>

9 Cara Mengobati Panas Dalam Cepat Secara Alami


Cara Mengobati Panas Dalam Secara Alami – Seperti telah kita ketahui bersama, Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang mendapatkan penyinaran matahari secara maksimal. Kondisi semacam ini dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan, termasuk salah satunya panas dalam.

cara menyembuhkan panas dalam alami
Cara mengobati panas dalam
Banyak sekali masyarakat awam yang menganggap panas dalam merupakan sebuah penyakit, padahal tidak demikian. Menurut para ahli, panas dalam merupakan tanda dari respon tubuh yang mengalami gangguan. Ini berarti panas dalam termasuk kedalam gejala sebuah penyakit yang akan muncul.

Masalah panas dalam bisa menyerang siapa saja. Mulai dari bayi, anak-anak, remaja, sampai dengan orang dewasa. Biasanya orang yang suka beraktivitas di luar ruangan cenderung akan lebih beresiko terkena panas dalam ini.

Penyebab Panas Dalam

Ada banyak sekali penyebab panas dalam yang wajib kamu ketahui. Adapun penyebab-penyebab itu antara lain seperti:

- Kekurangan asupan vitamin C, serat, dan cairan dalam tubuh
- Terlalu banyak konsumsi makanan panas dan berlemak/minyak
- Faktor cuaca dan lingkungan, terutama saat cuaca panas/kemarau
- Kondisi seseorang yang mengalami stres
- Adanya ketidakstabilan hormon dalam tubuh
- Daya tahan tubuh yang menurun (imunitas)

Ada baiknya, bagi kamu yang belum terkena panas dalam untuk segera menghindari beberapa penyebab panas dalam diatas.

Gejala Panas Dalam

Meskipun bukan sebuah penyakit, akan tetapi gejala panas dalam bisa membuat seorang penderita sangat terganggu. Berikut beberapa gejala yang sering dialami oleh seseorang yang terkena panas dalam:

- Munculnya berbagai macam gangguan pada bagian mulut. Mulai dari sariawan, bibir pecah-pecah, dan bau mulut yang menyengat
- Terjadinya gangguan sistem pencernaan seperti sembelit (susah BAB) dan wasir
- Adanya gangguan pada bagian organ tenggorokan. Misalnya seperti sakit tenggorokan, peradangan, tenggorokan gatal, kering, dan masih banyak lagi
- Sering merasa haus dan selalu ingin minum, bahkan bisa berpotensi mengalami dehidrasi berat
- Badan terasa meriang dan terkadang panas tinggi
- Munculnya rasa sakit pada bagian tenggorokan saat menelan makanan

Sebenarnya cara mengobati panas dalam itu sangatlah mudah sekali. Kamu tak perlu membeli obat panas dalam ke apotek ataupun melakukan perawatan medis dengan biaya mahal. Beberapa obat alami panas dalam pun bisa dipakai, apa sajakah itu? simak beberapa cara menyembuhkan panas dalam berikut ini.

Cara Menyembuhkan Panas Dalam Mudah Secara Alami


Cara mengobati tubuh panas dalam
Obat alami panas dalam


1. Minum air kelapa hijau muda

Tahukah kamu apa kandungan air kelapa muda itu? air satu ini ternyata mengandung senyawa elektrolit yang cukup tinggi. Selain bermanfaat untuk mencegah dehidrasi dan meningkatkan ion tubuh, kandungan tersebut juga bisa membantu mengobati panas dalam.

Cara mengobati panas dalam dengan air kelapa:

- Sebenarnya kamu bisa meminum langsung air kelapa segar. Namun agar hasilnya maksimal jangan lupa campurkan madu alami
- Minum secara rutin minimal sebanyak 1 kali dalam seminggu. Biasanya dalam jangka waktu 3 hari, panas dalam sudah sembuh total.

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel berbeda dengan jenis cuka pada umumnya. Salah satu perbedaan yang paling menonjol adalah pada tingkat kekerasan. Cuka sari apel cenderung lebih lembut (tidak keras) dari cuka jenis lain.

Diperkaya dengan kandungan antibakterial dan vitamin C yang cukup tinggi, cuka sari apel sangat cocok sebagai obat alami panas dalam. Bahkan dengan penggunaan rutin, berbagai sakit tenggorokan bisa hilang secara efektif.

Cara menghilangkan panas dalam dengan cuka sari apel:

- Caranya siapkan cuka sari apel sebanyak 5-7 sendok makan. Kemudian campurkan dengan 1 gelas air hangat
- Setelah itu, gunakan air cuka tersebut untuk berkumur-kumur selama 10 menit
- Apabila sudah selesai, buang air cuka tersebut dan berkumurlah lagi dengan air hangat untuk membilasnya.

3. Madu dan perasan lemon

Madu merupakan minuman yang mengandung berbagai macam nutrisi. Mulai dari kandungan nutrisi mineral alami, vitamin, dan masih banyak lagi. Kandungan-kandungan inilah yang cukup bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh, salah satunya mengobati panas dalam.

Namun agar hasilnya maksimal, campurkan madu bersama dengan lemon. Buah lemon sendiri mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Dengan demikian, sangatlah baik untuk mengatasi panas dalam.

Cara mengobati panas dalam dengan madu dan lemon:

- Campurkan 6 sendok makan madu alami dengan 3 sendok makan perasan air lemon
- Setelah itu, minumlah ramuan tersebut secara rutin sebanyak 2x sehari. Kamu bisa meminumnya sebelum tidur dan setelah bangun tidur

4. Rambut jagung muda

Mungkin cara mengobati panas dalam dengan rambut jagung lumayan aneh. Akan tetapi percaya atau tidak, cara ini sangatlah efektif sekali. Saya sendiri kalau sedang mengalami panas dalam menggunakan rambut jagung muda. Tak hanya panas dalam yang akan sembuh, tetapi mulut dan tenggorokan kita pun akan semakin sehat.

Cara menyembuhkan panas dalam dengan rambut jagung muda:

-Langkah pertama siapkan satu genggam rambut jagung muda yang masih fresh atau segar
-Selanjutnya rebus rambut jagung tadi dengan air sebanyak 3 gelas, tunggu hingga mendidih dan air menjadi 1 gelas
-Agar rasanya tidak eneg, kamu dapat menambahkan jahe dan gula batu. Setelah tercampur merata, saring dan pisahkan
-Konsumsilah air rebusan rambut jagung muda tersebut secara rutin minimal 1x sehari sampai panas dalam reda.

5. Kacang hijau

Kacang hijau termasuk kedalam jenis polong-polongan yang mengandung serat cukup tinggi. Kandungan serat tak hanya bermanfaat untuk menghilangkan panas dalam, tetapi juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan tubuh kita. Bahkan konsumsi kacang hijau secara rutin juga akan membantu meningkatkan sistem imun tubuh kamu secara bertahap.

Cara mengobati panas dalam dengan kacang ijo:

- Tahap pertama siapkan 2 genggam kacang hijau
- Setelah itu rebus kacang hijau tadi dengan 3 gelas air dan tunggu sampai tersisa 1 gelas air saja
- Kemudian tambahkan jahe dan gula batu agar rasanya semakin nikmat
- Setelah itu saring dan pisahkan dengan ampasnya. Lalu konsumsilah air rebusan kacang ijo tadi secara rutin minimal 1x sehari sampai sembuh.

6. Telur ayam kampung

Di desa saya, telur ayam kampung sering digunakan untuk jamu oleh bapak-bapak. Konon menurut mereka, setelah menenggak telur ayam kampung mentah bisa meningkatkan stamina tubuh. Ternyata setelah diteliti oleh para ahli, jamu telur ayam kampung juga cukup efektif untuk obat panas dalam alami.

Cara mengatasi panas dalam dengan telur ayam kampung:

- Siapkan 1 butir telur ayam kampung yang masih segar
- Buat lubang sedikit pada bagian ujung telur. Lalu tuang hingga putih telurnya semua keluar, usahakan jangan sampai kuning telur ikut keluar
- Setelah itu besarkan lubang tadi, kemudian tenggak kuning telur secara langsung.

Catatan: bagi kamu yang memiliki masalah jerawat, sangat tidak disarankan untuk menggunakan cara keenam ini. karena kandungan lemak tinggi dalam kuning telur dapat membuat jerawat semakin parah.

7. Air garam

Biasanya air garam digunakan untuk mengobati sakit gigi berlubang, namun kali ini kamu bisa mencobanya untuk menyembuhkan panas dalam. Garam dipercaya mengandung senyawa mineral alami yang dapat mengatasi berbagai macam gejala panas dalam. Mulai dari sakit tenggorokan, iritasi, sariawan, dan masih banyak lagi.

Cara mengobati sakit panas dalam dengan garam:

- Tuang 5-6 sendok makan garam halus kedalam 1 gelas air hangat
- Larutkan semua garam tersebut, kemudian gunakan untuk berkumur selama 5 menitan
- Lakukan secara rutin terutama sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

8. Kencur

Obat alami panas dalam selanjutnya adalah kencur. Biasanya kencur atau kunir banyak digunakan untuk memasak, tetapi setelah dilakukan penelitian ternyata rempah asli Asia ini mengandung mineral alami yang bisa membantu menurunkan panas dalam. Bahkan kencur juga cukup efektif untuk mengatasi batuk berdahak dan kering.

Cara mengobati panas dalam dengan kencur:

- Siapkan kencur berukuran 2-3 ibu jari
- Selanjutnya kupas, cuci, dan parut kencur tadi sampai halus
- Peras halusan kencur tadi sampai menghasilkan sari berwarna kuning pekat
- Campurkan beberapa ml air hangat agar tak terlalu pekat, kemudian konsumsi secara rutin setidaknya 1x sehari sampai sembuh.

9. Konsumsi banyak buah-buahan

Jika kamu tidak ingin ribet dengan membuat berbagai ramuan diatas, maka saya sarankan untuk mengonsumsi buah-buahan saja. Seperti kita ketahui bersama, buah merupakan sumber berbagai macam nutrisi, termasuk vitamin C dan serat.

Setidaknya ada sekitar 14 buah yang bisa kamu jadikan sebagai obat alami panas dalam. Buah tersebut antara lain seperti buah alpukat, buah strawberry, anggur, kiwi, sirsak, blewah, tomat, mangga, delima, apel, jambu biji, jambu monyet, pisang, dan jeruk.

Dari banyaknya jenis buah-buahan tersebut, sebenarnya memiliki manfaat yang sama tetapi saya lebih suka konsumsi buah jambu biji. Karena jambu biji mengandung vitamin C yang lebih tinggi dari pada buah lain. Selain itu, kandungan kolagen yang tinggi juga bisa bantu mengatasi keriput wajah.



Bagaimana, mudah sekali kan? Nah seperti itulah cara mengobati panas dalam yang bisa saya sampaikan. Meskipun hasilnya tidak instan, namun untuk masalah hasil kamu tidak akan kecewa. Percaya deh!



Menarik dan bermanfaat? Bantu share ke teman-teman yuk!
Share: