>

30 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Manfaat buah jeruk bagi kesehatan dan kecantikan
Jeruk sumber nutrisi yang baik untuk tubuh kita

30 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan dan Kecantikan - Khasiat jeruk sebenarnya sudah diketahui oleh masyarakat Indonesia sejak jaman dahulu kala. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya masyarakat tempo dahulu yang mengonsumsi jeruk setiap hari.

Pastinya Anda juga sedikit-sedikit lebih tahu beberapa khasiat buah jeruk satu ini. Manfaat jeruk yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat luas adalah mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Sebab jeruk mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab penyakit dalam tubuh. Diketahui kandungan antioksidan tersebut adalah vitamin C.

Buah jeruk bisa sobat konsumsi secara langsung tanpa diolah. Namun jika tidak suka mengonsumsi langsung, Anda dapat mengolah jeruk menjadi semacam jus segar sesuai selera masing-masing.

Buah jeruk sekarang ini tidak hanya ada satu varian saja, tetapi telah terdapat banyak sekali varian buah jeruk akibat dari persilangan. Ada jeruk purut, jeruk bali, jeruk jawa, dan masih banyak lagi. Uniknya, masing-masing jeruk tersebut memiliki rasa yang berbeda-beda.

Selain rasanya lezat dikonsumsi, ternyata manfaat buah jeruk bagi kesehatan dan kecantikan juga sangatlah besar. Manfaat-manfaat buah jeruk satu ini didapatkan dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. apa sajakah kandungan buah jeruk itu?

Kandungan Buah Jeruk yang Baik Untuk Kesehatan

Kandungan buah jeruk tidak hanya vitamin C saja, tetapi buah tersebut mengandung berbagai senyawa nutrisi lainnya yang menjadikan buah tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

1. Kandungan protein dan vitamin: dalam buah jeruk mengandung setidaknya 3 % DV senyawa protein atau sekitar 1.7 gram. Selain itu kandungan vitaminnya juga cukup lengkap, mulai dari vitamin A, C, sampai dengan vitamin B12 pun ada dalam buah tersebut.

2. Karbohidrat dan lemak: dalam buah jeruk terkandung karbohidrat sebesar 21.1 gram atau sekitar 7 % DV. Untuk kandungan lemak jahat dalam buah jeruk bisa dikatakan 0 %.

3. Mineral alami: inilah kandungan buah jeruk yang sebenarnya. buah tersebut mengandung beragam mineral alami dan penting untuk mengoptimalkan kinerja tubuh dan metabolisme. Kandungan mineral tersebut antara lain seperti magnesium, potasium, kalsium, zinc, copper, dan masih banyak lagi.

Masing-masing kandungan nutrisi buah jeruk diatas memiliki manfaat yang berbeda-beda bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Apa sajakah manfaat buah jeruk untuk kesehatan dan kecantikan itu? simak informasi selengkapnya berikut ini.

Khasiat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh

Minuman sehat dari alam
Konsumsi jus jeruk setiap hari baik untuk kesehatan

1. Mampu menurunkan resiko terkena stroke

Menurut American Heart Association, seseorang yang mengonsumsi buah jeruk (khusunya wanita) secara rutin, maka mereka memiliki resiko terkena penyakit stroke iskemik yang 19 % jauh lebih rendah dari pada seorang yang tidak mengonsumsi buah tersebut.

Para peneliti tersebut juga menambahkan, buah jeruk mengandung berbagai macam mineral alami, mulai dari zat besi sampai dengan kalium yang sangat baik untuk menjaga sistem peredaran darah. sehingga jika dikonsumsi secara rutin, khasiat jeruk untuk cegah stroke cukup besar sekali.

2. Mampu menurunkan tekanan darah

Apakah sobat mengalami hipertensi? Tekanan darah tinggi atau hipertensi yang sobat alami dapat disebabkan karena adanya natrium berlebihan dalam tubuh. hal tersebut dibarengi dengan kurangnya Anda mendapatkan asupan mineral alami berupa kalium.

Menurut The National Health and Nutrition Examination Survey, kebanyakan penduduk di Amerika Serikat tidak memenuhi asupan kalium mereka sebesar 4700 mg. Akibatnya mereka banyak mengalami penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Buah jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung senyawa kalium cukup tinggi. kandungan senyawa kalium pada buah jeruk inilah yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi Anda.

3. Jeruk dapat cegah kanker

Menurut sebuah studi penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Epidemiology, buah jeruk mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan senyawa antioksidan dalam buah jeruk berupa vitamin C.

Selain bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, kandungan vitamin tersebut juga dipercaya mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan pada bagian sel ataupun jaringan tubuh. dimana kerusakan inilah yang menjadi awal munculnya penyakit kanker mematikan.

4. Mencegah penyakit jantung

Kandungan serat, kolin, vitamin C, dan kalium menurut para ahli sangatlah baik untuk menjaga kesehatan organ jantung secara optimal dari berbagai macam kerusakan akibat radikal bebas.

Peningkatan asupan kalium dalam tubuh sangatlah penting untuk menjaga kesehatan organ jantung, terlebih jika peningkatan kalium tersebut diikuti dengan menurunnya kadar natrium dalam tubuh.

Menurut Mark Houston, MD, MS, seorang profesor klinis dari kedokteran di Vanderbilt Medical School dan direktur Hipertensi Institute di Rumah Sakit St Thomas di Tennessee.

