>

13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami dan Medis

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami dan Medis – Memiliki kulit yang mulus memang bagi sebagian besar para wanita sangatlah sulit sekali. Kondisi yang tidak diinginkan terkadang kerap muncul dan membuat kulit tidak semulus dahulu lagi. Salah satu masalah yang sering muncul dan mengakibatkan kulit kita tidak mulus adalah strech mark.


Cara menghilangkan stretch mark perut dan paha
Stretch mark pada ibu hamil

Stretch mark adalah sebuah guratan-guratan putih kemerah-merahan pada bagian tubuh yang memiliki panjang mulai dari milimeter sampai dengan belasan centimeter. Munculnya stretch mark dapat disebabkan karena elastisitas kulit melewati batasnya. Sehingga menyebabkan munculnya guratan-guratan tersebut.

“Agar lebih mudah memahami apa itu stretch mark bayangkan saya kamu meniup sebuah balon sampai besar sekali dan hampir meletus. Sebelum meletus, kempeskan balon tersebut dan lihat apa yang terjadi, pastinya balon tersebut tidak akan semulus sebelumnya bukan? nah seperti itulah gambaran mengenai stretch mark pada bagian tubuh”

Perbedaan Antara Selulit dan Stretch Mark

Banyak sekali diantara kita yang beranggapan bahwa pengertian selulit dan stretch mark itu sama. Padahal dalam dunia medis pengertian penyakit tersebut sangatlah berbeda meskipun sebenarnya sekilas tanda yang muncul sama. Stretch mark sendiri merupakan sebuah perenggangan kulit yang melewati batas elastisitas. Sedangkan untuk selulit adalah bagian kulit yang mengalami lemak berlebihan.


Cara menghilangkan stertch mark secara alami
Perbedaan bisa dilihat dari warna guratan


Sebenarnya untuk membedakan antara selulit dan stretch mark itu sangatlah mudah, kamu bisa melihat warna dari guratan tersebut. Guratan selulit cenderung memiliki warna sama dengan kulit kamu, sedangkan untuk warna guratan dari stretch mark biasanya agak putih kemerah-merahan.

Penyebab Munculnya Stretch Mark di Tubuh

Biasanya stretch mark sering muncul pada ibu-ibu sehabis melahirkan. Munculnya stretch mark pada ibu hamil ini sangatlah wajar sekali, sebab saat ibu sedang hamil kulit mengalami perenggangan yang cukup tinggi. Akibatnya setelah melahirkan munculan sebuah guratan-guratan putih agak kemerah-merehan.

Sebenarnya stretch mark tidak hanya muncul pada ibu-ibu hamil, tetapi guratan tersebut juga bisa muncul pada tubuh siapa saja. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai dengan orang dewasa. Untuk anak-anak dan remaja tidak perlu melakukan pengobatan strech mark, karena seiring dengan pertumbuhannya masalah tersebut akan hilang dengan sendirinya. Namun untuk  menghilangkan stretch mark pada orang dewasa sangatlah diperlukan pengobatan segera.

Adapun penyebab munculnya stretch mark pada bagian tubuh antara lain:
- Perenggangan kulit secara berlebihan (contoh: ibu hamil)
- Konsumsi obat-obatan yang mengandung steroid tinggi. Obat dengan kandungan senyawa tersebut dapat berpotensi merusak kolagen kulit, sehingga menyebabkan munculnya stretch mark.
- Kekurangan konsumsi nutrisi, terutama vitamin A, E, dan C.
- Akibat dari kegemukan yang tiba-tiba kurus dengan cepat.
- Terlalu banyak konsumsi makanan-makanan berkalori dan berlemak tinggi.
- Terkena sebuah luka yang membuat sel kulit tidak mampu tumbuh (mati).

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Medis yang Aman

Tindakan utama bagi seseorang yang memiliki stretch mark pada bagian kulitnya adalah dengan menggunakan dua metode, yakni metode secara langsung dan tidak langsung. Menurut Dr. Amanda Lalita, Sp. KK, dermatologis dan venerologis kedua cara tersebut dengan berolahraga dan menghindari makanan-makanan tertentu.

Menurut beliau, olahraga merupakan cara menghilangkan stretch mark yang cukup mujarab secara tidak langsung. Saat berolahraga kulit secara otomatis akan lebih mengencang secara alami, akibatnya guratan-guratan itupun bisa hilang dengan mudah secara tidak langsung.

Sedangkan cara mengobati stretch mark secara langsung bisa dilakukan dengan menghindari makanan berlemak dan berkalori tinggi, mengubah gaya hidup sehat, menghindari rokok, memenuhi asupan gizi, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Adapun beberapa pengobatan secara medis yang dapat dilakukan untuk menghilangkan strech mark antara lain:

1. Krim dan salep

Di apotik telah ada banyak sekali obat stretch mark yang dijual dari berbagai macam merek. Masing-masing merek tersebut mengklaim produknya mampu menghilangkan stretch mark dengan cepat dan aman. Namun faktanya, penggunaan krim atau salep sebenarnya hanya berguna untuk menyamarkan warna guratan dari strech mark tersebut.

2. Terapi dengan laser

Memang cara menghilangkan stretch mark dengan laser itu sangatlah cepat dan mudah, bahkan dalam hitungan detik saja. Akan tetapi pada kenyataannya pengobatan stretch mark dengan laser hanya menyebabkan hilang sementara, setelah tidak melakukan pengobatan selama lebih dari 1 tahun guratan tersebut bisa muncul. Selain kurang efektif, pengobatan dengan laser juga memakan biaya cukup mahal.

Cara Mengobati Stretch Mark Secara Alami, Aman, dan Mudah

Nah dari pada kamu membuang banyak waktu dan biaya hanya untuk mengatasi stretch mark secara medis, mendingan kamu melakukan perawatan stretch mark secara alami. Yah, meskipun waktu yang kamu pelukan lebih lama, tetapi cara alami menghilangkan stretch mark jauh lebih aman dan murah dari medis.

Bagaimana cara menghilangkan stretch mark secara alami? berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa mengeluarkan banyak biaya. Tapi ingat, kamu harus melakukan secara rutin dan telaten agar hasil maksimal.

1. Konsumsi air putih banyak

Seperti yang telah saya jelaskan diatas tadi, stretch mark dapat muncul disebabkan karena elastisitas kulit mengalami penurunan. Nah untuk menjaga elastisitas kulit tersebut, silahkan kamu konsumsi air putih sebanyak mungkin. Usahakan minimal setiap hari konsumsi 8-10 gelas. Dengan konsumsi air putih secara rutin, maka elastisitas dan kelembaban kulit kamu lebih terjaga secara alami.

2. Kopi

Cara menghilangkan selulit dengan kopi mungkin sudah banyak sekali yang share di dunia maya. Ternyata kopi tersebut juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan strech mark pada bagian paha dan perut. Namun agar khasiat kopi semakin maksimal, silahkan gunakan bijih kopi yang dihaluskan secara langsung.

Hindari menggunakan kopi yang sudah diseduh, kopi manis, kopi yang sudah dicampur bahan-bahan tertentu, dan lainnya. Jadi, gunakan kopi yang masih alami saja. Caranya cukup campur kopi dengan air hangat sampai membentuk pasta, lalu oleskan secara rutin pada bagian guratan berwarna putih (stretch mark).


3. Bubuk cokelat

Menghilangkan stretch mark dengan coklat juga cukup mujarab. Masker coklat pada dasarnya mengandung kolagen cukup tinggi, yang mana kandungan kolagen ini mampu mengatasi stretch mark pada paha dan perut kamu. Dengan penggunaan secara rutin, guratan menjengkelkan tersebut bisa hilang.

Cara alami menghilangkan stretch mark dengan cokelat:

- Pertama siapkan terlebih dahulu bubuk cokelat tawar (belum ada tambahan pemanis), lalu buatnya semacam pasta/krim dengan coklat tersebut. Pastikan pasta yang kamu buat tidak terlalu cair dan pekat.
- Oleskan pasta coklat tersebut pada bagian kulit yang bermasalah, lalu diamkan selama kurang lebih 15-30 menit, setelah itu bilas sampai bersih. Lakukan cara ini setelah mandi secara rutin minimal 2 kali sehari selama 2 bulan berturut-turut.

4. Cocoa butter

Kokoa butter merupakan sejenis lemak yang berasal dari pohon kakao. Cocoa butter sekarang ini telah banyak digunakan oleh para produsen kosmetik untuk membuat produk perawatan kecantikan kulit, seperti salah satunya adalah lotion dan sun block. Gunakan bahan alami ini untuk menghilangkan stretch mark pada paha dan perut, caranya cukup dengan mengoleskannya sebelum tidur dan setelah bangun tidur minimal 2 kali sehari.

5. Minyak jarak

Sesuai dengan namanya, minyak satu ini berasal dari pohon jarak. Minyak jarak sudah sejak jaman dahulu dipercaya mampu membuat kulit lebih awet muda, menghilangkan keriput, dan mencegah penuaan dini. Berkat kandungan kolagen dan nutrisi mineral dalam minyak jarak, kamu pun bisa menggunakan minyak ini untuk mengobati stretch mark secara alami. Caranya cukup oleskan minyak tersebut secara merata pada bagian stretch mark selama 30 menit sehari.

6. Putih telur

Ambil telur, terserah mau telur ayam kampung ataupun bebek. Pecahkan telur tersebut dan pisahkan antara kuning telurnya, lalu kocok sampai mengeluarkan sedikit busa atau buih. Oleskan putih telur tersebut secara merata pada bagian stretch mark kamu selama kurang lebih 30 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih. Dengan kandungan protein tinggi, putih telur sangatlah bermanfaat untuk menghilangkan stretch mark paha dan perut.


7. Kentang

Kentang merupakan jenis umbi-umbian yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satu manfaat dari kentang adalah dapat kita gunakan untuk menghilangkan stretch mark pada bagian kulit, paha, perut, dan bagian lainnya.

Cara mengatasi stretch mark dengan kentang cukup mengirisnya tebal dan mengoleskan secara merata pada bagian stretch mark. Alternatif lain, kamu bisa membuat masker kentang untuk perawatan kulit mulus.

8. Lidah buaya atau aloe vera

Mungkin banyak diantara kita yang mengenal lidah buaya hanya bermanfaat untuk merawat kesehatan rambut secara alami saja, namun sebenarnya manfaat lidah buaya bisa lebih dari itu. Bahan alami ini mengandung vitamin E, C, dan A yang bisa membantu kamu mengobati stretch mark secara alami.

Caranya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya secara merata pada bagian stretch mark, tetapi agar gel tersebut bisa meresap secara optimal beri pijatan secara lembut selama 10 menit dan diamkan selama 45 menitan. Lalu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

9. Gunakan lemon

Lemon merupakan buah yang cukup terkenal dengan rasa masamnya yang cukup tinggi, namun dibalik rasa masam tersebut ternyata lemon mengandung senyawa vitamin C yang cukup tinggi. kandungan vitamin C ini dipercaya sangat baik untuk mengoptimalkan produksi kolagen dalam regenerasi sel-sel kulit baru pada kulit. sehingga lemon sangat mujarab untuk membantu menghilangkan stretch mark.

Cara mengobati stretch mark dengan lemon secara alami:

- Belah 1 buah lemon yang masih segar
- Oleskan belahan lemon tersebut pada bagian stretch mark secara merata
- Diamkan sampai mengering dan meresap kiranya 30 menit
- Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat.

10. Minyak zaitun (olive oil)

Minyak zaitun sudah dikenal sejak  jaman dahulu kala sebagai cairan yang cukup berkhasiat untuk manusia. Ada berbagai manfaat minyak zaitun yang bisa kita dapatkan, semua manfaat tersebut berasal dari kandungan-kandungan nutrisi di dalamnya. Beberapa kandungan nutrisi seperti vitamin A, D, dan E dipercaya mampu menghilangkan guratan putih dan merah pada bagian paha.

Cara alami menghilangkan stretch mark dengan minyak zaitun:

- Siapkan minyak zaitun secukupnya.
- Oleskan minyak tersebut setelah mandi selama 30 menit
- Pastikan beri pijatan lembut pada guratan agar meresap
- Terakhir bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih

11. Gula

Gula dapat kamu jadikan sebagai scrub alami untuk mengatasi kulit kasar. Dalam dunia kecantikan penggunaan gula sebagai scrub ini sering dikenal dengan proses exfoliasi. Agar hasilnya semakin maksimal, campurkan gula dengan madu dan gosokan secara perlahan pada bagian stretch mark setelah mandi.


Tips Mencegah Stretch Mark Datang Kembali Dengan Mudah

Setelah stretch mark yang kamu derita sudah sembuh, sekarang lakukan langkah pencegahan agar guratan tersebut tidak muncul kembali. Ada beberapa cara mencegah stret mark yang dapat kamu lakukan, antara lain seperti:

- Tidak mengonsumsi obat-obatan kartiko steroid dalam janga panjang
- Kontrol berat badan kamu, jangan biarkan naik atau turun secara drastis
- Hindari pertumbuhan otot secara berlebihan pada bagian tubuh
- Ketika hamil, gunakan stagen pada bagian bawah perut untuk menyokong janin dan mencegah munculnya stretch mark pada bagian perut.
- Terapkan program diet sehat, konsumsi makanan bergizi, dan olahraga secara teratur setiap harinya.

Itulah beberapa cara menghilangkan stretch mark secara alami dan medis yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Lakukan beragam cara diatas dengan telaten dan penuh ketekunan, sehingga nanti kamu bisa mendapatkan hasil perawatan secara maksimal.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba...!


Apabila artikel diatas bermanfaat bagi kamu, silahkan berbagi melalui tombol share yang telah saya sediakan agar orang lain juga mengetahui solusinya. Bukannya membantu orang itu dapat pahala? Nah maka dari itu silahkan bantu sesama dengan share artikel ini. Terima kasih.





Share: