>

Penyebab Keputihan dan Cara Mencegahnya Dengan Mudah



Cara mencegah keputihan secara alami
Penyakit keputihan


Penyebab Keputihan dan Cara Mencegahnya Dengan Mudah – Apakah miss V Anda sering mengeluarkan lendir, gatal-gatal, dan bahkan bau? Hati-hati bisa jadi itu merupakan gejala penyakit keputihan.

Sebenarnya penyakit keputihan sangat wajar diderita oleh seorang wanita, terutama wanita yang baru saja mengalami kehamilan. Akan tetapi jika penyakit keputihan tersebut dibiarkan, bisa jadi Anda akan mengalami kemandulan dan bahkan kehamilan ektopik (hamil luar kandungan).

Dalam dunia kedokteran, flour albus atau keputihan ini dapat disebabkan karena adanya infeksi virus pada bagian miss V. Ada virus yang bersifat patologis dan fisiologis. Kedua sifatnya inilah yang menjadikan para ahli membagi jenis keputihan menjadi 2 macam.

Jenis-Jenis Penyakit Keputihan

Jenis keputihan fisiologis dan patologis sangatlah berbeda, Anda pun bisa mengidentifikasi jenis keputihan tersebut melalui ciri-cirinya.

keputihan abnormal dan normal
Jenis penyakit keputihan

1. Keputihan fisiologis

Jenis keputihan fisiologis muncul ketika seorang wanita memasuki masa subur mereka, terutama sebelum dan sesudah masa menstruasi. Biasanya memasuki masa tersebut, seorang wanita akan mendapati miss V mereka keluar lendir yang berlebihan, tetapi hal tersebut sangatlah wajar dan tidak berbahaya sama sekali.

Selain itu apabila keputihan ini keluar saat hamil, Anda tidak perlu khawatir. Sebab keputihan fisiologis tidak akan menyebabkan adanya gangguan pada janin.  Dengan kata lain jenis keputihan fisiologis adalah jenis keputihan normal.

Keputihan fisiologis atau jenis keputihan normal memiliki ciri-ciri:
-Cairan keputihan yang keluar encer
-Cairan keluar berwarna krem dan bening
-Cairan yang keluar tidak menyebabkan bau
-Cairan tidak menyebabkan rasa gatal
-Jumlah cairan yang keluar terbilang cukup minim atau sedikit.

2. Keputihan patologis

Keputihan jenis patologis sering disebut juga dengan keputihan abnormal atau tidak normal. Keputihan satu ini digolongkan kedalam jenis penyakit berbahaya dan harus segera diatasi jika Anda sudah mengetahui ciri-cirinya.

Sebab apabila keputihan abnormal ini tidak segera diatasi, maka akan menyebabkan munculnya berbagai macam gangguan pada organ kewanitaan Anda. Bahkan beberapa ahli berpendapat bahwa keputihan patologis mempu menyebabkan bayi lahir cacat.

Adapun ciri-ciri keputihan abnormal antara lain seperti:
-Cairan yang keluar bersifat cukup kental
-Cairan yang keluar berwarna putih (susu), terkadang berwarna kuning sampai hijau bila sudah parah.
-Keputian abnormal menyebabkan rasa gatal pada bagian miss V
-Cairan yang keluar memiliki bau tak sedap
-Jumlah cairan yang keluar cukup banyak
-Cairan tersebut akan menyebabkan adanya bercak pada bagian celana

Penyebab Penyakit Keputihan Pada Wanita

Munculnya keputihan tidak semata-mata tanpa sebuah alasan, tetapi penyakit satu ini muncul juga disebabkan karena beberapa faktor antara lain.

1. Faktor kebersihan: bagian miss V yang sering kotor, akan sangat beresiko terkena jamur yang mana pada akhirnya akan menyebabkan munculnya keputihan, bahkan jika tidak dibersihkan kanker serviks bisa muncul.

2. Kelembaban: faktor kelembaban sangat erat kaitannya dengan perkembangbiakan virus yang ada pada bagian miss V. Sebab jika organ kewanitaan tidak dijaga kelembabannya dengan baik, akan menyebabkan mudahnya jamur dan virus berkembangbiak di dalamnya.

3. Stres: kondisi tertekan akibat banyaknya pikiran secara otomatis akan menyebabkan gangguan sistem hormon tubuh, nah dari gangguan inilah keputihan secara tidak langsung akan muncul.

4. Penggunaan obat-obatan: obat antibiotik dan KB (keluarga berencana) sering dikaitkan dengan munculnya penyakit keputihan oleh banyak ahli, karena obat-obatan tersebut sangatlah mempengaruhi kinerja hormon di dalam tubuh.

5. Jamur, parasit, bakteri, dan virus: inilah penyebab keputihan yang paling besar. munculnya jamur, parasit, bakteri, dan virus yang menyarang pada bagian miss V akan meningkatkan resiko Anda terkena keputihan abnormal atau patologis.

-Jamur monillia atau candidas - jamur satu ini bercirikan warna putih, menyebabkan gatal, dan berbau kurang sedap. Jika dibiarkan, maka jamur tersebut akan berkembangbiak dengan pesat dalam miss  V Anda.

-Parasit trichomonas vaginalis – dapat ditularkan melalui hubungan seks secara bebas, bibir kroslet, dan perlengkapan mandi. Serta memiliki ciri berbau anyir, warna kuning kehijauan, kental, berbuih, dan tidak menyebabkan rasa gatal. Akan tetapi keputihan akibat parasit ini menyebabkan miss V terasa sakit.

-Bakteri gardnella – keputihan akibat dari bakteri menyebabkan rasa gatal, berwarna keabuan, berbuih, dan sedikit encer. Terkadang rasa gatal yang diakibatkan oleh bakteri satu ini akan sangat menganggu sekali.

-Virus – penyebab keputihan virus sangatlah berbahaya sekali, sebab jika tidak diatasi akan menyebakan kanker serviks. Adapun jenis virus yang menjadi penyebab keputihan antara lain seperti virus HIV/AIDS, virus herpes, virus condyloma. Hal ini ditandai dengan munculnya kutil, peradangan, luka pada bagian miss V, dan berbau sangat tidak sedap.

Cara Mencegah Keputihan Pada Wanita Dengan Mudah

Pencegahan keputihan abnormal
Hindari celana ketat
Tidak perlu takut terkena keputihan, sebab Anda masih bisa melakukan langkah penncegahan penyakit keputihan tersebut. baik keputihan abnormal ataupun keputihan normal. cara mencegah penyakit keputihan yang bisa Anda lakukan antara lain.

1. Menjaga kebersihan miss V

Menjaga kebersihan sangatlah penting dalam pencegahan penyakit keputihan. Bersihkan selalu organ miss V Anda setiap kali mandi. Saya sarankan membersihkan bagian kewanitaan tersebut dengan menggunakan sabun pembersih yang terbuat dari susu.

Pembersih yang terbuat dari produk susu jauh lebih lembut dan mampu menjaga pH Anda, dari pada menggunakan sabun antiseptik. Sebab sabun antiseptik dapat menyebabkan miss V Anda mengalami peradangan, bahkan bisa mengakibatkan luka.

2. Hindari penggunaan bedak

Banyak sekali wanita yang menggunakan bedak pada bagian miss V, dengan tujuan agar lebih kering. Apabila Anda salah satu dari mereka, mulai sekarang jangan lakukan.

Sebab penggunaan bedak akan menyebabkan miss V sulit dibersihkan, terutama jika bubuk bedak berupa butiran kecil tersebut masuk kedalam sela-sela miss V Anda. Sehingga bedak tersebut akan menyebabkan munculnya jamur dan parasit pada bagian organ kewanitaan.

3. Keringkan miss V setelah mandi

Memang menjaga miss V tetap kering sangatlah baik untuk mencegah keputihan, tetapi jangan gunakan bedak untuk menjaga miss V tetap kering. Anda dapat menggantinya dengan selalu mengeringkan miss V setelah mandi.

Caranya cukup mudah sekali, pertama ambil air sedikit saja kemudian cebok bagian miss V Anda secara perlahan-lahan. Lalu akhiri mengeringkan air tersebut dengan menggunakan handuk lembut.
4. Gunakan celana berpori (tidak ketat)
Celana luar usahakan jangan terlalu ketat, sebab jika celana luar yang Anda gunakan terlalu ketat akan menyebabkan miss V tidak bisa bernapas. Pilihkan celana luar yang berbahan lembut dan melar.
Sedangkan untuk celana dalam, silahkan pilih celana yang melar dan mudah meyerap keringat. seperti dari bahan katun. Dengan demikian, sirkulasi udara pada bagian miss V jauh lebih baik, dan bahkan kelembaban dapat terjaga dengan baik.
5. Saat menstruasi sering ganti pembalut
Cara mengecah keputihan selanjutnya adalah dengan sering mengganti pembalut. Pembalut yang jarang diganti akan menimbulkan munculnya kuman, bakteri, virus, dan parasit. Terlebih lagi jika pembalut tersebut Anda kenakan saat menstruasi.
Oleh sebab itu, saat memasuki masa menstruasi lebih baik Anda secara rutin mengganti pembalut. Bisa sehari 1x atau bahkan lebih, tergantung dari kebersihan pembalut tersebut.
6. Hindari stress
Stress merupakan kondisi tertekan akibat banyaknya pikiran atau masalah yang sedang kita hadapi. Kondisi stres sangatlah buruk dalam segala aspek kesehatan, yang salah satunya dapat menyebabkan penyakit keputihan.
Apabila Anda ingin mencegah keputihan, maka silahkan untuk menghindari stres. Anda bisa meluangkan waktu untuk berlibur bersama keluarga, curhat, dan lain sebagainya.
7. Penuhi istirahat tidur secara optimal
Banyak sekali wanita yang tidak memperhatikan waktu tidur mereka secara rutin, akibatnya mereka lebih mudah terserang keputihan. Ada baiknya Anda tidur sehari minimal 6-8 jam, lebih banyak itu lebih baik.
Selain bermanfaat untuk mencegah keputihan, tidur juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. jika susah tidur Anda dapat membaca: Cara mengatasi susah tidur hanya 5 menit yang telah saya sampaikan sebelumnya.

8. Kurangi kegiatan fisik berlebih

Cara mencegah keputihan yang terakhir adalah dengan mengurangi kegiatan fisik. Memang kegiatan fisik sangatlah baik untuk kesehatan tubuh, akan tetapi jika kegiatan tersebut berlebihan juga tidaklah baik.

Bagi Anda yang ingin mencegah keputihan, saya sangat menyarankan untuk menghindari kegiatan fisik secara berlebihan. Sebab aktivitas fisik berlebih akan mengakibatkan gangguan hormon tubuh.

Selain itu bersihkan tubuh dari keringat setelah melakukan aktivitas fisik berlebih tersebut, terutama pada bagian organ kewanitaan Anda.

Itulah sajian informasi singkat seputar penyebab keputihan dan cara mengecah keputihan dengan mudah. Hindari penyebab keputihan diatas dan lakukan langkah pencegahan keputihan sekarang juga secara rutin, karena tanpa Anda terapkan secara rutin, Anda tidak akan mendapatkan hasil secara maksimal.

Semoga dapat bermanfaat guys... !



Share: