>

19 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kulit Manggis – Saat ini siapa yang tidak kenal dengan ekstrak kulit manggis? Hampir semua orang tau karena begitu fenomenalnya iklan ekstrak kulit manggis yang bermunculan di televisi ataupun media massa lainnya.

Pada iklan yang tayang di televisi banyak produsen mengklaim bahwa ekstrak kulit manggis kaya dengan kandungan antioksidan, antimikroba, dan xanthone.

Zat-zat tersebut diklaim mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, mencegah pertumbuhan sel kanker, mengatasi permasalahan kulit, dan bahkan dapat memperlambat proses penuaan dini. Apakah semua itu benar demikian?

manfaat kulit manggis

Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Antioksidan

Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa ekstrak kulit manggis mengandung senyawa jenis polifenol yang dikenal dengan xanthones. Ada dua jenis xanthone yang ada pada buah ini, yaitu alpha dan gamma xanthone.

Xanthone dan turunanya memiliki beberapa manfaat, termasuk salah satunya yaitu anti-inflamasi. Selain itu, xanthone juga merupakan obat yang sangat efektif untuk penyakit kardiovaskuler.

Antioksidan tersebut memiliki sifat memperbaiki sel-sel yang rusak akibat terkena radikal bebas, memperlambat penuaan, menangkal penyakit degeneratif, dan bahkan penyakit mental.

2. Rendah kalori

Ekstrak kulit manggis mengandung kalori yang sangat rendah (63 kalori per 100 gram) serta tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

Disamping itu, kandungan serat yang ada dalam buah ini lumayan tinggi (100 gram dapat menyediakan 13 % dari kebutuhan). Dengan demikian ekstrak kulit manggis sangat cocok untuk diet dan menjaga berat badanmu tetap ideal.

3. Vitamin C terbaik

Jangan salah, sumber vitamin C tidak hanya berasal dari buah jeruk. Per 100 gram ekstrak kulit manggis mampu mencukupi 12 % kebutuhan vitamin C harianmu.

Ada banyak manfaat dari vitamin C, seperti memberikan perlawanan terhadap flu/pilek, mencegah infeksi, dan tentunya meningkatkan sistem imunitas tubuh.

4. Melancarkan aliran darah

Ekstrak kulit manggis memiliki kandungan kalium dan zat besi yang berperan aktif dalam kelancaran aliran darah.

Kalium berkhasiat untuk melebarkan pembuluh darah. Sedangkan zat besi dapat membantu meningkatkan sel darah merah dan mengobati anemia.

Dengan lancarnya peredaran darah ini maka dapat melindungi kita dari penyakit tertentu seperti aterosklerosis, kolesterol tinggi, stroke, dan serangan jantung.

5. Mengurangi kolesterol jahat

Khasiat kulit manggis satu ini mungkin kamu sudah tau. Yup, ekstrak kulitmanggisyang rendah kalori dan kaya serat dapat membantumu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Bila kamu tertarik, konsumsilah ekstrak kulit manggis secara rutin serta jangan lupa imbangi dengan olahraga teratur agar hasilnya maksimal.

6. Tuberculosis

Tuberculosis merupakan salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan karena pengaruh bakteri dan jamur. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengonsumsi ekstrak kulit manggis secara rutin.

Kulit manggis memiliki zat yang bersifat antibakterial dan antijamur. Sifat inilah yang dapat membunuh bakteri penyebab tuberculosis dalam tubuh.

7. Mencegah kanker

Menurut penelitian medis yang dilakukan pada tikus, senyawa xanthones yang ada pada kulit manggis dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, tumor, kista, dan sejenisnya.

Xanthone sendiri merupakan salah satu senyawa antioksidan yang 1.000x lebih kuat dibandingkan dengan antioksidan lainnya, khususnya dalam mencegah kanker. Luar biasa kan?

8. Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Kulit manggis juga diperkaya dengan senyawa mineral alami seperti mangan, tembaga, dan magnesium. Senyawa mineral tersebut sangat berperan dalam mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

9. Bersifat anti-inflamasi

Ekstrak kulit manggis memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat bagi penderita linu, nyeri, dan efek peradangan lainnya. Baik itu nyeri pada luka, linu gigi, ataupun bagian persendian. Untuk mengurangi rasa nyeri kamu bisa mengonsumsi ekstrak kulit manggis dua sampai tiga kali sehari.

10. Mengobati alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang ditandai dengan kebingungan dan kesulitan dalam mengingat sesuatu.

Menurut penelitian di Inggris, pemberian ekstrak kulit manggis pada penderita alzheimer dapat membantu menghidupkan saraf otak mereka sebesar 30 %.

Adapun manfaat kulit manggis lainnya:

11. Mengobati jerawat.
12. Mencegah penuaan dini dan mengatasi kerutan.
13. Memperbaiki sel kulit yang telah rusak (regenerasi).
14. Meningkatkan energi/stamina tubuh agar tak mudah lelah.
15. Mengobati berbagai gangguan perut. Mulai dari diare, disentri, sakit perut, kembung, kram, maag, dan sebagainya.
16. Melancarkan dan mengurangi nyeri saat menstruasi.
17. Mengatasi penyakit gusi. Misalnya gusi berdarah, bengkak, nyeri, linu, dan sejenisnya.
18. Mencegah iritasi dan infeksi karena virus.
19. Mampu menurunkan berat badan serta menjaganya tetap ideal.

Kebenaran Manfaat Kulit Manggis

Manfaat kulit manggis sebenarnya sudah diteliti, tapi sayangnya penelitian itu hanya sebatas pada uji di laboratorium dan hanya pada binatang. Sedangkan untuk penelitian pada manusia belum pernah dilakukan.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukan bahwa kulit manggis mungkin dapat mengurangi risiko pertumbuhan sel kanker. Akan tetapi hasil tersebut didapat dari penelitian kecil yang dilakukan pada tikus.

Selain itu ekstrak buah ini juga terbukti mampu menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab penyakit, meski sayangnya hasil tersebut tidak didapat dari penelitian terhadap manusia.

Jadi kesimpulannya, manfaat kulit manggis belum terbukti berkhasiat kepada manusia jika dilihat dari segi ilmiah. Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektivitasannya.

Panduan Jika Ingin Mencoba Ekstrak Kulit Manggis

Mungkin kamu tergiur dengan beberapa manfaat kulit manggis diatas. Sebelum mencoba sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini:
  1. Cek tanggal kedaluarsanya.
  2. Pastikan kamu membeli produk ekstrak kulit manggis yang sudah terdaftar di BPOM RI.
  3. Demi berjaga-jaga, lebih baik ibu hamil dan menyusui tidak mengonsumsi ekstrak kulit manggis ini.
  4. Jika kamu ingin melakukan operasi, sebaiknya jangan mengonsumsi ekstrak kulit manggis setidaknya 14 hari sebelum bedah dilakukan. Karena ekstrak kulit manggis dapat memperlambat proses pembekuan darah.
  5. Yang terpenting adalah selalu konsultasikan kepada dokter jika ingin konsumsi apapun, terutama yang berkaitan dengan pengobatan.
Iklan produk ekstrak kulit manggis saat ini memang sangat terkenal, namun itu tidak bisa kamu gunakan sebagai patokan sebuah produk benar-benar berkhasiat atau tidak. 

Dari segi pengobatan tradisional yang turun temurun mungkin kulit manggis diprimadonakan, tapi manfaat kulit manggis dari segi ilmiah/medis masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Semoga bermanfaat.
Share: