>

Cara Membuat Masker Alami Wajah dan Rambut Cantik


Cara Membuat Masker Alami Wajah dan Rambut Cantik – Memiliki kecantikan kulit wajah dan rambut nampaknya merupakan impian sebagian besar para wanita. Mengingat dengan kulit yang cantik dan didukung dengan rambut sehat berkilau kita mampu tampil percaya diri di hadapan umum.

Untuk membuat kulit dan rambut agar lebih cantik sebagian kecil masyarakat masih mengandalkan perawatan salon kecantikan. Tahukah kamu sebenarnya perawatan kulit dan rambut secara alami itu sangatlah berkhasiat?

Ada banyak sekali bahan-bahan alami yang bisa kamu jadikan sebagai masker kulit ataupun rambut. Dengan cara pembuatan yang sangat mudah, kamu pun bisa melakukan perawatan kecantikan sendiri di rumah. 

Nah berikut saya bagikan beberapa cara membuat masker alami wajah dan rambut yang bisa kamu coba sendiri.

Cara Membuat Masker Wajah Alami Untuk Perawatan Kecantikan


Cara membuat masker alami wajah dengan mudah
Masker wajah alami sangat aman dan mudah digunakan


Dalam merawat wajah, kamu harus memperhatikan beberapa jenis kulit. Sebab jika perawatan tersebut tidak cocok dengan jenis kulit maka akan menyebabkan munculnya iritasi, alergi, dan bahkan penyakit kulit berbahaya. Ada 3 jenis kulit mulai dari jenis kulit kering, kulit normal, dan kulit berminyak.

1. Membuat masker wajah untuk kulit kering

Kulit kering sangat memerlukan banyak air, sebab kulit seperti ini memiliki kelembaban yang kurang. Biasanya kulit kering akan menyebabkan munculnya ruam, peradangan, dan bahkan bersisik. Gunakan kombinasi masker antara lidah buaya, madu, oatmeals, dan yoghurt agar kulit kamu tidak menjadi kering lagi.

Cara membuat masker wajah alami untuk kulit kering:

- Langkah pertama siapkan dulu lidah buaya, 3 sendok makan madu, oatmeals 4 sendok makan, dan yoghurt tawar secukupnya.

- Ambil lendir lidah buaya dan campur dengan madu sampai merata. Lalu campurkan lagi dengan oatmelas dan yoghurt sampai membentuk sebuah adonan pasta/krim.

- Sebelum kamu gunakan, bersihkan wajah dengan sabun khusus muka. Hal ini bertujuan agar kotoran nantinya tidak menghambat penyerapan kedalam lapisan sel-sel kulit wajah.

- Setelah bersih, barulah kamu oleskan secara merata keseluruh bagian wajah. Beri pijatan lembut selama 5-10 menit, kemudian diamkan masker sampai terasa cukup kaku.

- Selanjutnya bilas masker tersebut dengan menggunakan air dingin sampai bersih. Setelah ini kamu bisa menggunakan lotion pelembab wajah agar hasilnya semakin maksimal.

2. Membuat masker wajah untuk kulit berminyak

Bisa dikatakan kulit berminyak memiliki sifat yang berkebalikan dengan kulit kering. Kulit berminyak lebih rentan terkena jerawat, komedo, kotoran, pori-pori besar, dan lainnya. Namun kelebihan kulit berminyak adalah selalu lembab setiap saat.

Untuk kulit semacam ini kamu perlu masker wajah alami yang dapat meringkas pori dan mengurangi minyak berlebih tersebut. Bahan-bahan seperti lemon, jeruk nipis, putih telur, alpukat, dan madu bisa menjadi pilihan kamu.

Cara membuat masker wajah alami untuk kulit berminyak:

- Siapkan terlebih dahulu 4 sendok makan perasan lemon/jeruk nipis, 1 buah telur ayam/bebek. 1 cangkir daging buah alpukat, dan 3 sendok makan madu alami.

- Campurkan semua bahan tersebut sampai membentuk semacam adonan krim/pasta. Usahakan jangan terlalu encer agar nanti kita bisa mengaplikasikan ke wajah.

- Sebelum menggunakan, kamu wajib membersihkan wajah dengan sabun khusus muka dan air hangat (agar minyak tidak menghambat penyerapan dan pori terbuka).

- Selanjutnya mulailah mengoleskan masker tersebut secara merata keseluruh bagian wajah. Beri pijatan lembut secara memutar, terutama bagian hidung dan daerah T selama 5 menit.

- Agar masker bekerja secara maksimal, diamkan sampai kira-kira 45 menitan. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

3. Membuat masker wajah untuk kulit normal

Untuk kulit normal sebenarnya semua jenis masker wajah alami itu cocok. Sebab kulit normal jauh lebih kebal terhadap pengaruh lingkungan dari pada kulit kering dan berminyak. Saya ada resep masker yang ampuh agar kulitmu lebih mulus, kencang, dan putih. berikut resep masker wajah alami tersebut.

Cara membuat masker wajah alami untuk kulit normal:

- Kamu siapkan 1 buah bengkoang, 4 sendok makan madu, 2 sendok makan yoghurt, 2 sendok makan minyak zaitun, oatmeals, dan 2 sendok makan perasan lemon.

- Haluskan bengkoang, peras, kemudian endapkan selama semalam. Lalu campurkan endapan tersebut dengan madu, yoghurt tawar, minyak zaitun, dan perasan lemon sampai merata. Kemudian masukan oatmeals secukupnya sampai membentuk pasta/krim.

- Setelah kamu selesai mandi, oleskan masker tersebut secara merata keseluruh bagian wajah dan leher. Beri pijatan lembut agar sirkulasi darah lancar dan masker meresap optimal.

- Biarkan masker tersebut bekerja selama 1 jam. Apabila sudah terasa mengencang dan kaku di wajah, bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan air dingin setelahnya.

Cara Membuat Masker Rambut Alami Agar Lebih Sehat dan Berkilau

Cara membuat masker rambut alami dari alpukat
Cara menggunakan masker rambut dari alpukat

Rambut rontok, kusam, kering, bercabang, merah, dan lainnya merupakan masalah yang sering dihadapi oleh wanita. Namun kamu jangan khawatir, beberapa masker rambut alami ini akan membantumu mengatasinya dengan mudah tanpa biaya lebih.


1. Masker rambut alami dari pepaya dan telur

Pepaya merupakan buah yang mengandung serat dan senyawa papain cukup tinggi. Kandungan inilah yang sangat berkhasiat untuk mengatasi rambut kering, mencegah kerontokan, ketombe, dan bahkan melembabkan rambut. 
Dengan mengombinasikan bersama telur ayam/bebek yang kaya akan protein, rambut kamu juga akan tambah lebat dan hitam.

Cara membuat masker rambut alami dari pepaya dan telur:

- Langkah pertama siapkan 2-3 cangkir halusan daging buah pepaya, serta 1 buah telur ayam/bebek.

- Pecahkan telur kemudian campurkan dengan halusan daging pepaya. Usahakan adonan yang kamu buah agak sedikit encer (agar mudah diaplikasikan keseluruh rambut.

- Sebelum kamu gunakan, silahkan kramas dulu. Ini berguna agar kotoran di kulit kepala tidak menyebabkan penyerapan terganggu.

- Setelah bersih oleskan masker secara merata keseluruh bagian rambut. Pijat-pijat kulit kepala agar masker menyentuh bagian terdalam dari rambut kamu.

- Apabila sudah merata, diamkan masker tersebut meresap dan bekerja selama kurang lebih 1 jam. Selanjutnya bilas masker tersebut dengan menggunakan air hangat. Kamu pun juga bisa membilasnya dengan keramas lagi.


2. Masker rambut alami dari alpukat dan madu

Buah alpukat mengandung banyak sekali nutrisi di dalamnya, mulai dari vitamin, mineral alami, antioksidan, dan lain sebagainya. Begitupun dengan madu, kombinasikan kedua bahan alami ini agar rambut kamu semakin lebat dan ternutrisi secara sempurna.

Cara membuat masker rambut alami dari alpukat dan madu:

- Pertama siapkan 1 cangkir daging buah alpukat segar dan madu alami secukupnya.

- Lumatkan daging buah alpukat bersama dengan madu alami. Pastikan adonan yang kamu buat agak sedikit encer (mirip adonan shampo).

- Oleskan masker rambut alami tadi setelah kamu selesai mandi. Caranya cukup basuh keseluruh bagian rambut, lalu pijat secara lembut selama 10 menit.

- Setelah merata diamkan masker rambut tersebut bekerja selama kurang lebih 1 jam. Lalu akhiri dengan membilas menggunakan air dingin sampai bersih (kamu bisa keramas untuk membersihkannya).


Dengan penggunaan secara rutin minimal 1x sehari, kamu akan mendapatkan kulit dan rambut yang lebih cantik secara alami.

Itulah sajian informasi seputar cara membuat masker alami wajah dan rambut yang dapat saya sampaikan. Apabila kamu masih bingung silahkan tanya melalui kolom komentar. Ada kurang lebihnya saya mohon maaf.


Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba di rumah.

Catatan: selain masker alami diatas, temukan berbagai masker lainnya melalui website cantikitu.com ini. kamu bisa mencarinya melalui daftar isi atau sitemap di bawah. salam cantik. 

Share: