>

9 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung Alami dengan Cepat

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung – Jerawat sebetulnya bisa muncul di tubuh mana saja sepanjang memiliki kelenjar yang menghasilkan minyak atau disebut juga folikel rambut. Salah satu daerah yang sering menjadi sasaran adalah punggung.

Layaknya kulit wajah, punggung kita sebetulnya juga memiliki kelenjar minyak. Produksi minyak berlebihan yang bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri bisa menjadi salah satu penyebab jerawat di punggung.

cara menghilangkan jerawat punggung secara alami

Kehadiran jerawat di punggung jelas membuat kita merasa kurang nyaman, apalagi jika munculnya itu jenis jerawat batu yang menyebabkan peradangan. Lantas, bagaimana cara menghilangkan jerawat punggung itu?

Cara Mengatasi Jerawat di Punggung Secara Alami dengan Cepat

1. Buah lemon

Tahukan dengan buah lemon? Yup, buah mirip jeruk ini ternyata bisa kamu gunakan untuk mengatasi jerawat punggung secara alami.

Lemon diperkaya dengan kandungan asam yang dapat menyegarkan kulit sekaligus membuang minyak berlebihan. Jika minyak berkurang maka secara otomatis jerawat punggung akan segera hilang. Nggak percaya?

Cara menghilangkan jerawat punggung dengan lemon:
  • Peras satu buah lemon yang masih segar
  • Pastikan area punggung bersih, kamu bisa mandi dulu sebelum menggunakan
  • Setelah selesai mandi gunakan kapas untuk mengoleskan perasan lemon tadi secara merata keseluruh bagian yang berjerawat
  • Diamkan sejenak kurang lebih 30 menit agar meresap. Biasanya akan muncul rasa sedikit perih, tapi itu wajar saja nanti juga hilang sendiri
  • Bila sudah meresap bilaslah dengan memakai air hangat sampai benar-benar bersih.

2. Kulit jeruk

Mulai sekarang jangan buang kulit jeruk ya. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai scrub alami untuk menghilangkan jerawat punggung.

Scrub berguna untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran, dan sisa keringat yang tertimbun di pori. Penggunaan scrub secara teratur bahkan cukup baik untuk mencerahkan kulit kusam.

Cara mengatasi jerawat punggung dengan kulit jeruk:
  • Sediakan kulit jeruk seperlunya saja, kemudian keringkan
  • Rendam kulit jeruk tadi kedalam air hangat, lalu blender sampai halus
  • Setelah halus campurkan dengan susu seperlunya
  • Sekarang oleskan ke bagian punggung yang sudah bersih secara merata. Beri gosokan lembut selama 2 menitan.
  • Biarkan sampai mengering 30-60 menit
  • Akhiri dengan membilasnya menggunakan air hangat.

3. Lakukan scrub secara teratur

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas tadi scrub berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran di pori. Lakukan scubing secara teratur seminggu sekali agar jerawat punggung segera hilang.

Sebenarnya tidak cuma kulit jeruk aja sih yang bisa kamu gunakan sebagai bahan scrub. Beberapa bahan alami seperti gula pasir, madu, dan kopi bisa menjadi alternatif lain. Yang jelas pastikan kamu menggunakan bahan-bahan tersebut dengan benar.

Ingat: jangan terlalu sering melakukan scrub karena dapat menyebabkan kulit mudah iritasi.

4. Tomat

Tomat merupakan buah yang mengandung vitamin E tinggi. Kandungan vitamin ini sangat baik untuk merawat kesehatan kulit, termasuk salah satunya bisa menghilangkan jerawat punggung secara alami. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan kulit mulus bebas jerawatan.

Cara menghilangkan jerawat punggung dengan tomat:
  • Siapkan tomat yang masih segar seperlunya saja
  • Haluskan dengan memakai blender
  • Oleskan secara merata ke bagian punggung
  • Diamkan sampai mengering dan kaku
  • Bilas dengan memakai air hangat sampai bersih.

5. Mentimun

Kandungan nutrisi dalam timun hampir sama dengan tomat, ia juga diperkaya dengan vitamin E tinggi. Cuma bedanya timun memiliki kadar air lebih tinggi yang bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri akibat peradangan jerawat.

Cara menghilangkan jerawat di punggung dengan timun:
  • Haluskan timun segar seperlunya berserta kulit dan bijinya
  • Pastikan punggung dalam keadaan bersih
  • Selanjutnya oleskan halusan timun tadi secara merata keseluruh bagian punggung
  • Diamkan sampai mengering dan kaku. Setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

6. Aspirin

Tahukah kamu dengan aspirin? Ya benar, ini merupakan obat penurun demam. Ternyata selain mampu menurunkan demam aspirin juga dapat mengobati jerawat membandel lho, baik itu jerawat wajah ataupun punggung.

Beberapa penelitian bahkan membuktikan aspirin memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa nyeri akibat peradangan.

Cara menghilangkan jerawat punggung dengan aspirin:
  • Haluskan aspirin seperlunya saja, misalnya 10 butir
  • Campurkan dengan sedikit air hingga membentuk adonan mirip pasta
  • Oleskan ke area punggung secara merata yang ada jerawatnya
  • Diamkan kurang lebih selama 30 menitan, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

7. Putih telur

Putih telur mengandung protein hewani dan mineral lengkap yang cukup berkhasiat untuk mengencangkan kulit wajah. Namun selain itu ternyata ia juga diperkaya dengan anti-bakterial yang bisa mengatasi jerawat punggung.

Kamu bisa menggunakan putih telur sebagai masker setiap selesai mandi untuk mendapatkan hasil terbaik. Bagaimana cara membuatnya? Ikuti berikut ini.
  • Siapkan satu buah telur, bisa ayam atau bebek
  • Buang kuning telurnya. Lalu kocok putih telur sampai sedikit mengeluarkan busa
  • Langsung saja oleskan putih telur tersebut secara merata ke bagian punggung yang berjerawat
  • Biarkan selama kurang lebih satu jam agar meresap. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

8. Jaga kebersihan kulit

cara menghilangkan jerawat punggung secara alami

Menjaga kebersihan kulit hukumnya wajib bagi kamu yang memiliki jerawat punggung. Bersegeralah mandi setelah melakukan aktivitas yang menimbulkan banyak keluar keringat.

Pastikan sabun mandi yang kamu gunakan sesuai dengan jenis kulit. Para ahli sangat merekomendasikan sabun badan yang mengandung anti-bakterial agar jerawat punggung dapat segera hilang.

Namun bila tidak memungkinkan untuk mandi, paling tidak gunakan produk yang mengandung asam salisilat untuk membantu menyegarkan kulit dan melarutkan minyak berlebih.

9. Lakukan perawatan kulit dengan baik

Banyak masyarakat yang belum tau bagaimana cara merawat kulit yang benar. Inilah yang memicu mereka memiliki berbagai masalah kulit seperti panu, jerawat, kutil, bisul, dompo (herpes), dan sebagainya.

Jangan sampai kulit berharga kamu terkena penyakit-penyakit berbahaya tersebut. Baca selengkapnya mengenai cara merawat kulit dengan benar yang sudah saya ulas sebelumnya.

Tindakan yang Dapat Memperburuk Jerawat

Ada beberapa tindakan yang bisa memperburuk kondisi jerawatmu, diantaranya seperti:
  • Memencet jerawat
Jangan sekali-kali mencoba membersihkan jerawat dengan cara memencet atau memijitnya. Tanpa pengetahuan yang cukup, tindakan semacam ini justru akan menyebabkan munculnya bekas jerawat secara permanen.
  • Terlalu sering membersihkan area jerawatan
Menjaga kebersihan kulit memang baik. Namun jika terlalu sering membersihkan juga kurang baik. Hal ini dapat menyebabkan kulit lebih mudah sensitif dan terkena iritasi.
  • Menggunakan air terlalu panas dan terlalu dingin
Lebih baik gunakan air dengan suhu sedang hingga hangat saat mandi. Menggunakan air yang terlalu panas atau terlalu dingin justru memperburuk kondisi jerawat yang kamu alami.

Munculnya jerawat punggung juga bisa dipicu karena seseorang menerapkan pola hidup kurang sehat. Misalnya seperti sering begadang, merokok, minum alkohol, dsb. Oleh sebab itu, selain menerapkan tips diatas kamu sebaiknya juga menerapkan cara hidup sehat yang benar agar hasilnya optimal.

Bagaimana, mudah kan? Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat punggung yang bisa kamu coba. Silahkan pilih salah satu bahan alami saja yang menurut kamu paling mudah digunakan. Jangan lupa share hasilnya dikolom komentar ya. Selamat mencoba.

Share: