>

Cara Merawat Rambut Smoothing Terbukti Tahan Lama

Cara merawat rambut smoothingan
Rambut smoothing berkilau alami

Cara Merawat Rambut Smoothing Terbukti Tahan Lama – Sexy, cantik, dan elegan mungkin itu yang bisa saya katakan untuk menggambarkan seorang wanita yang berambut hasil smoothing. Pasalnya seorang wanita yang berambut lurus akan terlihat menarik dari pada wanita yang berambut membelak-belok.

Namun rambut hasil smoothing tidak akan tahan lama manakala tidak Anda rawat dengan baik dan benar. Oleh sebab itu penting kiranya perawatan rambut smoothing yang tepat. Ada banyak sekali sebenarnya cara merawat rambut setelah di smoothing. Berikut kami bagikan beberapa diantaranya.

Cara Merawat Rambut Setelah Smoothing Dengan Mudah

Mungkin banyak sekali masyarakat kita yang rela membuang uangnya untuk melakukan perawatan smoothingan, padahal sebenarnya tanpa Anda menggunakan jasa para ahli tersebut, Anda bisa melakukan perawatan rambut lurus tersebut.

1. Hindari keramas setelah smoothing

Keramas memang merupakan aktivitas pembersihan rambut yang cukup efektif, bahkan keramas harus kita lakukan setiap harinya. namun tunggu dulu jangan buru-buru keramas, setelah rambut di smoothing tunggulah beberapa hari dulu untuk tidak keramas.

Tidak keramas setelah smoothing bertujuan agar obat pelurus rambut yang kita gunakan lebih meresap kedalam rambut. ada dua pilihan, kalian dapat menunggu selama 3 hari, atau menunggu selama 7 hari. Namun untuk saran saya sih menunggu 7 hari, karena semakin lebih ideal untuk penyerapan obat pelurus rambut tersebut.

Nah barulah setelah 7 hari sobat dapat melakukan keramas.

2. Gunakan masker rambut rutin

Pernahkan Anda menggunakan hair mask? Jika belum pernah, mulai sekarang gunakan secara rutin. Sama halnya dengan masker wajah, masker rambut juga berguna untuk menutrisi kulit kepala kita secara lebih maksimal.

Ada banyak sekali bahan alami yang bisa Anda buat menjadi masker rambut, diantaranya lidah buaya, lemon, minyak zaitun, dan masih banyak lagi. Caranya cukup dengan mengoleskan beberapa bahan alami tersebut ke kulit kepala secara rutin dan tunggu 30 menit kemudian bilas.

Kapan waktu tepat untuk menggunakan masker rambut? waktu tepat untuk menggunakan masker rambut adalah ketika setelah keramas atau mandi. Biasakan menggunakan masker rambut secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu.

3. Hindari hairdryer, cukup diamkan kering

Sebagian besar wanita pemilik rambut smoothing pastinya berfikir penggunaan hairdryer akan mempermudah mereka dalam meluruskan dan mengeringkan rambut, memang benar hal tersebut.
Tetapi perlu dicatat, penggunaan hairdryer secara berlebihan dapat menyebabkan kelembaban rambut hilang, akibatnya rambut menjadi kering dan kusam.

Jika dilogika, hairdryer yang bersifat panas akan berpotensi mencuri kelembaban air pada bagian rambut. oleh sebab itu, hindarilah alat pengering rambut tersebut, saran saya ya keringkan secara alami saja. seperti membiarkan rambut terkena angin sepoi-sepoi dll.

4. Melakukan trim pada bagian rambut

Terkadang hasil rambut smoothing sangatlah beresiko menyebabkan munculnya rambut bercabang, terutama pada bagian ujung. Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan pemotongan atau trim pada bagian ujung rambut tersebut

Namun jika cabang pada rambut sudah banyak, silahkan kunjungi artikel tentang cara mengatasi rambut bercabang yang telah saya share sebelumnya.


5. Gunakan sisir yang tidak terlalu rapat

Sisir yang terlalu rapat dapat menyebabkan rambut menjadi mudah rontok, meskipun sebenarnya rambut smoothing itu sangat mudah sekali disisir, terutama hasil rambut smoothing pertama kalinya.
Maka dari itu, pilihlah sisir yang agak renggang terlebih dahulu. 

Selain itu, sisir berbahan dari kayu juga sangat saya rekomendasikan pada Anda, karena sisir dari kayu tidak akan menimbulkan listrik statis seperti pada sisir berbahan plastik, sehingga lebih baik untuk smoothingan.

Jangan lupa pula, ketika menyisir rambut lakukan dengan pelan-pelan saja. karena rambut smoothing 5x lebih beresiko terkena kerusakan akibat penyisiran yang terlalu kasar. Terlebih jika rambut tersebut hasil smoothingan sendiri secara alami

6. Jangan gunakan catok terlalu sering

Wanita yang ingin rambutnya nampak lebih lurus lagi, pastinya mereka akan melakukan pencatokan rambut. apakah Anda salah satunya?

Memang mencatok dapat membuat rambut menjadi lebih lurus dan tertata dengan rapi, akan tetapi perlu diperhatikan beberapa efek buruk pencatokan rambut terlalu sering berikut:

- Menyebabkan rambut kering dan kusam

- Minyak pada rambut relatif berkurang drastis

- Dapat menyebabkan rambut bercabang

Jika memang Anda ingin melakukan pencatokan, maka saran kami adalah dengan menggunakan pelembab rambut terlebih dahulu. dengan demikian, kering dan kusam tidak akan terjadi pada rambut.

7. Jangan mengucir atau mengikat rambut

Nah ini yang harus diperhatikan oleh setiap wanita yang memiliki rambut smoothing. Ketika mengucir, rambut smoothing sangat rentan sekali mengalami yang namanya kerusakan, bahkan resiko rambut smoothing rusak setelah mengucir sebesar 80 %, terlebih 
jika mengucir dalam waktu yang lama.

Maka dari itu mulai sekarang hindarilah mengucir atau mengikat rambut, jika pun Anda ingin meringkas rambut panjang, silahkan menggunakan bantuan bando pada bagian kepala.

8. Lakukan creambath dan spa rambut rutin

Sama halnya dengan tubuh, rambutpun juga harus mendapatkan perawatan yang baik dan asupan nutrisi yang pas, dengan melakukan creambath dan spa rambut, maka Anda bisa mendapatkan keduannya.

Tidak perlu melakukan creambath atau spa yang mahal, cukup dengan perawatan harga standar saja sudah baik untuk merawat dan menutrisi rambut indah Anda.

Tetapi pastikan setiap 2 Minggu sekali, Anda melakukan creambath dan spa minimal 1 kali.

9. Tinggalkan cat rambut

Rambut smoothing dicat? Itu mah wajar atuh, mungkin malah Anda juga salah satu yang melakukan pengecatan tersebut. Dengan sedikit memberi warna pada rambut hasil smoothing, maka akan terlihat lebih indah.

Akan tetapi perlu diperhatikan, penggunaan cat rambut sebenarnya sangat buruk untuk kesehatan rambut Anda. Mengingat pada dasarnya cat rambut yang kita gunakan berasal dari bahan-bahan kimia.

Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda yang ingin merawat rambut smoothing tetap awet, silahkan tinggalkan cat rambut mulai dari sekarang juga.

10. Gunakan sarung bantal berbahan satin

Apakah ketika bangun rambut Anda seperti singa? Rambut mengembang saat bangun tidur sangatlah wajar, karena ketika kita tidur secara tidak sadar rambut mengalami berbagai gesekan, terutama dengan bantal yang kita gunakan.


Seperti yang telah diungkapkan oleh para ahli rambut, dengan mengganti sarung bantal dengan kain berbahan satin, maka akan sangat baik untuk mengurangi efek kusut dan mengembang pada rambut. dengan demikian, ketika Anda bangun rambut tidak akan berantakan lagi.

Lho kok banyak banget tipsnya? Tenang sekilas membaca saja memang tips merawat rambut setelah di smoothing diatas cukup rumit, namun jika Anda terapkan langsung, semua tidak akan terasa begitu banyak, terlebih jika dilakukan senang hati.

Itulah beberapa cara merawat rambut smoothing agar tetap tahan lama lurusnya. Silahkan Anda terapkan beberapa tips diatas secara rutin setiap harinya.

Selain menerapkan tips diatas, Anda juga harus menjaga kesehatan tubuh agar metabolisme semakin terjaga. Karena jika tubuh sehat, secara otomatis rambut juga akan menjadi sehat. Semoga bermanfaat bagi Anda, salam.





Share: