>

Cara Menghilangkan Panu Alami 1 Minggu Perawatan


Cara Alami Menghilangkan Panu Dalam 1 Minggu Perawatan – Panu atau dalam dunia kedokteran disebut dengan tine versicolor merupakan sebuah penyakit kulit yang muncul disebabkan karena adanya pertumbuhan jamur. Jenis spesies jamur yang menyebabkan munculnya panu bernama candida albicans. Hampir setiap orang pasti sudah pernah terserang penyakit panuan ini. Baik anak-anak ataupun orang dewasa memiliki peluang yang sama terkena panu.

Cara menghilangkan panu secara alami dengan cepat
Panu di bahu dan leher

Biasanya panu muncul dengan tanda awal berupa bercak-bercak putih yang lembut (kecil-kecil). Pada tahap awal kemunculan panu ini masih belum terasa, namun jika dibiarkan akan semakin menyebar keseluruh bagian tubuh lain. Biasanya bagian tubuh yang sering terserang panu adalah punggung, bahu, tangan, wajah, dan leher.


Sebenarnya panu bukan termasuk kedalam masalah kesehatan yang serius, karena sampai sekarang belum pernah ada orang yang meninggal karena panu. Namun dampak dari panu tersebut sangatlah menjengkelkan, terutama apabila muncul pada bagian wajah kita. Sebab dengan adanya panu di wajah, kita sering diposisikan sebagai seseorang yang jarang menjaga kebersihan kulit, alias jarang mandi.

Kamu tidak perlu malu apabila memiliki panu, karena dulu saya juga termasuk kedalam penderita penyakit kulit tersebut. Setiap kali berkeringat, pasti panu yang kita alami akan terasa gatal. Rasanya ingin sekali menggaruk daerah panu tersebut, tapi kata orang menggaruk dapat membuat panu menyebar. Tidak hanya menyebar di tubuh sendiri, namun juga menyebar ke kulit orang lain.

Memang di apotik sudah banyak sekali obat panu yang dijual. Meskipun mereka memberikan janji mampu menghilangkan panu dengan cepat, namun menurut saya obat tersebut hanya mengobati secara semu saja. Setelah kita tidak menggunakannya lagi, panu akan muncul kembali bahkan lebih parah.

Penyebab Munculnya Panu di Kulit

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai bagaimana cara menghilangkan panu di kulit, lebih baik kamu ketahui terlebih dahulu apa aja penyebab panu tersebut. Adapun penyebab-penyebab munculnya panu antara lain:

- Suhu udara yang terlalu lembab: ketika suhu udara lembab, baju yang kita kenakan akan meresap air/embun. Sehingga membuat daerah kulit ikut lembab dan munculan panuan.

- Suhu yang terlalu panas: suhu panas dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan banyak keringat. Apabila kita jarang membersihkan tubuh berkeringat, jamur akan tumbuh pada bagian kulit dengan mudah.

- Konsumsi makanan-makanan tertentu: makanan berlemak dan berkolesterol tinggi lebih berpotensi menyebabkan munculnya pertumbuhan jamur di kulit.

- Jarang ganti baju dan mandi: inilah penyebab panu yang paling sering. Jarang mandi menyebabkan jamur tumbuh dengan lebat pada bagian kulit. Mulai dari punggung, bahu, sampai dengan wajah.

- Menggunakan handuk kotor: handuk orang lain (penderita panu) dan handuk kotor bisa menyebabkan tumbuhnya jamur pada bagian kulit. Biasanya munculnya panu akibat handuk terletak pada bagian punggung dan leher.

Penyebab panu diatas hanya sebagian kecil saja. Nah setelah puas mengetahui penyebabnya, sekarang kita akan lanjut membahas mengenai bagaimana cara cepat menghilangkan panu di kulit. Berikut saya sudah bagi menjadi 2 cara mengatasi panu secara alami. Masing-masing cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Cara Cepat Menghilangkan Panu Secara Alami (versi kasar)

Kelebihan cara mengatasi panu yang pertama ini adalah bisa hilang dalam waktu yang cepat, yakni kurang dari 1 Minggu. Bahkan jika panu yang kamu alami masih belum parah, cara kasar ini mampu menghilangkannya hanya dalam 1 hari saja. Namun kelemahan dari cara kasar adalah dapat menimbulkan rasa perih pada bagian kulit.

1. Bawang putih

Mungkin banyak diantara kita yang mengenal bawang putih sebagai bumbu masakan dapur saja. Namun ternyata dibalik itu semua, bahan tradisional satu ini mengandung senyawa anti-bakterial dan anti-fungi yang dapat membunuh jamur penyebab panu.

Cara cepat menghilangkan panu dengan bawang putih:

- Pertama siapkan 1 butir bawang putih terlebih dahulu
- Selanjutnya potong bawang tadi menjadi 2 bagian
- Setelah selesai mandi, oleskan potongan tersebut pada bagian panu
- Agar bisa meresap, gosok-gosok potongan bawang sampai terasa perih
- Jika sudah terasa perih, diamkan sejenak dan tunggu sampai hilang
- Lakukan penggosokan lagi sampai terasa perih
- Biasanya dengan 3-4 gosokan, panu akan hilang secara permanen.

2. Lengkuas dan garam

Jaman dahulu nenek moyang kita sebenarnya telah mengenal obat-obatan herbal untuk penyakit kulit. Salah satunya adalah lengkuas yang dikenal cukup ampuh untuk menghilangkan panu secara permanen. Lengkuas mengandung flavonoid, kuersetin, dan amilum yang telah terbukti mampu membunuh jamur penyebab panuan di kulit.

Cara mudah menghilangkan panu dengan lengkuas dan garam:

- Siapkan terlebih dahulu 1 batang lengkuas segar
- Belah batang lengkuas tadi menjadi 2 bagian
- Sebelum menggosokan, taburi dulu permukaan potongan dengan garam
- Mulailah menggosokan potongan lengkuas tadi pada bagian panu
- Rasa perih akan muncul, tapi usahakan menahannya
- Setelah hilang oleskan lagi sampai 2-3 kali.

Cara Alami Menghilangkan Panu di Kulit (versi halus)

Jika kamu tidak ingin merasakan perih atau pedih di kulit, maka silahkan coba cara mengatasi panu versi kedua ini. Dikatakan halus, karena cara ini tidak menimbulkan rasa perih pada bagian kulit. Tetapi untuk hasil maksimal, kamu harus melakukan perawatan lebih dari 1 Minggu.

1. Belimbing wuluh dan kapur sirih

Belimbing wuluh mengandung senyawa antibakterial yang cukup tinggi, sedangkan kapur sirih memiliki sifat abrasif yang dapat mengangkat jamur. Sehingga mengombinasikan kedua bahan tradisional tersebut akan menjadi obat panu herbal yang cukup mujarab.

Cara menghilangkan panu alami dengan belimbing:

- Terlebih dahulu siapkan 3 buah belimbing yang masih segar dan muda
- Haluskan buah belimbing tadi dan campur dengan kapur sirih sampai membentuk adonan mirip pasta
- Setelah itu, oleskan pasta tersebut secara merata pada bagian panu
- Diamkan sejenak sekiranya 2-3 jam agar meresap dan bekerja optimal
- Terakhir, bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

Aturan pakai: lakukan perawatan seperti diatas minimal 1 kali dalam sehari, maka dalam 2 – 3 Minggu, kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Jeruk nipis dan belerang

Jeruk nipis termasuk kedalam buah yang memiliki rasa masam (sama dengan belimbing), tetapi dibalik rasa masamnya tersebut jeruk nipis mengandung vitamin C yang bersifat antibakterial, dimana sifatnya ini mampu membunuh jamur yang berkembang pada bagian kulit. Agar hasilnya maksimal, kombinasikan jeruk nipis dengan belerang.

Cara cepat menghilangkan panu dengan jeruk nipis:

- Pertama siapkan 1 buah jeruk nipis segar dan bubuk belerang secukupnya
- Peras jeruk tersebut dalam sebuah wadah, lalu masukan bubuk belerang hingga membentuk krim/pasta
- Setelah sehabis mandi, oleskan campuran tadi secara merata pada bagian panu. 
Diamkan sejenak sekitar 1-2 jam, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Aturan pakai: lakukan perawatan alami ini minimal 2 hari sekali saja. Hindari penggunaan secara berlebihan, karena dapat membuat kulitmu kering. Terutama jika kamu menghilangkan panu di wajah.

Tips Mencegah Panu Muncul Kembali di Kulit

Meskipun panu yang ada dalam tubuh kamu telah hilang, namun jika tidak dilakukan langkah pencegahan, panu tersebut bisa saja muncul kembali. Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari panu.

- Mandi secara teratur sebanyak minimal 2 kali sehari
- Selalu ganti pakaian kamu setiap harinya, terutama apabila basah dan terkena keringat
- Hindarilah mengenakan baju terlalu ketat, pilih yang longgar saja
- Jangan menggunakan handuk kotor dan handuk milik orang lain, terutama jika dia menderita panu sebelumnya
- Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat, seperti bahan catton dll.

Bagaimana, mudah kan? Seperti itulah cara alami menghilangkan panu dalam 1 Minggu perawatan rutin. Cukup pilih salah satu perawatan saja dan lakukan secara rutin sesuai dengan aturan agar hasilnya maksimal. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi solusi masalah kesehatan kulit kamu, salam.



                                         Bermanfaat? Bantu share yuk!


Share: