>

20 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami dan Medis Ampuh

Cara Menghilangkan Bekas Luka – Memang sangat tidak menyenangkan apabila memiliki bekas luka, apalagi jika di wajah. Sangat dibutuhkan cara menghilangkan bekas luka di wajah yang tepat dan efektif agar hal tak menyenangkan tersebut bisa teratasi.

Luka yang terbentuk di permukaan kulit ada banyak sekali jenisnya, semua itu tergantung dari penyebab munculnya luka tersebut. Misalnya saja luka bakar, luka terkena air panas, luka karena gatal-gatal, tersayat benda tajam, kecelakaan, infeksi, peradangan, dan bahkan luka setelah operasi.

Terkadang beberapa jenis luka menyebabkan munculnya jaringan parut. Namun kamu tak perlu cemas, sebab jaringan parut tersebut muncul karena merupakan proses alami penyembuhan luka yang dilakukan oleh tubuh.

Meskipun sebenarnya bekas luka bisa hilang dengan sendirinya, tapi beberapa orang mengaku terganggu akibat keberadaan bekas luka tersebut, khususnya bagi kamu yang memiliki bekas luka di wajah.

Tak perlu cemas, berikut saya share beberapa cara menghilangkan bekas luka yang bisa membuat kulitmu mulus kembali seperti dulu, bahkan bisa lebih baik.

Cara menghilangkan bekas luka secara alami

Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka Lama Dengan Mudah

Sebenarnya ada dua metode yang akan saya bagikan kali ini, yaitu medis dan alami. Namun sebelum kamu mencoba cara medis, sebaiknya terapkan perawatan bekas luka secara alami dulu, khususnya untuk luka yang belum terlalu parah. Beberapa bahan alami yang bisa kamu coba antara lain.

1. Lidah buaya

Dulu pernah saya share mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya. Ternyata selain bermanfaat untuk merawat rambut, lidah buaya juga bisa kamu jadikan sebagai penghilang bekas luka secara alami.

Beberapa penelitian membuktikan gel tanaman herbal ini diperkaya dengan kandungan lignin dan asam amino. Kedua senyawa tersebut dapat membantu melembabkan kulit, mencegah peradangan, dan mempercepat regenerasi sel.

Cara menghilangkan bekas luka dengan lidah buaya:
  • Siapkan tanaman lidah buaya yang masih segar, lalu ambil gel di dalamnya.
  • Setiap selesai mandi oleskan gel lidah buaya ke seluruh bagian bekas luka.
  • Diamkan kurang lebih selama 1 jam sampai meresap, setelah itu bilas air dingin.
Note: jangan sampai kulitmu terkena getah lidah buaya. Karena getah tanaman ini bisa memicu munculnya iritasi dan gatal-gatal.

2. Madu

Manfaat madu untuk kulit memang sudah tidak diragukan lagi. Kandungan nutrisi yang cukup lengkap membuat madu cukup digemari di masyarakat. Tidak hanya bermanfaat menjaga kesehatan saja, tapi juga efektif dalam mengoptimalkan regenerasi sel kulit baru. Penasaran kan?

Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan madu:
  • Sediakan madu alami secukupnya saja.
  • Bersihkan area luka, lalu oleskan madu tadi secara merata.
  • Diamkan sampai benar-benar meresap dan kering.
  • Bilas dengan memakai air dingin sampai bersih.
Note: agar hasilnya maksimal kamu bisa mengombinasikan antara madu dan lidah buaya.

3. Minyak zaitun

Jika dirumah nggak ada madu, kamu bisa mencoba memakai minyak zaitun. Olive oil atau minyak zaitun memiliki banyak sekali manfaat bagi kulit, termasuk salah satunya dapat menghilangkan bekas luka lama.

Bahkan jika digunakan rutin minyak zaitun berkhasiat menjaga kulit tetap awet muda (baca selengkapnya: manfaat minyak zaitun untuk kulit).

Cara menghilangkan bekas luka dengan minyak zaitun:
  • Siapkan minyak zaitun secukupnya, kamu bisa membelinya di supermarket terdekat.
  • Setiap selesai mandi oleskan minyak zaitun secara merata ke bagian bekas luka. Lalu diamkan sejenak selama 1 – 2 jam agar meresap.
  • Jika sudah benar-benar meresap bilas dengan air dingin sampai bersih.
Note: bila perlu, kombinasikan juga minyak zaitun dengan lidah buaya atau madu agar hasilnya lebih maksimal.

4. Jeruk nipis/lemon

Lemon dan nipis sebenarnya masih satu keluarga dengan buah jeruk, namun karena rasanya sangat masam tidak banyak orang yang suka. Meski demikian, dua buah jeruk ini cukup efektif untuk mengangkat sel kulit mati penyebab bekas luka.

Cara menghilangkan bekas luka dengan lemon/nipis:
  • Ambilan lemon atau jeruk nipis satu buah, sebaiknya pilih salah satu aja.
  • Belah menjadi dua bagian dan tambahkan gula, kemudian gosokan belahan ke area bekas luka secara melingkar.
  • Lakukan terus sampai belahan buah tadi kering. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.
5. Daun pare

Mendengar nama ‘pare’ pasti sudah kebayangkan bagaimana pahitnya? Yup, pare merupakan salah satu tanaman yang memiliki rasa cukup pahit. Namun meskipun pahit, daun pare terbukti efektif lho dalam memudarkan bekas luka. Gimana berani coba nggak?

Cara menghilangkan bekas luka dengan daun pare:
  • Sediakan beberapa lembar daun pare yang masih segar.
  • Cuci hingga bersih selanjutnya haluskan.
  • Peras halusan daun pare tadi, kemudian campur air perasannya dengan tepung beras hingga membentuk pasta.
  • Oleskan secara merata ke bagian bekas luka selama kurang lebih 1-2 jam. Setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.
Note: sebaiknya bahan ini jangan digunakan untuk bekas luka di wajah, karena berisiko mengakibatkan iritasi.

6. Daun mint

Daun mint merupakan salah satu tanaman herbal yang sering digunakan untuk membuat berbagai macam produk seperti pasta gigi, obat kumur, dan juga minyak angin.

Setelah diteliti lebih jauh, ternyata daun mint memiliki kandungan mineral alami yang efektif untuk mengoptimalkan regenerasi sel kulit baru. Gunakan daun mint secara rutin untuk memudarkan bekas luka membandel.

Cara menghilangkan bekas luka dengan daun mint:
  • Siapkan beberapa lembar daun mint yang masih segar.
  • Kemudian tumbuk daun tersebut tapi jangan terlalu halus.
  • Gosokan secara perlahan-lahan dengan gerakan memutar ke bagian permukaan bekas luka.
  • Lakukan terus selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.
Note: sama dengan daun pare, sebaiknya hindari penggunaan daun mint untuk mengatasi bekas luka yang ada di wajah.

7. Mentimun

Ini dia bahan yang cocok untuk menghilangkan bekas luka di wajah. Sebenarnya dulu saya pernah mengulas cara membuat masker mentimun untuk perawatan wajah, dimana salah satu khasiatnya adalah memudarkan bekas luka. Bahkan jika dipakai secara rutin mentimun cukup berkhasiat dalam mengontrol minyak berlebih di wajah. Langsung aja dicoba deh!

Cara menghilangkan bekas luka dengan mentimun:
  • Pilihlah mentimun yang masih benar-benar segar, lalu cuci sampai bersih.
  • Blender mentimun tadi hingga halus berserta kulit-kulitnya.
  • Setelah selesai mandi oleskan ke bagian bekas luka secara merata.
  • Diamkan sampai masker mentimun benar-benar kering.
  • Akhiri dengan membilas memakai air dingin sampai bersih.
8. Teh hijau

Teh hijau cukup terkenal dengan kandungan antioksidan tingginya yang sering disebut Epigallocatechin Gallate (EGCG). Beberapa penelitian membuktikan kandungan antioksidan ini 200 kali lipat lebih baik dari vitamin E dalam mencegah peradangan, menghilangkan bekas luka, dan merawat kulit.

Biasanya teh hijau banyak diseduh kemudian diminum setiap hari secara rutin. Namun untuk mengatasi bekas luka, kamu bisa memakai teh hijau sebagai toner. Caranya celupkan kapas/handuk ke seduhan teh hijau, lalu usapkan ke bagian bekas luka secara merata. Lakukan rutin setelah selesai mandi.

9. Buah mengkudu

Yang memiliki kandungan antioksidan tinggi tidak hanya teh hijau saja, mengkudu pun juga demikian. Manfaat mengkudu untuk kulit sangat luar biasa, selain mencegah jerawat ia juga mampu memudarkan bekas luka dengan cepat.

Kamu bisa menghilangkan bekas luka di wajah, kaki, tangan, ataupun bagian tubuh lainnya dengan buah satu ini. Caranya haluskan mengkudu matang, kemudian oleskan ke bagian bekas luka secara merata.

10. Minyak biji pangkal bunga mawar

Minyak biji pangkal bunga mawar itu apa ya? Beberapa orang mungkin masih bingung. Sesuai namanya, minyak ini berasal dari biji pangkal bunga mawar yang diperkaya dengan kandungan senyawa berkhasiat, termasuk salah satunya mampu mengatasi bekas luka menahun.

Kamu bisa membeli minyak ini di supermarket terdekat atau apotik. Setelah itu oleskan minyak tersebut ke area bekas luka. Jangan lupa pijat atau urut lembut supaya meresap maksimal. Setelah 1-2 jam bilas dengan memakai air dingin.


Cara Menghilangkan Bekas Luka Dengan Bantuan Medis (Non-alami)
cara menghilangkan bekas luka dengan laser
Teknologi laser
Tidak semua jenis bekas luka bisa hilang hanya dengan bahan alami, apalagi jika ukurannya besar dan menyebar. Nah inilah saatnya kamu mencoba perawatan secara medis. Beberapa perawatan medis yang bisa kamu coba antara lain sebagai berikut.

1. Suntik kolagen

Mungkin kamu sudah sering mendengar suntik kolagen. Selain bermanfaat mengencangkan kulit dan membuatnya awet muda, suntik kolagen juga bisa memudarkan bekas luka di wajah.

Cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi bekas luka yang menimbul, misalnya seperti keloid atau jaringan hipertropik. Prosedur ini biasanya bersifat sementara, sehingga diperlukan berulang kali untuk mempertahankan efeknya.

2. Suntik kortikosteroid

Mengatasi bekas luka akibat keloid atau hipertropi juga bisa dilakukan dengan suntik kortikosteroid. Beberapa suntikan kecil akan diberikan pada luka untuk meratakan bekas luka dan mencegah peradangan.

Meskipun cara ini tidak mampu menghilangkan bekas luka secara keseluruhan, tapi kemungkinan bisa memperbaiki penampilanmu secara signifikan.

3. Bedah plastik

Jika bekas luka muncul di wajah akibat keloid, maka operasi bedah biasanya akan dikombinasikan dengan suntik kartikosteroid. Sedangkan untuk bekas luka hipertrofik, tidak akan dikombinasi dengan prosedur lain.

Hanya saja, sadarilah bahwa memang bedah plastik cukup efektif untuk menghilangkan bekas luka lama, namun efeknya nanti akan menimbulkan terbentuknya bekas luka baru akibat pembedahan.

4. Memakai teknologi laser

Teknologi laser saat ini cukup populer untuk memudarkan bekas luka. Prosedur medis ini mampu menghilangkan bekas luka di wajah atau tempat mana pun secara signifikan. Cuman, untuk luka hilang secara total semua itu tergantung pada tingkat keparahan bekas luka yang muncul.

5. Radioterapi

Untuk mengurangi kambuhnya bekas luka keloid dan hipertrofi bekas operasi, radioterapi dalam dosis kecil mungkin akan sangat membantu. Hanya saja, radioterapi ini dikhususkan untuk kasus-kasus yang serius, mengingat efek jangka panjangnya yang tidak baik bagi kesehatan.

6. Teknik skin needling

Teknik medis ini dilakukan dengan memakai sebuah alat yang memiliki ratusan jarum kecil. Meskipun terlihat menyeramkan, tapi skin needling di Amerika Serikat cukup populer untuk memudarkan bekas luka. Agar hasilnya maksimal diperlukan pengulangan secara berkala.

7. Membalut luka

Cara medis selanjutnya dengan membalut luka memakai bahan elastis. Tujuan dari prosedur ini adalah untuk meratakan dan melembutkan bekas luka.

Biasanya, prosedur ini hanya dilakukan untuk menghilangkan bekas luka bakar yang cukup besar atau setelah seseorang menjalani cangkok kulit.

Kelemahan metode ini adalah memakan waktu lama, yakni sekitar setengah sampai satu tahun dan balutan tak boleh dilepas.

8. Menerapkan plester gel silikon

Bekas luka akibat keloid ataupun hipertropik, juga bisa dibantu dengan menerapkan plester gel silikon. Metode ini dilakukan untuk mengurangi efek kemerahan dan memperkecil ukuran bekas luka.

Caranya adalah dengan menempelkan silikon tersebut tepat diatas bekas luka selama 12 jam setiap harinya. Biasanya prosedur ini dilakukan selama kurang lebih tiga bulan untuk mendapatkan hasil terbaik.

9. Menyamarkan dengan kosmetik

Cara lain menghilangkan bekas luka di wajah adalah dengan tata rias. Teknik penggunaan kosmetik untuk kepentingan satu ini cukup beragam, salah satunya bersifat tahan air, sehingga bisa bertahan selama 2-3 hari.

Kamu bisa memperoleh kosmetik penutup bekas luka ini di apotek terdekat. Namun meski mudah diperoleh di apotek, kamu tetap harus berkonsultasi dulu ke dokter apabila ingin menggunakannya.

10. Menggunakan krim atau gel

Untuk menghilangkan bekas luka akibat goresan benda tajam, krim atau gel adalah pilihan yang tepat. Biasanya salep penghilang bekas luka yang dijual bebas mengandung campuran steroid, vitamin E, dan silikon.

Selain kandungan steroid, dokter juga akan meresepkan krim penghilang bekas luka dengan kandungan antihistamin pada bekas luka yang menyebabkan efek gatal-gatal.
Namun jika bekas luka yang kamu alami akibat jerawat, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum memakai krim penghilang bekas luka tersebut agar tak menyebabkan komplikasi.

Note: lakukan cara-cara medis diatas hanya dengan bantuan ahli medis yang sudah bersertifikat. Sebab jika sembarangan efek buruknya akan menimpa diri sendiri.

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas luka secara alami dan medis. Sebelum mencoba medis sebaiknya gunakan cara alami dulu minimal dua bulan secara rutin dua kali sehari. Apabila tak ada perkembangan yang signifikan, kamu bisa langsung mencoba salah satu cara medis diatas.

***

Apakah artikel diatas bermanfaat? mohon dishare ya!
                    Baca juga: cara alami merawat kulit yang benar                                                                                                     


Share: