>

14 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dengan Cepat dan Mudah

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami – Memiliki bibir merah merona tentu menjadi idaman sebagian besar wanita. Beberapa penelitian membuktikan seorang wanita yang memiliki bibir merah akan lebih percaya diri dibanding dengan mereka pemilik bibir hitam. Inilah alasan yang mendorong sebagian besar wanita menggunakan lipstik setiap pagi untuk membuat bibir merah.

Bibir merupakan bagian kulit yang unik, karena ia tidak dilengkapi dengan kelenjar minyak dan keringat untuk menjaga kelembapannya. Bibir juga terbilang memiliki kulit yang lebih tipis dibanding bagian lainnya, sehingga memungkinkan pembuluh darah di bagian ini terlihat. Kehadiran pembuluh darah yang terlihat inilah yang membuat bibir berwarna merah nan indah.

Cara Memerahkan Bibir Hitam Secara Alami dengan Cepat dan Mudah

Jika tidak dirawat dengan baik, bibir dapat menjadi kering, kasar, hingga mengalami pecah-pecah. Kondisi semacam inilah yang bisa membuat bibir terlihat kusam dan menghitam. Lakukan langkah-langkah berikut untuk memerahkan bibir secara alami dengan mudah.

cara memerahkan bibir secara alami dengan cepat

1. Menggosok bibir dengan madu dan gula

Membuang sel kulit mati yang ada di permukaan bibir dapat dilakukan untuk mendapatkan bibir merah merona. Dengan tidak adanya sel kulit mati tersebut, maka epidermis akan lebih terangsang dalam membentuk kolagen baru. Tumbuhnya kolagen baru inilah yang cukup bermanfaat dalam memperlambat proses penuaan dini. 

Cara memerahkan bibir dengan madu dan gula:
  • Campurkan gula pasir dan madu secukupnya saja
  • Setelah selesai mandi gosokan secara perlahan ke bagian permukaan bibir
  • Lakukan penggosokan selama kurang lebih 10-15 detik
  • Setelah selesai menggosok diamkan sampai kering
  • Gunakan lip balm pada bibir agar hasilnya semakin optimal.

2. Jeruk nipis

Jika tidak ada madu, kamu bisa menggantinya dengan jeruk nipis. Buah satu ini diperkaya dengan kandungan vitamin C tinggi yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati berlebihan di permukaan bibir. Dengan penggunaan secara rutin, dijamin bibir kamu akan lebih merah merona.

Cara memerahkan bibir dengan jeruk nipis:
  • Siapkan 2-3 sendok makan perasan nipis
  • Campurkan sedikit gula, kemudian gosokan keseluruh bibir
  • Lakukan penggosokan selama kurang lebih 15 detik
  • Agar meresap diamkan 30 menitan, kemudian bilas air hangat
  • Kamu bisa melakukan secara rutin minimal 2 kali sehari untuk hasil terbaik.

3. Pasta gigi

Jangan salah, selain bisa memutihkan gigi secara alami, ternyata pasta gigi juga cukup mujarab untuk memerahkan bibir lho. Pasta gigi diperkaya dengan kandungan magnesium, selenium, kalsium, kalium, dan berbagai mineral alami lainnya yang cukup baik untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit baru.

Cara alami memerahkan bibir dengan pasta gigi:
  • Setiap selesai mandi oleskan pasta gigi (non-gel) keseluruh bagian bibir
  • Diamkan selama kurang lebih 30-60 menit, kemudian bilas air hangat
  • Agar hasilnya optimal kamu juga bisa memakainya sebelum tidur lalu membilasnya ketika pagi hari tiba.

4. Mentega

Mentega diperkaya dengan kandungan minyak yang dapat melembapkan bibir. Beberapa penelitian di Inggris membuktikan, pengolesan mentega secara rutin sebelum tidur dapat membantu memerahkan bibir 70 % lebih cepat. Penelitian tersebut dilakukan dengan melibatkan 44 mahasiswi.

Untuk mendapatkan bibir merah dengan mentega cukup mudah kok. Pastikan bibir kamu bersih dulu. Kemudian oleskan mentega secara merata. Pijat sebentar selama kurang lebih 15 detik lalu diamkan selama semalaman. Lakukan terus selama sebulan dan lihat hasilnya.

5. Kunyit dan madu

Kunyit banyak dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit wajah. Kandungan curcuminoid-nya yang tinggi dipercaya mampu meningkatkan jumlah kolagen di permukaan bibir. Namun supaya hasilnya maksimal, saya sarankan kamu juga menambahkan madu alami.

Cara memerahkan bibir dengan kunyit dan madu:
  • Campurkan bubuk kunyit dan madu secukupnya hingga membentuk adonan mirip pasta
  • Oleskan adonan tadi secara merata keseluruh bagian bibir
  • Kamu bisa melakukannya setelah mandi dan sebelum bangun tidur.

6. Minyak zaitun

Sebelumnya saya sudah share manfaat minyak zaitun untuk kecantikan, termasuk salah satunya dapat memerahkan bibir alami. Minyak ini memiliki kandungan nutrisi cukup lengkap, mulai dari antioksidan, mineral alami, sampai dengan kandungan vitamin E yang tentunya baik untuk kulit.

Cara memerahkan bibir dengan minyak zaitun:
  • Siapkan 2-3 sendok makan minyak zaitun kualitas terbaik
  • Oleskan secara merata keseluruh bagian bibir sambil menggosoknya lembut
  • Diamkan selama 15-20 menit sampai meresap sempurna
  • Jika sudah meresap, bilaslah dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

7. Air mawar

Jaman dulu air mawar banyak dimanfaatkan oleh para putri kerajaan untuk mandi di malam hari. Setelah diteliti di Harvard University, air mawar memiliki kandungan antioksidan alami yang bisa melancarkan sirkulasi darah, menenangkan pikiran, dan tentunya mempercepat proses regenerasi sel kulit.

Cara memerahkan bibir dengan air mawar:
  • Rendamlah 2-3 bunga mawar yang baru dipetik selama semalaman
  • Ketika pagi harinya oleskan air mawar tadi keseluruh permukaan bibir
  • Diamkan sampai meresap sempurna
  • Untuk hasil terbaik lakukan setiap sebelum tidur dan setelah mandi.

8. Alpukat

Alpukat banyak mengandung vitamin E dan antioksidan alami yang baik untuk kesehatan kulit. Manfaat alpukat ada banyak sekali, mulai dari menghitamkan rambut, menghaluskan kulit, sampai dengan memerahkan bibir dengan cepat.

Cara memerahkan bibir dengan alpukat:
  • Siapkan sekitar 50 gram daging buah alpukat segar
  • Haluskan kemudian campur dengan minyak zaitun sampai sedikit encer
  • Oleskan secara merata keseluruh bagian bibir
  • Agar meresap secara optimal diamkan sampai bibir terasa kaku
  • Setelah itu bilas dengan memakai air dingin sampai bersih.

9. Minum banyak air putih

Pada dasarnya tubuh kita tersusun lebih dari 70 % dari cairan. Agar metabolisme berjalan optimal dan kulit terlihat segar, maka konsumsi air putih sangatlah penting sekali.

Idealnya para ahli menyarankan untuk konsumsi air putih minimal 2,5 liter sampai 3 liter, lebih banyak lebih baik. Dengan konsumsi air putih rutin, bibir akan terlihat lebih segar dan merah merona. 

10. Hindarilah minum kopi, soda, alkohol

Minuman berkafein dan alkohol sebenarnya secara tak langsung menyebabkan bibir menghitam lho. Jika memang kamu ingin memiliki bibir merah merona, sebaiknya mulai sekarang kurangi konsumsi kopi dan alkohol deh.

Sebagai gantinya kamu bisa mengonsumsi jus segar dari buah stroberi atau delima. Buah ini memiliki pigmen alami yang dapat memerahkan bibir.

11. Berhentilah merokok saat ini juga

Bagi para pria mungkin merokok termasuk aktivitas biasa yang sering dilakukan. Namun tahukah kamu sebetulnya nikotin pada rokok dapat membuat bibir hitam, bahkan permanen.

Nah jika kamu memang mendambakan bibir merah sebaiknya mulai sekarang hentikan kebiasaan merokok. Baca cara berhenti merokok yang sudah saya share agar lebih mudah dalam melakukannya.

12. Lindungi dari paparan sinar matahari

Perubahan warna pada bibir salah satunya dapat dipicu karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Munculnya bintik-bintik di bibir adalah salah satu efek yang bisa ditimbulkan akibat terlalu sering kena paparan sinar matahari (UVA/B).

Untuk menghindarinya kamu bisa menggunakan pelindung bibir atau lip balm. Agar perlindungan yang didapat semakin maksimal, gunakan lip balm yang berfungsi sebagai tabir surya dengan minimal kandungan SPF 15.

13. Hindari menjilat bibir

Pernahkah kamu menjilat area bibir dengan tujuan supaya terlihat lembap dan merah? Mulai sekarang cobalah untuk menghentikannya. Memang, menjilat bibir dapat membuatnya terlihat segar seketika.

Akan tetapi, sebetulnya setelah beberapa menit kemudian biasanya bibir menjadi kering dan terlihat kusam. Apabila kondisi semacam ini berlangsung terus menerus, maka akan mengakibatkan bibir menghitam.

14. Atasi bibir kering dengan cara tepat

Mengatasi bibir kering sebenarnya sangat mudah. Usahakan jangan mengelupaskan sel kulit mati di bibir, karena itu akan mengakibatkan terbentuknya luka dan sariawan.

Sebelumnya saya sudah bagikan cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan mudah secara alami, salah satunya dengan jeruk nipis. Kamu bisa mengikuti tips yang ada disana agar bibir kering dapat teratasi dengan baik.

Bagaimana, mudah sekali kan? Seperti itulah cara memerahkan bibir secara alami yang bisa saya sajikan kali ini. Lakukan beberapa tips memerahkan bibir diatas dengan telaten dan sesuai aturan agar hasilnya maksimal.

Jika bermanfaat mohon dishare ya.
Share: