>

9 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami dengan Cepat Terbukti

Cara Mengecilkan Perut Buncit – Setiap orang tentunya menginginkan bentuk tubuh yang ideal, tidak terlalu gemuk dan juga tak terlalu kurus. Sayangnya, kebanyakan masyarakat tanah air masih menderita yang namanya perut buncit, terutama mereka para ibu rumah tangga yang sudah punya anak.

Meskipun bukan masalah kesehatan yang serius, tapi adanya perut buncit jelas membuat penampilan kurang menarik. Tidak hanya itu saja, perut buncit juga bisa memicu masalah kesehatan yang lebih serius lagi.

Beberapa penelitian membuktikan penderita stroke, diabetes, dan serangan jantung kebanyakan disebabkan karena perut buncit yang sudah parah. Tak mau bernasib sama kan seperti mereka?


Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat Secara Alami Tanpa Obat

Memiliki bentuk tubuh yang ideal seperti dulu sebenarnya bukan hanya impian semata. Asalkan kamu bisa menurunkan berat badan saja, sebetulnya perut akan kembali ramping lagi.

Berikut beberapa tips mengecilkan perut buncit yang bisa kamu coba.

1. Latihan kardio

Banyak yang salah kaprah dalam mengecilkan perut buncit. Mereka menganggap sit up bisa membuat perutnya cepat ramping. Padahal latihan tersebut sebetulnya hanya bermanfaat untuk membentuk otot perut, bukan membakar lemak. Sehingga sekeras apapun kamu melakukan sit up tidak akan efektif.

Latihan awal yang benar dalam mengecilkan perut buncit adalah dengan latihan kardio. Latihan ini bertujuan untuk membakar lemak berlebihan disekitar perut. Ada banyak sekali jenis latihan kardio yang bisa kamu coba, misalnya seperti berlari, bersepeda, berenang, jalan cepat, dsb. Cobalah minimal 30 menit sehari.

2. Latihan yoga

Yoga merupakan olahraga yang memusatkan perhatian pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan. Penelitian di India membuktikan yoga dapat membantu menghilangkan gas berlebih di perut, sehingga melancarkan pencernaan dan menghilangkan lipatan lemak di perut.

Setidaknya ada empat jenis yoga yang cukup direkomendasikan untuk mengecilkan perut, antara lain:

Tadasana dan Urdhva hastasana
cara mengecilkan perut buncit dengan cepat
  • Pertama berdiri diatas matras yoga yang sudah kamu siapkan sebelumnya
  • Tangan lurus ke bawah disamping kanan dan kiri kedua kaki
  • Perlahan sambil mengambil napas angkat tangan ke arah samping hingga posisi kedua tangan lurus dan menyatu diatas kepala
  • Tahan dalam posisi tersebut beberapa lama. Selanjutnya turunkan secara perlahan-lahan sambil membuang napas
  • Itu tadi baru Tadasana. Kamu bisa lanjut ke gerakan Urdhva hastasana. Caranya rentangkan kedua tangan diatas kepala dulu
  • Berikutnya satukan kedua jari tengah dan bentuk segitiga. Perlahan-lahan condongkan tubuh ke arah kiri kurang lebih 5 detik. Lakukan lagi untuk arah kanan. Gampang kan?

Uttanpadasana

cara mengecilkan perut buncit dengan cepat
  • Posisikan tubuh merebah diatas matras
  • Angkat kedua kakimu ke atas seakan-akan menempel ditembok
  • Selanjutnya tahan pada posisi tersebut beberapa detik sesuai dengan kemampuan masing-masing
  • Latihan semacam ini tak hanya bermanfaat untuk mengecilkan perut saja, tapi juga bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan perut.

Apanasana

cara mengecilkan perut buncit dengan cepat
  • Rebahkan tubuhmu diatas matras, usahakan rileks saja
  • Letakan kedua tangan diatas paha dan tarik napas perlahan-lahan
  • Selanjutnya tarik kedua lutut ke arah dada dengan posisi tangan memeluk kedua lutut
  • Angkat sedikit posisi tubuhmu kemudian tahan kurang lebih selama 10-15 detik
  • Lalu lepaskan. Lakukan lagi sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Paschimottanasana
cara mengecilkan perut buncit dengan cepat
  • Duduklah santai dengan kaki lurus ke depan
  • Secara perlahan turunkan kepala ke arah lutut
  • Posisikan kedua telapak tanganmu di samping kedua telapak kakimu
  • Tahan sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Note: Kamu tak perlu mencoba semua latihan yoga diatas. Cukup pilih salah satu saja kemudian lakukan secara rutin setiap hari.

3. Cukupi kebutuhan serat

Baru-baru ini studi penelitian di Harvard University membuktikan konsumsi serat sebanyak 10 gram dapat mengurangi lemak sebesar 3,7 persen dalam tubuh selama lima tahun.

Untuk mendapatkan 10 gram serat tersebut kamu bisa mengonsumsi dua buah apel berukuran kecil atau segelas kacang polong. 

4. Diet yang tepat

Adanya perut buncit erat kaitannya dengan konsumsi lemak jenuh yang berlebihan. Lemak jenuh sendiri biasa ditemukan di daging sapi, mentega, dan produk susu. Sebaiknya mulai sekarang kamu kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tersebut.

Sedangkan agar timbunan lemak dalam perut tidak semakin banyak, kamu bisa mengonsumsi makanan sumber lemak tak jenuh seperti dari avokad dan ikan. Namun, pastikan kamu konsumsi makanan tersebut dalam jumlah wajar. Karena walau bagaimana pun lemak tak jenuh itu juga mengandung banyak kalori.


5. Kurangi makanan dan minuman manis

Yang manis-manis tidak selamanya baik. Selain bisa memicu gejala diabetes, makanan manis ternyata juga bisa meningkatkan berat badan lho. Ini tentunya menjadi mimpi buruk bagi kamu yang ingin memiliki tubuh ramping.

Ada banyak sekali makanan manis tinggi kalori yang harus kamu hindari. Mulai dari minuman bersoda, kue, permen, sirup, dan lainnya. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan pemanis alami dari madu yang kaya akan manfaat kesehatan.

6. Konsumsi lemon

Tahukan dengan buah satu ini? Ya, lemon merupakan buah jeruk paling masam yang biasanya sering digunakan untuk melarutkan kotoran dan lemak di piring.

Penelitian membuktikan kandungan asam salisilat tinggi dalam lemon ternyata dapat membantu membakar kalori berlebihan dalam tubuh. Secangkir air lemon sebelum sarapan setiap pagi akan sangat efektif untuk mengurangi lemak perut.

Usahakan jangan tambah pemanis ya. Ingat!

7. Kurangi porsi makan

Hampir 50 % lebih pemilik perut buncit mengaku suka nambah makan. Apakah kamu juga salah satunya? Nah jika ingin perut langsing sebaiknya mulai sekarang kurangi jatah makan.

Misalnya sehari makan 3 kali, maka kamu bisa menguranginya menjadi 2 kali saja. Selain itu hindari makan malam, karena saat malam hari tubuh tidak terlalu aktif dalam membakar kalori.

8. Meredakan stres

Stres dapat memicu ketidakstabilan hormon dalam tubuh ketika memecah glukosa/gula. Apabila kondisi semacam ini berlangsung lama maka akan menyebabkan banyak kalori yang tertimbun dalam tubuh, terutama perut.

Oleh sebab itu, segera atasi stres yang kamu alami. Ada banyak sekali cara mengatasi stres berlebihan yang cukup ampuh. Misalnya dengan liburan bersama keluarga seminggu sekali, dan lainnya.

9. Tidur teratur dan cukup

Meluangkan waktu untuk istirahat dapat membantu mengoptimalkan organ-organ tubuh dalam melakukan metabolisme pembakaran lemak. Pastikan kamu tidur secara teratur sesuai dengan jadwal kebiasaan masing-masing.

Keteraturan ini sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan metabolisme ketika terbangun nantinya. Selain itu, kamu juga harus mencukupi waktu tidur setidaknya 8 jam sehari agar tubuh tetap dalam keadaan fit.

Bagaimana, tetarik mencobanya? Itulah beberapa cara mengecilkan perut buncit yang bisa kamu coba dengan mudah di rumah. Selamat mencoba dan jangan lupa share hasilnya di kolom komentar ya. 

Share: