>

Cara Membuat Masker Madu Untuk Kulit dan Rambut

Cara Membuat Masker Madu – Siapa yang tidak kenal dengan madu? Semua orang pasti sudah mengenal cairan berkhasiat untuk manusia satu ini. Biasanya madu banyak dimanfaatkan untuk membantu program diet sehat dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata madu juga bermanfaat untuk merawat kulit dan rambut kamu lho.

Ada banyak sekali manfaat madu untuk kulit dan rambut. Dilansir dari Vemale madu sangat baik untuk mengatasi jerawat, flek hitam bekas jerawat, membantu menutrisi kulit wajah, mencerahkan kulit wajah, dan masih banyak lagi. Sedangkan khasiat madu untuk rambut dipercaya mampu membuat rambut lebih subur dan nampak berkilau secara alami.

Namun untuk mendapatkan semua manfaat madu diatas, kamu harus mengombinasikan masker madu dengan berbagai bahan alami berkhasiat lainnya. Nah semua itu sudah saya rangkum dalam sajian informasi mengenai cara membuat masker madu untuk kulit dan rambut berikut ini, cekidot.

Cara Membuat Masker Madu Untuk Merawat Kulit Secara Alami

Cara membuat masker madu untuk merawat kulit
Gunakan masker madu untuk kecantikan kulit alami
1. Membuat masker madu dan beras

Sebenarnya cara membuat masker wajah alami satu ini sudah saya share sebelumnya (baca: cara membuat masker beras dan madu alami). Namun untuk kali ini kita akan menggunakan madu tawar dengan takaran agak lebih banyak.

Cara membuat masker wajah alami madu dan beras:

- Langkah pertama buat terlebih dahulu tepung beras. Caranya rendam beras semalam, haluskan keesokan harinya, dan jemur sampai kering.

- Campurkan tepung beras dengan madu sampai terbentuk sebuah pasta atau krim.

- Sebelum menggunakan, basuh wajah dengan air hangat. hal ini bertujuan agar pori-pori terbuka dan siap menyerap semua kandungan nutrisi dari madu ataupun beras.

- Mulailah mengoleskan masker tersebut secara merata keseluruh bagian wajah, pastikan mengoleskan pula pada bagian leher agar kamu mendapatkan hasil kulit cantik secara merata.

- Setelah merata secara sempurna, diamkan masker tersebut kurang lebih 30 menitan. Lalu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih, keringkan dengan handuk lembut.

2. Membuat masker madu dan yoghurt

Yoghurt dapat membuat sistem pencernaan kamu lebih sehat dan lancar. Sebab dalam minuman tersebut terkandung bakteri baik yang cukup tinggi. 
Namun bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh, kandungan antibakterial dalam yoghurt juga mampu mencegah dan mengatasi jerawat membandel di wajah.

Oleh karenanya, masker wajaha alami satu ini sangat cocok digunakan apabila kulit kamu bertipe minyakan atau jerawatan.

Cara membuat masker wajah alami madu dan yoghurt:

- Siapkan terlebih dahulu madu dan yoghurt dengan takaran masing-masing 2 : 1. Atau dengan kata lain 2 sendok madu berarti 1 sendok yoghurt.

- Campur kedua bahan tersebut sampai merata dan sedikit beri kocokan.

- Gunakan masker wajah alami satu ini secara rutin setelah mandi. Caranya cukup dengan mengoleskan keseluruh bagian wajah, terutama pada bagian benjolan-benjolan jerawat.

- Setelah itu akhiri dengan membilas masker tersebut menggunakan air dingin sampai benar-benar bersih.

Catatan: jangan menggosokan masker tersebut ke wajah berjerawat, sebab akan menimbulkan luka ataupun iritasi berbahaya.

3. Membuat masker madu dan putih telur

Putih telur dikenal sebagai bahan tradisional yang dapat membuat kulitmu tampak lebih muda. Karena menurut para ahli dalam putih telur mengandung protein dan asam amino yang mampu meremajakan sel-sel kulit baru dan melarutkan sel kulit mati dari wajah.

Cara membuat masker madu dan putih telur dengan mudah:

- Pertama kalinya siapkan 2 sendok makan madu dan putih telur dari 1 butir saja.

- Lalu campurkan kedua bahan tersebut sampai merata. Agar bisa merata silahkan kamu kocok kedua bahan tersebut sampai berbuih sedikit.

- Sebelum mengoleskan masker tersebut bersihkan wajah dengan sabun khusus muka terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kotoran tidak menghambat penyerapan kandungan masker madu satu ini.

- Setelah bersih, barulah oleskan masker tersebut sedikit demi sedikit sampai merata keseluruh bagian wajah. Agar terserap secara sempurna, diamkan masker tersebut menempel selama 30-60 menitan.

- Terakhir bersihkan masker tersebut dengan menggunakan air dingin.

4. Membuat masker madu dan lemon

Kamu tahu kan buah masam satu ini? ternyata dibalik rasa masamnya, buah lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang cukup baik untuk merawat kecantikan kulit secara alami. Mulai dari mengatasi jerawat, mencerahkan kulit, sampai mencegah radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel kulit.

Cara membuat masker wajah alami madu dan lemon:

- Pertama siapkan dahulu 3 sendok makan madu dan 1 buah lemon segar.

- Potong dan peras lemon tersebut dalam sebuah wadah. Lalu campurkan perasan lemon dengan madu hingga tercampur secara merata.

- Sebelum mengoleskan masker tersebut, bersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat.

- Mulailah mengoleskan masker wajah ini secara merata keseluruh bagian wajah. Pastikan tidak ada bagian kulit wajah yang tidak terolesi.

- Selenjutnya diamkan masker tersebut selama kurang lebih 1 jam, apabila sudah terasa cukup kaku dan mengencang silahkan bersihkan masker tersebut dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

Cara Membuat Masker Madu Untuk Merawat Rambut Secara Alami

Cara membuat masker rambut alami dari madu
Gunakan masker rambut dari madu setelah mandi keramas
1. Membuat masker madu dan lidah buaya

Kombinasi antara lidah buaya dan madu akan membuat rambut kamu tampak lebih sehat, cantik, lembab, dan berkilau secara alami. Mengingat lidah buaya sendiri dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk rambut.

Cara membuat masker rambut alami madu dan lidah buaya:

- Terlebih dahulu siapkan daun lidah buaya segar secukupnya saja, kemudian 5 sendok makan madu tawar (belum ditambahkan pemanis).

- Ambil gel dan lendir yang ada dalam lidah buaya tersebut. lalu campurkan dengan madu sampai merata.

- Setelah keramas, oleskan masker rambut alami yang telah kamu buat tadi secara merata keseluruh bagian kulit kepala. Agar meresap secara sempurna, beri pijatan lembut selama 5-10 menit saja.

- Diamkan masker rambut tersebut selama 30 menit, kemudian setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

2. Membuat masker madu dan santan

Santan dikenal sebagai bahan alami yang mengandung cukup banyak nutrisi, mulai dari nutrisi dalam bentuk vitamin sampai dengan mineral alami. Kandungan mineral alaminya inilah yang baik untuk melebatkan rambut, menghitamkan, menjaga kelembaban rambut, dan masih banyak lagi.

Cara membuat masker rambut alami madu dan air santan:

- Langkah pertama siapkan air santan sebanyak 500 ml, dan madu sebanyak 6 sendok makan. Lalu campurkan kedua bahan tersebut sampai merata.

- Sebelum menggunakan, pastikan terlebih dahulu rambut dalam keadaan bersih dan terbebas dari debu ataupun kotoran.

- Selanjutnya, oleskan masker rambut alami tersebut secara merata keseluruh bagian kulit kepala. Lalu tutup rambut kamu dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat.

- Setelah 1 jam, silahkan bilas masker rambut tersebut dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

Itulah cara membuat masker madu untuk kulit dan rambut. Dikarenakan masker-masker diatas tidak menggunakan bahan kimia, maka saya sarankan kamu melakukannya secara rutin setiap harinya minimal 1x saja. Dengan penggunaan 1 bulan, kamu sudah akan mendapatkan hasil yang sangat luar biasa.

Semoga dapat bermanfaat...!

Share: