>

9 Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan dan Efeknya

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan – Susu kacang kedelai atau lebih akrab disapa susu kedelai, merupakan minuman yang terbuat dari kacang kedelai, disebut susu lantaran ia memiliki warna putih kekuningan mirip dengan susu sapi. Akan tetapi, menurut para ahli susu kedelai sebetulnya bukan termasuk jenis susu, karena susu pada dasarnya merupakan minuman yang berasal dari kelenjar susu pada mamalia dan manusia, bukannya dari tumbuhan.

Meskipun bukan termasuk susu, tapi susu kacang kedelai memiliki komposisi nutrisi yang hampir sama dengan susu sapi pada umumnya. Kandungan susu kedelai cukup lengkap antara lain 3,5 % protein, 2 % lemak, dan 2,9 % karbohidrat. Karena berasal dari tanaman, secara alami susu kacang kedelai bebas kolesterol, rendah lemak jenuh, dan tidak mengandung laktosa. Inilah yang mendorong sebagian masyarakat mengonsumsi susu kedelai saat diet.

Kandungan Nutrisi Susu Kedelai Selengkapnya

Menurut penelitian menunjukan bahwa perempuan yang mengonsumsi susu kedelai setiap harinya memiliki resiko osteoporosis 56 % lebih rendah dari pada perempuan yang tak meminumnya.

Selain itu, susu kedelai berkhasiat untuk meringankan gejala menopause, seperti sensasi hot flashes dan keringat di malam hari. Bahkan menariknya lagi, kedelai dapat membantu fungsi kognitif wanita yang berusia di bawah 65 tahun.

Sedangkan manfaat susu kedelai untuk jantung hingga sekarang masih diteliti oleh para ahli. Khasiat susu kedelai yang luar biasa tersebut tak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Adapun kandungan susu kedelai antara lain:

- Susu kedelai mengandung protein yang hampir sama dengan susu sapi, tetapi dengan kalori yang lebih rendah.

- Vitamin D dalam susu kedelai sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Sebab vitamin ini membantu meningkatkan penyerapan kalsium.

- Vitamin B12 dapat membantu mencegah munculnya anemia. Kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh kita.

- Susu kedelai mengandung seng dan zinc yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh (imun).

- Kedelai mengandung senyawa lemak omega 3 cukup tinggi, dimana ia sangat baik untuk mengurangi kadar lemak darah (kolesterol total dan trigliserida), sehingga dapat mengurangi resiko jantung koroner dan serangan jantung.

- Kalsium dan magnesium dalam kacang kedelai dipercaya mampu mengobati sakit kepala, mengatur kadar gula darah, meninggikan badan, dan mengurangi gejala pra-menstruasi.

Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh

1. Antioksidan

Antioksidan merupakan jenis senyawa yang cukup baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Konsumsi kacang kedelai 10 mg sehari dipercaya dapat mengurangi resiko kambuhnya kanker payu-dara sebesar 25 %.

Hal ini terjadi lantaran kandungan antioksidan dalam bentuk zat genistein dapat menghambat pertumbuhan sel kanker jika dikonsumsi dalam jumlah seimbang. Menariknya lagi, susu kedelai juga diperkaya dengan antioksidan berupa zat isoflavon yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

2. Mengurangi resiko penyakit jantung

Susu kedelai dikenal sebagai minuman yang rendah kalori dan lemak jahat. Nutrisi semacam ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Inilah yang menjadi alasan kenapa manfaat susu kedelai bagi jantung sangat besar.

Menurut penelitian yang sudah diterbitkan sejumlah media, konsumsi susu kedelai minimal 25 gram selama sembilan Minggu dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat) sebesar 5 %, apalagi jika disertai dengan diet sehat.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Hipertensi atau tekanan darah tinggi sangatlah tidak baik jika dibiarkan dalam waktu lama. Kondisi hipertensi dapat mengakibatkan komplikasi berbahaya seperti stroke, serangan jantung, dan bahkan kematian karena pecahnya pembuluh darah.

Khasiat susu kacang kedelai terkait ini adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam kacang kedelai terkandung vitamin E, B6, asam folat, megnesium lemak jenuh, dan lemak tak jenuh yang seimbang. Sehingga sangat baik untuk memelihara sistem peredaran darah.

4. Mengurangi resiko terkena diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang muncul akibat tubuh mengonsumsi gula lebih banyak. Mirisnya, hingga sekarang belum ada obat yang dapat menyembuhkan diabetes. Sebagai penderita kita hanya bisa mengontrol gula darah agar tetap berada di angka normal.

Konsumsi susu kedelai dipercaya dapat membantu menjaga gula darah tetap normal. Berbeda dengan susu sapi, kedelai mengandung 5 gram gula lebih rendah. Apalagi didukung dengan kandungan protein nabati tinggi yang dapat membantu penyerapan gula dalam tubuh.

5. Menurunkan kolesterol tinggi

Susu sapi mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Lain halnya dengan susu kedelai, ia mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang terbukti cukup efektif untuk menghambat pengangkutan kolesterol kedalam aliran darah. Penelitian telah membuktikan konsumsi susu kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang disebabkan tubuh kekurangan hormon seiring dengan bertambahnya usia. Fitoestrogen dalam kacang kedelai dipercaya dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya masa tulang (penyebab osteoporosis). Agar hasilnya maksimal, kamu bisa mengonsumsi susu kacang kedelai dan makanan sumber vitamin D.

7. Membantu menjaga kesehatan mental

Siapa sangka terjadi susu kedelai sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental? Secangkir susu kedelai mengandung 5,8 % vitamin B6 yang dapat membantu tubuh memproduksi serotonin neurokimia yang dapat meningkatkan suasana hati seseorang.

Selain itu, kandungan magnesium dalam kacang kedelai juga dipercaya dapat meningkatkan serotonin dan diduga memiliki manfaat yang sama seperti antidepresan. Oleh karenanya, bagi kamu yang sering stres konsumsilah susu kacang kedelai secara rutin.

8. Menurunkan berat badan

Apakah kamu ingin memiliki berat badan ideal? jika benar demikian, konsumsilah susu kedelai secara rutin. Manfaat susu kedelai untuk menurunkan berat badan sangat luar biasa. Dalam susu kedelai murni mengandung 7 gram protein, 4 gram karbohidrat, dan 4,5 gram lemak dengan kalori yang lebih rendah dari pada susu sapi.

9. Baik untuk ibu hamil

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil juga terbilang luar biasa. Kandungan nutrisi lengkap dalam susu kedelai seperti asam folat, vitamin, protein, omega3, kalsium, dan berbagai mineral alami lainnya dipercaya dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan janin. Selain itu, susu kedelai juga bisa kamu konsumsi sebagai pengganti susu sapi apabila sering merasa mual-mual.

Risiko Konsumsi Susu Kedelai

Di samping memiliki kandungan bermanfaat bagi kesehatan, beberapa studi membuktikan konsumsi kedelai meningkatkan resiko seperti berikut.

- Konsumsi kedelai sebanyak 30 gram per hari selama sebulan saja dapat meningkatkan resiko gangguan fungsi tiroid pada orang dewasa.

- Senyawa isoflavon berkaitan dengan menurunnya jumlah sperma dan memiliki efek seksual pada tikus. Namun, butuh penelitian pasti apakah itu juga berpengaruh terhadap manusia.

- Susu kedelai belum tentu cocok sebagai alternatif pengganti susu sapi pada bayi yang alergi. Dengan demikian, sebelum memberikan susu berbahan kedelai kepada anak, lebih baik kamu konsultasikan dulu ke dokter.

- Susu kedelai mengandung phytoestrogen yang secara alami terbentuk dari tanaman. Bagi sebagian orang, senyawa ini dapat berdampak negatif. Hal ini terjadi karena tubuh memproduksi hormon estrogen, sedangkan phytoestrogen hampir sama dengan estrogen. Sehingga mengonsumsi susu kedelai tidak seimbang dapat menyebabkan kelebihan kadar hormon estrogen dalam tubuh.

Sebetulnya kedelai seperti makanan lain, tidak masalah jika kamu konsumsi dalam jumlah seimbang. Namun konsumsi kedelai dalam bentuk apapun, perlu diimbangi dengan sejumlah buah sayur, biji-bijian, dan produk protein lainnya.

Hal ini terjadi karena tubuh membutuhkan nutrisi yang lebih lengkap. So, jangan terpaku dengan manfaat susu kedelai saja, tapi konsumsi juga berbagai jenis makanan dan minuman lain agar nutrisinya terpenuhi.

Bagaimana, tertarik mencobanya? Itulah beberapa manfaat susu kedelai untuk kesehatan yang bisa kamu peroleh. Ingat, konsumsi makanan apapun secara berlebihan itu tidak baik, begitu pun dengan kedelai.

Bila bermanfaat, mohon share ya.


Share: