>

9 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Manfaat Kunyit – Seperti kita ketahui bersama Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah. Salah satu rempah yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah kunyit. Biasanya kunyit dijadikan sebagai pelengkap makanan karena ia memiliki cita rasa dan warna yang khas.

Tidak hanya dijadikan sebagai bumbu dapur saja, ternyata rempah inipun kerap digunakan oleh masyarakat untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan. Kunyit mengandung kurkumin tinggi yang berpotensi membantu penyembuhan pada tubuh. Berikut beberapa manfaat luar biasa dari kunyit selengkapnya.

manfaat kunyit bagi kesehatan
Manfaat Kunyit (Kunir) untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengurangi rasa nyeri pada sendi (osteoarthritis)

Kunyit mengandung anti-inflamasi yang ditengarai dapat membantu meringankan nyeri sendi pada penderita osteoarthritis, yakni sebuah kondisi yang menyebabkan sendi nyeri, kaku, dan kehilangan fleksibilitasnya.

Sebuah penelitian menyatakan kinerja kunyit sebanding dengan ibuprofen dalam mengatasi osteoarthritis. Bila kamu ingin mencoba mengurangi rasa sakit akibat osteoartritis, kamu bisa mengonsumsi ekstrak kunyit dosis 500 mg dua kali sehari.

2. Kulit gatal

Kulit gatal dapat disebabkan karena berbagai macam faktor. Bisa karena terkena ulat bulu, alergi, ataupun terpengaruh kondisi lingkungan.

Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan kunyit yang dicampur dengan ektrak lada hitam atau cabe jamu. Kandungan kurkumin tinggi dalamnya dipercaya bisa membantu menyembuhkan gatal-gatal.

3. Ruam kulit

Ruam kulit ditandai dengan munculnya bercak kemerahan. Meski bisa hilang dengan sendirinya, tapi kondisi ruam sangat menganggu apalagi ketika mengakibatkan rasa perih.

Kondisi kemerahan pada kulit ini bisa kamu atasi dengan mengonsumsi ektrak kunyit. Kandungan bahan kimiawi dalam kunyit dapat menenangkan kulit dan membuatnya kembali seperti semula.

4. Masalah seputar menstruasi

Mungkin kamu sering melihat iklan minuman yang mengandung kunyit diklaim mampu mengatasi rasa sakit akibat menstruasi.

Ya memang benar, menurut penelitian konsumsi ekstrak kunyit dapat membantu mengatasi rasa sakit tersebut. Konsumsilah sekitar satu gelas ukuran kecil dalam sehari untuk mendapatkan khasiatnya.

5. Tukak lambung

Penelitian di Universitas Gajah Mada (UGM) baru-baru ini membuktikan kunyit dapat membantu meringankan nyeri lambung.

Penelitian tersebut dilakukan pada 30 ekor tikus yang tak diberi makan selama 48 jam. Terbukti tikus yang diberi ekstrak kunyit tidak mengalami peradangan lambung sama sekali. Wow..

6. Dispepsia (maag)

Kunyit dapat merangsang kantung empedu untuk menghasilkan empedu lebih optimal. Kondisi ini dipercaya dapat meningkatkan sistem pencernaan.

Selain itu menurut penelitian, mengonsumsi ektrak kunyit juga bisa mencegah kembung pada penderita dispepsia atau maag.

7. Kanker usus besar (kolorektal)

Tidak hanya menyembuhkan, menurut beberapa penelitian kunyit juga bisa dipakai untuk mencegah kanker usus besar dengan cara mengurangi jumlah prakanker di tubuh orang tersebut. Penanda-penanda tumor kanker usus besar pun menurun setelah mengonsumsi kunyit secara rutin. Berani coba?

8. Serangan jantung dan stroke

Serangan jantung dapat disebabkan karena tingginya kolesterol dalam peredaran darah, begitupun dengan stroke. Turunkan kolesterolmu dengan mengonsumsi air perasan kunyit secara rutin. Menurut penelitian, rempah alami ini mengandung kalium tinggi yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh.

9. Mencerahkan kulit wajah

manfaat kunyit untuk kesehatan

Inilah manfaat kunyit untuk wajah. Kunyit memiliki pigmen kuning alami yang dapat membantu mencerahkan kulit wajah dengan cepat.

Kamu bisa membuat masker kunyit yang dicampur dengan air lemon dan madu. Pakailah masker tersebut secara rutin 10 menit setelah mandi dan lihat hasilnya seketika.

Efek Samping Kunyit Pada Tubuh

Mengonsumsi kunyit sebaiknya tidak melebihi 500 mg setiap harinya. Hindari mengonsumsinya dalam jumlah 1.500 mg atau lebih, guna meminimalisir efek sampingnya.

Menurut sebuah laporan, mengonsumsi kunyit dalam jumlah berlebihan dapat membuat detak jantung menjadi abnormal. Efek samping lain yang ditimbulkan akibat pemakaian kunyit tak wajar antara lain:
  • Munculnya alergi yang berlebihan
  • Gangguan pada kantung empedu
  • Pendarahan
  • Gangguan hati
  • Kontraksi uterus
  • Munculnya gangguan perut dan pencernaan
  • Mengurangi kesuburan pada pria

Sebaiknya mengonsumsi kunyit dilakukan secara hati-hati. Apalagi untuk ibu hamil, menyusui, penderita diabetes, pria yang ingin memiliki anak, dan kalangan yang ingin melakukan operasi.

Bagaimana, tertarik mencoba kunyit?

Itulah beberapa manfaat kunyit dan efek sampingnya untuk kesehatan tubuh. Selamat mencoba dan jangan lupa share hasilnya di kolom komentar ya.

Baca juga: manfaat kacang ijo 
Share: