>

12 Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami Tanpa Bekas

Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami – Kecil bentuknya namun cukup menganggu, itulah yang namanya kutil. Munculnya kutil sebetulnya disebabkan karena virus HPV (human papilomavirus) yang menempel pada bagian atas lapisan kulit. Kemudian ia masuk ke dalam tubuh melalui kulit yang mengalami luka. Meskipun nampak tidak berbahaya, tapi banyak orang yang terganggu karena keberadaannya, sehingga mencari cara mengobati kutil dengan cepat.

Memiliki kutil ternyata tidak hanya menyebabkan malu saja. Tapi juga bisa cukup menyakitkan. Terutama jika kutil berada di daerah-daerah tertentu yang rawan tertekan. Misalnya saja, jenis kutil kelamin yang muncul di daerah sekitar anus, pangkal paha, atau alat kelamin. Atau, kutil plantar yang terletak di bagian telapak kaki. Selain kutil plantar dan kelamin, jenis kutil lain adalah kutil periungual, kutil filiform, kutil umum yang biasanya muncul di bagian jari-jari, dan kutil dasar.

Cara Alami Menghilangkan Kutil dengan Cepat Tanpa Bekas


Pada dasarnya kutil bisa hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu beberapa bulan dan bahkan tahun seiring dengan membaiknya sistem kekebalan tubuh kamu.

Namun terkadang, beberapa orang merasa terganggu akibat kemunculan benjolan kecil tersebut, dan memutuskan mencari cara mengatasi kutil dengan cepat.

Jika kamu termasuk sesoerang yang merasa terganggu karena adanya kutil terebut, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan kutil secara alami yang bisa kamu coba di rumah.

1. Perekat

Cobalah untuk menempelkan perekat pada kutil selama kurang lebih seminggu. Selanjutnya lepaskan dan rendam kutil di dalam air hangat. Sambil merendam gosok lembut kutil dengan batu apung untuk menghilangkan jaringan kulit yang mati. Biarkan kurang lebih 12 jam dan ulangi proses tersebut hingga kutil benar-benar hilang.

2. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh (imun)

Sistem kekebalan sangat penting untuk membantu melawan virus HPV yang menyerang bagian kutil. Untuk meningkatkan imun, kamu bisa mengonsumsi makanan bernutrisi seperti biji bunga matahari, roti dari biji-bijian utuh (misalnya roti gandum utuh), ubi, atau bawang putih. Jangan lupa lakukan olahraga rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

3. Bawang putih

Bawang merupakan salah satu bumbu dapur yang diperkaya dengan berbagai senyawa alami berkhasiat. Selain mampu mengobati sakit gigi, senyawa alicin dalam bawang putih juga dipercaya dapat menjadi komponen antivirus pada kutil. Tetapi, sebelum menggunakan pastikan dulu kulit kamu tidak alergi dengan bawang.

Cara menghilangkan kutil dengan bawang putih:
- Cuci bersih dan keringkan kutil dengan menggunakan air hangat, sabun, dan handuk.
- Oleskan irisan bawang putih secara merata ke bagian kutil, kemudian plester kutil selama semalaman.
- Ulangi sekali lagi untuk keesokan malamnya sampai kutil hilang.

4. Larutan garam

Garam memiliki kandungan abrasif yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati di sekitar benjolan kutil. Mengobati kutil dengan garam sebenarnya sudah dilakukan sejak dulu oleh nenek moyang kita. Agar hasilnya maksimal, kombinasikan garam dengan penggunaan batu apung.

Cara mengobati kutil dengan garam:
- Rendam kutil kurang lebih 10 menit di dalam larutan garam dan air hangat untuk melembabkan kulit.
- Kemudian usapkan secara lembut batu apung sampai kulit di sekitar kutil mengelupas. Proses ini akan sedikit menyebabkan rasa kurang nyaman.
- Selanjutnya tekan kutil dengan memakai kapas selama 5-10 menitan. Setelah itu cuci bersih area tersebut.
- Tutup area kutil tadi dengan plester. Jangan lupa gantilah secara teratur sampai kutil sembuh.

5. Baking powder dan minyak kastor

Tahukah kamu manfaat baking powder? Ternyata selain untuk membuat kue, baking powder juga bisa membantu menghilangkan bisul secara alami. Bahan ini memiliki senyawa mineral yang dapat mempercepat proses pengelupasan kulit. Namun agar hasilnya maksimal campurkan dengan minyak kastor yang kaya akan senyawa vitamin.

Cara mengatasi kutil dengan baking powder:
- Oleskan campuran minyak kastor dan baking powder dengan kapas atau cotton bud pada kutil.
- Kemudian tutup dengan plester selama semalam dan ganti pada pagi harinya.

Catatan: Ramuan ini bisa mengakibatkan iritasi pada kulit sehingga mengakibatkannya terkelupas. Cara ini cocok diterapkan untuk mengatasi kutil datar pada wajah dan punggung tangan.

6. Oles dengan vitamin C dan E

Seperti kita ketahui bersama vitamin C dan vitamin E memiliki manfaat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin C dapat membantu mencerahkan wajah, memutihkan kulit, dan membuatnya nampak kencang. Sedangkan vitamin E, ia cukup efektif untuk mencegah radikal bebas, virus, dan bakteri pada kulit.

Cara mengobati kutil dengan vitamin C dan E:
- Hancurkan tablet vitamin C, kemudian campur dengan air hangat sampai membentuk krim mirip pasta.
- Oleskan ke bagian kutil secara merata, lalu tutup dengan plester.
- Lepaskan plester pada malam hari dan biarkan terpapar udara. Selanjutnya ulangi lagi di keesokan harinya.
- Kamu bisa mengganti vitamin C dengan kapsul vitamin E.

7. Aspirin, pasta gigi, atau betadine

Kandungan asam salisilat banyak terdapat di aspirin, pasta gigi, dan betadine. Selain itu senyawa ini juga terdapat banyak pada losion kulit. Asam salilisat dapat membantu mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit, sehingga cukup ampuh dalam mengatasi kutil.

Cara mengatasi kutil dengan aspirin, pasta gigi, atau betadine:
- Hancurkan beberapa tablet aspirin, kemudian campur dengan air hangat.
- Oleskan ke bagian benjolan kutil secara merata. Lalu tutup dengan plester selama semalaman.
- Proses pengobatan semacam ini juga bisa kamu lakukan dengan memakai pasta gigi atau betadine.

8. Minyak pohon teh

Tidak hanya minyak kastor yang berkhasiat mengobati kutil. Kamu pun bisa memakai minyak pohon teh. Minyak ini dapat membantu melawan virus, menjaga kesehatan kulit, dan mencegah kutil menjadi kanker.

Cara menghilangkan kutil dengan minyak pohon teh:
- Oleskan minyak pohon teh pada kutil, kemudian tutup dengan plester.
- Gantilah plester secara rutin dan oleskan minyak ini setiap hari selama tiga pekan.

9. Potongan lemon

Lemon termasuk salah satu sumber vitamin C yang baik untuk menjaga sistem imun tubuh, mencegah radikal bebas, dan merawat kulit. Tingginya kadar asam dalam lemon dapat membantu menghilangkan kutil secara alami.

Cara mengobati kutil dengan lemon secara alami:
- Letakan irisan kecil lemon tepat diatas kutil, lalu tutup dengan menggunakan plester.
- Ganti irisan lemon dan plester anti air secara rutin tiap hari hingga sekitar seminggu.

10. Daun kemangi

Hampir sama dengan bawang putih, daun kemangi juga memiliki kandungan antivirus yang dapat melawan HPV dalam kutil. Caranya tempatkan remasan daun kemangi segar diatas kutil, kemudian tutup dengan memakai plester antiair. Jangan lupa ganti plester sehari sekali agar tetap bersih.

11. Minyak zaitun dan wortel

Wortel merupakan jenis sayuran yang terkenal sebagai sumber vitamin A. Mencampurkan minyak zaitun dengan wortel dipercaya dapat membantu mengobati kutil membandel di kulit.

Caranya sangat mudah sekali. Campurkan halusan wortel dengan minyak zaitun sampai membentuk adonan mirip pasta. Kemudian oleskan ke bagian kutil selama kurang lebih 15-30 menitan.

12. Jus nanas

Nanas juga mengandung antibiotik yang bisa melawan Human papilomavirus pada kutil. Cara menghilangkan kutil satu ini sangat jarang diketahui oleh masyarakat tanah air.

Oleh sebab itu, bagi kamu ingin tau kedahsyatannya langsung saja coba. Caranya cukup dengan merendam kutil kedalam jus nanas selama kurang lebih 30 menit. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

Seberapa Ampuh Cara Alami Diatas?

Cara-cara di atas belum tentu berhasil sepenuhnya, karena setiap orang efeknya yang berbeda-beda. Hampir semua cara menghilangkan kutil di atas tidak membuat virus mati. Kutil masih berpotensi menyebar ke bagian anggota tubuh lainnya.

Sementara itu, untuk mencegah penyebaran kutil sangat disarankan untuk tidak terlalu sering menyentuh kutil. Sebab virus HPV dapat menyebar ke tempat lain. Selain itu untuk cegah penyebaran ke orang lain, penderita juga disarankan agar tidak melakukan kontak langsung dengan orang lain.

Apabila setelah melakukan beberapa cara menghilangkan kutil diatas tapi hasilnya tidak terlihat sama sekali, sangat disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau spesialis kulit. Terlebih bagi kamu yang berusia 55 tahun, kondisi kutil harus segera diperiksakan untuk mendeteksi kemungkinan kanker.

Share: