>

11 Cara Meningkatkan Percaya Diri Hanya Dalam Hitungan Detik

Cara Meningkatkan Percaya Diri Hanya Dalam Hitungan Detik – Ketika kamu hendak menghadiri sebuah acara yang cukup besar dan meriah, pasti ada sedikit rasa minder atau ragu-ragu saat hendak tampil dihadapan banyak tamu. Inilah yang sering disebut dengan menurunnya rasa percaya diri.

Cara meningkatkan percaya diri dengan mudah
I Can Do It, Kunci PD yang Tinggi 


Menurunnya rasa percaya diri dapat disebabkan karena berbagai macam faktor, mulai dari kurang tampil maksimal, belum memiliki standar tertentu, dalam keadaan buruk, dan bahkan belum memiliki mental baja untuk menghadapi sebuah masalah tersebut.


Sebenernya untuk meningkatkan rasa percaya diri itu sangatlah mudah, namun terkadang banyak diantara kita yang salah melakukan caranya. Meskipun demikian, kamu tidak perlu khawatir. Sebab pada kesempatan kali ini saya akan mencoba sharing beberapa tips meningkatkan percaya diri dengan cepat. Penasaran? Yuk! Langsung saja simak cara meningkatkan percaya diri hanya dalam hitungan detik berikut ini.

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Hitungan Detik Saja

1. Tersenyum

Tersenyum bisa menjadi cara cepat meningkatkan percaya diri kamu. Tersenyum akan membuat hormon endorpin dalam tubuh meningkat, melancarkan sirkulasi darah pada area wajah, dan tentunya mampu memberikan kenyamanan. Tersenyum tidak hanya dilakukan ketika merasa senang, kamu pun juga bisa mencoba tersenyum ketika sedang merasa ragu/minder. 

Dengan tersenyum saat merasa ragu atau kurang percaya diri, maka bisa saya pastikan kamu akan lebih PD dan nyaman. Namun jangan tersenyum berlebihan, karena senyum berlebihan akan menyebabkan presepsi orang lain terhadap diri kamu.

2. Tatap mata lawan bicara kamu

Ketika sedang wawancara kerja ataupun presentasi di depan umum, maka rasa percaya diri yang tinggi sangatlah diperlukan. Sama halnya dengan tersenyum, kamu pun dapat meningkatkan rasa percaya diri dengan menatap lawan bicara ketika wawancara atau presentasi. Tataplah mereka dengan ramah dan hangat, lebih baik lagi sesekali kamu berikan senyuman termanis, sehingga audiens nanti lawan bicara bisa kamu kuasai.

Dikutip dari Confident Eye Contact, Unlimited Confidence “Kontak mata secara langsung akan memberikan rasa percaya diri yang tinggi ketika kamu berbicara di hadapan umum. 
Munculnya ragu biasanya dikarenakan seseorang kurang menguasai pendengar. Tataplah mata lawan bicara kamu, maka dia akan kamu kuasai. Bahkan minat mereka mengenai kamu juga akan lebih tinggi”

3. Ubahlah suara dalam diri kamu

“aku bodoh”, “nampaknya ini sulit”, “aku belum mampu”, “ini nasib”, dan sebagainya. itulah beberapa contoh kalimat yang sering kita ucapkan ketika merasa minder dan kurang percaya diri. Kata dalam hati sangatlah berpengaruh besar pada rasa PD kamu. Ubahlah anggapan-anggapan yang membuat kamu merasa ragu-ragu dengan anggapan kata hati membakar semangat.

Kalau saya lebih suka membaca kata-kata motivasi dari para motivator, seperti Mario Teguh dan Bob Sadino. Meskipun hanya sekedar meme dalam ponsel, namun kata-kata tersebut membuat saya bisa mengubah kata hati dan lebih percaya diri. Jadi, yang pasti jangan berfikiran negatif dulu mengenai hasil akhir nantinya.

4. Lupakan standar yang dimiliki orang lain

Setiap orang memiliki standarnya masing-masing, kamu tidak akan mungkin bisa memuaskan mereka dengan menggunakan standar sendiri. Standar-standar semacam inilah yang terkadang membuat kita merasa krisis percaya diri. Solusinya, biarkan orang lain berkata kamu gendut, cungkring, jelek, bodoh, dan lainnya.

Usahakanlah tetap bertahan kepada standar yang kamu miliki. Ingat setiap masyarakat memiliki standar yang berbeda-beda. Untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu tidak perlu memenuhi semua standar yang ditetapkan oleh masyarakat.

5. Tampilan serapih dan semaksimal mungkin

Meskipun kamu hanya memiliki sedikit waktu, tetapi cobalah untuk tampil semaksimal mungkin. Pergilah ke kamar mandi sebentar untuk berkaca, meluruskan kerah, membenahi rambut yang berantakan, mencuci muka, dan lain sebagainya. Apabila kamu sudah tampil serapi mungkin, rasa percaya diri akan mudah sekali meningkat.

“cara membangun rasa percaya diri yang tinggi bisa kamu lakukan dengan tampil serapi mungkin di berbagai kesempatan. Tampil rapi ini sudah menjadi fakta agar seseorang bisa lebih percaya diri.Seseorang yang tampil rapi, maka oang lain akan melihat impresi lebih baik” (Building Blocks to Self-Confidence, Complete Wellbeing)

6. Bermeditasi dan berdoalah

Jika memang kamu percaya dengan Yang Maha Kuasa atau Tuhan, berdoa merupakan cara meningkatkan rasa percaya diri yang cukup baik, terutama jika dilakukan bersama meditasi. Langkah ini cukup baik sekali untuk mundur sejenak dari rutinitas yang serba cepat. Dengan berdoa dan bermeditasi sejenak, maka hati kamu lebih tenang dan rasa percaya diri pun meningkat.

“Ya Tuhan, terima kasih banyak engkau telah menerimaku dan mencintaiku apa adanya. Bantulah aku untuk melakukan hal yang sama...dan bantulah aku tumbuh dengan rasa percaya diri yang meningkat. Ini semua aku lakukan untuk keagunganMu ya Tuhan. Terima kasih karena engkau telah mendengar dan menjawab doaku ya Tuhan, aamiin.” (Daily Encounter, Strengthen Your Self-Confidence, Acts International)

7. Reka Ulang

Terkadang ketika sebuah kejadian berada di luar kehendak kita, maka akan menyebabkan rasa percaya diri menjadi berkurang cukup drastis. Seperti misalkan ketika kita menumpahkan minuman dalam gelas, terlambat ke kantor karena macet, berbicara ditanggapi dingin, berbicara kurang lucu tetapi garing, dan masih banyak lagi.

Kondisi-kondisi di luar rencana kita semacam ini kerap sekali muncul. Solusinya lakukanlah “reka ulang”, maksudnya berfikirlah sesuai ketika rencana awal tadi yakni berfikir positif. Sebab tekadang kejadian yang tak terduga tersebut membuat kita menjadi berfikir negatif dan ragu-ragu.

8. Tentukan langkah selanjutnya saat itu juga

Jika kamu yakin pada diri sendiri, maka silahkan temukan satu langkah saja yang sekiranya membuat kamu lebih mengenal lawan bicara. Misalnya seperti menatap mata lawan bicara, memperkenalkan diri kepada orang asing, memecahkan kebekuan saat meeting, dan masih banyak lagi.

Cukup dengan menentukan satu langkah senderhana yang sekiranya bisa kamu lakukan dengan baik. Mulailah bertindak sekarang juga meskipun sebenarnya kamu tidak mengetahui gambaran jelas mengenai hal yang dilakukan.

9. Bicaralah secara perlahan

Tips meningkatkan percaya diri selanjutnya adalah dengan bicara secara perlahan. Bicara terlalu cepat dapat membuat kamu menjadi kurang PD, sebab bicara cepat menunjukan seseorang yang sedang tergesa-gesa dan ragu atau bahkan minder dengan omongan yang dia ucapkan. Ada baiknya kamu berbicara perlahan-lahan agar pendengar bisa mencerna 
materi yang kamu bicarakan.

Berbicara perlahan dan berwibawa mampu menujukan kepercayaan diri seseorang yang tinggi. Pembicaraan cepat tidak layak didengar, karena orang yang berbicara cepat menganggap materinya kurang bermutu dari pada berbicara perlahan-lahan.

10. Ikut ambil bagian

Pernahkah kamu dalam sebuah kelas seharian tanpa mengucapkan sepatah kata pun? Atau ketika jalan-jalan bersama teman hanya menatap sebuah gelas tanpa berbicara apapun? Nah inilah yang membuat seseorang kurang percaya diri. Biasanya kondisi semacam ini terjadi pada kamu yang memiliki sifat pendiam.

Namun apapun kondisi kamu, cobalah untuk sesekali ambil bagian dalam sebuah rangkaian acara tersebut. Kamu bisa berbicara sejenak dan mengutarakan sebuah pendapat, dengan kamu ambil bagian dalam rangkaian kegiatan tersebut, maka orang lain bisa memposisikan keberadaan kamu. lebih baik lagi, kamu bisa mengutarakan sebuah pembicaraan yang memotivasi teman-teman.

11. Bersyukur dengan apa yang kamu miliki

Meningkatkan rasa percaya diri juga bisa kamu lakukan dengan cara bersyukur. Meskipun terasa cukup sederhana, tetapi bersyukur sangatlah mujarab untuk membangun rasa peracaya diri yang kuat.

Tidak perlu kamu iri dengan orang lain miliki, belum tentu mereka memiliki yang kamu punyai. Membangun sikap bersyukur bisa kamu lakukan dengan cara mengamalkan sedikit harga ke masjid ataupun orang yang membutuhkan.

Itulah beberapa cara meningkatkan percaya diri dalam hitungan detik saja. Lakukan semua point yang telah saya utarakan diatas sekarang juga, baik ketika kamu ingin menghadapi sebuah wawancara, presentasi, kumpul bareng temen, ataupun lainnya.


Semoga dapat bermanfaat dan menjadi solusi bagi kamu. Artikel diatas akan lebih bermanfaat lagi apabila kamu bantu share kepada teman-teman yang lain melalui tombol share di bawah. 

Share: