>

Cara Membuat Masker Susu Untuk Merawat Kulit Secara Alami


Cara Membuat Masker Susu Untuk Merawat Kulit Secara Alami – Susu merupakan minuman yang mengandung berbagai macam nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi dalam susu tergolong cukup lengkap. Mulai dari kandungan kalsium, fosfor, protein, magnesium, kalium, vitamin, dan masih banyak lagi. Kandungan nutrisi inilah yang sangat disarankan agar selalu dikonsumsi oleh seseorang, termasuk salah satunya bayi yang baru lahir.


Cara membuat masker susu dengan mudah
Masker susu tawar

Manfaat susu bagi manusia sangatlah beragam sekali, mulai dari manfaat kesehatan sampai dengan kecantikan. Bagi kesehatan susu sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang, meningkatkan sistem imun tubuh, menangkal radikal bebas, memelihara organ-organ tubuh, mencegah kanker usus, dan masih banyak lagi.

Khasiat susu tidak cukup hanya untuk kesehatan saja, tetapi minuman berwarna putih ini ternyata juga memiliki khasiat besar bagi kecantikan.  Apa sajakah manfaat susu bagi kecantikan itu?

Manfaat Susu Bagi Kecantikan Kulit Wajah

Ada banyak sekali manfaat susu bagi kecantikan. Berikut saya lansir daru Style Craze ada sekitar 6 manfaat susu bagi kecantikan kulitmu.

- Menghilangkan mata panda: susu dingin sangat baik untuk menghilangkan mata panda bagi kamu yang suka begadang. Caranya cukup oleskan susu dingin secara merata keseluruh bagian area mata.

- Mencerahkan kulit secara alami: konsumsi susu secara rutin dapat membuat kulitmu ternutrisi secara sempurna dari dalam. Nutrisi inilah yang berkhasiat mempercepat regerenasi sel-sel kulit baru agar kulit cerah secara alami.

- Mencegah munculnya penuaan dini: kandungan antioksidan dalam susu sangatlah mujarab untuk menangkal radikal bebas penyebab kerutan, keriput, dan garis-garis yang merupakan tanda penuaan dini.

- Menenangkan kulit: kulit meradang, ruam, dan bahkan mengalami luka bisa kamu atasi dengan susu. Sebab susu mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membuat kulit lebih tenang.

- Melembabkan kulit secara alami: konsumsi susu secara rutin akan sangat baik untuk menjaga kelembaban kulitmu. Karena susu mengandung asam laktat yang sudah dipercaya oleh banyak ahli dapat mencegah kulit kering.

- Memutihkan kulit wajah dengan cepat: masker wajah alami dari susu apabila kamu gunakan secara rutin selama 1 bulan, sangatlah baik untuk membuat kulit nampak lebih putih dan bersih secara alami.

Nah setelah kita membahas mengenai manfaat susu bagi kecantikan, sekarang saya akan mencoba berbagi cara membuat masker wajah alami dari susu untuk mendapatkan semua manfaat tersebut.

Cara Mudah Membuat Masker Susu Untuk Merawat Kulit Secara Alami

Cara membuat masker wajah alami dari susu sebenarnya mudah kok, hanya saja yang perlu kamu perhatikan adalah campuran atau kombinasikan. Karena jika masker susu tidak kamu kombinasikan dengan bahan alami lain, maka hasilnya tidak akan menjadi maksimal.

1. Masker susu dan bengkoang

Pasti kamu sudah tahu apa saja manfaat masker bengkoang untuk kulit wajah. Yup masker ini berkhasiat untuk memutihkan kulit dengan cepat. Kombinasikan antara bengkoang dengan susu untuk mendapatkan kulit putih secara maksimal.

Cara membuat masker susu dan bengkuang:

- Pertama kalinya siapkan susu cair tawar secukupnya dan 1 buah bengkuang yang masih segar.

- Parut bengkuang sampai halus, lalu peras sampai menghasilkan air putih. Diamkan air tersebut semalaman sampai menghasilkan endapan. Nah endapan ini campurkan dengan susu tawar tadi secukupnya (jangan terlalu encer).

- Sebelum menggunakan bersihkan wajah kamu dengan sabun khusus muka, ini bertujuan agar kotoran pada pori tidak menghambat proses penyerapan.

- Setelah memastikan bersih, mulailah mengoleskan masker tersebut secara merata keseluruh bagian wajah. Lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Untuk membilasnya kamu dapat menggunakan air hangat sampai bersih.

2. Masker susu, yoghurt, dan madu

Susu, yoghurt, dan madu merupakan minuman-minuman yang cukup berkhasiat untuk kesehatan tubuh kita. Dengan berbagai kandungan nutrisi di dalam minuman-minuman tersebut, kulit kamu akan nampak lebih cerah dan sehat secara alami. Karena nutrisi seperti mineral alami dan vitamin akan membantu mempercepat regerenasi. (Baca: Manfaat madu dan cara membuat maskernya)

Cara mudah membuat masker susu, yoghurt, dan madu:

- Langkah pertama siapkan dulu susu, yoghurt, dan madu secukupnya saja. Lalu campurkan ketiga bahan tersebut menjadi satu.

- Sebelum mengoleskan, basuh wajah kamu dengan air hangat. hal ini bertujuan agar pori-pori kulit terbebas dari kotoran dan siap menyerap kandungan nutrisi dari masker tersebut.

- Apabila sudah bersih, oleskan masker wajah alami tadi secara merata. Diamkan sejenak selama kurang lebih 1 jam. Setelah terasa mengencang, bilas masker tersebut dengan air dingin.

3. Masker susu, kentang, dan putih telur

Inilah masker yang mampu membuat jerawat dan komedo kamu hilang. Putih telur mengandung senyawa protein dan mineral alami yang bersifat antibakterial, sifatnya inilah yang bisa membuat bakteri penyebab jerawat kabur. 

Sedangkan kentang merupakan bahan tradisional yang dapat mengontrol minyak penyebab komedo. Sehingga perpaduan antara kedua bahan tersebut akan sangat mujarab sekali. (Baca: Cara membuat masker kentang dengan mudah).

Cara membuat masker susu, putih telur, dan kentang:

- Terlebih dahulu siapkan 1 buah telur ayam/bebek, susu tawar secukupnya, dan 1 cangkir kecil halusan kentang.

- Campur antara kentang dan putih telur, lalu tuangkan susu sampai terbentuk semacam pasta atau krim.

- Gunakan masker wajah alami tersebut ketika kamu selesai mandi. Karena saat selesai mandi pori-pori lebih bersih dari kotoran.

- Caranya cukup oleskan masker tersebut secara merata keseluruh bagian permukaan kulit. lalu diamkan masker tersebut bekerja selama 30 menit.

- Terakhir silahkan bilas dengan menggunakan air hangat kemudian susul dengan air dingin sampai bersih.

4. Masker susu, oatmeals, madu, dan pepaya

Kulit kamu kering dan kusam? Atasi dengan menggunakan masker wajah alami yang satu ini. perpaduan antara susu, oatmeals, madu, dan pepaya sangatlah mujarab untuk menjaga kelembaban kulit kamu secara alami dan mengatasi kulit kering. (Baca: Manfaat pepaya dan cara membuat maskernya)

Cara mudah membuat masker susu, oatmeals, madu, dan pepaya:

- Pertama kalinnya siapkan oatmeals sebanyak 4 sendok makan, 3 sendok makan madu, 1 cangkir daging pepaya, dan susu tawar secukupnya.

- Campurkan semua bahan yang telah kita persiapkan tadi sampai merata. Kemudian ketika pagi hari, oleskan masker ini 30 menit setelah mandi.

- Agar hasilnya semakin maksimal berikan pijatan lembut secara melingkar pada bagian permukaan kulit wajah. Lalu akhiri dengan membilas air hangat sampai bersih.

5. Masker susu, tomat, dan lemon

Tidak perlu kamu membeli facial foam untuk membersihkan kulit wajah dari noda hitam, flek hitam, dan bekas jerawat. Cukup dengan gunakan masker alami wajah dari susu, tomat, dan lemon masalah kamu dapat teratasi. (Baca juga: Cara praktis membuat masker lemon)

Cara membuat masker susu, lemon, dan tomat:

- Kamu siapkan dulu 1 buah lemon segar,1 buah tomat, dan susu secukupnya.

- Haluskan tomat kemudian campur dengan air perasan lemon. Lalu masukan susu tawar secukupnya. Ingat! Jangan terlalu encer sebab nanti akan sulit diaplikasikan ke wajah.

- Setelah selesai membuat masker, oleskan masker tersebut secara merata keseluruh bagian permukaan wajah. Tepat pada bagian flek hitam beri pijatan lembut selama 5-10 menit.

- Diamkan masker bekerja selama 30 menit, lalu akhiri dengan membilas menggunakan air dingin sampai bersih.

Itulah beberapa cara membuat masker susu untuk merawat kulit wajah secara alami. Masker alami diatas sangat cocok untuk semua jenis kulitmu, mulai dari jenis kulit kering, normal, sampai dengan berminyak.

Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba...!




Share: