>

Cara Jitu Mencerahkan Wajah dalam 7 Hari Perawatan - Step by Step

Cantikitu.com – Semua orang pengen memiliki kulit wajah yang sempurna. Tetapi sayangnya, hanya sedikit sekali yang tau cara benar untuk mendapatkannya. Masalah-masalah seperti jerawat, komedo, kusam, keriput, dan mata panda yang tak ada habisnya, seakan membuat kita semakin enggan memikirkan perawatan wajah lagi. Padahal, berdiam diri tanpa perawatan justru akan memperparah kondisi kulitmu. Hmm, lantas bagaimana dong solusinya?

Tenang, pada kesempatan kali ini cantikitu akan bagikan panduan bagaimana mendapatkan kulit yang cerah berseri hanya dalam waktu tujuh hari saja. Panduan ini akan kami ulas step by step yang tentunya bisa kamu ikuti dengan lebih mudah. Tak cuman kulit yang cerah berseri saja lho, setelah perawatan ini kamu juga akan mendapatkan wajah yang sehat dan mulus. Yuk segera praktekan!

Langkah-langkah Mendapatkan Kulit Wajah Cerah Berseri dalam 7 Hari






Hari 1

Hari pertama bisa kamu mulai dengan membiasakan diri untuk melakukan kebiasaan baik dalam merawat kulit wajah, seperti cleansing, toning, dan moisturizing (CTM).

Banyak orang yang meremehkan perawatan paling mendasar ini. Padahal sebenarnya merupakan bagian paling penting. Bila sampai saat ini kamu belum melakukan secara rutin, mulailah sekarang juga.

  • Setiap hari wajah kita menerima polusi udara, debu, dan kotoran yang menjadi pemicu munculnya jerawat. Mencuci muka sehabis beraktivitas akan sangat dibutuhkan agar pori kulit bersih dari kotoran.
  • Setelah membersihkan, jangan lupa gunakan toner ke wajahmu untuk memastikan tidak ada minyak dan debu yang tertinggal di permukaan. Toner alami seperti air mawar, teh hijau, dan cuka bekerja cukup baik untuk mengembalikan pH kulit kamu serta mengencangkannya. Akhiri dengan mengoleskan pelembab secara merata. Inilah kebiasaan dasar paling penting yang harus kamu lakukan mulai hari ini.
  • Lanjutkan dengan memakai masker pencerah ke wajahmu. Tidak perlu membeli krim mahal kok, cukup campurkan bahan seperti pepaya, madu, susu, lemon, dan tomat saja, kamu sudah bisa mendapatkan masker pencerah alami terbaik.
  • Sebelum tidur jangan lupa hapus makeup yang menempel di wajahmu. Bagaimanapun kulit juga perlu bernapas lega tanpa makeup. Cara terbaik untuk menghapusnya adalah dengan mengoleskan beberapa tetes baby oil sambil memijatnya perlahan. Jika makeup sudah memudar, usap dengan menggunakan tisu sampai benar-benar bersih.
  • Tidurlah dengan memakai bantal berpenutup satin untuk meminimalkan wajah kehilangan kelembabannya. Selain itu, disarankan juga untuk tidur dengan posisi terlentang agar sel kulit bisa beregenerasi secara maksimal.


Hari 2

Hari kedua kamu harus berfokus meningkatkan kesehatan kulit melalui makanan yang dikonsumsi. Bisa dibilang, nutrisi memiliki peranan yang cukup penting untuk membuat kulit sehat dari dalam.

  • Konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin C dan kolagen, seperti jambu biji, buah kiwi, jeruk, stroberi, alpukat, dll. Jangan lupa tetap lakukan tiga kebiasaan mendasar diatas (CTM) secara rutin juga.
  • Bila perlu, gunakan masker dari buah untuk hasil terbaik. Gunakan masker pisang untuk kamu pemilik kulit kering, dan stroberi untuk kamu yang memiliki kulit berminyak.
  • Jaga kulitmu tetap terhidrasi dengan memperbanyak konsumsi air putih minimal 10 gelas dalam sehari. Hal ini juga bertujuan untuk mengendalikan produksi minyak berlebih di wajah sekaligus mengecilkan pori-pori yang membesar.



Hari 3

Pada hari ketiga kamu bisa melakukan eksfoliasi guna mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kusam. Proses ini akan membuat kulitmu tampak lebih halus. Selain itu juga akan membuat kulit lebih mudah dalam menerima perawatan lainnya.


  • Bersihkan wajahmu dengan menggunakan scrub yang terbuat dari bubuk kopi dicampur dengan perasan lemon secukupnya. Gunakan dengan cara menggosokan memutar keseluruh bagian wajahmu sehabis mandi. Jika dirasa sudah cukup bilaslah dengan memakai air hangat sampai bersih. Cara membuat scrub alami dengan bahan lain bisa kamu baca disini.
  • Setelah mengelupaskan sel kulit mati, jangan lupa gunakan toner dan pelembab kembali agar kulit tidak kering. Kamu juga bisa mengoleskan masker wajah alami, karena nutrisinya akan lebih mudah terserap.
  • Jangan pernah lupa memakai tabir surya ketika kamu melakukan aktivitas di luar ruangan. Sinar matahari sangat berisiko merusak kulit kita, apalagi bagian wajah yang notabenya sangat sensitif terhadap lingkungan.
  • Ketika malam hari tiba, pastikan lagi wajah bersih dari kotoran ataupun makeup sebelum tidur.



Hari 4

Memasuki hari keempat, kamu akan melihat tekstur kulit wajah yang lebih halus dan sehat. Akan tetapi, bukan berarti kamu bisa menghentikan perawatan begitu saja. Karena masih ada beberapa langkah lagi untuk penyempurnaan. Berikut tutorial selengkapnya.

  • Cuci terlebih dulu wajahmu dengan pembersih seperti biasa. Setelah selesai uapi wajah dengan memakai uap air panas. Dalam proses penguapan ini kamu perlu berhati-hati, jangan sampai kulit melepuh karena uap yang terlalu panas. Penguapan bertujuan untuk membersihkan kulit secara lebih mendalam.
  • Selanjutnya kamu bisa mengoleskan masker lumpur untuk membersihkan komedo sekaligus kotoran yang masih tersisa. Atau, jika tidak ada kamu bisa mengombinasikan antara madu dan oatmeals menjadi masker wajah. Setelah 30 menitan, bilas masker dengan handuk bersih yang sudah direndam air mawar. Ini berguna untuk meringkas pori sekaligus melembabkan wajah.
  • Di malam hari, tetap pertahankan perawatan seperti biasanya. Terutama dalam hal membersihkan wajah sebelum tidur.



Hari 5

Hari kelima saatnya kamu melakukan message wajah. Pijatan lembut akan membantu mengencangkan sekaligus memperbaiki sirkulasi darah di wajahmu.

  • Pijat wajahmu dengan menggunakan gel lidah buaya. Tanaman ini memiliki antioksidan yang dapat mengeluarkan racun dari kulit. Sehingga berbagai masalah seperti iritasi, alergi, jerawat, dan peradangan bisa dicegah.
  • Bila ada mata panda, kamu bisa menghilangkannya dengan memakai irisan mentimun atau teh celup basi. Jangan lupa, setelah dipijat olesi dengan menggunakan pelembab untuk mencegah kulit jadi kering.



Hari 6
  • Saatnya kamu melakukan eksfoliasi menggunakan scrub lagi. Lakukan dengan cara sama seperti yang sudah kamu terapkan pada hari sebelumnya. Idealnya menurut para ahli, proses pengelupasan ini akan maksimal apabila kita lakukan 2x dalam seminggu.
  • Selain itu jangan lupa jaga asupan air putih dan jus buah sepanjang minggu. Karena apabila tubuh mengalami dehidrasi, maka semua usahamu dalam mencerahkan kulit akan sia-sia.



Hari 7
  • Inilah waktu yang tepat untuk memanjakan diri. Konsumsilah buah-buahan segar guna menyempurnakan kulit bersinarmu. Misalnya buah jambu yang kaya akan vitamin C, jeruk, apel, dan sejenisnya. Selesai.
cara mencerahkan kulit wajah secara alami dengan cepat

Sekarang kamu bisa melihat hasil perawatan yang sudah dilakukan selama seminggu ini. Dijamin wajahmu akan terasa lebih halus, cerah, segar, dan sehat. Sebaiknya terus terapkan perawatan wajah diatas, agar kulit sehat-berseri tetap kamu miliki. Baik itu mulai dari cleansing-toning-moisturizing (CTM), eksfoliasi dua kali dalam seminggu, ataupun pemakaian masker wajah secara berkala.


Artikel Terkait