>

9 Olahraga Ringan untuk Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat

Olahraga Mengecilkan Perut – Dengan perut yang tidak rata dan lemak menggelambir kemana-mana, tentu membuat siapa saja akan merasa kurang percaya diri. Ketika berfoto pun kamu harus pandai menutupi bagian ini agar tidak terlihat gemuk nantinya, entah itu pakai tas ataupun aksesoris lain.

Rutinitas yang padat membuat sebagian dari kita jarang melakukan olahraga. Berangkat saja pukul 07.00 pagi dan pulang jam 05.00 sore, itupun kalau nggak lembur, terus mau olahraga kapan dong kalau begini? Nah berikut solusi olahraga mengecilkan perut buncit dengan cepat tanpa membuang banyak waktumu. 

Olahraga untuk mengecilkan perut buncit

1. Luangkan waktumu 15 menit sesudah bangun tidur untuk melakukan sit up. Asal dilakukan dengan benar, perut rata pun akan kamu dapatkan.


Olahraga untuk mengecilkan perut buncit

Jika dilakukan dengan posisi yang benar, sit up akan sangat efektif untuk mengecilkan perut buncit, karena gerakannya benar-benar terpusat di inti otot perut. Posisi yang benar ialah kaki menekuk, tangan berada di samping kepala, dan bukan memegangi tengkuk.

Sejak dulu sit up sudah dianggap sebagai olahraga mengecilkan perut buncit yang dapat diandalkan. Saat kamu berlatih gerakan ini, otot-otot di bagian perut depan dan samping akan terlatih sehingga akan mengikis lemak yang menumpuk. Lakukan olahraga satu ini secara rutin minimal 3x sehari selama 15 menit.

2. Tak hanya ampuh membentuk lengan, push up yang dilakukan rutin juga bisa membantumu mengecilkan perut buncit lho.

Olahraga untuk mengecilkan perut buncit

Sebuah penelitian di Journal Obesity menunjukan bahwa push up dapat meningkatkan kadar testosteron dan meratakan perut buncit. Selama ini, kekurangan testosteron banyak dikaitkan dengan penumpukan lemak di viscelar, atau lemak yang menempel di organ perut.

Olahraga ini tidak memerlukan peralatan khusus, bahkan kamu tak perlu matras untuk melakukannya. Mulailah dengan push up 2 seri setiap hari, masing-masing 25 kali, lalu tingkatkan sesuai dengan kemampuan masing-masing.

3. Gerakan merangkak ini sangat populer di Tiongkok. Meski sekilas mirip bayi, tapi nyatanya bisa meratakan perut buncitmu dengan cepat. Coba deh!

Olahraga untuk mengecilkan perut buncit

Carilah area yang cukup luas yang memungkinkan kamu bisa bergerak 9-18 meter. Siapkan dua buah piring plastik yang akan digunakan sebagai alas kaki. Selanjutnya ambil posisi push up dengan meletakan kaki tepat di atas piring.

Berjalanlah hanya dengan menggunakan dua tangan saja. Piring tadi berguna untuk menyeret kedua kaki layaknya seekor buaya yang berjalan menyeret ekornya. Merangkaklah sejauh 9 meter, lalu kembali ke posisi semula dan istirahat selama 1-2 menit jika kamu kelelahan sebelum melakukannya lagi.

Olahraga mengecilkan perut dengan cara menyeret diri sendiri semacam ini melibatkan seluruh anggota tubuh untuk menjaga keseimbangan dan membakar kalori lebih banyak, terutama di bagian perut. Gerakan ini juga dapat melatih jantung dan kekuatan tubuhmu, sehingga hasilnya tentu akan lebih maksimal.

4. Agar otot inti perut lebih terlatih, side plank wajib untuk kamu lakukan sebelum tidur. Nggak lama kok, hanya butuh waktu 5-10 menit saja.


olahraga mengecilkan perut buncit

Caranya, berbaringlah dengan posisi menyamping di sisi kiri atau kanan. Tempatkan siku di lantai sebagai tumpuan di bawah bahu. Tumpuk kaki yang satu di atas kaki lainnya. Sekarang tempatkan lengan lurus di sisi tubuh.

Angkatlah pinggul dan perut dari lantai, sehingga seluruh tubuh kamu berada di posisi lurus diagonal dari kepala hingga kaki. Tahan pada posisi ini selama 30-60 detik. Kemudian ulangi untuk sisi yang berlawanan sesuai kemampuanmu.

5. Tak selamanya mengecilkan perut buncit itu membosankan. Kamu bisa nyetel musik sambil bergoyang-goyang dengan gerakan hula hoop ini, jadi seru kan?


olahraga mengecilkan perut buncit

Gerakan menggoyang-goyang pinggul untuk menjaga agar hula hoop tetap berputar juga efektif untuk mengecilkan perut buncit. Selain mampu membakar 100 kalori dalam 10 menit, gerakan ini juga akan semakin menyenangkan apalagi diiringi dengan musik yang cocok.

Kamu hanya butuh sebuah hula hoop, baik yang terbuat dari plastik atau rotan untuk memainkannya. Jika belum mahir, pastikan area sekitarnya tidak ada barang yang mudah pecah ya, takut nantinya tersenggol. hehe.

6. Sembari bernostalgia, yuk main loncat tali seperti saat kecil dulu. Tak hanya perut jadi rata, tapi tinggi badanmu pun akan bertambah.


olahraga mengecilkan perut buncit dengan cepat

Generasi 90-an tentu pernah memainkan loncat tali ini. Meskipun gerakannya mirip seperti permainan anak kecil, tapi sebenarnya loncat tali sangat bermanfaat untuk orang dewasa yang perutnya mulai membuncit. Olahraga ini mampu membakar semua kalori dalam tubuh, terutama di bagian perut.

Untuk melakukan loncat tali sangatlah mudah sekali. Kamu hanya perlu mencari area yang agak lebih luas, seperti di luar ruangan. Selanjutnya kamu bisa menggunakan tali, atau peralatan khusus loncat tali untuk melompat-lompat. Agar tidak mengalami cidera, lakukan sesuai kemampuan masing-masing.

7. Jogging itu termasuk olahraga yang murah dan mudah. Hasilnya? Jangan ditanya, perut rata dan kencang pun bisa kamu dapatkan.


olahraga mengecilkan perut buncit dengan cepat

Daripada molor sampai siang, mending pagimu digunakan untuk aktivitas yang lebih berguna, misalnya dengan jogging. Olahraga ini sudah dipercaya sejak dulu sangat efektif untuk membakar lemak sekaligus mengencangkan tubuh kita.

Carilah rute yang sekiranya sepi kendaraan dan memiliki udara sejuk. Jika perlu gunakan alas kaki khusus untuk menghindari kaki terluka. Sambil menghirup udara segar khas pagi hari, jangan lupa dengarkan musik agar stresmu sirna.

8. Carilah jalan yang menantang untuk bersepeda. Selain bisa menyalurkan hobimu, aktivitas ini juga ampuh dalam membakar lipatan lemak di perut.

olahraga mengecilkan perut buncit dengan cepat

Mungkin bersepeda itu terlihat sepele. Namun faktanya, olahraga ini mampu membakar kalori 372 hingga 1100 kalori setiap jamnya. Besarnya kalori yang terbakar tersebut juga tergantung dari medan yang kita pilih.

Oleh sebab itu, carilah rute yang menantang dengan tanjakan dan jalan menurun. Semakin banyak kamu bergerak maka akan semakin banyak pula lemak yang bisa dibakar oleh tubuh. Jangan lupa bawa bekal air mineral agar tak kehuasan dijalan.

9. Tanpa perlu berolahraga terlalu lama, beberapa gerakan yoga ini bisa membantumu memiliki perut rata.


olahraga mengecilkan perut buncit dengan cepat

Mendengar kata ‘yoga’ tentu kita akan berpikir tentang gerakan-gerakan yang menangkan pikiran. Namun, yoga sebenarnya tak hanya bertujuan untuk menenangkan pikiran saja lho.

Beberapa gerakan yoga seperti tadasana, padahastasana, pavanamuktasana, dan sejenisnya pun bisa membuat perut kita menjadi lebih rata.

Kamu bisa baca dan pelajari semua itu dalam 9 gerakan yoga simpel untuk mengecilkan perut buncit yang sudah saya share beberapa hari yang lalu. Yoga ini sangat pas bagi kamu yang males keluar rumah untuk berolahraga.

Itulah beberapa olahraga untuk mengecilkan perut buncit yang bisa saya sampaikan. Bila ada yang kurang jelas atau ingin berbagi pengalaman langsung saja tulis di kolom komentar bawah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.