>

Tips Menghilangkan Stres Berat dan Solusinya


Cara mengatasi stres berat dan solusinya
Hindari menyendiri saat stres

Tips Menghilangkan Stres Berat dan Solusinya – Manusia hidup di dunia tidak akan pernah luput dari yang namanya masalah sob. Baik itu masalah yang bersifat umum ataupun masalah yang bersifat pribadi.

Terkadang masalah-masalah yang muncul di kehidupan kita tersebut menyebabkan munculnya kondisi stres dan bahkan depresi.

Stres merupakan sebuah kondisi ketidaknyaman seseorang yang diakibatkan karena menumpuknya pikiran. Bagaimanapun sebagai manusia yang penuh dengan masalah kita tidak akan bisa terlepas dari yang namanya stres.

Seseorang yang mengalami stres dapat dilihat melalui beberapa indikator tertentu. Diantara seperti labil dalam melakukan sesuatu, selalu tergesa-gesa dalam bertindak, dan masih banyak lagi.

Faktor Penyebab Stres Berat

Saat sekarang ini banyak sekali masyarakat yang kurang faham apabila otak yang mereka gunakan secara terus menerus juga akan memicu munculnya stres. Berikut simak beberapa penyebab stres pikiran yang harus Anda ketahui secara seksama.

1. Adanya masalah perekonomian

Tidak semua orang terlahir dengan perekonomian yang selalu berkecukupan. Terlebih hidup di negara Indonesia seperti ini yang notabenya mayoritas masyarakat masih di bawah garis kemiskinan.

Masalah perekonomian ini banyak sekali memicu munculnya stres di kalangan masyarakat Indonesia. sebagai contoh, sebagai seorang ibu yang berkewajiban melunasi SPP anaknya, tetapi dia tidak memiliki uang yang cukup. Nah dari sinilah muncul stres ketika ibu tersebut tidak bisa menemukan jalan keluarnya.

2. Kerja berlebihan

Kerja memang baik sekali untuk kehidupan manusia, tetapi alangkah lebih baiknya apabila sebagai manusia cerdas kita membatasi pekerjaan yang dilakukan. Sebab tanpa adanya batasan, berbagai macam gangguan kesehatan dan psikologis bisa muncul, salah satunya adalah kondisi stres.

Stres lebih beresiko menyerang bagi Anda yang sering bekerja lembur dan melebihi waktu 8 jam setiap harinya. Terlebih lagi apabila Anda dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam waktu yang sekejap.

3. Percintaan dan keluarga

Terlepas dari masalah ekonomi dan pekerjaan, Anda tidak akan mungkin bisa terlepas dari masalah cinta dan keluarga. Adanya keluarga pasti berasal dari cinta.

Namun seiring dengan perkembangannya, masalah-masalah kecil akan muncul dalam keluarga tersebut. Jika masalah tersebut tidak diatasi segera dan menyebabkan kedua belah pihak saling egois, maka perpecahan pasangan tersebut tidak bisa terelakan lagi.

Dari masalah-masalah cinta dan keluarga inilah Anda bisa mengalami yang namanya stres. Bahkan apabila masalah keluarga tersebut besar seperti selingkuh, bisa jadi Anda akan mengalami gangguan jiwa (gila).

Cara Menghilangkan Stres Pikiran Akibat Masalah Berat

Cara atasi stres terbaik
Wisata bersama keluarga cara atasi stres terbaik

Stres jika dibiarkan akan sangat berbahaya sekali, sebab menurut beberapa ahli psikolog kondisi stres yang berkepanjangan akan menyebabkan seseorang mengalami gangguan jiwa. Bahkan berbagai gangguan kesehatan pun juga akan muncul akibat stres berat tersebut.

Nah bagi Anda yang memiliki masalah-masalah yang belum terselesaikan atau belum menemui jalan keluar, silahkan simak dan praktekan beberapa cara menghilangkan stres berat berikut ini.

1. Bernafaslah dalam-dalam

Menarik nafas dalam-dalam memang merupakan kegiatan yang sepele, tetapi dibalik itu manfaatnya sangat besar bagi kondisi stres Anda. Menurut beberapa pakar psikolog, stres akan berkurang apabila kita menarik nafas secara lembut dan dalam beberapa menit.

Manfaat tersebut juga telah dibuktikan secara medis, dimana ketika seseorang menarik nafas dalam-dalam, hormon endorfin (hormon rileksasi) dapat bertambah secara optimal. Dengan demikian akan menciptakan rasa senang dan tenang.

Saya sarankan Anda untuk melakukan olahraga yoga sambil menarik napas dalam-dalam. Olahraga yoga tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi olahraga tersebut juga cukup baik untuk peregangan saraf-saraf pusat yang mengalami penegangan akibat stres.

2. Dengarkan musik santai

Cara mengatasi stres berat selanjutnya adalah dengan mendengarkan musik. Beberapa ahli berpendapat bahwa dengan mendengarkan musik, maka saraf-saraf dalam tubuh kita akan mengalami rileksasi secara optimal. bahkan jika musik yang didengarkanb tepat, akan menyebabkan kita menjadi lebih bahagia dan senang.

Kalau saat stres biasanya saya mendengarkan musik-musik yang menyenangkan hati, seperti musik dangdut dan reggae. Akan tetapi semua itu kembali kepada Anda masing-masing, silahkan pilih genre musik yang menurut Anda mampu memberikan rasa tenang.

3. Berfikir positif

Positive thinking sangatlah baik untuk menghilangkan stres berat yang sedang Anda alami. Memang kehidupan yang ada di dunia ini tidak pasti, terutama tidak pasti dalam masalah rejeki dan percintaan.

Akan tetapi cobalah sedikit buka pikiran Anda untuk terus berfikir hal-hal yang positif. Seperti selalu berfikit tuhan akan memberikan hal terbaik di esok hari, berfikir Anda bisa sukses di kemudian hari, dan masih banyak lagi.

Apabila ada seseorang yang berbicara mengenai sesuatu di belakang Anda, anggap saja mereka sedang menganggumi Anda dari belakang. Dengan demikian, pikiran akan semakin tenang dan stres hilang.

4. Tertawa dan beteriak lepas

Rasa bahagia salah satunya ditunjukan dari tertawa, tentunya tertawa yang wajar dan ada sebabnya. Untuk menciptakan tawa, Anda bisa melihat-lihat video kocak di Youtube ataupun menonton gambar-gambar meme yang lucu.

Kalau saya sih lebih sukanya nonton video-video yang bersifat komedi, seperti funny video, Stand Up Comedy, dan masih banyak lagi.

Memang cukup sulit untuk tertawa disaat masalah sedang menyelubungi seluruh pikiran kita. Apabila Anda sulit tertawa, Anda masih bisa menghilangkan stres berat dengan berteriak.

Akan tetapi pastikan terlebih dahulu tempat berteriak yang Anda gunakan jauh dari penduduk, misalnya di pantai, perkebunan yang luas, tebing tinggi, dan masih banyak lagi. Sebab jika Anda berteriak di kawasan perkampungan, takutnya dikira Anda sedang berteriak minta tolong.

5. Lakukan refresing otak

Ibarat sebuah komputer, tanpa adanya fitur refresh otak maka akan terasa cukup berat ketika kita gunakan untuk berfikir. Akibatnya, stres menjadi muncul. Oleh sebab itu, lakukan aktivitas-aktivitas yang mampu me-refresh otak Anda.

Anda bisa melakukan wisata bersama dengan keluarga tercinta atau sang kekasih ke tempat-tempat yang indah dan berudara sejuk. Di tempat wisata tersebut cobalah untuk melepaskan sejenak semua masalah yang sedang Anda hadapi, dijamin rasa stres akan hilang.

Bahkan menariknya lagi, beberapa orang juga mengaku setelah berkunjung ke sebuah tempat wisata, mereka mendapatkan sebuah solusi bagi permasalahan yang sedang dihadapinya.

6. Tuntaskan masalah sekarang juga !

Setelah Anda melakukan beberapa tips menghilangkan stres berat diatas, namun tidak kunjung hilang maka saat itu juga Anda harus menyelesaikan masalah tersebut walau bagaimanapun caranya.

Masalah tidak akan mungkin bisa selesai apabila tidak kita hadapi. Ingat sebagai manusia kita diharuskan untuk selalu “siap menghadapi masalah”. Oleh karenya, selesaikan masalahmu sekarang juga.

Misalnya jika masalah tersebut adalah pekerjaan, silahkan mulailah untuk menyelesaikan masalah tersebut meskipun hanya sedikit-sedikit. Sebab dengan menunda penyelesaikan masalah tersebut, maka pekerjaan Anda akan semakin menumpuk dan menyebabkan rasa malas untuk menyelesaikannya.

Itulah beberapa tips menghilangkan stres pikiran akibat masalah yang bera untuk diselesaikan. Saran saya, hindari mengatasi stres dengan cara mabuk-mabukan ataupun konsumsi narkoba. Sebab cara tersebut sebenarnya tidak akan menyelesaikan masalah Anda, tetapi malah membuatnya semakin bertambah.

Semoga bermanfaat sob...!


Share: