>

11 Cara Mengatasi Bibir Kering Pecah-Pecah Alami

Cara Mengatasi Bibir Kering Pecah-Pecah Alami – Bibir merupakan salah satu bagian dari wajah yang sangat sering diperlihatkan. Banyak orang yang selalu mengindam-idamkan bibir sehat dan merah merona. Namun bibir juga tidak luput dari berbagai masalah, termasuk salah satunya adalah bibir kering. 


Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah
Bibir Kering 


Pada dasarnya kulit pada bibir berbeda dengan kulit bagian tubuh lain. Kulit bagian bibir ini tidak memiliki kelenjar minyak, sehingga sangat rentan sekali mengalami kekeringan. Apabila bibir kering dibiarkan, maka akan berubah menjadi pecah-pecah dan bahkan menimbulkan luka.

Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah
Menjilat dapat menyebabkan bibir kering


Sebelum saya membahas mengenai bagaimana cara mengatasi bibir pecah-pecah, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya. Mengetahui penyebab ini sangat penting agar di lain waktu masalah tersebut tidak muncul kembali.

Penyebab bibir kering sendiri sangat beragam, antara lain:

- Dehidrasi: kondisi tubuh yang kekurangan cairan dapat mengakibatkan kulit daerah bibir mengalami kekeringan. Biasanya ini banyak terjadi saat puasa dan cuaca panas.

- Merokok: meskipun sering dianggap sepele, tetapi asap rokok dapat mencuri kelembaban pada bibir kamu. Oleh sebab itu hentikan mulai sekarang.

- Paparan sinar matahari: sinar UV dapat menyebabkan kelembaban bibir berkurang, apalagi jika bibir terpapar sinar tersebut dapar waktu lama.

- Menjilat bibir: dengan menjilat, maka minyak pada bibir kamu akan terlarut. Sehingga akibatnya setelah kering bibir akan menjadi pecah-pecah.

- Panas dalam: kondisi panas dalam juga bisa mengakibatkan bibir kering dan pecah-pecah. Jika kondisi panas dalam dibiarkan, maka akan berakibat fatal.


Cara Mengatasi dan Merawat Bibir Kering Pecah Pecah Alami



Cara mengobati bibir kering dan pecah-pecah
Atasi bibir kering dengan madu!

Merawat bibir kering sebenarnya sangat mudah sekali, kamu tak perlu menggunakan pelembab untuk membuatnya terlihat sehat dan cantik kembali. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Penuhi asupan nutrisi

Langkah pertama untuk mengatasi bibir kering pecah pecah adalah dengan memenuhi semua nutrisi. Bibir kering dapat disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C, B, zat besi, dan asam lemak essensial.

Untuk memenuhi asupan nutrisi itu kembali, konsumsilah makanan-makanan yang berasal dari buah dan sayur. Misalnya seperti jambu biji, jeruk, alpukat, sayur brokoli, bayam, dan masih banyak lagi. Bila perlu, konsumsilah suplemen multivitamin setiap harinya.

2. Hindari menjilat bibir

Banyak sekali orang yang beranggapan bibir yang kering dapat diatasi dengan cara menjilatnya. Padahal, menjilat bibir sendiri justru akan menimbulkan kelembaban bibir menurun. Seperti yang telah saya jelaskan diatas, menjilat dapat menghilangkan minyak alami pada bagian bibir kamu.

3. Konsumsi banyak air putih

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan munculnya sariawan, panas dalam, dan bibir pecah-pecah. Untuk mengatasi bibir pecah-pecah, sangat disarankan kamu konsumsi air putih sebanyak mungkin.

Apabila para ahli menyarankan idealnya konsumsi air putih sehari 8-10 gelas, maka kamu dapat lebih dari itu. Misalnya 12 gelas sehari, 13 gelas sehari, dsb. Agar tidak eneg, konsumsilah air putih dengan jangka waktu tertentu. Misal pagi 2-3 gelas, siang 5 gelas, malam 4 gelas, dsb.

4. Hindari kebiasaan mengigit bibir

Tidak hanya menjilat bibir saja yang akan menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah, akan tetapi mengigit bibir juga demikian. Memang dengan mengigit bibir, kita akan mendapatkan bibir merah merona dengan cepat, tetapi setelah itu tak jarang akan menimbulkan luka.

Munculnya bibir kering akibat digigit dapat terjadi karena lapisan bibir terkelupas, lebih tepatnya lapisan pelindung. Oleh sebab itu, mulai sekarang janganlah gigit-gigit bibir kamu. Lebih baik biarkan natural saja.

5. Jangan bernafas melalui mulut terlalu sering

Hembusan angin melalui pernafasan mulut dapat mengakibatkan bibir cepat kering. Biasanya ini banyak terjadi pada atlet renang atau orang yang renang, dimana mereka lebih banyak menggunakan mulut untuk mengambil napas.

6. Hati-hati memilih lipstik

Banyak sekali wanita yang tidak menyadari  bahwa lipstik sebenarnya juga dapat mengakibatkan bibir cepat kering, khususnya apabila produk kosmetik tersebut dibuat dengan menggunakan bahan dari alkohol.

Tanda bahwa lipstik yang kamu gunakan harus segera diganti adalah apabila bibir mengalami panas, gatal, dan mengering setelah 5 jam menggunakannya. Gantilah lipstik tersebut dengan yang berkualitas dan sudah terdaftar.

7. Atasi bibir kering secara alami

Selain menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik seperti diatas, kamu juga harus melakukan salah satu cara mengatasi bibir secara alami dibawah ini. Bahan alami ini sudah teruji secara klinis mampu mengatasi bibir pecah pecah, jadi jangan takut untuk mencobanya.

- Tomat

Tomat merupakan buah yang mengandung vitamin E dan C cukup tinggi. Kandungan vitamin-vitamin tersebut dapat meningkatkan kelembaban pada bibir secara alami. Selain mengonsumsi, kamu juga bisa menggunakannya secara langsung.

Cara mengatasi bibir kering dengan tomat sangatlah mudah. Belah 1 buah tomat segar menjadi 2 bagian. Masing-masing bagian tersebut oleskan secara merata keseluruh bagian bibir, baik atas ataupun bawah. Diamkan 15 menitan, lalu bilas dengan air dingin sampai bersih.

- Madu

Madu dikenal sebagai pelembab alami yang cukup efektif. Kandungan mineral essensial di dalam madu mampu menjaga kelembaban bibir dan mencegahnya dari paparan sinar matahari.

Cara merawat bibir kering dengan madu cukup simpel. Kamu bisa mengoleskan madu secara rutin setiap sebelum beraktivitas, tanpa dibilas pun bibir akan lembab sepanjang hari. Namun agar maksimal, oleskan juga di waktu sebelum tidur.

- Lemon/jeruk nipis

Baik lemon ataupun jeruk nipis, keduanya sama-sama memiliki sifat masam. Ternyata dibalik sifat masamnya tersebut, kedua buah keluarga jeruk ini mengandung vitamin C cukup tinggi.

Pengalaman saya menggunakan lemon dan jeruk nipis adalah bibir akan terasa sedikit perih. Akan tetapi rasa tersebut akan hilang dengan sendirinya seiring bibir kamu mulai sembuh.

- Wortel

Diperkaya dengan vitamin A, wortel sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Namun setelah dilakukan penelitian, ternyata kandungan tersebut juga bermanfaat untuk melembabkan bibir secara alami.

Cara mengatasi bibir pecah-pecah dengan wortel mudah sekali, kamu tinggal menghaluskan sayur ini kemudian mengoleskan secara merata keseluruh bibir. Agar meresap, diamkan selama 30 menitan lalu bilas air dingin.

- Mentimun

Mentimun merupakan sayuran yang diperkaya dengan kandungan air cukup tinggi. Kandungan air ini ternyata bersifat seperti lend-ir, sehingga bisa membantu merawat bibir pecah-pecah secara alami.

Pertama haluskan mentimun secukupnya, kemudian oleskan keseluruh bagian bibir secara merata. Jangan lupa dipijat secara lembut selama 5 menit agar meresap, setelah itu diamkan 15 menitan dan bilas air dingin.

Bagaimana, mudah kan? Langsung saja coba cara mengatasi bibir keing dan pecah-pecah diatas sekarang juga, terutama bagi kamu yang mengalaminya. Sekian sharing saya pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat!

Share: