>

Cara Membuat Masker Lemon Untuk Wajah Jerawatan


Cara membuat masker lemon untuk kecantikan
Masker lemon sangat berkhasiat untuk kulit jerawatan


Cara Membuat Masker Lemon Untuk Wajah Jerawatan – Kamu pasti tahu apa itu buah lemon, buah yang memiliki rasa masam ini ternyata cukup baik untuk mengontrol minyak berlebih di area wajah kita. Dimana minyak berlebih inilah yang menjadi cikal bakal penyebab munculnya masalah jerawat.

Lemon memiliki sifat asam yang dapat mengontrol kadar minyak di area wajah, selain itu kandungan vitamin C-nya yang sangat tinggi dipercaya juga mampu mencegah efek buruk radikal bebas, khusunya radikal bebas sinar ultraviolet (UV).

Oleh sebab itu, bagi kamu yang memiliki masalah jerawat, komedo, dan minyak berlebih gunakan lemon untuk merawat kulit wajah secara alami. 
Namun untuk hasil perawatan yang maksimal, saya sarankan kamu mengombinasikan bahan alami tersebut dengan bahan lainnya.

Nah berikut ada beberapa cara membuat masker lemon untuk wajah berjerawat yang bisa Anda lakukan di rumah sendiri.

Cara Mudah Membuat Masker Lemon Untuk Merawat Kulit Wajah

Tidak bisa dipungkiri jerawat datang dengan tiba-tiba, terutama bagi kita yang masih berusia remaja seakan jerawat tidak ada habisnya, tetapi jangan takut gunakan saja beberapa kombinasi masker lemon berikut agar kulit kamu terbebas dari jerawat.

1. Masker lemon dan putih telur

Masker wajah alami yang pertama adalah lemon dengan putih telur. Protein dalam putih telur cukup tinggi, kandungan tersebut sangat baik untuk meningkatkan regerenasi sel-sel kulit baru dan mengangkat sel kulit mati penyebab flek hitam. Bahkan jika digunakan secara rutin, masker satu ini akan membuat kulit nampak kencang dan terbabas dari jerawat.

Cara membuat masker lemon dan putih telur:

- Langkah pertama siapkan 1 buah lemon segar dan 1 butir telur ayam kampung yang masih baru.

- Iris lemon tersebut menjadi 2 bagian dan peras dalam sebuah wadah. Campurkan perasan tersebut dari putih telur ayam tadi sampai merata. Agar tercampur mereta bisa kamu kocok bahan-bahan tersebut.

- Sebelum menggunakan masker ini, bersihkan wajah kamu dulu dengan air hangat agar pori-pori terbuka dan siap menyerap kandungan nutrisi dari masker tersebut.

- Apabila sudah bersih, sekarang mulailah mengoleskan masker alami ini keseluruh bagian wajah, jangan lupa pada bagian leher juga. Namun hindari bagian mata, sebab akan menyebabkan rasa perih.

- Setelah selesai, diamkan masker menempel di wajah selama 1 jam. Lalu akhiri dengan membilas masker tersebut menggunakan air dingin sampai bersih.

2. Masker lemon, tepung terigu, dan yoghurt

Resep cara membuat masker wajah alami kedua adalah perpaduan antara lemon, tepung terigu, dan yoghurt. Masker lemon yang satu ini tidak hanya berkhasiat untuk mengatasi jerawat saja, namun juga cukup mujarab untuk menghaluskan kulit, memutihkan kulit, dan bahkan mencegah penuaan-penuaan dini.

Cara mudah membuat masker lemon, tepung terigu, dan yoghurt:

- Pertama siapkan bahan-bahannya dahulu seperti 1 buah lemon segar, 4 sendok makan tepung terigu, dan 4 sendok makan yoghurt tawar (belum ditambahkan pemanis).

- Peras lemon tersebut dan kamu campur dengan bahan-bahan alami lainnya sampai merata. Usahakan adonan yang dibuat menjadi mirip dengan pasta, ini berguna agar nanti mudah ketika dioleskan.

- Bersihkan wajahmu dulu sebelum menggunakan masker satu ini. sebab keberadaan kotoran di pori akan menyumbat penyerapan nutrisi sampai ke lapisan kulit terdalam. Kamu bisa membersihkan dengan sabun khusus muka yang cocok seperti facial foam ataupun face tonic.

- Jika sudah bersih, sekarang gunakan ujung jari kamu untuk mengoleskan masker tersebut secara merata keseluruh bagian wajah. Namun hindari pada bagian bibir dan mata.

- Agar masker meresap dan bekerja secara optimal, diamkan selama kira-kira 1 jam. Apabila sudah terasa kaku dan mengencang ambil air hangat untuk membilas bersih masker tersebut.

3. Masker lemon dan ampas teh

Ini lho guys masker yang sangat baik untuk mengatasi jerawat di wajah. Ampas teh bertindak sebagai scrubing alami yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran di permukaan kulit. Sedangkan kandungan antibakterial pada lemon sangat berkhasiat untuk mengatasi kuman penyebab jerawat dan komedo.

Cara membuat masker lemon dan ampas teh:

-Terlebih dahulu kamu siapkan 1 buah lemon segar dan ampas teh secukupnya.

- Selanjutnya haluskan ampas teh tersebut dengan menggunakan blender, namun usahakan jangan sampai terlalu halus, sebab kita akan menggunakannya sebagai scrubing wajah.

- Campurkan halusan ampas teh tersebut dengan perasan buah lemon sampai merata. Kini masker siap digunakan.

- Gunakan masker wajah alami tersebut setelah kamu selesai mandi. Mengapa? Karena setelah selesai mandi kulit jauh lebih bersih dari kotoran dan siap menerima kandungan nutrisi dari masker tersebut.

- Jangan lupa ketika mengoleskan beri gosokan memutar secara lembut selama 5 menit, hal ini bertujuan agar mengangkat kotoran di permukaan kulit. Setelah itu agar meresap diamkan selama 1 jam.

- Apabila sudah terasa mengencang di kulit, ambil air hangat dan gunakan untuk membilas masker tersebut sampai bersih.

4. Masker lemon, madu, dan minyak zaitun

Madu dan minyak zaitun merupakan dua cairan yang cukup mujarab untuk kesehatan tubuh. Namun selain untuk menjaga kesehatan, kandungan nutrisi dalam bahan tradisional tersebut terbukti juga sangat efektif untuk merawat kulit secara alami.

Cara membuat masker lemon, madu, dan minyak zaitun:

- Pertama siapkan terlebih dahulu air perasan lemon secukupnya, 4 sendok makan madu, dan 4 sendok makan minyak zaitun.

- Campurkan semua bahan tersebut, lalu aduk-aduk sampai tercampur merata. Lalu masukan masker tersebut dalam lemari pendingin selama 15 menit.

- Setelah itu, keluarkan masker dari lemari pendingin dan oleskan secara merata keseluruh bagian wajah, kecuali bagian mata. Beri pijatan-pijatan lembut agar sirkulasi darah lancar dan kotoran terangkat.

- Diamkan masker wajah alami tersebut menempel selama 30-60 menit (agar meresap). Barulah setelah itu bersihkan masker tersebut dengan menggunakan air hangat.


5. Masker lemon dan tepung beras

Sebenarnya cara membuat masker wajah alami yang satu ini mirip dengan cara membuat masker beras yang kemarin saya sampaikan. Selain bermanfaat untuk mengontrol minyak dan mengatasi jerawat, masker satu ini juga cukup baik untuk memutihkan kulit secara alami.

Cara membuat masker lemon dan tepung beras:

- Siapkan 1 buah lemon segar dan tepung beras secukupnya (terserah mau merek apa).

- Kemudian peras lemon dan campur dengan tepung beras. Usahakan adonan yang kamu buat berbentuk seperti pasta atau krim.

- Oleskan masker tersebut ke area wajah yang sudah dalam keadaan bersih, caranya cukup gunakan ujung jari.

- Agar meresap secara sempurna, kamu perlu mendiamkan masker tersebut bekerja selama 30 menit.

- Terakhir bilas masker tersebut dengan menggunakan air hangat sampai bersih, serta keringkan dengan handuk lembut.

Catatan:

- Apabila jerawat pada wajah kamu cukup banyak, usahakan jangan menggosokan masker terlalu keras.
- Apabila terjadi iritasi peradangan silahkan hentikan pemakaian dan konsultasi ke dokter, biasanya efek samping ini terjadi pada kulit sensitiv.

Itulah beberapa cara membuat masker lemon untuk merawat kulit wajah berjerawat secara alami. Untuk hasil yang memuaskan gunakan masker diatas rutin setiap sehabis mandi, minimal 1x sehari saja. Dengan penggunaan selama 1 bulan saja wajah kamu sudah terbebas dari masalah jerawat, komedo, dan flek hitam. Buktikan !


Semoga bermanfaat dan selamat mencoba...!
Share: