>

9 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Efek Bagi Ibu Hamil

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat Nanas – Buah satu ini kerapkali dikaitkan dengan mitos keguguran. Hal tersebut memang benar adanya, sebab nanas mengandung bromelain yang bisa membuat kontraksi di rahim jika dikonsumsi dalam jumlah besar. 

Namun disamping itu, nanas pun memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Ia mengandung vitamin C, antioksidan, mineral alami, dan potasium yang tentunya sangat sayang apabila kita lewatkan.

Meski masih banyak pro dan kontra mengenai manfaat nanas, tetapi tak ada salahnya untuk kita mengkaji mengenai topik tersebut. Nah, dalam beberapa menit kedepan kita akan membahas lebih dalam mengenai khasiat nanas.

Setelah baca artikel ini kamu akan lebih tau kandungan buah nanas serta manfaatnya bagi kesehatan. Penasaran kan? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh Kita

1. Dapat mencegah asma
Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Bagi kamu penderita asma, tak ada salahnya untuk coba buah berwarna kuning ini. Nanas mengandung beta karoten tinggi yang dapat membantu meminimalisir risiko perkembangan asma.

Beta karoten dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A yang juga berkhasiat untuk penglihatan mata kita. Jadi, sekali konsumsi saja kamu sudah mendapatkan dua manfaat sekaligus.

2. Meredakan peradangan (anti-inflamasi)
Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Enzim bromelain yang terdapat pada inti buah nanas diduga dapat mengurangi efek nyeri yang diakibatkan karena pembengkakan ataupun luka baru. Tetapi, khasiat nanas satu ini masih diteliti hingga sekarang.

Selain mengatasi peradangan akibat luka, nanas bila dikonsumsi juga bisa mengurangi peradangan dalam tubuh kita. Konsumsilah nanas dalam bentuk jus untuk mendapatkan manfaat ini.

3. Mencegah sel kanker
Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Pada dasarnya kandungan vitamin C pada buah nanas bersifat antioksidan. Sehingga mengonsumsinya secara rutin dapat menurunkan risiko kanker yang disebabkan karena efek buruk radikal bebas.

Dalam 200 ml jus nanas mengandung 25 gram kandungan vitamin C. Kadar ini sudah sesuai untuk mencukupi kebutuhan vitamin harian kita. Jadi, kamu tak perlu lagi keluar banyak biaya untuk beli multivitamin.

4. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Kunci kesehatan yang sebenarnya ialah terletak pada sistem pencernaan. Jika sistem cerna kita sehat secara otomatis tubuh pun juga sehat. Nah, untuk jaga kesehatan sistem cerna kamu bisa mengonsumsi nanas yang mengandung serat lumayan tinggi.

Seperti halnya buah pepaya yang kaya serat, nanas dapat membantu melancarkan BAB, mengatasi sembelit, mencegah infeksi usus, dan tentunya memelihara kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh.

5. Baik untuk penderita diabetes (gula)
Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Diabetes merupakan penyakit yang muncul disebabkan karena tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Serat yang terkandung dalam buah nanas sering dihubungkan dengan rendahnya kadar gula darah penderita diabetes tipe 1.

Sementara itu, pada penderita diabetes tipe 2 nanas tidak hanya menurunkan kadar gula darah, tapi juga membantu memperbaiki insulin dan lemak darah. Dengan demikian, pemecahan gula menjadi energi akan lebih baik.

6. Menjaga kesehatan jantung
Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Stroke, hipertensi, dan serangan jantung sebetulnya disebabkan karena penumpukan kolesterol di pembuluh darah. Untuk melarutkannya, buah nanas bisa kamu andalkan. Ia mengandung kalium tinggi yang berkhasiat menurunkan kolesterol dan kotoran yang menempel di pembuluh darah.

Manfaat nanas tak hanya sampai disitu saja. Buah tropis ini juga dapat mencegah batu ginjal, melindungi massa otot, dan memelihara kesehatan tulang. Konsumsilah secara rutin minimal 3 hari sekali untuk mendapatkan semua manfaat tersebut.

7. Meningkatkan kesuburan wanita
Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Dikutip dari lifehack.org, nanas sedikitnya memiliki 21 manfaat super. Salah satunya ialah buah nanas dapat meningkatkan kesuburan. Buat pasangan yang ingin segera punya momongan bisa lho mengonsumsi nanas secara teratur.

Kandungan vitamin C, beta karoten, tembaga, vitamin, dan mineral lainnya bisa meningkatkan kesuburan seorang wanita. Ya meskipun masih pro dan kontra mengenai manfaat nanas yang satu ini, tapi tak ada salahnya kamu coba.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas)
Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Imun atau kekebalan tubuh erat kaitannya dengan makanan yang kita konsumsi. Menurut penelitian, mengonsumsi nanas secara rutin dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Hal ini terjadi karena nanas mengandung vitamin C tinggi.

Satu porsi buah nanas memiliki lebih dari 130 % kebutuhan vitamin C setiap hari bagi kita. Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang aktivitas sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

9. Membantu proses persalinan
Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Kalau ibu hamil muda dilarang mengonsumsi buah nanas, tetapi ketika mereka hamil tua justru disarankan untuk konsumsi buah nanas. Benarkah?

Dilansir dari Boldsky, buah nanas merupakan makanan yang sangat baik dikonsumsi ketika mendekati waktu bersalin. Kandungan vitamin dan enzim yang disebut bromelain bisa membantu melembutkan leher rahim, serta merangsang otot-otot halus untuk menginduksi persalinan.

Apa yang Terjadi Jika Ibu Hamil Mengonsumsi Buah Nanas?
Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Masih menjadi pro dan kontra mengenai manfaat nanas bagi ibu hamil. Ada yang mengatakan buah ini memiliki efek negatif bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran, begitupun sebaliknya.

Dikutip dari Livestrong, buah nanas akan berdampak buruk apabila dikonsumsi diawal kehamilan. Ketika janin masih lemah, kandungan bromelain pada nanas akan memicu kontraksi rahim yang akhirnya menyebabkan keguguran. Oleh sebab itu, jangan mengonsumsi buah nanas ketika hamil muda.

Meski dapat menyebabkan keguguran saat hamil muda, nanas justru disarankan untuk dikonsumsi ketika hamil tua lho. Sebab kandungan enzim bromelain dan vitaminnya dapat merileksasi otot rahim sehingga mempercepat proses persalinan. Jadi, jangan dilewatkan ya.

Dibandingkan dengan efek negatifnya, nanas sebenarnya memiliki manfaat yang lebih banyak. Hampir semua penyakit bisa dicegah berkat buah nanas. Tidak ada salahnya kamu memasukkan buah ini ke dalam menu diet sehari-hari demi mendapatkan semua manfaat buah nanas secara maksimal.

Itulah ulasan singkat mengenai manfaat nanas serta efeknya bagi ibu hamil. Apabila ada yang belum jelas mengenai pembahasan diatas silahkan sampaikan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Artikel Terkait