>

31 Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan




Manfaat buah tomat untuk kesehatan dan kecantikan alami
Tomat, buah segar kaya manfaat


31 Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan – Tomat merupakan buah yang berasal dari Amerika Selatan. buah tomat masih berkerabat dekat dengan terung, kentang, dan paprika. Dikatakan sebagai buah, karena tomat memiliki daging dan biji. Namun sekarang ini banyak sekali masyarakat yang mengatakan bahwa tomat merupakan sayuran, mungkin itu karena tomat sering dijadikan sebagai lalapan.

Buah tomat dari dahulu sampai sekarang sudah sangat populer sekali, apalagi di Indonesia buah tersebut sudah banyak dibudidayakan. Tetapi yang menjadi kekurangan dari tomat adalah daya tahannya cukup lemah, tomat bisa membusuk dengan cepat bahkan hanya satu hari saja. agar tetap tahan lama, tomat harus dibekukan dalam sebuah lemari pendingin terutama setelah buah tersebut terpotong atau tergores.

Khasiat buah tomat bagi kesehatan dan kecantikan sangatlah menakjubkan sekali, mulai dari kesehatan tubuh/badan, kecantikan kulit, sampai dengan kecantikan rambut. namun sebelum kita beranjak ke khasiat dan manfaat buah tomat tersebut, alangkah baiknya apabila Anda mengetahui kandungan dan nilai gizi tomat terlebih dahulu.

Kandungan dan Nilai Gizi Buah Tomat

Nutrisi dalam sebuah tomat (satu porsi150 gram) sangatlah banyak sekali.meliputi vitamin A, C, K, folat, dan kalium. Tomat juga mengandung sodium, lemak tak jenuh, dan kalori yang cukup rendah.

Sebagian besar dari kita mungkin tidak menyadari pentingnya asupan mineral dalam tubuh, akan tetapi buah tomat mampu menyajikan kandungan mineral yang cukup  baik antara lain seperti thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan tembaga.

Menariknya lagi, tomat mengandung empat buah senyawa karotenoid. Kandungan tersebut antara lain seperti lutein, lycopene, alpha, dan betakaroten. Kandungan-kandungan senyawa karotenoidnya inilah yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel tubuh. 
terutama untuk kandungan lycopene-nya.

Menurut sebuah studi yang ada di Ohio State University, mengonsumsi tomat mentah disertai dengan lemak sehat seperti pada buah alpukat dan minyak zaitun, maka penyerapan kandungan kandungan phytochemical karotenoid di dalam tubuh akan berjalan secara maksimal. Bahkan para ahli tersebut juga mengungkapkan bahwa penyerapan lebih besar 15 kali lipat dari pada seseorang yang tidak mengonsumsi buat tomat tersebut.

Apa saja Khasiat Buah Tomat itu?

Kebanyakan masyarakat menganggap manfaat tomat hanya pada masakan saja, tetapi sebenarnya tomat tidak hanya bermanfaat untuk itu-itu saja. Semua ahli lebih setuju kalau buah tomat dikatakan sangat bermanfat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikif informasi mengenai khasiat buah buah tomat bagi kesehatan tubuh, kecantikan kulit, dan rambut secara alami. Penasaran?

Khasiat Buah Tomat Untuk Kesehatan Tubuh


Khasiat tomat bagi kesehatan tubuh
Konsumsi buah tomat mentah untuk kesehatan lebih baik

1. Mampu mengurangi kadar lemak

Manfaat buah tomat yang pertama adalah mampu mengurangi kadar lemak. Nah bagi Anda yang saat ini melakukan diet sehat, maka silahkan mengonsumsi jus buah tomat secara rutin setelah selesai melakukan olahraga.

Tomat ini tidak mengandung lemak berlebih, malahan kandungan protein, karbohidrat, dan kalorinya cukup tinggi. ketiga kandungan inilah yang bermanfaat untuk mengurangi jatah lemak dalam tubuh Anda.

2. Membentuk otot

Dalam proses pembentukan otot, konsumsi nutrisi berupa protein sangatlah penting. Itulah mengapa alasan selama ini para binaragawan seperti Ade Rai dan Agung Hercules mencari makanan-makanan berprotein tinggi.

Tidak perlu Anda membeli makanan yang mengandung tinggi protein, karena buah tomat akan memberikan nutrisi tersebut secara maksimal. khasiat tomat bagi otot ini sekarang juga telah banyak diketahui oleh para atlet binaragawan yang memiliki otot super besar.

3. Mencegah kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat mematikan guys, bahkan kanker dikatakan pembunuh nomor 2 di dunia setelah serangan jantung. Menurut Journal of the National Cancer Institute, mencegah kanker dapat Anda lakukan dengan mengonsumsi buah tomat.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal kesehatan tersebut, mengungkapkan setidaknya dari 72 penelitian ada 52 hasil spesifik yang membuktikan bahwa khasiat buah tomat pencegah kanker sangat besar.

Manfaat tomat untuk cegah kanker ini dapat muncul disebabkan karena tomat mengandung senyawa antioksidan berupa karotenoid (termasuk lycopene) yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel organ tubuh tertentu.

4. Mampu meningkatkan sistem imun

Manfaat tomat bagi sistem imun juga sangat besar sekali. menurut para ahli medis dan herbalis, tomat mengandung senyawa berupa flavonoid yang cukup tinggi. kandungan senyawa flavonoidnya inilah yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun.

Apabila sistem imun dalam tubuh Anda sudah meningkat, maka tubuh tidak akan mudah terserang penyakit-penyakit tertentu. Misalnya pilek, batuk, flu, dan masih banyak lagi.

5. Menjaga tulang dan gigi

Tidak bisa dipungkiri memang, buah tomat yang dahulunya hanya dimanfaatkan sebagai bahan masak, sekarang ini banyak digunakan sebagai penambah tinggi badan.

Tomat dikatakan mengandung kalsium yang cukup tinggi, kandungan kalsium inilah yang mampu meninggikan badan seseorang dengan cepat, terutama bagi mereka yang berada di bawah 20 tahunan.

6. Mengontrol kolesterol penyebab hipertensi

Terjadinya penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah, dapat memicu munculnya penyakit hipertensi dalam tubuh Anda. untuk mengontrol kadar kolesterol tersebut, konsumsilah buah tomat secara rutin.

Khasiat buah tomat bagi kolesterol jangan dianggap sepele, buah satu ini mengandung berbagai mineral, khusunya kalium yang sangat baik untuk mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

7. Mampu menjaga kesehatan mata

Tomat memiliki warna yang hampir sama dengan wortel, yakni agak oranye. Kandungan warna tersebut muncul disebabkan karena adanya vitamin A yang cukup tinggi. tahukah Anda manfaat vitamin A?

Vitamin A pada buah tomat sangatlah bermanfaat untuk merawat kesehatan mata dan mencegahnya terkena berbagai macam gangguan, seperti munculnya degenerasi makula, minus, rabun, dan bahkan munculnya masalah katarak.


8. Mengoptimalkan kinerja jantung

Buah tomat mengandung setidaknya 235 mg senyawa kalium dalam 1 buahnya. Kandungan kalium inilah yang dipercaya mampu mengoptimalkan kinerja jantung dalam mendistribusikan atau memompa darah menuju keseluruh bagian tubuh.

Tidak hanya itu saja, manfaat buah tomat bagi pencegah peyakit jantung dan stroke juga sangat tinggi. maka dari itu konsumsilah tomat rutin 1 buah sehari saja.

9. Mampu memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin harian

Apabila Anda malas mengonsumsi suplemen multivitamin, maka saran saya konsumsi saja buah tomat secara rutin. sebab menurut USDA, khasiat tomat mampu menyediakan nutrisi sebesar 20 % setiap harinya, terutama untuk nutrisi dalam bentuk vitamin.

Mereka juga menambahkan, kandungan-kandungan nutrisi pada buah tomat tersebut juga akan mampu mengoptimalkan kinerja semua organ-organ tubuh kita.

10. Mampu mengontrol gula darah

Diabetes bisa muncul disebabkan karena tingginya kadar gula darah dalam tubuh Anda. banyaknya konsumsi makanan manis bisa meningkatkan kadar gula darah tersebut.

Untuk mengontrol gula darah agar tetap di angka normal, Anda dapat mengonsumsi buah tomat secara rutin. khasiat buah tomat bagi gula darah dapat muncul disebabkan karena adanya kandungan kromium yang mampu meningkatkan sensitivitas insulin.


11. Mengobati nyeri punggung

Gejala dan kondisi nyeri punggung dapat muncul disebabkan karena adanya peradangan. Nah untuk mengatasi peradangan tersebut, konsumsilah buah tomat secara rutin minim 1 buah sehari.

Kandungan bioflavonoid dan karotenoid dalam buah tomat sangatlah mujarab untuk menghilangkan rasa nyeri punggung yang Anda derita tersebut.

Khasiat Buah Tomat Untuk Kulit

Khasiat tomat bagi kulit wajah
Gunakan masker tomat rutin 

Tidak hanya manfaat buah tomat bagi kesehatan saja yang besar, namun buah berwarna oranye ini juga memiliki khasiat bagi kecantikan yang tidak bisa kita anggap sepele. Apa saja itu?

12. Mampu mengecilkan dan mengencangkan pori

Khasiat tomat bagi kecantikan pertama adalah mampu mengecilkan pori. Bagi Anda yang memiliki pori besar akibat jerawat ataupun komedo, silahkan haluskan buah tomat dan gunakan sebagai masker selama 15-30 menit setelah mandi.

Dengan kandungan mineral alami dan sifatnya yang sedikit asam, tomat sangat bermanfaat untuk meringkas poriu-pori wajah tersebut. bahkan jika digunakan secara rutin Anda akan mendapatkan kulit nampak lebih kencang.

13. Mampu mencerahkan kulit

Seperti yang telah saya ungkapkan diatas, kandungan buah tomat salah satunya adalah vitamin C. menurut para ahli ternyata kandungan vitamin C tersebut mampu mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit.

Dengan demikian, menggunakan masker tomat secara rutin kulit Anda akan semakin cerah. Namun untuk hasil maksimal, gunakan masker tomat sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

14. Mencegah penuaan dini

Inilah manfaat buah tomat bagi kecantikan yang paling dahsyat. Buah tomat pada dasarnya mengandung senyawa karotenoid yang bersifat sebagai antioksidan. Selain antioksidan bermanfaat mencegah kanker dan meningkatkan imun, kandungan tersebut juga mampu mencegah penuaan dini di kulit Anda.

Adapun jenis penuaan dini yang bisa dicegah dengan tomat antara lain seperti keriput, kerutan, kusam, kering, dan masih banyak lagi.

15. Mampu mengatasi masalah jerawat

Jerawat muncul disebabkan salah satunya karena adanya bakteri dan kuman. Untuk membunuh kuman dan bakteri tersebut, pakaiu saja masker tomat secara rutin.

Sebab, buah tomat sebenarnya mengandung senyawa yang bersifat sebagai antibakterial dan antiseptik. Kandungan inilah yang baik untuk mengusir kuman dan bakteri penyebab masalah jerawat.


16. Merawat kulit berminyak

Produksi minyak berlebih pada bagian wajah bisa Anda hentikan dengan menggunakan tomat. Kandungan tomat berupa vitamin E dan C dipercaya mampu meringkas pori besar yang menyebabkan produksi minyak berlebihan tersebut.

Tidak hanya mengatasi minyak, tetapi tomat juga cukup baik untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit berminyak secara alami.


