>

Cara Membuat Masker Telur Untuk Merawat Kulit Secara Alami


Cara Membuat Masker Telur Untuk Merawat Kulit Secara Alami – Telur merupakan sumber protein yang cukup tinggi. Tepat pada bagian putih telurnya kita bisa medapatkan asupan protein tersebut secara maksimal. 


Cara merawat kulit secara alami dengan masker telur
Gunakan putih telurnya saja sebagai masker

Selain mengandung protein yang tinggi, putih telur juga mengandung senyawa mineral alami seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan masih banyak lagi. Bahkan kandungan asam folat dalam telur dipercaya juga cuku efektif untuk mencerdaskan otak.

Termasuk kedalam makanan 4 sehat 5 sempurna, kamu wajib mengonsumsi telur untuk mendapatkan manfaat kesehatannya. Namun selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata manfaat telur untuk kecantikan juga cukup besar sekali. Apa sajakah khasiat telur bagi kecantikan itu?

Manfaat Masker Telur Bagi Kecantikan Kulit Secara Alami

Penggunaan putih telur sebagai masker alami bukan tanpa alasan. Berbagai macam kandungan nutrisi di dalamnya menjadi alasan besarnya manfaat telur bagi kecantikan. Adapun manfaat telur bagi kecantikan antara lain seperti:

- Mengatasi jerawat dan komedo di kulit wajah
- Mencegah munculnya peradangan pada wajah
- Mengatasi flek hitam secara alami
- Menghaluskan kulit wajah secara alami
- Mencegah munculnya penuaan dini akibat radikal bebas
- Melembabkan kulit yang kering
- Mengurangi kadar minyak berlebih.

Untuk mendapatkan semua manfaat telur bagi kecantikan diatas, kamu dapat membuat masker wajah alami dari telur. Bagaimana cara membuat masker wajah alami dari telur? simak informasinya berikut ini.

Cara Merawat Kulit Secara Alami Dengan Masker Telur

Penggunaan masker putih telur memang bermanfaat sangat besar untuk kecantikan, namun agar semua manfaat tersebut kamu peroleh secara maksimal, silahkan kombinasikan masker ini dengan bahan alami lainnya.

1. Masker putih telur dan madu, menjaga kelembaban

Apakah kulit kamu kering dan kusam? Itu bisa jadi kulitmu memiliki kelembaban yang kurang. Namun tenang, kamu dapat menggunakan masker putih telur dan madu untuk mengatasinya. (Baca: Cara buat masker madu alami)

Cara mudah membuat masker putih telur dan madu:

- Langkah pertama siapkan dulu 1 buah telur dan 3 sendok makan madu.

- Pecah telur dan pisahkan dengan kuningnya. Putih telur tersebut campurkan dengan madu sampai merata.

- Gunakan masker wajah alami ini setelah kamu selesai mandi. Caranya cukup dengan mengoleskan masker secara merata keseluruh bagian wajah.

- Agar masker bekerja secara maksimal, beri pijatan lembut selama 5 menit dan diamkan sekitar 1 jam.

- Apabila sudah terasa kaku dan mengencang, bilaslah masker tersebut dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

2. Masker putih telur dan yoghurt, untuk kulit halus

Baik putih telur ataupun yoghurt, keduanya sama-sama mengandung senyawa asam laktat yang cukup tinggi. Kandungan ini asam laktak mampu membuat kulitmu lebih halus, kencang, dan mulus secara alami.

Cara membuat masker putih telur dan yoghurt:

- Terlebih dahulu siapkan 1 buah telur ayam/bebek dan 4 sendok makan yoghurt tawar (belum ditambahkan pemanis).

- Pecahkan telur dan campur bagian putih telurnya dengan yoghurt sampai merata. Agar merata silahkan dikocok dengan sendok.

- Setelah selesai, bersihkan wajah kamu dulu dengan sabun khusus muka. Hal ini bertujuan agar kotoran pada pori tidak menyumbat penyerapan.

- Selanjutnya, oleskan masker wajah alami ini dengan menggunakan kuas ataupun kapas keseluruh bagian wajah.

- Diamkan sekitar 1 jam agar masker tersebut bekerja secara maksimal. Bila perlu beri pijatan lembut selama 5-10 menit. Lalu bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

3. Masker telur dan lemon/jeruk nipis, hilangkan jerawat

Dibalik rasanya yang masam, ternyata lemon mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C inilah yang baik untuk menghilangkan jerawat dan komedo di permukaan wajah kamu. (Baca: Manfaat jeruk nipis dan cara membuat masker lemon)

Cara membuat masker telur dan lemon:

-Siapkan dulu putih telur dari 1 butir telur bebek/ayam, serta 2 sendok makan air perasan lemon.

- Campurkan kedua bahan tersebut sampai merata. Agar tercampur rata kamu bisa mengocoknya selama 5 menit. Kemudian masukan kedalam lemari pendingin selama 10 menit.

- Setelah itu ambil dari lemari pendingin, kemudian oleskan secara merata keseluruh bagian wajah kamu. Hindari menggosok wajah, karena dapat menyebabkan luka baru terbentuk.

- Diamkan masker wajah alami tersebut meresap sampai sekitar 1 jam. Lalu akhiri dengan membilas air hangat sampai bersih.

4. Masker telur dan alpukat, atasi flek hitam

Flek hitam sebenarnya merupakan masalah yang lebih sulit dihilangkan dari pada jerawat. Butuh waktu berbulan-bulan untuk menghilangkan noda hitam tersebut. Namun dengan menggunakan masker wajah alami satu ini secara rutin masalah tersebut bisa teratasi. (Baca juga: Manfaat buah alpukat dan cara membuat masker alpukat)

Cara membuat masker putih telur dan alpukat:

- Siapkan 1 buah telur ayam/bebek dan 1 cangkir daging buah alpukat. Lalu campur kedua bahan tersebut sampai merata dan membentuk sebuah adonan berupa pasta/krim.

- Sebelum menggunakan bersihkan wajah dengan air hangat, hal ini berguna agar kotoran pada pori tidak menghambat penyerapan nutrisi masker nantinya.

- Setelah bersih barulah kamu mengoleskan secara merata. Pastikan pada bagian flek hitam beri pijatan lembut selama 5 menit agar sel kulit mati terkelupas.

- Selanjutnya diamkan masker wajah alami tersebut meresap selama kira-kira 1 jam. Lalu akhiri dengan membilas menggunakan air hangat sampai bersih.

5. Masker telur, minyak zaitun, dan coklat

Cara membuat masker wajah alami yang terakhir adalah dengan mengombinasikan antara putih telur, minyak zaitun, dan coklat. Bahan-bahan alami tersebut sangatlah baik untuk menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Sehingga akan membuat kulitmu nampak selalu awet muda. (Baca: Cara membuat masker coklat untuk facial)

Cara mudah membuat masker telur, zaitun, dan coklat:

- Pertama kalinya sediakan 1 butir telur ayam, 3 sendok makan minyak zaitun, dan 1/2 cangkir coklat murni (bisa dark chocolate).

- Ambil putih telurnya, kemudian campurkan dengan haluskan coklat dan minyak zaitun. Usahakan campuran tersebut membentuk pasta/krim.

- Oleskan masker wajah alami ini setelah kamu selesai mandi. Caranya ratakan tipis-tipis pada bagian wajah. Pada bagian bawah mata usahakan beri pijatan, sebab daerah inilah yang sering muncul keriput.

- Setelah itu biarkan masker bekerja selama 1 jam. Bila wajah sudah terasa kencang dan kaku, bilaslah dengan menggunakan air hangat.

Sambil menggunakan masker wajah alami diatas, kamu dapat memotong mentimun dan meletakannya diatas mata, hal ini bertujuan agar mata lebih segar dan terbebas dari kantung mata hitam.

Itulah beberapa cara membuat masker telur untuk merawat kulit wajah secara alami. Gunakan masker tersebut secara rutin minimal 1x sehari untuk hasil maksimal. Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, apabila kamu masih bingung silahkan ajukan pertanyaan melalui kolom komentar yang tersedia di bawah ini.


Selamat mencoba dan semoga berhasil...!

Share: