>

12 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan yang Sebenarnya

Manfaat Air Kelapa– Ketika siang hari yang terik, minum air dingin tentu sangatlah menyegarkan. Akan tetapi jangan sekedar air putih biasa, tidak ada salahnya kamu mencoba air kelapa muda. Sejak dulu manfaat air kelapa diyakini dapat menyehatkan tubuh.

Air kelapa diperoleh dari dalam buah kelapa muda. Setiap kelapa mengandung sekitar 200 hingga 1.000 mililiter (sekitar 1-4 cangkir) air kelapa. Sebenarnya air tersebut merupakan cikal bakal isi kelapa yang berwarna putih.

Selain menyegarkan bila dikonsumsi saat cuaca panas atau berkeringat, air kelapa juga bisa dikonsumsi saat seseorang kehilangan banyak cairan tubuh. Air kelapa bisa menjadi alternatif air putih untuk mencegah dehidrasi tubuh. 

Manfaat air kelapa untuk kesehatan


Kandungan nutrisi air kelapa yang terbilang cukup lengkap membuatnya memiliki segudang manfaat luar biasa. Apa sajakah manfaat air kelapa yang sebenarnya itu? berikut ulasan selengkapnya.

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Rehidrasi tubuh

Dehidrasi terjadi ketika kadar air dalam tubuh turun. Kondisi ini bisa muncul karena berbagai faktor, seperti kurang minum air putih, terlalu banyak mengeluarkan keringat, terpapar sinar matahari, atau sistem ekskresi yang berlebihan.

Ketika mengalami dehidrasi, kamu tidak hanya kehilangan air saja, tapi juga garam dan nutrisi penting lainnya. Nah air kelapa mengandung semua nutrisi tersebut. Inilah alasan kenapa banyak atlet mengonsumsinya pasca-latihan.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Air kelapa memiliki struktur yang mirip dengan plasma darah, sehingga mengonsumsinya akan langsung berefek pada tekanan darah kita. Penelitian telah menunjukan bahwa konsumsi air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan mencegah pembekuan darah.

Air kelapa dapat menunjukan efek antitrombotik, yang berarti dapat membantu mencegah pembekuan darah. Selain itu menurut penelitian yang diterbitkan di West Indian Medical Journal, kandungan kaliumnya juga membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Penguat jantung

Air kelapa bebas dari lemak dan kolesterol, serta menawarkan perlindungan terhadap jantung. Mereka membantu menurunkan low-desinty lipoprotein (LDL atau kolesterol jahat) dan meningkatkan high-desinty lipoprotein (HDL atau kolesterol baik), sehingga mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di tahun 2012 dalam Journal of Medicinal Food, baik air kelapa muda ataupun matang, memiliki efek menguntungkan pada metabolisme lipid dalam melawan peningkatan kolesterol total, LDL, dan trigliserida.

Ditambah lagi, air kelapa mengandung antioksidan, sifat anti-inflamasi, dan antiplatelet yang membantu meningkatkan sirkulasi darah. Dengan demikian, hal ini dapat membantu mengurangi plak pada arteri dan menurunkan risiko serangan jantung ataupun stroke.

4. Meredakan mabuk

Siapa sangka, ternyata air kelapa juga termasuk minuman yang kuat untuk meredakan mabuk. Alkohol menyebabkan tubuhmu dehidrasi, sehingga kamu akan merasa lemas ketika terbangun di pagi hari. Air kelapa mengisi ulang elektrolit dalam tubuh yang akan membuat kita merasa lebih baik.

Juga, air kelapa dapat membantu mengurangi stres oksidatif yang disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Caranya kamu bisa membuat smoothies dengan memadukan 2 cangkir air kelapa muda tanpa gula dan mangga matang, 2-3 sendok makan jus lemon, 2 tangkai mint segar, dan 1/2 cangkir es.

5. Bantu menurunkan berat badan

Bisa dibilang air kelapa termasuk minuman yang rendah kalori tapi kaya mineral alami. Setiap 30 ml air kelapa hanya mengandung 5,45 kalori dan 1,3 gram gula.

Dengan demikian, mengonsumsinya secara rutin tidak akan membuat berat badanmu naik. Justru kandungan kalium yang ada di dalamnya dapat membantu meningkatkan metabolisme lemak tubuh.

Untuk membantu menurunkan berat badan kamu bisa mengonsumsi 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Jangan lupa, imbangi juga dengan menjalani program diet dan olahraga penurun berat badan supaya hasilnya lebih optimal.

6. Mengatasi sakit kepala

Kebanyakan kasus sakit kepala yang terjadi dipicu oleh dehidrasi. Dalam kasus ini, air kelapa muda dapat membantu memasok elektrolit ke dalam tubuh dan meningkatkan hidrasi, sehingga akan membuatnya lebih baik.

Air kelapa juga kaya akan kandungan magnesium. Biasanya orang yang terserang migrain memiliki tingkat magnesium rendah. Menurut penelitian di India, magnesium dapat mengurangi serangan sakit kepala migrain.

7. Menyeimbangkan pH (tingkat keasaman) dalam tubuh

Stres, beban racun, dan makanan tinggi asam sering menyebabkan tingkat pH tubuh menjadi asam, dimana dapat mengarah pada energi yang rendah sekaligus mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi.

Selain itu, pH asam juga berkontribusi pada masalah-masalah seperti tekanan pada 
fungsi hati, radang sendi, keropos tulang, diabetes, hipertensi, dan defisiensi imun. Inilah pentingnya kenapa kita harus menjaga pH dalam tubuh.

Air kelapa muda memiliki efek alkali yang membantu mengembalikan pH sehat dalam tubuh. Mereka juga dapat membantu mengalkali tingkat pH asam yang disebabkan karena naiknya asam lambung. Dengan kata lain, air kelapa sangat cocok untuk kamu yang menderita maag.

8. Mengatur gula darah (diabetes)

Air kelapa muda mengandung asam amino dan serat makanan yang membantu mengatur gula darah sekaligus meningkatkan sensitivitas hormon insulin. Mereka membantu mengatasi masalah-masalah yang sering dihadapi penderita diabetes. 

Misalnya seperti mati rasa, kram, peningkatan berat badan, pusing, dsb.
Tidak hanya membantu meringankan gejala diabetes saja, air kelapa pun dapat mencegah terjadinya pembekuan darah akibat tingginya glukosa.

Sebuah penelitian tahun 2012 yang dipublikasikan dalam Journal Food and Function, menunjukan bahwa terapi air kelapa dapat membantu menurunkan glukosa dan mengatasi stres oksidatif.

9. Sebagai diuretik alami

Selanjutnya air kelapa bisa menjadi diuretik alami. Ia memiliki kandungan kalium tinggi yang dapat membantu melarutkan batu ginjal dan racun yang ada dalam tubuh kita. Selain itu, sifat antibakterialnya juga dapat membantu mencegah masalah seperti infeksi saluran kemih.

Untuk menambah keefektifannya, tambahkan sedikit air garam kedalam air kelapa muda dan konsumsilah 1-2 gelas setiap harinya. Akan tetap ada baiknya berkonsultasi terlebih dulu ke dokter, terutama bila ginjal kamu tidak berfungsi dengan baik.

10. Melambatkan proses penuaan dini

Manfaat air kelapa untuk kesehatan

Siapa yang tak ingin awet muda? Semua orang pasti menginginkannya. Salah satu manfaat air kelapa yang mengagumkan adalah ia mengandung sitokinin yang memiliki efek anti-penuaan pada sel-sel dan jaringan.

Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit degeneratif dan penyakit-penyakit yang berkaitan dengan usia lainnya. Selain itu, air kelapa hijau yang menyegarkan juga dapat membantu menghidrasi kulit kamu agar tetap lembab dan halus.

Caranya:

Kamu bisa mencampurkan air kelapa muda dengan 2 sendok teh bubuk cendana untuk membuat pasta, kemudian gunakan sebagai masker wajah. Perawatan rutin akan membantu menjaga kulitmu tetap kencang dan awet muda.

11. Meningkatkan stamina tubuh

Jika kamu lelah sehabis pulang kerja, konsumsilah air kelapa muda untuk mengembalikan stamina tubuh. Air kelapa mengandung elektrolit dan gula alami yang dapat membantu menggantikan energi yang telah hilang.

Tidak hanya meningkatkan stamina saja, konsumsi air kelapa juga bisa membantu mengoptimalkan metabolisme lemak dan kalori dalam tubuh. Jadi, daripada kamu konsumsi minuman bernergi lebih baik ganti dengan air kelapa deh.

12. Menurunkan demam dan meningkatkan trombosit

Banyak pemderita demam yang mengalami kekurangan cairan tubuh. Menurut Dr. Peddy dari India, air kelapa bersifat seperti isotonis tubuh yang dapat membantu mencegah dehidrasi pada penderita demam.

Apabila cairan tubuh penderita demam terjaga, maka dengan sendirinya demam yang ia derita akan sembuh. Selain itu, kandungan mineral dan vitamin yang ada di air kelapa juga bisa membantu menaikkan trombosit.

Berapa Jumlah Konsumsi yang Tepat?

Manfaat air kelapa untuk kesehatan

Mengonsumsi air kelapa muda bagi masyarakat Indonesia mungkin sudah umum. Biasanya air kelapa banyak dijual dengan rasa alami ataupun dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Lalu seberapa banyak sebaiknya mengonsumsi air kelapa?

Air kelapa sebagai minuman sehari-hari dapat kita anggap sebagai jus buah. Ada baiknya konsumsi cukup satu gelas sehari. Meski tergolong sehat, satu hal yang harus diingat adalah air kelapa tetap mengandung kalori.

Bila konsumsi air kelapa kamu tiap hari sekitar 236 ml per hari, maka kamu harus menghitung tambahan 40-60 kalori per harinya. Jika kemudian kalori-kalori tersebut tidak digunakan oleh tubuh, maka akan berpotensi meningkatkan berat badan 2 kg setiap tahunnya.

Perhatikan Kemungkinan Efek Samping

Banyak yang menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi air kelapa karena dianggap bermanfaat. Akan tetapi hal tersebut belum terbukti secara ilmiah. Wanita hamil dan menyusui sebaiknya lebih berhati-hati ketika mengonsumsi air kelapa. Bila perlu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Air kelapa juga memiliki kemungkinan menurunkan tekanan darah, sekaligus meningkatkan obat tekanan darah tinggi. Yang perlu diwaspadai adalah air kelapa dapat mengganggu tekanan darah selama dan pascaoperasi. Sebaiknya kamu hindari konsumsi air kelapa dua minggu sebelum jadwal operasi.

Sekarang air kelapa tidak hanya diperoleh langsung dari buah segar, air ini sudah banyak disajikan dalam bentuk kemasan. Jangan lupa selalu label dalam kemasan sebelum membeli, terutama dalam hal tanggal kadaluwarsa.

Itulah ulasan singkat seputar manfaat air kelapa untuk kesehatan yang sebenarnya. Apabila ada yang kurang jelas silahkan sampaikan melalui kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.
Share: