>

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Efektif dan Ampuh

Cara mengatasi kulit kering alami
Kulit wanita kering

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Efektif dan Ampuh – Kulit kering dapat diderita oleh siapa saja, mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Dengan adanya kulit kering, tentunya secara otomatis penampilan kita akan menjadi buruk bukan? oleh sebab itu kulit kering haruslah segera diatasi sekarang juga.

Akan tetapi tunggu dulu, sebelum merawat kulit kering alangkah baiknya apabila Anda mengetahui beberapa penyebab munculnya kulit kering. Karena dengan mengetahui penyebab tersebut, nantinya Anda bisa mencegah kulit kering muncul kembali. Apa saja penyebabnya? Berikut informasi selengkapnya.


Penyebab Kulit Wajah Kering dan Kusam

Menurut pengalaman saya sendiri, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kulit itu menjadi kering.

1. Kurang minum air

Coba deh kita logika, tubuh manusia pasalnya tersusun 80 % lebih dari air. adanya air sangatlah berpengaruh terhadap tubuh, salah satunya berpengaruh pada bagian kulit. konsumsi air yang kurang sangatlah buruk untuk kulit Anda, karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

2. Merokok terlalu brutal

Merokok memang selera para lelaki, namun merokok dalam intensitas besar setiap harinya akan sangat buruk bagi kesehatan tubuh. telah diungkapkan dalam beberapa penelitian, asap rokok ternyata selain buruk bagi kesehatan juga sangat tidak baik untuk kulit, karena asap rokok itu dapat membuat kulit kering.

3. Kurang olahraga [paling berpengaruh]

Olahraga secara tidak langsung dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat, tentunya semua orang pasti tahu akan hal tersebut, namun tahukah Anda manfaat olahraga bagi kulit? ternyata olahraga secara rutin akan membuat keringat menjadi keluar dan melembabkan pada bagian kulit.

4. Sering berada di tempat dingin

Sebagian besar dari kita mungkin berfikir, bahwa dengan berada di tempat panas tubuh akan menjadi dingin, hayo pasti Anda juga kan?
Sebenarnya sebaliknya, ketika kita berada di lingkungan panas, justru tubuh menstimulan keluarnya keringat dari kulit sebagai pendingin. Sedangkan saat berada di ruangan yang dingin seperti AC, inilah yang dapat menyebabkan munculnya kulit kering dan bahkan pecah-pecah.

5. Begadang

Seperti yang telah diungkapkan bang Haji Rhoma Irama. “Begadang jangan bedagang”. Ternyata begadang sangat tidak baik untuk kesehatan kulit, salah satunya dapat menyebabkan munculnya kulit kering dan kusam. Terutama jika semalaman suntuk Anda tidak tidur.

6. Penumpukan sel kulit mati

Adanya sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah juga bisa menjadi penyebab munculnya kulit kering dan kusam tersebut. khusunya bagi Anda yang jarang membersihkan wajah, penumpukan sel kulit mati sangatlah besar sekali pada bagian wajah.

7. Terlalu banyak konsumsi makanan berlemak

Penyebab kulit kering yang terakhir adalah terlalu banyak konsumsi makanan berlemak, siapa sih yang tidak mengenal dampak negatif dari makanan berlemak?

Selain dapat menyebabkan munculnya obesitas/kegemukan, makanan berlemak juga dapat mencuri kelembaban kulit secara alami. bahkan jika dikonsumsi dapat menyebabkan munculnya jerawat.


Bagaimana, sekarang sudah tahu apa saja penyebab kulit kering? Nah untuk mencegahnya hindarilah beberapa penyebab diatas sebisa mungkin, jika tidak bisa ya di bisa-bisakan.

Namun bagi Anda yang sudah terlanjur mengalami kulit kering, silahkan terapkan beberapa tips untu mengatasinya berikut ini.


Tips Merawat Kulit Wajah Kering Alami


1. Kenali dulu penyebab kulit kering

Langkah pertama dan yang paling wajib Anda ketahui adalah penyebab kulit kering. Silahkan cocokan beberapa hal diatas dengan penyebab kulit kering, hal ini bertujuan agar nantinya ketika perawatan akan semakin maksimal.

Misalnya jika kulit kering disebabkan karena kurangnya olahraga, maka Anda mulai sekarang dapat mencanangkan olahraga secara rutin disertai beberapa perawatan kulit kering alami.

Dengan demikian, kulit kering dapat kita atasi secara maksimal, iya kan?

2. Gunakan lemon

Nampaknya buah yang satu ini sudah tidak asing lagi kita dengar dan lidah pada beberapa perawatan kulit secara alami, selain kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi, lemon juga memiliki kandungan yang bersifat sebagai pengunci kelembaban secara alami.

Cara menggunakan lemon:

- Pertama kalinya siapkan buah lemon 1 saja. belah menjadi 2 dan peras dalam sebuah wadah.

- Gunakan perasan air lemon tersebut sebagai masker wajah, pastikan seluruh bagian wajah terolesi semuanya.

- Diamkan sampai mengering dan bilas dengan menggunakan air bersih.

Selain bermanfaat untuk merawat kulit kering, kandungan vitamin C pada lemon tersebut juga bermanfaat sebagai antioksidan, dimana antioksidan ini berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh secara maksimal.


3. Atasi dengan lidah buaya

Mungkin banyak diantara kita yang mengenal lidah buaya merupakan herbal berkhasiat yang berguan untuk merawat rambut, memang tanaman berjuluk aloe vera ini baik untuk rambut, tetapi dibalik itu lidah buaya juga dapat Anda gunakan untuk merawat kulit kering secara alami.


Cara menggunakan:

- Siapkan satu helai daun lidah buaya yang masih segar, kemudian belah dan ambil lendir atau gel yang ada di dalamnya.

- Langsung saja oleskan lendir tersebut secara merata pada bagian wajah yang kering.

- Diamkan sejenak sekitar 1 jam kemudian bilas dengan air dingin sampai bersih sempurna.

4. Gunakan minyak zaitun + wortel

Yuk lanjutkan, pada bagian keempat kita bisa menggunakan kombinasi bahan alami antara minyak zaitun dengan wortel. Kita bahas kandungannya satu persatu, untuk zaitun merupakan minyak yang mengandung antioksidan cukup tinggi, kandungan antioksidan itulah yang bermanfaat mencegah radikal bebas penyebab penuaan pada kulit kering.

Sedangkan untuk wortel sendiri seperti kita ketahui bersama mengandung vitamin A yang cukup besar, selain bermanfaat untuk merawat kesehatan mata. Kandungan vitamin A tersebut juga dapat membantu pengelupasan sel kulit mati secara maksimal. Dengan demikian perpaduan antara kedua bahan tersebut akan semakin mujarab.


Cara menggunakan:

- Ambil minyak zaitun sekitar 3 sendok makan, kemudian campurkan dengan halusan 2 buah wortel. Aduk-aduk sampai merata sempurna.

- Lalu oleskan saja campuran tersebut pada bagian wajah sebagai masker. Pastikan campuran tersebut menjangkau seluruh bagian wajah Anda.

- Diamkan sejenak dan bersihkan.

5. Gunakan ampas teh + madu alami

Pernahkah kalian menggunakan ampas teh sebagai masker wajah? jika belum pernah maka Anda wajib mencobanya mulai sekarang juga. Dikatakan menurut penelitian, kandungan senyawa pada ampas teh dapat bertindak sebagai scrubing sel-sel kulit mati pada permukaan kulit wajah kita.

Selaiin scrubing tersebut bermanfaat untuk mengelupaskan sel-sel kulit wajah yang mati, ternyata juga cukup baik untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati pada bagian bibir. Tentunya dengan sedikit campuran madu alami agar hasilnya semakin maksimal.


Cara menggunakan:

- Pertama kalinya ambil terlebih dahulu ampas teh yang tidak dikonsumsi lagi, kemudian haluskan ampas tersebut (bisa dengan blender atau menumbuk, terserah)

- Jika sudah agar halus (tidak terlau halus) berhentilah, campurkan ampas teh tersebut dengan madu sampai merata.

- Kini gunakan campuran antara ampas teh tersebut dengan cara menggosokan secara lembut pada bagian permukaan wajah. bila perlu beri juga pijatan-pijatan lembut di are wajah tersebut.

- Terakhir bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

Itulah beberapa cara mengatasi kulit wajah kering yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Namun ada kalanya cara-cara tersebut kurang maksimal apabila tidak didukung pola hidup yang sehat, seperti selalu rutin olahraga, konsumsi makanan bergizi, istirahat cukup, diet sehat, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu terapkan cara diatas diikuti dengan pola hidup sehat setiap harinya. bagaimana, apakah bermanfaat? Atau ada pertanyaan? Silahkan bisa berkicau ria di kolom komentar yang telah kami sediakan. Semoga bermanfaat, salam sehat. 
Share: