>

14 Obat Sakit Perut Melilit Alami untuk Anak dan Orang Dewasa Paling Ampuh

obat sakit perut alami
Obat Sakit Perut – Bagi anda yang sering mengalami sakit perut, mungkin artikel tentang obat sakit perut melilit berikut akan sangat berguna. Sakit perut merupakan sebuah tanda tidak beresnya pencernaan kita. Kondisi sakit perut dapat muncul kapan saja tanpa melihat waktu. Tentu ketika sakit ini muncul rasanya jadi tidak karuan, apalagi ketika anda sedang menjalani acara penting.

Setiap orang memiliki sifat pencernaan yang berbeda-beda. Ada yang mudah mengalami diare atau mencret, serta ada pula yang justru kebal terhadap mencret meskipun banyak mengonsumsi sambal. Namun selain makanan pedas, ada beberapa penyebab sakit perut lain yang harus anda waspadai. Bisa jadi sakit perut yang anda alami merupakan tanda penyakit berbahaya dalam tubuh.

Penyebab Sakit Perut

Sakit perut karena penumpukan gas

Ini merupakan penyebab sakit perut paling umum dialami seseorang. Penyebabnya ialah adanya penumpukan gas di perut. Gas dapat terbentuk ketika ada bakteri yang berfermentasi dengan karbohidrat yang tidak tercerna oleh usus halus. Beberapa penyebab terbentuknya gas antara lain:
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan berserat tinggi
  • Menelan banyak udara. Ketika makan ataupun minum udara bisa ikut masuk kedalam perut
  • Alergi terhadap makanan tertentu, misalnya susu dan gluten
  • Karena kondisi kesehatan tertentu seperti sembelit, divertikulosis, dan sejenisnya
  • Kelebihan gas juga menjadi pertanda gejala pertumbuhan bakteri abnormal dalam usus halus. Biasanya penderita diabetes sering mengalami hal ini
  • Timbulnya rasa sakit perut disebabkan karena gas-gas tersebut tidak dikeluarkan. 
Beberapa ciri dari jenis sakit perut ini antara lain:
  • Anda buang gas terus menerus baik itu sadar ataupun tanpa sadar
  • Rasa sakit perut yang tajam dan kadang disertai dengan kram
  • Perut kembung dan terasa kencang
  • Sakit perut melilit tak tertahankan.

Sakit perut karena usus buntu

obat sakit perut alami


Usus buntuk merupakan sebuah penyakit yang terjadi karena adanya infeksi di bagian apendiks yang termasuk perpanjangan dari usus besar. Ciri utama sakit perut karena usus buntu adalah sakit yang terjadi di bagian kanan bawah perut.

Tetapi rasa sakitnya tidak serta merta terjadi di bagian bawah. Mula-mula rasa sakit terjadi di bagian atas tapi tidak terlalu sakit, kemudian lama-kelamaan semakin sakit dan berpusat di bagian kanan bawah. Selain sakit perut, juga disertai dengan mual, tidak nafsu makan, dan muntah-muntah.

Sakit perut karena batu ginjal

Bila anda menderita batu ginjal, gejalanya mungkin akan baru muncul ketika batu tersebut bergerak menuju ke bagian saluran kemih. Gejala dari sakit batu ginjal antara lain:
  • Sakit terjadi di bagian belakang dan samping perut terutama bawah rusuk
  • Sakit yang menyebar di bagian bawah perut hingga selangkangan
  • Rasa sakit muncul seperti gelombang dengan intensitas semakin meningkat
  • Rasa sakit ketika buang air kecil dengan urin yang berwarna merah, merah muda, dan coklat.
Note: jika anda mengalami gejala sakit perut seperti pada usus buntu dan batu ginjal sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Namun untuk sakit perut yang disebabkan karena gas, silahkan atasi dengan obat sakit perut alami berikut.



Obat Sakit Perut Alami untuk Anak dan Orang Dewasa

1. Obat sakit perut dari Oralit

Obat sakit perut mencret

Oralit merupakan larutan yang dipakai untuk mengobati mencret atau diare. Oralit diberikan untuk menggantikan cairan dalam tubuh yang terbuang ketika kita terkena diare. Karena biasanya penderita diare mengalami dehidrasi berat.

Komposisi dari oralit antara lain natrium klorida, kalium klorida, glukosa anhidrat dan natrium bikarbonat. Obat sakit perut mencret ini banyak dijual di apotik dengan berbagai merek seperti Corsalit, Bioralit, Aqualyte, dan sebagainya.

Namun kali ini anda tidak perlu membelinya. Karena sebenarnya oralit bisa dibuat sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Simak berikut ini.
  • Sediakan garam, gula, dan air hangat seperlunya
  • Campurkan semua bahan yang sudah disiapkan tadi sampai larut
  • Minum obat diare tersebut secara teratur 3x sehari agar segera sembuh.

2. Obat sakit perut dari Jahe


obat sakit perut anak

Sudah sejak dulu jahe dijadikan sebagai salah satu obat tradisional berbagai penyakit. Baru-baru ini, penelitian membuktikan kalau jahe mengandung senyawa zingiberin dan gingerol yang berkhasiat membunuh bakteri penyebab sakit perut.

Selain itu, sifat anti-inflamasinya juga dapat membantu mengurangi nyeri akibat sakit perut. Cobalah untuk memasukan potongan jahe ke teh hangat anda. Atau, anda juga bisa mengonsumsi wedang jahe secara rutin minimal 1x sehari.

3. Obat sakit perut dari Kunyit

Kunyit bisa anda andalkan untuk mengobati sakit perut yang disebabkan karena menstruasi. Dalam kunyit terkandung antibiotik dan anti-peradangan yang berkhasiat mengurangi rasa nyeri yang muncul akibat sakit perut. Sama halnya dengan jahe, kunyit juga sudah digunakan oleh nenek moyang sejak dulu kala.

Cara mengatasi sakit perut dengan kunyit:
  • Siapkan kunyit sebanyak 3 rimpang dan 10 gram asam
  • Cuci bersih dan kupas kunyit tersebut. Selanjutnya parut hingga halus
  • Peras parutan hingga menghasilkan sari kunyit. Rebus hasil perasan tadi dengan menambahkan 10 gram asam
  • Diamkan sebentar agar tidak terlalu panas. Selagi masih hangat minumlah minimal 2x sehari.
  • Baca selengkapnya mengenai manfaat kunyit disini
4. Obat sakit perut dari Jambu Biji

Jika anda sedang mencari obat sakit perut anak, jambu biji sangat disarankan untuk dikonsumsi. Jambu biji mengandung vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan penyerapan dalam usus, sehingga sangat pas bila dijadikan obat sakit perut akibat diare.

Anda bisa membuat jus buah jambu biji atau mengonsumsinya secara langsung. Jika dalam jangka waktu tiga hari sakit perut belum sembuh, konsumsilah air rebusan daun jambu biji muda minimal satu gelas sehari. Selain mengatasi sakit perut, jambu biji juga efektif untuk mengencangkan kulit alami.

5. Obat sakit perut dari Bawang Merah

Satu lagi obat sakit perut alami yang berasal dari bumbu dapur selain jahe dan kunyit. Yup, bawang merah. Bahan ini sangat cocok untuk mengatasi kembung pada anak yang menjadi pemicu sakit perut. Kandungan mint dalam bawang dapat mengeluarkan angin berlebihan yang ada dalam sistem pencernaan.

Cara menghilangkan sakit perut dengan bawang merah:
  • Sediakan 5 siung bawang merah dan minyak telon seperlunya
  • Haluskan bawang merah kemudian campur bersama minyak telon
  • Oleskan ke bagian perut yang bermasalah dan diamkan sampai meresap

6. Obat sakit perut dari Daun Cermai

obat sakit perut melilit
Dilansir dari situs vemale.com, daun cermai memiliki banyak kandungan bermanfaat. Antara lain seperti saponin, karbohidrat, flavonoid, tanin, polifenol, lema, dan juga serat. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengobati sakit perut, mengatasi sembelit, penawar gigitan racun serangga, dan merawat wajah secara alami. Langsung saja simak tutorialnya berikut ini.

Cara mengobati sakit perut dengan daun cermai:
  • Pertama sediakan 3 gram daun cermai dan setengah gelas air panas
  • Keringkan daun cermai tadi. Setelah itu tumbuk halus dan seduh dengan setengah gelas air panas
  • Minumlah ramuan herbal ini beserta ampasnya. Obat sakit perut tradisional ini aman dikonsumsi oleh anak-anak.

7. Obat sakit perut dari Daun Iler

cara mengatasi sakit perut

Selain daun cermai, anda juga bisa membuat obat sakit perut alami dari daun iler. Keduanya memiliki manfaat yang sama dalam mengobati perut sakit. Akan tetapi, daun iler ini sekarang cukup langka. Untuk mendapatkannya anda bisa berkunjung ke kebun-kebun herbal terdekat. Berikut cara mengolahnya.

Cara mengatasi sakit perut mules dengan daun iler:
  • Sediakan 6 lembar daun iler, garam, dan air hangat seperlunya
  • Cucilah daun iler untuk membersihkannya dari debu atau kotoran
  • Tumbuk daun iler hingga halus lalu tambahkan garam dan air hangat secukupnya
  • Saring airnya kemudian konsumsi sari daun iler secara rutin 1x sehari.

8. Akar bunga matahari

cara mengobati sakit perut

Tanaman matahari memiliki beragam manfaat. Bijinya bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah, mencegah serangan jantung, dan stroke. Sedangkan akar bunga matahari bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan sakit perut.

Hal ini dapat terjadi karena akar bunga matahari mengandung asam oleanolat, helianthoside A, B, dan C, quercimeritrin, serta asam echinocystat.

Cara menghilangkan sakit perut dengan akar bunga matahari:
  • Akar matahari kering ditumbuk halus. Kemudian seduh dengan setengah gelas air panas
  • Konsumsilah air seduhan akar bunga matahari tersebut 2-3 kali sehari. Anda juga bisa menambahkan madu agar si kecil suka.

9. Obat sakit perut dari Kapulaga

cara menghilangkan sakit perut

Kapulaga mengandung minyak atsiri yang dapat membantu meredakan sakit perut karena gas berlebihan. Anda bisa menemukan bahan alami ini di dapur. Biasanya ibu rumah tangga menggunakan kapulaga untuk memasak.

Selain mengatasi sakit perut, kandungan alaminya juga dapat menghangatkan tubuh serta mengatasi anak susah makan. Berikut cara membuatnya.

Cara menghilangkan sakit perut dengan kapulaga:
  • Sediakan buah kapulaga seperlunya
  • Keringkan kapulaga tersebut dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari
  • Tumbuk kapulaga hingga halus. Selanjutnya rebus bersama dengan tiga gelas air
  • Minumlah air rebusan kapulaga tersebut 1-2 kali sehari rutin selagi masih hangat.
10. Obat sakit perut dari Cuka Sari Apel

Cuka sari apel cukup terkenal dengan kandungan antioksidannya. Ada banyak menfaat dari sifat senyawa ini yang mana salah satunya mengobati sakit perut.
Tetapi harap diperhatikan, untuk anda yang memiliki riwayat penyakit maag sebaiknya jangan mengonsumsi cuka sari apel. Karena bahan ini bersifat asam sehingga akan sangat merugikan bila dikonsumsi penderita maag.

Untuk mengatasi sakit perut dengan cuka sari apel sangatlah mudah. Larutkan satu sendok makan cuka sari apel bersama dengan madu dan segelas air hangat. Selanjutnya minum secara rutin minimal 2x sehari agar lekas sembuh.

11. Obat sakit perut dari Jus Lemon Hangat

Minuman ini mungkin akan sangat menyegarkan apabila disajikan bersama es batu. Namun apakah anda tau kalau jus lemon hangat bermanfaat untuk menyembuhkan sakit perut? Yup, hal ini dapat terjadi karena lemon mengandung asam yang dapat melancarkan proses pencernaan.

Jus lemon sangatlah mudah untuk dibuat. Anda hanya perlu memeras lemon kemudian tambahkan madu atau gula sedikit agar lebih nikmat. Tapi meskipun bermanfaat, bagi anda yang memiliki riwayat maag sebaiknya tidak mengonsumsi minuman ini. Sifat asam dari lemon berisiko membuat maag semakin parah.

12. Obat sakit perut dari Air Beras

obat sakit perut alami

Tahukah anda dengan tajin? Ini merupakan air sisa rebusan dari beras. Ada banyak sekali manfaat dari tajin, termasuk salah satunya bisa mengatasi sakit perut melilit. Tajin akan membantu mengurangi nyeri sekaligus melancarkan sistem cerna usus dalam mengolah makanan.

Cara menghilangkan sakit perut dengan air beras:
  • Masaklah nasi dengan menggunakan air 2x lipat lebih banyak dari biasanya
  • Biasanya untuk 1/2 cangkir nasi putih membutuhkan 2 cangkir air
  • Masak nasi seperti biasanya. Kemudian saring atau ambil air tajinnya
  • Tambahkan sedikit madu atau gula jawa, lalu konsumsilah minimal 2x dalam sehari.

13. Yogurt

Salah satu penyebab sakit perut ialah sistem pencernaan yang tidak beres. Nah untuk mengatasinya anda bisa mengonsumsi yogurt. Dalam minuman ini terkandung probiotik yang dapat mempercepat proses pengolahan makanan dalam usus besar serta memelihara kesehatan lambung.

Untuk mendapatkan yogurt, anda bisa pergi ke supermarket terdekat. Ada banyak sekali merk minuman yogurt yang bisa dipilih. Usahakan mengonsumsi yoghurt secara rutin setiap pagi dan sebelum bangun tidur agar cepat sembuh.

14. Obat sakit perut dari Biji Jati Belanda


Obat sakit perut mencret

Jati Belanda merupakan tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan bagian daun, biji, dan akarnya. Dalam tanaman ini terkandung senyawa utama tanin dan musilago yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Bijinya sering dimanfaatkan untuk mengurangi risiko diare, mengobati mencret, dan sakit perut melilit.

Cara mengobati sakit perut dengan biji jati belanda:
  • Sediakan sebanyak 10 biji jati belanda dan setengah gelas air panas
  • Sangrai biji jati belanda tadi sampai mengeluarkan aroma yang berbeda
  • Selanjutnya tumbuk halus dan seduh dengan air panas yang sudah disiapkan
  • Saring lalu konsumsilah air seduhannya selagi masih hangat.
Itulah beberapa obat sakit perut alami yang bisa kami sajikan pada kesempatan kali ini. Agar cepat sembuh sebaiknya anda juga memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Kurangi makan pedas, makanan manis, dan makanan cepat saji. Selamat mencoba dan semoga cepat sembuh.


Artikel Terkait