalam alami
Obat panas dalam dengan istirahat cukup

Istirahat dapat membantu memulihkan kondisi tubuh yang kurang fit akibat panas dalam. Jika sistem imun tubuh meningkat, maka secara otomatis gejala panas dalam seperti sariawan, bibir pecah, dan sakit tenggorokan pun akan segera sirna.

Idealnya kita disarankan untuk tidur sehari paling tidak 8-10 jam. Setiap orang tentu memiliki jam tidurnya masing-masing. Yang jelas mulai sekarang kurangi begadang dan bila perlu jadwalkan untuk tidur siang walaupun sebentar.

20. Periksakan diri ke dokter


obat panas dalam alami
Obat panas dalam dengan periksa dokter

Setiap orang akan memperoleh hasil yang berbeda-beda setelah menerapkan cara-cara diatas. Ada yang tiga hari sembuh, bahkan ada yang sampai semingguan. Namun jika dalam waktu empat hari tidak lekas membaik, ada baiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Terutama jika hal ini terjadi pada anak-anak, tentu Anda harus lebih waspada.
Panas dalam yang dibiarkan dapat berubah menjadi fatal. Meski tak seganas penyakit lainnya, tapi panas dalam bisa saja merenggut nyawa. Oleh sebab itu, agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan sebaiknya lakukan penanganan sejak sedini mungkin. Bila perlu, periksakan diri ke dokter sesegera mungkin.

Obat Panas Dalam di Apotik yang Aman Dikonsumsi

obat panas dalam alami apotik
Obat panas dalam di apotik terbaik

Tidak semua obat panas dalam apotik itu berbahaya. Beberapa dibuat dari bahan alami sehingga aman dikonsumsi oleh segala usia, terutama anak-anak dan ibu hamil. Berikut beberapa obat panas dalam di apotik yang bisa Anda coba.

1. Larutan Cap Kaki Tiga Anak: Harga Rp. 5.500;-
2. Larutan Cap Kaki Tiga Dewasa: Harga Rp. 6.500;-
3. Alangsari Plus: Harga Rp. 7.700;- per dos
4. Jesscool: Harga Rp. 2.500;- per pcs
5. Adem Sari: Harga Rp. 2.000;- per pcs
6. Enkasari: Harga Rp. 25.000;- per botol

Note: harga obat panas dalam diatas mungkin akan berbeda di tempat Anda. Karena memang setiap apotik mematok harga yang berbeda-beda.

Itulah ulasan lengkap mengenai obat panas dalam baik dari bahan tradisional ataupun obat modern saat ini. Apabila ada pertanyaan seputar pembahasan diatas langsung saja sampaikan di kolom komentar bawah. Jangan lupa share bila artikel diatas berguna bagi Anda. Karena pepatah berkata keajaiban itu berawal dari kita yang suka berbagi terhadap sesama. Salam.


Selanjutnya: obat sariawan terbaik

Artikel Terkait