>

9 Manfaat Buah Pinang dan Efek Sampingnya


Khasiat buah pinang dan bahayanya
Pohon pinang dan kelapa hampir mirip 


9 Manfaat Buah Pinang dan Efek Sampingnya – Sekilas melihat pohon pinang kita akan mengira bahwa itu merupakan pohon kelapa, sebab bentuknya hampir-hampir mirip. Akan tetapi apabila kita perhatikan secara seksama sebenarnya ada beberapa perbedaan antara pinang dengan kelapa.

Pohon pinang termasuk kedalam varian pohon varietas palm atau palma, batangnya memiliki ketinggian sampai 25 meter dan berbentuk langsing sampai keatas. Daun pohon pinang hampir mirip dengan kelapa, namun untuk tangkainya pinang jauh lebih pendek. Selain itu, buah pohon pinang juga tergolong lebih kecil dari pada buah kelapa.

Sejarah Pohon Pinang yang Unik di Indonesia

Tradisi unik ala orang Indonesia
Tradisi 17 Agustus unik panjat pinang di Indonesia


Pohon pinang menjadi terkenal setelah bertepatan pada tanggal 17 Agustus, dimana jaman dahulu masyarakat Indonesia menggunakan pohon tersebut sebagai sarana lomba, yakni “lomba panjat pinang”.

Lomba tersebut cukup meriah sekali, bahkan di daerah saya sendiri setiap 17 Agustus pasti mengadakan lomba panjat pinang tersebut. tidak ada aturan yang pasti bagaimana harus memanjat, yang jelas para peserta lomba akan kesulitan memanjat pohon tersebut karena telah dilumuri dengan oli pada bagian batang pinangnya.

Tidak hanya bermanfaat untuk sarana lomba saja, batang pohon pinang tersebut juga bermanfaat untuk talangan air. caranya dengan mengambil bagian tengah batang kemudian meletakan batang tersebut di atas genting sebagai jalan jatuhnya air hujan.

Dibalik sejarahnya yang unik tersebut, pohon pinang menyimpan banyak sekali manfaat bagi bangsa Indonesia. sebenarnya manfaat pohon pinang tidak hanya pada bagian batangnya saja, tetapi khasiat buah pinang bagi kesehatan pun juga terbilang cukup besar. apa sajakah khasiat dan manfaat buah pinang bagi kesehatan itu? berikut ini saya sajikan informasi selengkapnya.

Khasiat Buah Pinang Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Kebiasaan nyiring jaman dahulu
Nyiring atau nginang
1. Mengatasi mulut kering

Pernahkan Anda melihat para orang tua mengunyah daun sirih dan tembakau di mulutnya? Nah cobalah bertanya apa resep yang digunakan ketika mengunyah tersebut. Pasti beliau akan menjawab salah satunya dari buah pinang.

Sebenarnya khasiat buah pinang satu ini sudah diketahui sejak jaman dahulu kala. Dalam buah pinang mengandung senyawa mineral alami yang mampu memacu keluarnya air ludah pada mulut, sehingga ketika kita kunyah cairan ludah tersebut tidak akan membuat mulut mudah kering.

Tidak hanya sampai disitu saja, keluarnya cairan ludah dari dalam mulut tersebut ternyata juga cukup berkhasiat untuk mencegah penyakit disentri dan sindrom sjogren yang sangat berbahaya itu.

2. Menguatkan gigi dan gusi

Inilah rahasia nenek-nenek jaman dahulu yang membuat gigi mereka kuat dalam mengunyah apapun. Buah pinang sering dijadikan oleh nenek/kakek jaman dahulu sebagai bahan kinang, yakni sebuah kunyahan yang dilakukan dengan campuran daun sirih/kapur sirih.

Setelah dilakukan penelitian, manfaat buah pinang bagi kekuatan gigi dan gusi tersebut ternyata memang benar adanya. Dalam buah pinang mengandung mineral kalsium cukup tinggi. kandungan kalsium inilah yang dipercaya oleh banyak ahli mampu memperkuat gigi dan gusi Anda.

3. Mampu mengatasi cacing

Buah pinang merupakan buah yang mengandung senyawa antibakterial yang cukup tinggi, kandungan antibakterialnya inilah yang cukup berkhasiat untuk membunuh kuman penyebab cacingan.

Khasiat buah pinang untuk cacing ini telah dibuktikan oleh para peternak, baik peternak ayam ataupun sapi dalam mengatasi hewan ternak mereka yang mengalami cacingan.

Akan tetapi selain berguna untuk ternak, Anda juga bisa menggunakan buah pinang untuk mengobati adanya cacing di bagian sistem pencernaan, khusunya pada bagian usus besar dan usus halus.

4. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat buah pinang terkait penyembuhan luka juga tidak bisa kita anggap sepele. Buah satu ini mengandung senyawa antiseptik yang cukup tinggi, kandungan antiseptik alaminya inilah yang cukup mujarab untuk mempercepat proses pembentukan jaringan kulit.

Untuk mendapatkan khasiat tersebut, caranya tumbuk buah pinang sampai halus kemudian tempelkan pada bagian luka setiap harinya secara rutin. Meski perih, tetapi buah tersebut akan membantu mempercepat proses pembentukan luka yang Anda alami.

5. Mencegah rabun mata

Rabun dan katarak pada mata dapat terjadi karena adanya degenerasi makula yang diakibatkan oleh radikal bebas. Namun Anda dapat mencegah rabun mata tersebut dengan mengonsumsi buah pinang secara rutin.

Buah pinang mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi, kandungan antioksidannya inilah yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah terjadinya rabun pada bagian mata.

6. Mampu mengencangkan miss v

Menurut salah satu ahli herbalife, Dian Gantini dari Indonesia, buah pinang mampu memberikan kerapatan miss v secara optimal, mengencangkan bagian miss v, dan bahkan mencegah munculnya keputihan.

Ahli herbal tersebut juga menyarankan, bagi para wanita yang sudah berumah tangga untuk selalu menggunakan buah pinang ketika membersihkan organ kewanitaannya agar terhindar dari kanker serviks.

7. Meningkatkan vitalitas seorang pria

Khasiat buah pinang tidak hanya bagi miss v wanita saja, tetapi buah tersebut terbukti juga mampu meningkatkan vitalitas seorang pria. Gairah Anda akan semakin menigkat manakala mengonsumsi buah tersebut secara rutin setiap harinya.

Bahkan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, menunjukan bahwa kandungan nurtrisi lengkap pada buah pinang sangatlah ampuh untuk meningkatkan stamina tubuh, baik pria ataupun wanita.

8. Memperkuat dan mengoptimalkan pertumbuhan tulang

Tulang akan tumbuh secara optimal apabila didukung dengan konsumsi makanan-makanan berkalsium, inilah alasan mengapa cara meninggikan badan salah satunya mengandalkan asupan kalsium.

Nah jika Anda ingin cepat tinggi, konsumsilah buah pinang secara rutin. khasiat pinang satu ini akan semakin terasa apabila Anda masih tergolong usia di bawah 20 tahun. sebab usia diatas tersebut sudah sulit untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulangnya.

9. Baik untuk rambut

Sama halnya dengan buah kelapa, buah pinang kering jika disangrai akan mengeluarkan semacam minyak. Hasil minyak buah pinang ini dipercaya mampu merawat kelembaban rambut, mencegah kerontokan, mengurangi ketombe, dan bahkan membuat rambut lebih berkilau alami.

Namun selain membuatnya menjadi minyak, Anda juga bisa mendapatkan khasiat buah pinang tersebut dengan menghaluskan buahnya dan menggunakan sebagai masker rambut secara rutin.

Awas ! Ada Efek Samping Konsumsi Buah Pinang

Memang benar khasiat buah pinang bagi kesehatan itu cukup besar, akan tetapi Anda juga harus memperhatikan efek samping mengonsumsi buah tersebut.

Seperti yang telah saya lansir dari manfaat.co.id buah pinang mengandung senyawa yang bersifat racun, senyawa racun tersebut diketahui bernama arekaina dan arekolina.

Kandungan senyawa racun dalam buah pinang ini jika dikonsumsi berlebihan dan dalam jangka panjang akan menyebabkan berbagai macam gangguan, antara lain:

- Menyebabkan munculnya detak jantung berlebihan
- Dapat mengakibatkan anemia, terutama kegiatan nginang.
- Apabila dikonsumsi berlebih akan beresiko menyebabkan kanker
- Menyebabkan munculnya tekanan darah tinggi (hipertensi) bahkan stroke.

Efek samping diatas akan muncul apabila buah pinang Anda konsumsi dalam jumlah besar dan jangka panjang. Oleh sebab itu, jika Anda sudah mendapatkan khasiat buah pinang, saya sarankan untuk menghentikan konsumsi buah tersebut.

Itulah sajian informasi singkat seputar manfaat buah pinang dan efek samping bagi kesehatan. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan informasi Anda seputar manfaat tumbuhan di sekitar.

Selamat mencoba guys... !


Share: