>

5 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat Kacang Hijau – Dengan harga yang relatif lebih murah, serta dapat diolah menjadi berbagai makanan dan minuman lezat, kacang hijau bisa menjadi salah satu pilihan untuk mempercantik dan meningkatkan kesehatan tubuhmu.

Kacang hijau termasuk kedalam jenis kacang-kacangan yang mengandung sumber protein cukup baik, serta mengandung rendah lemak, banyak serat terlarut dan tak larut. Kandungan inilah yang membuat kacang hijau kaya akan manfaat.

Selain mengandung serat dan protein, kacang ijo juga mengandung nutrisi vitamin dan mineral alami seperti asam folat, magnesium, karbohidrat, yang pastinya akan memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh. Apa saja manfaat kacang ijo itu?

Manfaat Kacang Ijo untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

1. Kandungan asam folatnya baik untuk menjaga kesuburan sekaligus meningkatkan tumbuh kembang janin dalam kandungan. 

manfaat kacang hijau untuk kesehatan

Asam folat yang terkandung dalam kacang ijo sangatlah tinggi, sehingga ia cukup baik untuk wanita yang ingin merencanakan kehamilan atau sedang hamil. Kamu bisa mengonsumsi kacang ijo sebagai salah satu makanan penyubur kandungan.

Selain menyuburkan kandungan, mengonsumsi kacang hijau selama kehamilan juga dapat mencegah bayi lahir prematur, keguguran, bayi lahir dengan berat badan rendah, dan bahkan melindungi bayi lahir cacat syaraf setidaknya 50 %.

2. Selain melancarkan pencernaan, kandungan seratnya juga bisa membantumu menurunkan kolesterol dan cegah penyakit jantung, amazing bukan?
manfaat kacang hijau untuk kesehatan

Ternyata kacang hijau juga mengandung serat makanan yang tidak hanya bagus untuk pencernaan, tapi juga dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Bahkan kandungan serat tersebut juga dapat membantu dalam menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

Semua hal ini dapat tercapai karena kacang hijau dapat membuat kamu kenyang lebih cepat dan tahan lama, sehingga pola makanmu menjadi lebih teratur serta dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

3. Dengan kandungan lemak yang rendah, kacang ijo sangat cocok untuk diet penurunan berat badan. Jadi, kamu yang pengen langsing ini solusinya.

manfaat kacang hijau untuk kesehatan

Dalam 100 gram kacang hijau setidaknya mengandung 347 kilokalori dan 1,15 gram lemak. Dengan kandungan lemaknya yang rendah, kacang ini dapat membantu penderita obesitas (kegemukan) untuk menurunkan berat badan.

Apalagi ditambah sifatnya yang mengenyangkan lebih lama, tentunya kamu tak usah takut lagi kelaparan saat tidak banyak makan.

4. Kandungan karbohidratnya baik untuk meningkatkan energi dalam tubuh. Kamu pun akan lebih semangat beraktivitas sepanjang hari.

manfaat kacang hijau untuk kesehatan

Siapa bilang karbohidrat tidak dibutuhkan? Meski sering kali dihindari oleh mereka yang berusaha menurunkan berat badan, tapi ternyata karbohidrat penting bagi fungsi dan kesehatan tubuhmu.

Kacang hijau termasuk salah satu sumber karbohidrat terbaik. Pada saat masuk kedalam tubuh karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang berguna sebagai bahan bakar pembentukan energi.

Perpaduan antara karbohidrat dan serat yang ada dalam kacang hijau sangat baik untuk mencegah kontipasi (susah BAB), menurunkan kolesterol, dan baik untuk merawat kesehatan usus.

5. Magnesium dalam kacang hijau dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang, sehingga dapat menurunkan risiko osteoporosis pascamenopause.

manfaat kacang hijau untuk kesehatan

Magnesium termasuk salah satu mineral yang diperlukan oleh tubuh. Dalam 100 gram kacang hijau mengandung 53 % magnesium. Dengan mengonsumsi kacang hijau secara rutin kamu dapat menurunkan risiko terkena keropos tulang, meningkatkan pembentukan sel tulang, serta kepadatan tulang.

Selain itu, magnesium juga memiliki efek yang baik bagi penderita diabetes, untuk kesehatan jantung, dan membantu menurunkan gejala sindrom pramenstruasi (contohnya kembung, nyeri, dan insomnia).

Cara Memasak Bubur Kacang Hijau yang Lezat dan Sehat

manfaat kacang hijau untuk kesehatan

Bahan-bahan:
  • 1/4 kg kacang ijo
  • 1/4 kg gula merah
  • Santan kental seperlunya
  • Garam dapur secukupnya

Langkah:
  1. Rebus kacang ijo hingga benar-benar masak dan lembut
  2. Masukan santan sedikit demi sedikit, lalu masukan gula merah aduk hingga mencair dan tidak kelihatan lagi bentuknya
  3. Tambahkan garam seperlunya dan tunggu sebentar
  4. Bubur kacang ijo lezat siap untuk disajikan.

Manfaat kacang hijau yang beragam di atas berasal dari kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral di dalamnya. Kandungan nutrisi kacang hijau tidak hanya di atas saja, ia juga mengandung kalsium, zat besi, potasium, zinc, vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B5, B6), vitamin C, dan vitamin E yang baik untuk tubuh.

Oleh sebab itu, masukanlah bubur kacang hijau kedalam menu sehari-hari. Murah, mudah ditemui, dan bisa diolah menjadi berbagai sajian lezat. Itulah ulasan singkat seputar manfaat kacang hijau untuk kesehatan dan ibu hamil. Selamat mencoba dan jangan lupa share jika artikel diatas bermanfaat.
Share: