>

9 Cara Menghilangkan Karang Gigi Alami dan Medis

Cara Menghilangkan Karang Gigi Alami dan Medis – Karang gigi merupakan penumpukan plak gigi dalam jangka waktu yang cukup lama. Munculnya plak gigi sebenarnya dapat dihindari dengan cara sikat gigi minimal dua kali sehari. Akan tetapi, jika sikat gigi tidak bersih sempurna, maka akan meninggalkan sisa makanan yang akan mengeras dan menimbulkan karang gigi.

Terbentuknya karang gigi terjadi setelah 24 jam gigi tak dibersihkan, baik dibersihkan dengan cara menyikat ataupun berkumur. Plak memang ada dalam gigi yang akan menyerap kalsium dan fosfor dari air liur. Akibatnya, plak yang tadinya lunak dan bisa dibersihkan menjadi keras dan membentuk karang gigi.

Apabila sudah terbentuk karang gigi, sangatlah diperlukan dokter untuk membersihkan karang gigi tersebut. Mengingat jika tidak kamu bersihkan, karang gigi akan menyebabkan munculnya inflamasi dan infeksi gusi. Bahkan beberapa data mencatat, karang gigi mampu meningkatkan resiko serangan jantung bagi penderitanya.

Kalkulus (istilah karang gigi) tak hanya dapat mengakibatkan gangguan kesehatan saja. Masalah ini juga bisa menimbulkan ketidaknyaman ketika kita sedang makan ataupun berbicara. Rasanya seperti ada sesuatu yang kasar di bagian antara gigi dan gusi, ini bisa kamu rasakan dengan menggunakan lidah. Namun tak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan karang gigi secara alami dan medis (bantuan dokter) yang bisa dicoba.

Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami Mudah


cara menghilangkan karang gigi
Karang gigi bersihkan mulai sekarang



1. Gosok gigi rutin minimal 2x sehari

Menggosok gigi memang ada banyak sekali manfaatnya, selain bisa membantu membuat nafas harum juga bisa membersihkan sisa makanan penyebab karang gigi. Oleh sebab itu, pastikan kamu selalu gosok gigi setiap harinya. Para ahli menyarankan untuk gosok gigi minimal 2x dalam sehari. Kamu bisa melakukannya setelah sarapan dan sebelum tidur malam hari.

Tak hanya dilakukan rutin saja, kamu pun harus tahu cara menggosok gigi yang benar. Agar semua sisa makanan yang terselip bisa hilang, gosok gigi dengan gerakan bawah ke atas. Selain itu, usahakan selalu menggunakan sikat gigi dengan bulu yang bagus dan mampu menjangkau bagian terdalam sela gigi.

2. Gunakan pasta gigi khusus

Beberapa pasta gigi tidak terbilang kurang efektif apabila kita gunakan untuk menghilangkan karang gigi, terutama pasta gigi normal (biasa). Solusinya, kamu bisa membeli pasta gigi khusus di supermarket atau apotik terdekat.

Pastikan pasta gigi tersebut mengandung flourid atau tartar control, karena kandungan ini dapat membuat plak dan karang gigi terkelupas dengan mudah. Bila perlu, beli juga obat kumur khusus untuk karang gigi agar hasilnya lebih optimal.

3. Gunakan benang gigi (Flossing)

Flossing merupakan cara menghilangkan karang gigi alami yang paling direkomendasikan. Pembersihan karang gigi dilakukan dengan bantuan benang gigi ke bagian sela-sela sempit, sehingga sisa makanan pun bisa terangkat dengan baik.

Flossing sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Pertama belilah benang gigi ke apotik, kemudian setelah sikat gigi masukan benang tersebut ke sela-sela gigi. Agar sisa makanan terangkat, tarik benang ke atas dan bawah secara bergantian. Lakukan sampai bersih sempurna.

4. Hilangkan dengan siwak

Siwak sudah dikenal sejak jaman Nabi sebagai jenis kayu yang cukup bermanfaat untuk membersihkan gigi, terutama membersihkan karang gigi dan plak membandel. Menariknya lagi, siwak juga mengandung senyawa antibakterial yang dapat mencegah berkembangnya bakteri pada gigi kamu.

Untuk menggunakan kayu siwak sangat mudah. Pertama tumbuk ujung siwak sampai remuk membentuk mirip kuas, kemudian ujung kayu tadi silahkan direndam kedalam air panas. Gosokan perlahan pada gigi seperti ketika kamu menyikat gigi.

5. Getah buah sukun

Mungkin terasa cukup aneh apabila kita menggunakan getah buah sukun untuk menghilangkan karang gigi membandel. Namun siapa sangka, metode ini sudah banyak diterapkan oleh masyarakat di tanah Jawa. Getah sukun memiliki sifat lengket, sehingga sangat baik untuk membantu mengangkat karang gigi.

Caranya cukup mudah sekali, siapkan getah buah sukun secukupnya. Oleskan getah buah tersebut dengan sikat gigi ke area yang bermasalah. Diamkan 5-10 menit agar meresap sempurna, kemudian gosok gigi dengan menggunakan tambahan pasta seperti biasanya. Kumurlah dengan air hangat supaya karang gigi benar-benar terangkat sempurna.

6. Konsumsi air putih sebanyak mungkin

Setelah selesai makan, ada baiknya kamu konsumsi air putih lebih banyak. Air putih bersifat netral, dimana dia tak akan membuat pengerasan plak gigi yang berujung pada pembentukan karang. Sebenarnya tak ada takaran pasti konsumsi air putih untuk tubuh, karena semua tergantung dari beban aktivitas kita sehari-hari.

Namun idealnya para ahli menyarankan untuk konsumsi air putih minimal 8-10 gelas dalam sehari. Agar tak eneg, kamu bisa mengonsumsi air putih dengan jangka waktu tertentu. Misalnya pagi 4 gelas, siang 2 gelas, dan malam 2 gelas.

7. Kurangi konsumsi gula dan tepung

Penyebab utama mengerasnya plak gigi adalah sisa-sisa makanan yang mengandung gula dan tepung. Plak akan semakin banyak menumpuk apabila kamu malas membersihkan gigi, terutama setelah konsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung.

Sebenarnya tak ada yang melarang penderita karang gigi untuk berhenti konsumsi makanan bergula dan bertepung, namun ada baiknya sebelum karang gigi hilang kamu kurangi makanan-makanan tersebut dulu. Barulah setelah karang gigi hilang dan bersih, kamu bisa mengonsumsinya seperti biasa.

8. Konsumsi buah, terutama apel dan melon

Konsumsi buah rutin memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Selain bisa membantu melancarkan pencernaan dengan kandungan seratnya, buah juga cukup efektif untuk merawat kesehatan bagian gigi. Khususnya buah apel dan melon, dipercaya mampu menghilangkan karang gigi secara alami.

Apel dikenal sebagai buah yang kaya akan nutrisi, termasuk nutrisi dalam bentuk serat yang dapat melarutkan kotoran pada gigi. Sedangkan melon sendiri mengandung air yang kaya akan mineral alami, dimana cukup efektif untuk mencegah pengerasan plak gigi.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Medis (bantuan Dokter)

Bagi kamu yang ingin benar-benar membersihkan karang gigi dengan cepat, saya sarankan untuk pergi ke dokter gigi dan melakukan scale atau scaling. Scale merupakan proses pembersihan karang pada bagian gigi putih, yakni bagian perbatasan antara gigi dengan gusi hingga akar.


cara membersihkan karang gigi secara medis
Pembersihkan karang gigi dengan scale ke dokter


Biaya membersihkan karang gigi dengan scale sendiri cukup bervariasi, semua itu tergantung dari alat dan dokter masing-masing. Sebelum melakukan scale, ada baiknya kamu berkonsultasi lebih seputar kondisi dan riwayat kesehatan. Ini sangat berguna untuk pemberian antibiotik sebelum dan sesudah proses scaling.

Antibiotik bertujuan untuk membunuh bakteri yang ada pada bagian gigi dan mencegah infeksi saat proses pembersihan. Setiap orang ada yang memerlukan antibiotik dan ada pula yang tidak. Beberapa kondisi yang membutuhkan antibiotik sebelum dan sesudah antara lain pasien yang pernah menjalani operasi katup jantung, pinggul buatan, atau pemasangan bagian tubuh buatan lainnya.

Bagaimana, ingin mencoba cara-cara diatas? nah itulah beberapa cara menghilangkan karang gigi secara alami dan medis (Dokter) yang bisa kamu coba sekarang juga. Akan tetapi sebelum mencoba cara medis, saya sarankan kamu melakukan cara alami dulu. Selamat mencoba!


Sumber: alodokter dan kesehatangigi

Share: