>

9 Manfaat Apel untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Apel – "An apple a day keeps the doctor away”. Peribahasa tersebut nampaknya bukan omong kosong belaka, sebab manfaat apel memang membuat kita tidak perlu lagi menemui dokter. Dengan kata lain, manfaat apel dapat menjauhkan kita dari berbagai penyakit.

Apel memang mengandung nutrisi yang cukup melimpah dan menguntungkan bagi tubuh kita. Buah ini kaya akan antioksidan, flavonoid, serat, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, fosfor, pektin, asam ursolat, dan berbagai nutrisi penting lainnya.

Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat apel

Dimakan langsung, dibuat jus segar, ataupun salad buah, manfaat apel sudah tak perlu diragukan lagi. Berikut beberapa manfaat apel yang bisa kamu dapatkan.

1. Mencegah kanker

Menurut penelitian, mengonsumsi 1-2 buah apel secara rutin dapat menurunkan risiko terkena kanker kolorektal (usus besar), esofagus/kerongkongan, paru-paru, kotak suara/laring, dan payu*dara. Biasanya para wanita lebih berisiko terserang kanker dibanding pria.

Kandungan oligosakarida dalam apel diketahui dapat menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker usus besar pada manusia sampai 45 persen. Selain itu, senyawa ini juga bersifat alami sehingga tidak mengakibatkan efek samping.

Sebuah penelitian di Cina bermaksud untuk mengetahui efek oligosakarida terhadap HT29 (sel kanker usus besar) di laboratorium pada berbagai konsentrasi. Penelitian menunjukan hanya 0.9 mikrogram per mL oligosakarida saja bisa membunuh 17,6 persen dari sel-sel kanker usus besar setelah 36 jam.

Padahal obat kemoterapi yang biasanya diterapkan pada pasien hanya mampu membunuh 10.9 persen sel kanker pada waktu yang sama, itupun dengan dosis lebih tinggi. Mengetahui hasil tersebut, sekarang ini peneliti di Cina tengah membuat obat baru dari oligosakarida.

2. Baik untuk jantung

Manfaat apel untuk jantungMengonsumsi apel secara rutin memang tidak ada ruginya. Penelitian terbaru yang dilakukan di Florida State University di Tallahassee menunjukan bahwa mengonsumsi satu buah apel secara rutin dapat membantu memelihara kesehatan pembuluh darah atau kardiovaskuler.

Apabila pembuluh darah kita sehat, maka secara otomatis penyakit seperti stroke, serangan jantung, dan hipertensi dapat dicegah. Selain itu, apel juga memiliki serat larut yang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat hingga 23 persen.

3. Meningkatkan kesehatan saraf

Apel mengandung antioksidan quercetin yang dapat mengurangi matinya sel saraf oleh oksidasi dan peradangan neuron (sel saraf). Efek perlindungan dari apel juga mampu mengurangi risiko terkena gangguan neurodegeneratif, contohnya penyakit alzheimer yang banyak menyerang ketika memasuki usia senja.

Tak hanya meningkatkan kesehatan saraf, apel pun bisa juga lho membuat otak kita menjadi lebih cerdas. Sebab apel dapat membantu meningkatkan acetylcholine, yaitu zat yang menghubungkan sel-sel saraf otak sehingga bekerja dengan baik.

4. Mengurangi risiko stroke

Stroke masih menduduki posisi lima besar sebagai penyakit paling mematikan. Mengonsumsi apel secara rutin dapat membantumu mencegah penyakit tersebut. Sebab apel mengandung flavonoid yang menurut penelitian dapat menurunkan risiko stroke sampai 20 persen.

Selain membantu mencegah stroke, flavonoid dalam apel juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Sebaiknya konsumsi apel langsung dalam bentuk buah. Karena menurut para ahli gizi, membuat jus apel sebenarnya justru menghilangkan kandungan flavonoid.

5. Menurunkan risiko diabetes melitus

Beberapa studi mengaitkan konsumsi apel dengan menurunnya risiko diabetes melitus tipe 2. Kandungan polifenol dalam buah apel dapat membantu mencegah kerusakan sel beta di pankreas. Sel beta sendiri bertugas memproduksi insulin dalam tubuh yang berguna untuk memecah glukosa (gula).

Manfaat apel untuk diabetes
Biasanya sel beta pada penderita diabetes tipe 2 mengalami kerusakan, sehingga tubuh tidak mampu memecah gula menjadi energi. Nah untuk mengontrol gula darah yang naik, mengonsumsi 1-2 buah apel secara rutin sangat dianjurkan.

6. Mencegah susah buang air besar (BAB)

Apel kaya akan serat larut dan serat tak larut yang dapat membantu melancarkan buang air besar. Serat larut banyak terdapat pada daging buahnya. Sedangkan serat tak larut bisa kamu dapatkan melalui kulitnya. Jadi mulai sekarang jangan buang kulit apel ya.

Kedua serat tersebut penting untuk kesehatan. Selain melancarkan BAB, serat larut dalam buah apel juga bisa membantu mengikat kolesterol, lemak, dan racun berbahaya dalam tubuh, lalu membuangnya melalui sistem ekskresi.

7. Mengatasi rambut rontok pada pria

Apel mengandung bahan kimia procyanidin B-2. Menurut penelitian, mengoleskan apel ke kulit kepala dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada pria yang mengalami masalah kerontokan (dikutip dari alodokter.com).

Cara mengatasi rambut rontok dengan apel:
  • Lumatkan 1-2 buah apel yang masih segar, berserta kulitnya.
  • Campur dengan 2 sdm cuka apel dan 1 sdm tepung jagung. Campur semuanya hingga membentuk pasta.
  • Sekarang oleskan ke area rambutmu secara merata. Kemudian agar meresap diamkan selama 30 menit.
  • Setelah itu bilas dengan keramas sampai bersih. Lakukan secara rutin minimal seminggu sekali untuk mendapatkan rambut lebat.

8. Menurunkan berat badan

Manfaat apel untuk diet
Apa kamu saat ini sedang menjalani diet? Masukan buah apel ke dalam menu dietmu. Buah ini mengandung tinggi serat sehingga dapat meningkatkan metabolisme serta membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Studi membuktikan, mengonsumsi apel sebelum makan dapat membantu mengurangi porsi makan. Selain itu apel juga rendah kalori, sehingga sering mengonsumsi buah ini tidak akan membuat angka timbanganmu naik.


9. Mengatasi bau mulut

Apel mengandung pektin yang dapat mengontrol bau makanan serta meningkatkan produksi air liur yang berfungsi membersihkan napas.

Jadi, sebelum kamu beraktivitas cobalah untuk mengunyah apel agar nafasmu selalu segar sepanjang hari.

Perhatian !

Bila kamu makan apel, sangat disarankan untuk tidak menelan bijinya. Kenapa? Biji apel mengandung sianida kuat yang jika dikonsumsi bisa berakibat fatal. Selain itu, jangan lupa mencuci dan menyikat kulit apel di bawah air yang mengalir untuk menghilangkan residu pestisida dan lilin.

Bagaimana, luar biasa kan?

Mungkin itu saja ulasan mengenai manfaat apel untuk kesehatan yang bisa saya sampaikan kali ini. Apabila ada yang kurang jelas langsung saja sampaikan di kolom komentar yah. Semoga bermanfaat.


***

Artikel Terkait