>

10 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan yang Luar Biasa

Manfaat Daun Kelor – Ajaib, itulah kata yang tepat untuk menggambarkan pohon kelor. Bagaimana tidak, mulai dari akar, batang, hingga daun tanaman ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Apalagi daunnya, yang mengandung nutrisi berkali-kali lipat dibandingkan dengan tanaman herbal lain.

Dilansir dari mindbodygreen.com, daun kelor ternyata mengandung 3 kali potassium pisang, 4 kali vitamin A dari wortel, 25 kali zat besi bayam, 7 kali vitamin C buah jeruk, 4 kali kalsium susu, dan 3 kali protein yoghurt. Wow sungguh luar biasa bukan?

manfaat daun kelor untuk kesehatan

Memang, sejak dulu daun kelor sudah dianggap sebagai tanaman ajaib. Hingga sekarang pundaun ini masih dipercaya sebagai ekstrak yang cukup ampuh dalam menangani berbagai penyakit. Lalu, apa saja sih manfaat daun kelor itu?

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan yang Sebenarnya

manfaat daun kelor untuk kesehatan

1. Menjaga kesehatan kulit

Daun kelor memiliki senyawa-senyawa yang bersifat antiseptik, anti-inflamasi, dan antijamur. Sifat inilah yang membuat daun kelor sangat bermanfaat untuk merawat kesehatan kulitmu.

Beberapa manfaat daun kelor untuk kulit antara lain:
  • Mempercepat proses penyembuhan luka
  • Mencegah infeksi
  • Mengurangi radang jerawat
  • Melembabkan kulit
  • Memperlambat proses penuaan dini.

Tak hanya itu, sekarang ini daun kelor juga banyak dimasukan kedalam bahan parfum dan kosmetika. Menurut penelitian, ekstrak daun kelor dapat mencegah pembusukan dan bau tak sedap di kulit yang disebabkan karena bakteri.

Untuk mendapatkan khasiat diatas kamu bisa menggunakan minyak daun kelor ke area kulit. Namun bila tidak ada, silahkan tumbuk daun kelor secukupnya kemudian gunakan sebagai masker wajah secara rutin habis mandi.

2. Mengatasi diabetes

Diabetes dapat muncul disebabkan karena sensitivitas hormon insulin berkurang, sehingga tingkat gula darah dalam tubuh kita meningkat drastis.

Menurut penelitian di University of Wiconsin LaCrosse, konsumsi daun kelor dapat membantu memberikan energi tubuh tanpa gula. Dengan kata lain, mengonsumsi daun kelor secara rutin tidak akan membuat gula dalam tubuh kita naik.

Cara mengobati diabetes dengan daun kelor:
  • Ambilah segenggam daun kelor yang masih segar
  • Rebus dalam 3 gelas air
  • Didihkan rebusan tadi hingga menjadi 1 gelas
  • Jangan lupa saring. Lalu minum minimal 3 hari sekali selama 2 bulan berturut-turut.

3. Baik untuk kesehatan mata

Daun kelor mengandung 4 kali vitamin A wortel. Seperti kita ketahui bersama, vitamin ini sangat bagus sekali untuk menjaga kesehatan mata. Mengonsumsi daun kelor bisa membuat mata kamu senantiasa sehat dan jernih.

Selain itu, daun kelor juga bisa membantu pengobatan penyakit mata. Caranya dengan mengonsumsi secara rutin, atau membasuhkan air rebusannya ke area mata yang sakit. Sebaiknya lakukan secara hati-hati agar tak mengalami iritasi.

4. Mencegah kanker

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan di Asia Pacific Journal of Cancer Prevention, kelor mengandung campuran asam amino, fitonutrien karotenoid, antioksidan quercetin, dan senyawa antibakterial yang saling bekerja sama dalam mencegah pertumbuhan sel abnormal penyebab kanker.

Jadi, bagi kamu yang pengen terhindar dari kanker sebaiknya konsumsi daun kelor secara rutin. Karena selain ampuh, daun ini juga mudah untuk diperoleh.

5. Menyembuhkan rematik

manfaat daun kelor untuk kesehatan

Rematik disebabkan karena tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Biasanya penderita penyakit ini akan mengalami nyeri sendi, dan tak jarang muncul pembengkakan di beberapa bagian persendian.

Untuk mengatasi nyeri akibat rematik kamu bisa menggunakan daun kelor. Ia mengandung potassium yang dapat mengurangi asam urat dalam tubuh. Caranya cukup dengan mengonsumsi satu gelas perasan daun kelor secara rutin.

6. Obati sariawan

Salah satu penyebab sariawan adalah kurangnya konsumsi vitamin C. Nah, kamu bisa tuh menggunakan daun kelor yang mengandung 7 kali lipat vitamin C dari jeruk untuk memenuhinya.

Bila vitamin C terpenuhi maka berbagai masalah kesehatan mulut seperti sariawan, panas dalam, dll akan sembuh dengan sendirinya. Caranya mudah kok, hanya dengan berkumur menggunakan air rebusan daun kelor sebelum tidur.

7. Menjaga kesehatan otak dan saraf

Sebagai makanan berprotein tinggi dan kaya asam amino triptofan, daun kelor sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak dan saraf.

Daun ini bekerja dengan meningkatkan hormon serotonin yang akan membuat perasaan (mood) kita selalu lebih baik. Selain itu, ia juga mengandung antioksidan yang dapat menjaga kesehatan tiroid.

Jika mood kita selalu dalam keadaan baik, maka secara otomatis saraf dan otak pun akan bekerja lebih optimal. Benarkan?

8. Mencegah osteoporosis

Kelor merupakan tanaman herbal dengan daun yang mengandung banyak kalsium. Bahkan menurut para ahli gizi, kandungan kalsium dalam daun kelor 4 kali dari kalsium susu.

Kalsium memiliki peranan penting dalam meningkatkan kepadatan tulang, sehingga ia sangat baik untuk mencegah keropos (osteoporosis). Sedangkan pada anak-anak, kalsium bermanfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhannya.

9. Mengobati pegal linu

Dalam daun kelor terkandung senyawa bernama pterigospermin yang bersifat hangat apabila menempel pada kulit kita. Sifat hangat dari senyawa inilah yang dapat membantu merileksasi otot kram, pegal linu, dan kesleo.

Caranya:
  • Tumbuk daun kelor segar secukupnya
  • Tempelkan ke area yang bermasalah
  • Diamkan sebentar dan rasakan sensasi hangat yang muncul
  • Bila rasa hangat sudah hilang, ganti dengan tumbukan yang baru
  • Lakukan hingga pegal linu yang kamu alami sembuh.

10. Menjaga kesehatan jantung

Karena bersifat anti-inflamasi, daun kelor telah digunakan dalam sistem pengobatan kuno India (Ayurveda) untuk mencegah atau mengobati sakit maag, penyakit jantung, kerusakan ginjal, infeksi jamur, dan keluhan pencernaan.

Selain itu kelor juga mengandung kalium yang bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, memangkas kolesterol, dan melebarkan pembuluh darah. Bila peredaran darah lancar, maka kinerja jantung akan lebih ringan.

Efek Samping Daun Kelor untuk Tubuh

manfaat daun kelor untuk kesehatan

Daun kelor memang mengandung beragam manfaat luar biasa. Akan tetapi, bagi kamu yang menderita penyakit tertentu seperti batu ginjal, alergi, dan batu empedu lebih baik konsultasikan dulu ke dokter sebelum mengonsumsinya.

Sedangkan bagi ibu hamil dan menyusui, ada baiknya hindari konsumsi daun kelor. Daun ini dapat memberikan kontraksi rahim sehingga meningkatkan risiko keguguran. Untuk ibu menyusui hingga sekarang belum ada penelitian pasti apakah daun ini bisa melancarkan ASI atau tidak.

Itulah info seputar manfaat daun kelor untuk kesehatan yang luar biasa ajaib. Apabila ada pertanyaan langsung saja sampaikan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasanmu.


Share: