>

Jangan Takut Capek, Ada Banyak Manfaat Jalan Kaki

cantikitu.com – Siapa bilang jalan kaki hanya membuat capek? Ternyata ada banyak sekali manfaat jalan kaki yang bisa kita dapatkan. Tak hanya khasiat jasmani saja, tapi juga rohani bisa didapat. Geoff Nicholson dalam bukunya, Lost Art of Walking, mengemukakan ada manfaat luar biasa dari jalan kaki di pagi hari. Dimana salah satunya aktivitas ini bisa mengubah hidup kamu.

Beberapa fakta jalan kaki antara lain yaitu: berjalan kaki selama 20 menit setiap hari dapat membakar lemak sebanyak 7 pound atau 3,5 kg lemak per tahun. Jalan kaki lebih lama setiap hari minimal 40 menit sangat baik untuk menurunkan berat badan. Sedangkan jalan kaki cepat 20-25 menit sehari merupakan aktivitas terbaik untuk jantung dan paru-paru.


Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Sebagai awalan sebaiknya kamu berjalan kaki 10-15 menit agar tubuh tidak kaget, baru setelah itu naikan durasinya hingga 30 menit setiap hari. Apabila jalan kaki secara rutin serta menjalani gaya hidup sehat, maka kemungkinan kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berikut ini.

1. Menyehatkan jantung dan cegah stroke

Menurut sebuah studi, jalan kaki selama 30 menit dapat menurunkan risiko seseorang mengalami masalah jantung hingga 40 persen. Hal ini terjadi karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, dan memperkuat jantung.

Tidak hanya itu saja, jalan kaki secara teratur juga dapat menurunkan kolesterol serta gula darah dalam tubuh. Akan tetapi jika kamu memiliki masalah pada jantung, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa lama dan berat berjalan kaki.

2. Menurunkan berat badan

Kabar baik untuk kamu para penyandang obesitas. Cukup dengan jalan cepat selama 30 menit dapat membakar sebanyak 150 kalori per harinya. Semakin cepat langkahmu, tentu akan semakin banyak kalori yang terbakar. Namun tidak cukup hanya dengan berjalan kaki ya, kamu pun juga harus menjaga pola makan sehat.

3. Mencegah diabetes tipe 2

Selain dapat mencegah penyakit jantung, jalan kaki selama 30 menit sehari juga dapat mencegah diabetes tipe 2. Ketika berjalan kaki otot akan semakin kencang sehingga penyerapan glukosa (gula) berjalan lebih maksimal. Hanya dengan berjalan kaki selama 30 menit sehari, berarti kamu sudah mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 30 persen.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas)

Kurang olahraga dapat membuat tubuh mudah terserang penyakit. Cobalah untuk menyempatkan diri melakukan olahraga jalan kaki setidaknya 30 menit sehari. Dengan demikian sistem kekebalan tubuhmu akan meningkat guna melawan infeksi penyakit.

Selain itu, berjalan kaki juga dapat membuat tidur kita lebih nyenyak dan secara otomatis akan melepaskan zat kimia yang akan membuatmu merasa lebih baik. Sangat cocok untuk kamu penderita insomnia (susah tidur).

5. Mengurangi stres

Mungkin belum terfikirkan sebelumnya kalau ternyata jalan kaki dapat membantu mencegah stres dan bahkan mengatasinya. Yup, berjalan kaki selama 30 menit sehari bisa mengurangi stres dan mencegahnya.

Hal ini terjadi karena jalan kaki dapat meningkatkan hormon endorfin yang akan membuat moodmu menjadi lebih baik dan mengurangi rasa cemas/depresi. Untuk mendapatkannya lakukan jalan kaki setiap pagi hari.

6. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis terjadi karena adanya penipisan tulang sehingga tulang menjadi keropos, serta rentan patah karena rapuh. Dengan jalan kaki secara rutin, kamu dapat membangun dan mempertahankan kesehatan tulang.

Lakukan jalan kaki selama 30 menit di pagi hari. Karena pagi hari merupakan waktu terbaik untuk mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari. Terutama kamu yang sudah berusia diatas 25 tahun, sebaiknya lakukan rutin untuk cegah keropos tulang di usia 40 keatas nanti.

Selain enam manfaat diatas, sebetulnya masih ada banyak lagi manfaat jalan kaki yang bisa kita dapatkan seperti cegah asma, radang sendi, dan risiko kanker. Jadi, manfaatkan olahraga yang murah meriah satu ini. Luangkan sedikit waktumu untuk berjalan kaki setidaknya 15-30 menit.

Itulah pembahasan mengenai manfaat jalan kaki untuk kesehatan yang bisa kami sajikan. Jika ada yang belum jelas silahkan sampaikan di kolom komentar bawah. 

Artikel Terkait