>

7 Cara Menghilangkan Komedo dengan Ramuan Alami Tanpa Facial

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Tanpa Facial


Cara Menghilangkan Komedo – Selain jerawat, satu lagi masalah yang cukup menganggu ialah komedo. Meski kecil-kecil, tapi bila tidak kita hilangkan segera akan mengakibatkan wajah menjadi kasar dan tak mulus lagi. Apalagi jika komedo tersebut berjenis hitam, tentu akan membuat wajahmu terlihat kurang terawat dengan baik. Hal inilah yang kadang membuat kita tak pede ngobrol jarak dekat.

Untuk mengatasi masalah yang satu ini, ternyata facial di klinik kecantikan bukanlah satu-satunya solusi. Selain karena harganya yang terbilang nggak murah, facial di klinik kecantikan cukup sakit lho. Bayangkan saja, ada jarum khusus yang akan digunakan untuk mencongkel komedomu secara paksa. Kalau kamu tidak tahan dengan rasa sakit serta gak mau keluar uang banyak, kali ini saya akan share beberapa ramuan alami yang bisa kamu gunakan untuk hilangin komedo.

Ramuan Alami untuk Menghilangkan Komedo Tanpa Facial

1. Campuran gula, lemon, dan madu

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dengan Cepat

Telah mejadi rahasia umum kalau lemon dan madu memang memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan kulit wajah. Hanya perlu menambah gula tebu (brown sugar), ternyata ramuan ini ampuh menghilangkan komedo lho.

Cara menghilangkan komedo dengan lemon, gula, madu:
  • Potong lemon menjadi dua bagian, lalu olesi potongannya dengan madu hingga tertutupi.
  • Taburi dengan sejumput gula tebu dan gunakan untuk menggosok area komedomu. Lakukan rutin seminggu sekali.


2. Plastik wrap dan vaseline

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dengan Cepat

Bagi para ibu rumah tangga pasti sudah akrab dengan plastik yang satu ini. Nah, kamu bisa memanfaatkannya sebagai DIY pore strip. Cukup tambahkan vaseline, dan taraa komedomu pun sirna! Yuk dicoba.

Cara menghilangkan komedo dengan plastik wrap:
  • Oleskan vaseline pada daerah yang berkomedo.
  • Letakan plastik wrap hingga semua area tersebut tertutup.
  • Dengan plastik masih ditempat, tutup kembali dengan handuk panas dan diamkan sampai kering kembali dengan suhu kamar.
  • Gunakan tisu untuk menghilangkan sisa vaseline di wajah.
  • Dengan lembut peras kulit untuk mengeluarkan semua komedomu.
  • Lakukan perawatan ini setelah mandi dengan air hangat. Suhu panas akan bantu membuka pori wajah. Disarankan satu atau dua kali saja dalam sebulan.


3. Minyak kelapa dan minyak esen lainnya

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dengan Cepat

Minyak kelapa kaya akan kandungan vitamin yang baik untuk perawatan. Tak cuman mengatasi komedo saja, tapi minyak ini juga terbilang ampuh dalam menjaga kelembaban kulit, meringkas pori, dan mencegah penuaan. Jadi, sekali pakai saja kamu sudah mendapatkan beberapa manfaat sekaligus.

Cara menghilangkan komedo dengan minyak kelapa:
  • Buatlah lembut 1/4 cangkir minyak kelapa dengan cara dipanaskan melalui microwave selama 10-15 detik saja.
  • Campurkan minyak kelapa tadi dengan 10 tetes perasan lemon, minyak pohon teh, dan lavender lalu aduk hingga rata.
  • Gunakan bola kapas untuk mengoleskan di bagian komedo. Lakukan di pagi dan sore hari setelah mandi.
  • Agar tahan lama, campuran ramuan tersebut harus disimpan di botol tertutup pada suhu kamar.


4. Kayu manis dan oat

cara mengatasi komedo dengan cepat secara alami
Walau kayu manis kadang menimbulkan sensasi kesemutan di kulit, tapi semua itu akan segera hilang setelah kamu mencuci muka. Jadi tak ada salahnya mencoba yang sepertinya cocok untuk dijadikan scrub komedo ini.

Cara mengatasi komedo dengan kayu manis dan oat:
  • Campur satu sendok teh tepung oat dan bubuk kayu manis dengan takaran sama.
  • Tambah sedikit air hangat lalu aduk rata hingga membentuk krim yang sangat kental.
  • Oleskan dengan lembut ramuan ini ke bagian wajah yang komedoan memakai ujung jari.
  • Gosok selama sekitar 1 menitan, kemudian bersihkan muka dengan air dingin. Cukup lakukan perawatan ini tidak lebih dari dua kali dalam sebulan.


5. Kopi dan minyak kelapa

cara mengatasi komedo dengan cepat secara alami

Tak jauh beda dengan yang nomor 3, kamu bisa memanfaatkan campuran antara minyak kelapa dengan kopi. Ramuan ini bisa mengangkat komedo sekaligus membersihkan pori dari berbagai kotoran seperti debu, sisa keringat, dsb. Menariknya lagi, ramuan ini dapat disimpan dalam freezer agar tahan lama.

Cara menghilangkan komedo dengan kopi:
  • Lembutkan 1/2 cangkir minyak kelapa dengan microwave selama 15 detik. Setelah itu campurkan bersama 1/2 cangkir bubuk kopi segar.
  • Sekarang aplikasikan keseluruh bagian wajah yang berkomedo sambil dipijat lembut dengan gerakan melingkar. Jika sudah diamkan 5 menit.
  • Akhiri dengan membilasnya menggunakan air dingin yang bersih. Lakukanlah rutin seperti itu minimal seminggu sekali.


6. Ramuan yoghurt, madu, oatmeal, dan minyak zaitun

cara mengatasi komedo dengan cepat secara alami

Ramuan alami penghilang komedo berikutnya bisa kamu buat dengan mencampurkan yogurt, madu, oatmeal, dan zaitun. Masing-masing bahan memiliki khasiat sendiri yang saling melengkapi. Tak cuman mengatasi komedo saja, tapi juga membantu menjaga kesehatan kulit wajah lho.

Cara mengatasi komedo dengan yogurt:
  • Tempatkan 1/4 cangkir oatmeal, 2 sendok teh yoghurt, 2 sendok teh madu, dan 2 sendok teh minyak zaitun kedalam food processor sampai menyatu jadi krim kasar.
  • Oleskan krim tadi ke bagian komedo dengan gerakan melingkar selama 2-5 menit. Lalu bilas dengan memakai air hangat sampai bersih.


7. Ekstrak vanili, gula, madu, dan minyak zaitun

cara mengatasi komedo dengan cepat secara alami

Terakhir, kamu bisa membuat masker penghilang komedo dari ekstrak vanili, gula, madu, dan minyak zaitun. Ya meskipun sederhana, namun untuk masalah komedo ramuan ini tetap jadi andalannya. Langsung saja berikut tutorial membuatnya.
  • Campurkan 1/4 gula putih dengan 1/4 gula merah ke dalam satu mangkuk. Tambahkan 1/4 cangkir minyak zaitun lalu aduk hingga rata.
  • Sekarang masukan 1 sendok makan madu dan 1/2 sendok teh ekstrak vanili kedalam campuran tadi. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  • Gunakan ramuan ini untuk menggosok area yang berkomedo. Jika dirasa sudah cukup akhiri dengan membilas air hangat.
Jangan lupa simpan sisa ramuan yang belum terpakai kedalam toples kedap udara pada suhu kamar agar bisa digunakan tiap satu kali dalam seminggu.

cara menghilangkan komedo dengan cepat dan mudah

Nah setelah ini, tentu kamu tak perlu khawatir lagi dengan yang namanya komedo, ‘kan? Kalau bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ramuan tadi mudah ditemukan di dapur, rasanya wajah mulus tanpa komedo bisa segera diwujudkan.