17. Melindungi kulit

Tidak perlu Anda membeli sunblock yang dibandrol dengan harga mahal, 
karena cukup gunakan tomat saja kulit Anda sudah terlindungi dari sinar matahari atau ultraviolet.

Buah tomat mengandung beragam antioksidan yang cukup baik untuk menangkal dan melindungi kulit dari efek buruk radiasi, salah satunya ya radiasi sinar matahari tersebut.

18. Menghilangkan kantung mata

Mungkin cara menghilangkan kantung mata yang paling populer adalah dengan menggunakan mentimun segar. Akan tetapi cobalah untuk menggunakan potongan buah tomat.

Kandungan vitamin C dan E pada buah tomat akan sangat efektif untuk menghilangkan kantung mata tersebut. bahkan jika digunakan secara rutin, khasiat tomat dalam menyegarkan mata juga cukup tinggi.

19. Menghilangkan komedo

Manfaat buah tomat memang besar untuk jerawat, tetapi tomat juga bermanfaat untuk menghilangkan masalah komedo di hidung.

Coba deh Anda oleskan buah tomat tersebut secara merata pada bagian yang berkomedo dan berikan pijatan secara lembut, terutama ketika pagi hari, dijamin semua komedo pasti akan rontok.

20. Mencegah kerusakan sel kulit

Munculnya kerusakan sel kulit dapat disebabkan karena oksidasi bebas dan radiasi, apabila sel kulit sudah rusak maka akan muncul penyakit kanker kulit.

Nah mulai dari sekarang Anda bisa mencegah kanker kulit dengan menggunakan masker buah tomat. Kandungan beragam nutrisi di dalam buah tersebut dipercaya mampu mencegah terjadinya kerusakan.

21. Memutihkan kulit secara alami

Siapa hayo yang tidak ingin kulit putih? pastinya semua ingin memiliki kulit nampak lebih putih. ada banyak sekali cara memutihkan kulit secara alami yang bisa Anda lakukan, salah satunya menggunakan buah tomat.

Menurut para ahli herbalis, buah tomat mengandung senyawa  asam folat yang cukup tinggi. kandungan asam folat inilah yang menjadikan manfaat tomat bagi kulit putih sangatlah besar.

22. Mencegah kulit terbakar sinar matahari

Sinar matahari memang baik untuk kulit, namun kalau sudah lewat jam 9 akan menjadi bumerang. Sebab dapat mengakibatkan munculnya kulit terbakar dan peradangan.

Menurut Prevention Magazine, seseorang yang mengonsumsi buah tomat minimal 2 buah setiap hari, mereka lebih tidak beresiko terkena kulit terkabat dari pada seseorang yang tidak mengonsumsi. Karena kandungan buah tomat mampu mempercepat regenerasi sel kulit tersebut dengan cepat.

23. Mampu menghaluskan kulit

Ingin kulit halus dan mulus? Jika iya, silahkan haluskan tomat kemudian gunakan sebagai masker secara rutin. dipercaya kandungan mineral alami dalam buat tomat, seperti magnesium, kalsium, kalium, dan fosfor akan membantu proses pengelupasan sel-sel kulit mati penyebab kasar.

Khasiat Buah Tomat Untuk Rambut

Khasiat buah tomat untuk rambut sehat dan cantik
Dapatkan rambut dan kulit cantik dengan tomat



Mungkin selama ini banyak diantara kita yang hanya mengenal lidah buaya sebagai bahan alami perawatan rambut. memang lidah buaya sangatlah bermanfaat untuk merawat kesehatan rambut, akan tetapi khasiat buah tomat bagi rambut juga tidak bisa Anda sepelekan.

Ada banyak kandungan-kandungan nutrisi yang berkhasiat bagi rambut dalam tomat, mulai dari vitamin A sampai E, mulai dari mineral kalium sampai magnesium, dan masih banyak lagi. apa saja manfaat buat tomat bagi rambut?

24. Mengatasi rambut rontok

Munculnya rambut patah, rontok, dan sejenisnya dapat disebabkan karena kulit kepala terkena radikal bebas. nah untuk mengatasi radikal bebas tersebut, gunakan masker rambut dari buah tomat, dipercaya kandungan antioksidan pada buah satu ini mampu menangkal radikal bebas penyebab rambut rontok secara alami.

25. Kondisioner alami

Buah tomat mengandung asam folat yang bersifat lembab, sifat lembabnya inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk merawat rambut kusam dan kering dengan mudah. Sehingga tomat bisa Anda jadikan sebagai pengganti kondisioner rambut secara alami.

26. Membersihkan kotoran di rambut

Kotoran di rambut seperti sel-sel kulit mati, debu, dan bekas ketombe sangatlah buruk bagi kesehatan rambut. untuk menghilangkan kotoran tersebut Anda harus selalu rajin keramas.

Namun jika keramas rutin tidak mampu menghilangkan semua kotoran tersebut, Anda bisa menggunakan masker rambut dari buah tomat. Caranya cukup mengoleskan halusan tomat secara merata 30 menit dan membilasnya dengan air dingin sampai bersih.

27. Menghilangkan bau pada kulit kepala

Bau pada kulit kepala disebabkan karena adanya penumpukan keringat yang jarang dibersihkan saat keramas. Selain itu munculnya bau kepala juga bisa disebabkan karena adanya pengaruh bakteri dan kuman.

Dengan kandungan antibakterialnya, khasiat buat tomat untuk menghilangkan bau kulit kepala tersebut sangatlah besar. caranya cukup gunakan tomat sebagai hair mask setelah keramas setiap harinya.

28. Mampu menguatkan rambut

Selain mencegah dan mengatasi kerontokan, dengan penggunaan secara rutin Anda juga akan mendapatkan rambut yang lebat dan kuat.

Khasiat tomat bagi kekuatan rambut ini muncul disebabkan karena adanya kandungan mineral-mineral alami yang cukup lengkap, mulai dari magnesium, kalsium, kalium, fosfor, dan masih banyak lagi.

29. Menghilangkan kotombe

Manfaat buat tomat bagi ketombe juga cukup besar. munculnya ketombe dapat disebabkan karena adanya sel-sel kulit mati yang telah mengelupas, sel kulit mati ini ditandai dengan warna putih.

Untuk melarutkan semua sel-sel kulit mati penyebab ketombe, Anda bisa menggunakan masker tomat secara rutin setiap sehabis keramas. namun agar hasilnya lebih maksimal, silahkan tambahkan minyak zaitun kedalam masker buat tomat tersebut.

30. Mampu memancarkan kilau rambut secara alami

Kilau rambut sangatlah penting, sebab melalui kilau rambut kita akan tampil lebih rapi dan klimis tanpa harus menggunakan pomade atau pelembab rambut.

Cukup gunakan masker rambut yang ditambah dengan madu secara rutin saja, maka Anda akan mendapatkan rambut yang nampak lebih berkilau secara alami.

31. Mampu menghitamkan rambut

Manfaat buah tomat bagi rambut yang terakhir adalah mampu menghitamkan rambut. siapa sih yang tidak ingin memiliki rambut hitam? Semua orang pasti ingin.

Apabila Anda adalah salah satu dari mereka, silahkan gunakan masker tomat secara rutin, jangan lupa tambahkan minyak zaitun dan madu agar hasilnya semakin maksimal.

Itulah beberapa manfaat buah tomat untuk kesehatan dan kecantikan. Khasiat tomat diatas tidak akan bisa Anda dapatkan jika tidak digunakan secara rutin, maka dari itu dalam hal ini sobat cantik harus lebih telaten dalam menggunakan tomat sebagai perawatan.

Semoga dapat bermanfaat guys... !


Share: