>

9 Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh untuk Menghilangkan Nyeri

obat sakit gigi berlubang paling ampuh

Obat Sakit Gigi Berlubang – Memang lebih baik sakit hati dibandingkan dengan sakit gigi. Karena bagaimanapun sakit gigi akan membuat kita tidak bisa melakukan segala aktivitas sehari-hari. Untuk bicara saja rasanya sakit, apalagi ketika makan. Rasanya yang menyiksa terkadang membuat kita tidak betah dan ingin segera mencabut gigi berlubang tersebut.

Sakit gigi dapat terjadi saat wilayah tengah gigi atau yang dikenal dengan pulpa mengalami peradangan atau iritasi. Pulpa terdiri dari beberapa ujung saraf yang sangat sensitif, sehingga ketika mengalami radang sedikit saja rasa nyeri tak tertahankan. Pulpa dapat meradang karena beberapa penyebab antara lain gigi berlubang, gigi retak, benturan, hingga gusi bengkak.

Ketika sakit gigi menyerang, maka langkah yang paling tepat sebenarnya ialah pergi ke dokter agar mendapatkan rekomendasi obat sakit gigi apotik terbaik. Namun sebelum itu, tak ada salahnya juga anda mencoba beberapa obat tradisional sakit gigi berikut sebagai langkah awal pengobatan. Apa sajakah itu?

Obat untuk Sakit Gigi Berlubang Secara Tradisional Paling Ampuh

1. Garam dan lada

obat tradisional sakit gigiGaram bisa menjadi salah satu alternatif obat sakit gigi alami yang bisa dicoba. Bumbu dapur ini dapat meredakan nyeri yang disebabkan oleh peradangan.
Berkumurlah dengan air larutan garam hangat untuk mengobati nyeri akibat gigi berlubang. Namun apabila tidak segera sembuh, anda bisa meracik obat sakit gigi sendiri dari garam yang dicampurkan dengan lada.

Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan garam:
  • Ambil garam dan juga lada dengan takaran yang sama, misalnya 1 : 1
  • Haluskan garam dan lada tersebut kemudian tambahkan sedikit air sampai membentuk adonan yang mirip pasta
  • Oleskan langsung ke bagian gigi yang bermasalah. Diamkan sebentar selama beberapa menit agar bekerja
  • Akhiri dengan berkumur menggunakan air hangat sampai bersih. Lakukan lagi sehari sekali hingga sakitnya reda.

2. Bawang putih

obat tradisional sakit gigi

Siapa sangka ternyata selain garam, bawang putih juga ampuh untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Bawang memiliki senyawa alicin yang bersifat anti-inflamasi, antibiotik, dan pereda nyeri alami. Kandungan-kandungan inilah yang menjadikan bawang putih sebagai salah satu alternatif obat-obatan tradisional.

Cara mengatasi sakit gigi dengan bawang putih:
  • Sediakan bawang putih yang masih segar seperlunya. Kemudian tumbuk halus bersama dengan cengkeh
  • Setelah halus tempelkan secara langsung ke bagian gigi yang bermasalah
  • Biarkan sejenak hingga sakit gigi agak mereda. Selanjutnya berkumurlah dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

3. Kompres dengan es batu

obat sakit gigi alami

Meredakan rasa nyeri akibat gigi berlubang bisa anda lakukan dengan menggunakan kompres es batu. Suhu dingin dapat membuat peradangan menjadi lebih baik dan bahkan dapat membuatnya sembuh.

Untuk mengobati nyeri di gigi, cobalah untuk mengompres area pipi dengan es batu. Atau, anda bisa menggunakan kain halus yang dicelupkan ke air es. Sebaiknya jangan menempelkan es batu secara langsung ke gigi yang sakit, karena dapat menyebabkan peradangan semakin parah.

4. Daun jambu biji

obat sakit gigi alami

Daun jambu biji mengandung senyawa flavonoid, seperti quercetin yang bersifat anti-inflamasi, analgesik, dan aktivitas scavenging terhadap radikal bebas. Dengan demikian, daun jambu biji dapat membantu meringankan sensitifitas gigi dan sakit gigi berlubang. Bagaimana cara membuatnya?

Cara mengobati sakit gigi dengan daun jambu biji:
  • Sediakan beberapa lembar daun jambu biji yang masih muda. Selanjutnya tumbuk sampai halus.
  • Tempelkan hasil tumbukan tadi ke area gigi yang bermasalah selama 30 menit. Jika dirasa sudah bilas dengan berkumur menggunakan air dingin sampai bersih.
  • Selain menempelkan langsung, anda juga bisa berkumur dengan menggunakan air hasil rebusan daun jambu biji ini secara rutin.

5. Daun sirih


obat sakit gigi alami

Jika kita perhatikan secara seksama, setiap tanaman yang tumbuh di bumi Indonesia sebenarnya memiliki manfaat kesehatan tersendiri. Salah satunya yang cukup terkenal ialah daun sirih.

Tingginya kandungan antibakterial yang ada didalamnya membuat daun ini sering digunakan untuk mengobati sakit gigi berlubang secara tradisional.

Cara menghilangkan sakit gigi dengan daun sirih:
  • Ada beberapa cara yang bisa anda coba. Misalnya dengan mengunyahnya langsung, menempelkan halusan daun sirih ke gigi berlubang, atau menggunakan air rebusannya untuk berkumur.
  • Apapun caranya pastikan melakukan minimal sehari 1x untuk hasil terbaik.

6. Minyak cengkeh

obat tradisional sakit gigi

Cengkeh sudah dipercaya sejak dulu sebagai salah satu obat tradisional sakit gigi paling ampuh. Selain meredakan sakit gigi berlubang, kandungan antioksidan dan anti-nyeri yang ada didalamnya juga efektif untuk mengurangi efek pembengkakan. Langsung saja simak berikut caranya.

Cara mengatasi sakit gigi dengan minyak cengkeh:
  • Teteskan minyak cengkeh ke kapas secukupnya. Kemudian gigit kapas tersebut tepat di bagian gigi yang terasa sakit. Diamkan sebentar hingga nyeri reda. Lakukan lagi jika gigi masih terasa sakit.
  • Jika tidak ada minyak cengkeh, anda masih bisa menggunakan daunnya. Seduh daun cengkeh sebanyak 7 lembar dengan air mendidih. Selanjutnya peras daun sampai menghasilkan sari daun. Gunakan perasan ini untuk berkumur.

7. Serai


obat tradisional sakit gigi

Serai tak hanya berguna untuk menambah cita rasa masakan saja. Tapi, anda pun bisa menggunakan bahan alami ini sebagai alternatif obat sakit gigi berlubang. Dalam serai terkandung sejumlah senyawa mineral yang dapat menenangkan saraf yang mengalami nyeri atau peradangan.

Cara menyembuhkan sakit gigi dengan serai:
  • Sediakan 2 batang serai yang masih segar dan 500 ml air bersih
  • Rebus serai tadi dengan menggunakan air hingga mendidih dan menyisakan 250 ml
  • Gunakanlah air hasil rebusan tersebut untuk berkumur minimal sehari sebanyak 2x agar nyeri segera sembuh.

8. Minyak tempurung kelapa

obat tradisional sakit gigi

Minyak tempurung kelapa memiliki senyawa antibiotik yang berkhasiat membunuh kuman penyebab nyeri gigi. Selain itu, kandungan senyawa aktifnya juga dapat mencegah kerusakan gigi di hari tua nanti.

Cara meredakan sakit gigi dengan minyak tempurung kelapa:
  • Letakkan tempurung kelapa yang sudah dibersihkan diatas sebuah kaleng bersih.
  • Kemudian taruh arang yang masih membara diatas tempurung kelapa.
  • Tunggulah hingga keluar minyak dari bawah tempurung kelapa.
  • Untuk penggunaannya cukup celupkan kapas kedalam minyak tadi. Lalu tempelkan kapas ke bagian gigi yang terasa sakit.
  • Note: Biasanya minyak tempurung kelapa sering digunakan sebelum mencabut gigi agar tidak terasa sakit.

9. Asafetida


obat sakit gigi paling ampuh di apotik

Mungkin masih sangat asing bila mendengar nama Asafetida. Yup, ini sebenarnya merupakan tanaman yang sering digunakan untuk masakan India. Namun selain untuk masakan, kandungan antibiotik alaminya juga efektif untuk mengobati sakit gigi dan gusi berdarah.

Cara menghilangkan rasa sakit gigi dengan Asafetida:
  • Campurkan dua sendok teh asafetida dengan dua sendok teh air perasan lemon. Aduklah sampai membentuk adonan yang mirip pasta
  • Setelah itu sentuh campuran tadi dengan kapas lalu tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Tindakan ini akan membantu meredakan sakit gigi.
  • Jika ingin lebih cepat sembuhnya, anda juga bisa menggoreng asafetida dengan mentega lalu menempelkan ke bagian gigi yang bermasalah.
Bagaimana, mudah kan? Tunggu apalagi segera obati sakit gigimu dengan memilih salah satu bahan diatas. Itulah ulasan mengenai obat sakit gigi tradisional paling ampuh untuk gigi berlubang yang bisa kami share. Apabila ada yang kurang jelas langsung saja sampaikan di kolom komentar ya. 

Artikel Terkait