>

50 Manfaat Daun Binahong dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Binahong – Alami memang selalu dicari, karena selain aman juga lebih murah dibandingkan dengan obat dokter. Sejak dulu sebenarnya nenek moyang kita sudah sering menggunakan tanaman herbal dalam hal pengobatan. Salah satunya ialah tanaman binahong yang sering digunakan menjadi obat tradisional. Konon, daun binahong ini mampu mengobati segala penyakit termasuk kanker.

Khasiat binahong yang luar biasa tak bisa terlepas dari kandungan zat aktif di dalamnya. Oleh sebab itu, sebelum kita membahas lebih jauh mengenai manfaat daun binahong, sebaiknya kita kenali dulu apa saja sih kandungan dalam daun yang sangat fenomenal ini. Berikut ulasan selengkapnya.

Kandungan Daun Binahong

Saponin

Kandungan saponin dalam daun binahong lumayan tinggi. Senyawa inilah yang juga menyebabkannya memiliki rasa pahit. Saponin memiliki banyak manfaat, termasuk menurunkan kolesterol hingga menjaga kesehatan jantung kita. 

Alkaloid

Senyawa alkaloid dalam daun binahong berguna untuk menurunkan kadar gula darah tinggi penyebab diabetes. Hal ini dapat terjadi karena alkaloid bersifat hipoglikemik yang artinya dapat mengurangi gula darah ke angka normal.

Minyak atsiri

Minyak ini bersifat antiseptik, sehingga dapat kita gunakan untuk mensterilkan luka baru, atau membunuh bakteri merugikan dalam tubuh. Kandungan minyak atsiri dalam tanaman binahong juga lumayan tinggi. Inilah yang juga membuatnya sering diekstrak kedalam obat oles.

Antioksidan alami

Antioksidan termasuk senyawa aktif yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel. Dengan mengonsumsi daun binahong secara rutin maka dapat menurunkan zat kersinogenik penyebab kanker dalam tubuh.

Manfaat dan Khasiat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mencegah diabetes atau penyakit gula

Meskipun bukan salah satu penyakit ganas, tapi tetap saja diabetes sangat berbahaya. Hingga sekarang belum ada obat yang dapat menyembuhkan diabetes secara tuntas. Sebagai penderita, kita hanya bisa mengontrol kadar gula darah agar tetap normal sehingga tidak menimbulkan komplikasi serius.

Daun binahong mengandung senyawa alkaloid yang bersifat hipoglikemik. Sifat inilah yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah berlebihan. Selain menurunkan, kandungan alkaloid tersebut juga dapat mengontrol gula darah tetap stabil pada penderita diabetes melitus.

2. Menurunkan kolesterol tinggi

Manfaat binahong dengan kandungan alkali tidak hanya sampai disitu saja. Ia pun juga berguna untuk mengontrol kolesterol berlebih dalam tubuh. Seperti kita tau bersama, kolesterol tinggi dapat memicu komplikasi serius seperti serangan jantung, obesitas, hingga hipertensi. Oleh sebab itu, sebaiknya kontrol kolesterol anda dengan mengonsumsi ramuan herbal binahong ini.

3. Sesak nafas

Bernafas merupakan hal penting dalam kelangsungan hidup manusia. Tetapi apa jadinya jika kita mengalami gangguan dalam bernafas atau sesak nafas? Pastinya akan sangat berbahaya. Maka dari itu, merawat sistem pernafasan sangat penting untuk dilakukan.

Menurut penelitian, daun binahong mampu membersihkan saluran pernafasan terutama paru-paru dari lendir yang menjadi penyebab sesak nafas. Selain membersihkan, kandungan antibakterialnya juga efektif membunuh bakteri penyebab infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

4. Mengatasi anemia

Tanaman binahong juga bisa anda jadikan sebagai salah satu obat anemia atau tekanan darah rendah. Anemia disebabkan karena tubuh kita kekurangan zat besi sehingga membuat sel darah merah sulit diproduksi.

Nah, dalam binahong terkandung zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sel darah merah. Maka dari itu, bagi anda yang mempunyai riwayat darah rendah, binahong bisa menjadi salah satu solusi pengobatan alternatif.

5. Mengobati batuk

Merebus daun binahong kemudian mengonsumsinya bisa menjadi salah satu obat batuk tradisional. Dalam daun herbal ini memiliki senyawa antibakterial yang dapat membunuh kuman atau bakteri penyebab batuk. Baik itu batuk berhadak ataupun batuk kering bisa diatasi dengan mengonsumsi rebusan daun binahong.

6. Membersihkan paru dari kotoran dan racun

Bagi anda yang ingin memiliki paru-paru yang bersih, konsumsi rebusan daun binahong bisa menjadi salah satu solusinya. Senyawa dalam binahong dapat membantu detoksifikasi kotoran serta racun dari dalam paru. Akan tetapi, manfaat binahong untuk paru ini masih dalam proses penelitian lebih lanjut.

7. Memulihkan stamina yang hilang

Daun binahong mengandung cathecin, yaitu sejenis antioksidan yang tidak hanya melawan kanker dan serangan jantung saja, tapi juga dapat membantu mengurangi efek peradangan otot setelah berlatih.

Sehingga daun binahong sangat cocok dikonsumsi oleh anda yang sering menjalani aktivitas berat. Misalnya sering lembur, olahrawagan, atau para pekerja keras. Hanya dengan mengonsumsinya satu gelas, maka stamina anda akan kembali lagi.

8. Mempercepat proses penyembuhan luka


Tumbuk daun binahong yang masih segar. Kemudian tempelkan ke bagian luka. Maka kandungan antiseptiknya akan membantu mempercepat proses penyembuhan luka tersebut. Selain luka, kandungan anti-inflamasinya juga berkhasiat untuk meredakan memar kemerahan atau bahkan bengkak.

9. Mengobati maag

Apakah anda salah satu penderita sakit maag? Penyakit ini disebabkan karena kadar HCL atau asam dalam lambung berlebihan. Nah, untuk mengatasinya anda memerlukan senyawa yang bersifat basa. Salah satunya bisa anda dapatkan dari daun binahong.

Kandungan saponin dalam daun binahong bersifat layaknya seperti sabun (basa). Senyawa ini bisa anda temukan pada lendir tanaman binahong, terutama di bagian daunnya. Cukup dengan mengonsumsi air rebusannya secara rutin maka maag yang anda alami tidak akan kambuh lagi.

10. Mengatasi lemah syahwat

Tidak usah membeli obat kuat supaya tahan lama. Mulai sekarang anda bisa mengalami lemah syahwat dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong. Kandungan mineral alami yang lengkap dalam daun ini berkhasiat melancarkan peredaran darah tubuh, sehingga akan membuat mr P anda kuat tahan lama. Bagi anda yang sudah berumah tangga, silahkan buktikan sendiri khasiatnya.

11. Melancarkan datang bulan

Sedangkan untuk wanita, daun binahong berkhasiat untuk melancarkan datang bulan. Bagi anda yang mengalami masalah seputar menstruasi seperti telat, nyeri, ataupun keputihan segeralah mengonsumsi rebusan daun binahong secara rutin. Kandungan zat besi dan mineral lainnya berkhasiat dalam melancarkan datang bulan yang akan anda hadapi nantinya.

12. Menghilangkan komedo, jerawat, dan bekasnya



Manfaat daun binahong tidak hanya pada kesehatan tubuh saja, tapi juga kecantikan wajah. Bagi anda yang mengalami masalah seputar wajah seperti jerawat, komedo, ataupun flek hitam segeralah menggunakan daun ini sebagai masker wajah.

Selain mengobati jerawat, kandungan kolagennya yang cukup tinggi juga dapat membantu mencerahkan wajah dengan cepat. Caranya sangat mudah, haluskan daun binahong yang masih muda. Kemudian oleskan keseluruh bagian wajah setelah mandi selama 30 menit.

13. Mengatasi anak susah makan

Anak susah makan dapat disebabkan karena berbagai faktor. Misalnya saja mungkin ia sedang mengalami sariawan, tidak suka makanannya, atau justru mengalami masalah sistem pencernaan. Dalam mengatasinya orang tua perlu kesabaran yang ekstra.

Salah satu cara yang bisa anda tempuh ialah dengan memberikan ramuan air rebusan daun binahong. Tapi usahakan hanya untuk bayi 7 tahun keatas. Sebaiknya jangan berikan ramuan pada balita ke bawah karena belum ada penelitian lebih lanjut apakah aman atau tidak.

Manfaat daun binahong untuk kesehatan lainnya:



14. Mengobati mimisan yang disebabkan karena benturan
15. Mengurangi nyeri akibat wasir, ambien, dan sejenisnya
16. Mempercepat proses pemulihan pasca operasi dan melahirkan
17. Menjaga kehangatan tubuh disaat cuaca dingin
18. Mencegah kanker mematikan dengan kandungan antioksidannya
19. Mengobati bengkak, memar, dan luka dalam lainnya
20. Mengobati radang tenggorokan 
21. Menjaga kulit agar selalu awet muda
22. Mencegah tulang keropos ketika hari tua nanti
23. Mengobati gatal-gatal pada kulit karena binatang atau iritasi
24. Mengobati radang usus dan menjaga sistem pencernaan.


"Selebihnya akan kami update dilain kesempatan"

Cara Membuat Ramuan Herbal Daun Binahong yang Benar


Bahan:
  • Daun binahong yang masih muda sebanyak 20 lembar
  • Air matang sebanyak 8 gelas
Caranya:
  1. Bersihkan semua daun yang sudah disiapkan tadi. Kemudian remas-remas hingga menghasilkan air yang mirip lendir.
  2. Masukan hasil remasan tadi kedalam sebuah panci yang sudah berisi 8 gelas air. Selanjutnya rebus hingga menghasilkan sisa air 3 gelas. Saring dan pisahkan antara air dan rebusannya.
  3. Konsumsilah maksimal 1 gelas setiap harinya untuk orang dewasa, sedangkan anak-anak (diatas 7 tahun) bisa dikurangi. Sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi ramuan ini terlebih dulu.
Note: untuk penyakit luar seperti jerawat, bisul, wasir, gatal, dsb. Silahkan haluskan daun binahong lalu oleskan ke bagian yang bermasalah.


Efek Samping Konsumsi Daun Binahong

Sebetulnya tidak ada efek samping yang berbahaya apabila daun binahong dikonsumsi dengan benar. Usahakan tidak mengonsumsi ramuan ini bersama dengan minuman berkafein seperti teh dan kopi. Sebab hal tersebut akan mengakibatkan pusing, mual, dan bahkan pingsan.

Itulah sajian informasi seputar manfaat daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa kami sajikan. Jika ada yang belum jelas mengenai ulasan diatas langsung saja sampaikan di kolom komentar bawah ya. Salam.


Baca juga: manfaat daun kelor

Artikel Terkait