>

10 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan dan Nutrisinya

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan – Sirsak merupakan buah berwarna hijau dengan rasa manis bercampur sedikit asam. Kadang buah ini sering digunakan untuk membuat es jus segar. Sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 biji buah, dan 4 persen inti buah yang terdiri dari karbohidrat tinggi.

Sebetulnya sirsak bukan berasal dari Nusantara, melainkan dari kawasan Amerika. Di Indonesia sendiri buah sirsak disebut dengan berbagai macam sebutan. Ada yang menyebutnya dengan nangka landa/walanda (Jawa), nangka buris (Madura), boh lona (Aceh), durio ulondro (Nias), dan masih banyak lagi.

Penelitian Tentang Manfaat Buah Sirsak

Sirsak sudah ada sejak jaman dulu kala. Nenek moyang mengonsumsi buah sirsak sebagai obat herbal berbagai macam penyakit. Sebut saja seperti sembelit, ambeien, luka, dan lainnya yang konon bisa sembuh dengan buah ini. Khasiat buah sirsak luar biasa inilah yang kemudian mendorong para ahli untuk melakukan riset penelitian lebih mendalam.

Dalam sebuah studi penelitian yang telah diterbitkan oleh Journal of Ethnopharmacology, dibuktikan bahwa ekstrak buah sirsak mampu mencegah pertumbuhan virus herpes. Selain itu, Pusat Kanker Dunia juga mengatakan bahwa buah sirsak mengandung senyawa anti-kanker yang dapat menghambat pertumbuhan sel abnormal dalam tubuh.

Manfaat sirsak yang luar biasa itupun semakin diperkuat lagi dengan sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Medicinal Chemistry pada tahun 1997. Dimana mereka mampu membuktikan bahwa ekstrak buah sirsak dapat melawan kanker payu-dara 250 lipat lebih baik dari kemoterapi.

Manfaat Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Sirsak bagi Kesehatan Tubuh

Berbeda dengan buah pada umumnya, sirsak mengandung lebih banyak nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi inilah yang dipercaya membuat khasiat sirsak bagi kesehatan sangat besar. apa sajakah itu? berikut info selengkapnya.

1. Mencegah kanker

Seperti yang telah disebutkan diatas tadi, manfaat sirsak salah satunya adalah mampu mencegah kanker. Ternyata dalam buah sirsak terkandung senyawa fitokimia bernama Annonaceous acetogenins.

Senyawa ini berfungsi menghambat pertumbuhan virus dalam tubuh yang mengkibatkan mutasi genetik (kanker). Menariknya lagi, berbagai jenis kanker bisa dicegah dengan konsumsi buah sirsak rutin.

2. Menurunkan kolesterol jahat
Tubuh kita terdiri dari kolesterol jahat dan kolesterol baik. Bila kolesterol jahat dalam tubuh kamu lebih banyak, maka akan sangat buruk bagi kondisi kesehatan. Sebaliknya, apabila kolesterol baik dalam jumlah lebih banyak maka akan sangat bagus untuk hidup sehat.

Buah sirsak mengandung nutrisi serat tinggi yang terbukti cukup ampuh untuk mengikat kolesterol jahat lalu membuangnya keluar dari tubuh. Dengan kata lain, manfaat sirsak untuk menurunkan kolesterol jahat sangatlah luar biasa.

3. Mencegah sembelit dan memelihara pencernaan

Tak hanya bermanfaat menurunkan kolesterol saja, tapi kandungan serat itu juga baik untuk sistem pencernaan tubuh. Bagi kamu yang mengalami sembelit, diare, atau masalah pencernaan lainnya konsumsilah buah ini.

Meski kandungan serat tak setinggi buah pepaya, tapi dengan konsumsi rutin minimal 50 gram sehari pencernaan kamu akan lebih baik. Jangan lupa olah buah sirsak bersama dengan buah lain supaya hasilnya maksimal ya.

4. Mengobati bisul, wasir, ambeien, dan sejenisnya

Bisul, wasir, ambeien, eksim, keloid, dll dapat muncul disebabkan karena adanya gangguan pada permukaan kulit. Misalnya seperti kolagen dalam jumlah besar, radang, timbunan lemak, dan sebagainya. Meski sepele, tapi jika kamu biarkan benjolan tersebut akan berubah menjadi kanker mematikan.

Sebelum semuanya terlambat, atasi dengan menggunakan buah sirsak. Kamu bisa mengonsumsi secara rutin atau mengoleskan halusan sirsak ke bagian yang bermasalah. Caranya mudah kok, kamu tinggal tempelkan sirsak selama 30 menit ke bagian benjolan. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan bersih.

5. Mengatasi sakit kepala

Penyebab sakit kepala sangat beragam, termasuk salah satunya adalah kekurangan nutrisi vitamin B2. Nah bagi kamu yang sering mengalami sakit kepala ada baiknya untuk lebih waspada, meski hanya sekedar migrain saja.

Bila belum parah, kamu bisa mengonsumsi buah sirsak untuk meredakan sakit kepala tersebut. Buah sirsak diperkaya dengan kandungan riboflavin dan vitamin B2 yang sudah terbukti mampu menghilangkan sakit kepala apapun.

6. Menjaga sistem imun tubuh

Manfaat buah sirsak berikutnya adalah menjaga sistem imun (kekebalan) tubuh. Kualitas kesehatan seseorang sangat dipengaruhi oleh imun. Untuk meningkatkan sistem kekebalan ini, kamu bisa mengonsumsi buah sirsak.

Mengapa buah sirsak baik untuk kekebalan? Karena buah ini mengandung vitamin C tinggi. Seperti kita ketahui bersama, vitamin C dapat bertindak sebagai antioksidan penangkal radikal bebas penyebab penyakit.

7. Baik untuk tulang

Kalsium, fosfor, dan vitamin D merupakan jenis-jenis nutrisi yang diperlukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang, terutama pada anak-anak. Sedangkan pada lansia, kandungan tersebut sangat berfungsi untuk mencegah osteoporosis.

Kamu tak perlu membeli susu mahal untuk mendapatkan nutrisi tersebut. Dalam 100 gram daging buah sirsak terkandung 14 miligram kalsium dan 27 miligram 27 gram fosfor. Oleh sebab itu, jangan lewatkan buah ini jika ingin tulang sehat dan kuat.

8. Mengobati dan mencegah anemia

Anemia merupakan gangguan kesehatan yang muncul akibat tubuh mengalami kekurangan sel darah merah. Penyebab anemia sendiri cukup beragam, salah satunya adalah defisiensi zat besi. Sirsak termasuk buah yang mengandung sumber zat besi terbaik.

Cukup dengan konsumsi 50 gram sehari saja gejala anemia akan hilang dengan sendirinya. Selain baik untuk penderita, buah sirsak juga ampuh untuk mencegah anemia bagi kamu yang belum mengalaminya.

9. Menjaga kelembaban dan kesehatan kulit alami

Apakah kamu memiliki kulit kering dan kusam? Jika benar demikian, konsumsilah buah sirsak secara rutin. Berbeda dengan buah pada umumnya, sirsak mengandung pelembab alami yang lebih tinggi.

Kandungan mineral alami dalam sirsak inilah yang dipercaya dapat melembabkan kulit. Jangan lupa gunakan juga masker wajah alami agar hasilnya semakin maksimal.

10. Mengobati hipertensi dan asam urat

Tingginya kadar asam urat dalam tubuh kadang membuat tekanan darah menjadi naik (hipertensi). Apabila kondisi hipertensi dan asam urat dibiarkan dalam waktu yang lama, maka akan sangat buruk bagi kesehatan.

Untuk mengobati asam urat dan hipertensi, kamu bisa mengonsumsi buah sirsak. Buah ini diperkaya dengan kandungan kalium yang sudah terbukti mampu melarutkan asam urat berlebih dalam tubuh.

Penting! Aturan Konsumsi Buah Sirsak

Anggapan “berlebihan itu tidak baik” nampaknya sangat pas untuk buah sirsak. Memang betul manfaat sirsak bagi kesehatan sangat luar biasa. Akan tetapi, konsumsi buah sirsak secara berlebihan justru sangat tidak baik untuk kesehatan.

Menurut para ahli, kandungan senyawa alkaloid berlebih dalam sirsak bisa mengakibatkan gejala neurologis mirip dengan penyakit Parkinson. Maka dari itu, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter mengenai dosis yang tepat sebelum mengonsumsinya.

Itulah informasi seputar manfaat buah sirsak untuk kesehatan tubuh yang bisa kita dapatkan. Apabila ada khasiat sirsak yang belum jelas, silahkan sampaikan melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat!

Bila bermanfaat, mohon dishare ya.
Share: