>

11 Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan yang Amazing

Manfaat Buah Naga Merah – Bila kamu mencari buah yang manis dan membuat kenyang, namun tidak menggemukan badan, buah naga bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak adanya kandungan karbohidrat kompleks membuatnya mudah dicerna oleh tubuh.

Buah naga sebenarnya berasal dari kawasan Meksiko, Amerika Tengah. Seiring dengan perkembangannya, buah ini kemudian tersebar ke berbagai negara. Umumnya buah naga tumbuh subur di kawasan Asia Selatan, Asia Tengah, dan Tenggara seperti Vietnam, Thailand, Filipina, termasuk Indonesia.

Kulitnya berwarna merah muda dan cukup tebal. Terdapat tiga jenis buah naga berdasarkan warna dagingnya, yaitu merah, putih, dan kuning. Ketika dibuka daging buah ini mirip dengan buah kiwi, dengan bintik-bintik hitam adalah bijinya. Biji hitam tersebut kaya akan kandungan lipid yang penting untuk pertumbuhan sel. Daging dan bijinya bisa kita konsumsilangsung secara bersamaan.

manfaat buah naga untuk kesehatan

Kandungan Buah Naga

Dalam buah naga seberat 7 ons atau sekitar 200 gram, terkandung nutrisi makro sekitar:
  • 2 gram protein dan 0,4 gram lemak
  • 14 gram karbohidrat tidak kompleks, yang terdiri dari glukosa dan fruktosa

Tidak hanya itu, dalam buah naga juga terkandung nutrisi mikro yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Diantaranya seperti kalsium, potasium, vitamin C, dan zat besi.

Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi buah naga yang cukup lengkap inilah yang membuat manfaatnya sangat luat biasa bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah itu?

1. Kandungan probiotiknya dapat membantu mencegah kontipasi dan membunuh bakteri di ususmu.

Probiotik merupakan jenis bakteri baik yang bagus untuk merawat sistem pencernaan. Bakteri ini bertugas melawan bakteri jahat yang ada dalam usus. Jika dikonsumsi secara tertatur, dapat meningkatkan kinerja saluran pencernaan dan menghindari kontipasi (susah BAB).

2. Anemia bisa menyerangmu kapan saja. Sebelum terlambat, cegah dengan konsumsi zat besi dari buah naga merah.

Mengonsumsi satu buah naga dapat membantu mencukupi kebutuhan 8 persen zat besi harianmu. Zat ini diperlukan untuk membentuk sel darah merah yang menyalurkan oksigen keseluruh tubuh.

3. 15 % kebutuhan vitamin C-mu sekarang bisa terpenuhi dengan konsumsi satu buah naga secara rutin lho. Jadi, nggak usah deh beli multivitamin mahal.

Konsumsi buah naga ternyata dapat memenuhi 15 persen kebutuhan vitamin C harian. Vitamin ini berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel tubuh kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, vitamin C juga berguna untuk mempercepat penyembuhan luka dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Kolagen dibutuhkan untuk membentuk tendon, ligamen, kulit, tulang rawan, dan pembuluh darah.

4.Jantungmu itu sangat berharga. Sayangi dengan cara mengonsumsi buah naga yang kaya akan potasium ini.

Serangan jantung menduduki posisi pertama sebagai penyakit pembunuh terganas diseluruh dunia. Survei WHO membuktikan, hampir setiap 2 jam ada 10 orang meninggal dunia akibat serangan jantung.

Konsumsi buah naga merah secara rutin dapat memberikan 10 persen kebutuhan potasium harian. Potasium dibutuhkan untuk mendukung fungsi jantung, otot, saraf, dan sistem pencernaan.

5. Osteoporosis emang banyak menyerang saat tua. Namun bukan berarti ketika muda kamu tidak menjaga kesehatan tulang.Mulailah konsumsi buah naga..

Osteoporosis menjadi momok menakutkan ketika seseorang memasuki usia senja. Keropos tulang bisa terjadi karena tubuh semakin lama menyerap kalsium yang lebih sedikit. Dengan kata lain, semakin tua usiamu, kebutuhan kalsium harus semakin tinggi.

Salah satu sumber kalsium terbaik yang bisa kamu dapatkan adalah buah naga. Jika dikonsumsi secara rutin satu buah naga dapat memberikan 9 gram kalsium. Zat ini tidak hanya baik untuk menguatkan tulang, tapi juga memperkuat gigimu.

6. Hipertensi dan kolesterol menjadi masalah serius di tahun ini. Kabar baiknya, kamu bisa menurunkan hanya dengan minum segelas jus buah naga rutin.

Buah naga tidak memiliki kandungan lemak trans, lemak jenuh, ataupun kolesterol. Bila dikonsumsi secara rutin, buah ini dapat membantu menjaga tekanan darah dan mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Sementara bijinya kaya akan kandungan omega 3 dan omega 6 yang sangat bermanfaat untuk mencegah risiko gangguan kardiovaskular dan trigliserida.

7. Minum jus buah naga bisa membantumu meningkatkan metabolisme karbohidrat dalam tubuh.

Metabolisme karbohidrat penting untuk dijaga. Apabila metabolisme kurang lancar, maka akan menyebabkan risiko penyakit berbahaya seperti diabetes, obesitas (kegemukan), dan jantung koroner.

Nah, buah naga ini memiliki kandungan vitamin B1 yang cukup bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme karbohidrat dalam tubuh. Jadi, kamu bisa lebih efektif tuh dalam mencegah penyakit-penyakit berbahaya diatas.

8. Nggakusah perawatan kulit mahal. Hanya konsumsi jus buah naga rutin, kamu akan mendapatkan kulit cerah, mulus, dan sehat alami.

Kandungan buah naga memang sangat lengkap. Termasuk kandungan vitamin B1, B2, dan B3. Menurut penelitian kandungan vitamin B2-nya yang cukup tinggi dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, kamu juga bisa menggunakan buah naga sebagai masker wajah alami. Caranya cukup haluskan lalu gunakan sebagai masker 30 menit setiap selesai mandi.

9. Kanker termasuk penyakit mematikan yang belum ada obatnya. Sebelum nasi jadi bubur, cegah dengan konsumsi jus buah naga.

Seperti kita ketahui bersama, kanker termasuk salah satu penyakit mematikan yang telah merenggut banyak jiwa. Hampir 80 % penderita kanker berakhir pada kematian. Duh, ngeri ya.

Pigmen merah pada buah naga mengandung likopen yang diperkirakan dapat mencegah kanker prostat. Konsumsilah secara rutin minimal satu buah sehari agar kamu bebas dari kanker mematikan tersebut.

10. Sakit perut yang kamu alami bisa jadi tanda keracunan. Atasi segera dengan minum jus buah naga secara rutin.

Keracunan dapat disebabkan karena berbagai macam faktor, termasuk salah satunya keracunan logam berat. Buah naga merah mengandung senyawa fitoalbumin yang dapat menghilangkan racun logam berat dalam tubuh, atau istilah medisnya detoksifikasi.

11. Selain susu formula, konsumsilah jus buah naga untuk mendukung tumbuh kembang si kecil dalam kandungan.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil sangatlah luar biasa. Buah ini memberikan nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh janin ketika sedang mengalami perkembangan. Salah satu kandungan nutrisinya adalah kalsium dan fosfor yang dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi si kecil.

Efek Samping yang Mungkin Terjadi

Sejauh ini belum ada efek samping berbahaya yang disebabkan setelah konsumsi buah naga rutin. Efek yang sering muncul biasanya feses dan air seni berwarna kemerahan. Namun itu tidaklah berbahaya, karena hanya efek dari daging buahnya yang berwarna merah.

Bagaimana, tertarik mengonsumsi buah naga?

Selain dikonsumsi langsung dan dalam bentuk jus, kamu juga bisa membuat olahan lain dari buah naga, seperti misal membuatnya menjadi yoghurt, es krim, jeli, ataupun kue. Sedangkan bunganya bisa kamu manfaatkan untuk membuat teh segar. Semoga bermanfaat.

***
Share: