>

Agar Puasa Berjalan dengan Aman, Yuk Praktekkan 5 Aturan Sahur yang Benar!

Tips sahur yang sehat dan aman

Cantikitu.com – Bulan puasa memang mampu memberikan nuansa yang berbeda. Tak cuma menguarkan nuansa religi saja, ada beberapa kebiasaan yang bahkan berubah karena kehadirannya. Mulai dari lebih rajin beribadah, mencoba untuk lebih ramah, hingga pola makan yang berpindah.

Tak seperti bulan-bulan lainnya, di bulan ini bangun dini hari demi mengisi perut justru menjadi nikmat yang paling disyukuri. Makan sahur dengan suasana magis nan tenang membawa kesan lain dalam hati. Eits, namun tunggu dulu – apakah sahurmu sudah berjalan dengan tepat selama ini? Nah kali ini cantikitu akan mengungkapkan kiat sahur yang benar, simak baik-baik yah. 

1. Supaya bisa bangun dengan segar, basuh dulu wajah dan tubuhmu dengan air wudhu sebelum memulai sahur pada hari itu

tips sehat sahur yang aman

Masalah utama ketika bangun sahur ialah mata yang lengket karena masih ngantuk. Bangun saja susah, gimana mau selera makan coba? Demi menghalau kantuk, sebetulnya ada cara jitu yang bisa diterapkan. Gampang saja, basuh wajahmu dengan air wudhu untuk membuka mata yang ngantuk.

Dengan membasuh wajah dan bagian tubuh pakai air wudhu, maka kesegaran akan menghampirimu. Nafsu makanmu pun akan lebih muncul apabila sudah fresh seperti ini.

2. Kurma patut jadi menu pertama yang masuk dalam mulutmu. Kandungan nutrisi makanan ini dipercaya bisa meningkatkan energi sepanjang hari

tips sehat sahur yang aman

Kurma merupakan makanan yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dikonsumsi ketika sahur. Kandungan gula alaminya yang cukup tinggi sangat oke untuk mempertahankan energimu sepanjang hari nanti.

Dikarenakan khasiatnya yang luar biasa, bahkan Muslim dietician menyarankan kurma adalah makanan pertama yang wajib masuk dalam perut sebelum mengonsumsi makanan lain. Mengawali puasa dengan konsumsi kurma dipercaya dapat menjaga energimu tetap dalam level terbaiknya selama berpuasa.

3. Whole wheat food sangat cocok jadi menu sahur harianmu. Nutrisi dan energi tubuh benar-benar bisa terpenuhi dari situ.

makanan sehat untuk berpuasa

Mulai sekarang roti gandum, oat, sampai kacang almond layak dipertimbangkan jadi menu harian dalam santap sahurmu. Sekilas mungkin terlihat tidak biasa sih, masa iya sahur pakai roti gandum dan oat? Tetapi sesungguhnya jenis makanan ini sangat oke lho untuk menjaga energimu sepanjang hari.

Lain halnya dengan makanan berkarbohidrat tinggi, whole wheat food mempunyai kemampuan untuk menjaga gula darah agar tetap stabil selama berpuasa. Dampaknya sudah jelas, kamu tidak akan mengalami lemas di tengah hari karena kehabisan energi. Tak ada lagi deh tuh rasa malas untuk beraktivitas.

4. Sebisa mungkin hindarilah sahur dengan makanan yang digoreng. Makanan seperti ini memenuhi perutmu dengan cepat, namun juga lekas amblas!

makanan yang harus dihindari saat berpuasa

Penduduk Indonesia masih banyak yang cinta dengan gorengan saat sahur. Sebut saja seperti tempe goreng, telur goreng, hingga fried nugget. Emang sih menyiapkannya sangat praktis, tapi apakah nutrisinya baik untuk tubuhmu sepanjang hari? Jawabannya tentu tidak.

Makanan yang digoreng memang terlihat enak dan menggiurkan, namun faktanya setelah dikonsumsi makanan tersebut cepat habis diolah jadi energi. Dampaknya, tubuhmu pun akan terasa lemas ketika siang hari tiba karena kekurangan energi.  

5. Jadikan buah dan sayur sebagai dessert dalam sahurmu. Selain membuatmu kenyang, pencernaanmu sepanjang puasa juga akan terasa lebih tenang

makanan sehat untuk sahur

Setelah makan dan minum secukupnya, akhiri sahurmu dengan mengonsumsi semangkuk campuran sayur dan buah segar yang nyaman di perut. Bila suka, kamu juga bisa menambahkan dressing oil atau bahkan kacang-kacangan sebagai pelengkapnya.

Semangkuk sayur dan buah segar ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk menjaga sistem pencernaanmu tetap sehat selama puasa. Selain itu, kandungan seratnya yang cukup tinggi juga dapat menjauhkanmu dari gejala kontipasi yang sering menyambangi ketika bulan suci ini.

Gimana menurutmu? Apakah selama ini sudah sesuai aturan sahur sehat diatas? Jika belum, yuk segera praktekkan! Supaya kesehatanmu tetap terjaga hingga lebaran tiba. Selamat mencoba dan semoga puasanya dapat berkah dari Yang Maha Kuasa. 

Artikel Terkait