Beliau mengungkapkan bahwa, dengan mengonsumsi 1 buah jeruk setiap hari, maka kita akan mendapatkan asupan kalium sebesar 4069 mg dan bahkan memiliki resiko jantung lebih rendah sebesar 49 % dari pada seseorang yang tidak mengonsumsi buah tersebut.

5. Jeruk mampu mencegah kerusakan pada kulit

Kerusakan pada bagian kulit dapat dipicu dari radikal bebas, seperti sinar matahari, polusi udara, suara, dan masih banyak lagi. Untuk mencegah kerusakan, konsumsilah buah jeruk secara rutin setiap harinya.

Sebab, menurut para ahli kandungan buah jeruk yang kaya akan vitamin C berkhasiat untuk mencegah radikal bebas yang berbahaya tersebut secara lebih efektif. Bahkan beberapa ahli juga menambahkan, dengan konsumsi secara rutin, khasiat buah jeruk mencegah penuaan dini juga besar sekali.

6. Mampu mengoptimalkan alkali tubuh

Alkali tubuh merupakan sebuah proses penyeimbangan keasaman yang ada dalam tubuh. Meski buah jeruk memiliki rasa asam yang cukup tinggi, akan tetapi buah tersebut jika dikonsumsi dalam tubuh sebenarnya tidak menimbulkan gangguan pada keseimbangan zat asam. Malahan dalam 
lambung kandungan asam tersebut berubah menjadi basa.

Selain itu, Badan Kesehatan Internasional (WHO) juga mengungkapkan bahwa jeruk mengandung senyawa mineral alkali yang cukup tinggi. kandungan senyawa alkali inilah yang menyebabkan manfaat buah jeruk bagi keasaman dalam tubuh sangatlah besar sekali.

7. Jeruk sumber karbohidrat dan kalori

Mungkin Anda yang menghindari makanan berkarbo dan berkalori tinggi agar tetap terlihat langsing. Akan tetapi mulai sekarang Anda tidak harus melakukan hal tersebut lagi.

Karena walaupun buah jeruk mengandung karbohidrat dan kalori yang cukup besar, kandungan senyawa tersebut tidak akan membuat Anda mudah gemuk. Malahan, kandungan tersebut akan membuat tubuh Anda semakin berenergi secara optimal.

Tidak hanya sampai disitu saja, kandungan glikemik indeks yang dibawah 55, membuat khasiat jeruk bagi penderita diabetes cukup baik. sebab kadar GI yang rendah tersebut tidak akan menyebabkan obesitas (kegemukan) akibat gula meningkat.

8. Mampu meningkatkan sistem imun tubuh

Seperti yang telah saya sampaikan diatas, jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung antioksidan berupa vitamin C cukup tinggi. kandungan antioksidan inilah yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Tidak perlu Anda mengonsumsi produk multivitamin untuk mendapatkan vitamin C tersebut. karena dengan mengonsumsi minimal 1 buah jeruk saja sekitar 72 % kebutuhan akan vitamin C dapat terpenuhi secara lebih optimal.

9. Mampu mengoptimalkan kinerja otak

Apakah Anda ingin pintar dan cerdas? Jika hal tersebut benar demikian, maka silahkan konsumsi minimal 1 buah jeruk setiap harinya.  karena buah jeruk mengandung asam folat dan vitamin B6 yang cukup tinggi.

Penelitian di Havard University membuktikan bahwa kandungan vitamin B6 dan asam folat cukup baik untuk mengoptimalkan perkembangan sistem saraf pusat (otak). Bahkan asam folat tersebut juga sangat baik untuk mengoptimalkan kinerja otak sejak manusia masih dalam kandungan ibu.


Diabetes gestasional merupakan salah satu jenis diabetes yang menyerang pada ibu-ibu hamil. Penyakit satu ini menyebabkan seorang ibu hamil mengalami peningkatan kadar gula dalam darah secara drastis. Akibatnya, janin lahir mengalami kelebihan berat.

Seorang ibu yang melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4 Kg, maka dia lebih beresiko terkena diabetes sebesar 7 kali lebih besar dari pada wanita umumnya.

Dengan kandungan indeks glikemik dan gula yang rendah, mengonsumsi buah jeruk secara rutin tidak akan membuat Anda mengalami diabetes. Bahkan kandungan serat yang tinggi malah akan membuat Anda terhindar dari penyakit diabetes tersebut.


11. Menjaga kesehatan organ ginjal

Manfaat buah jeruk selanjutnya berkaitan dengan organ ginjal. Kandungan kalium pada buah jeruk yang tinggi, dipercaya mampu melarutkan berbagai macam kotoran yang ada dalam tubuh dan ginjal.

Dengan terlarutnya kotoran tersebut, maka ginjal secara otomatis akan lebih sehat dan optimal dalam menyaring darah ataupun kotoran. Maka dari itu jika Anda ingin terhindar dari batu ginjal, konsumsilah buah jeruk secara rutin setiap harinya.

12. Jeruk mampu menjaga mata tetap sehat

Degenerasi makula pada bagian organ mata dapat Anda cegah dengan mengonsumsi buah jeruk secara rutin. Kandungan antioksidan dapat menangkal radikal bebas penyebab degenerasi makula tersebut.

Selain kandungan antioksidan, vitamin A yang tinggi pada jeruk juga dipercaya mampu menjaga kesehatan mata dari berbagai serangan penyakit. Terutama bagi Anda yang sudah memasuki usaia 40 tahun keatas.


13. Mengobati sariawan

Inilah manfaat buah jeruk yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat. buah jeruk banyak dimanfaatkan masyarakat Indonesia sebagai obat mujarab penyakit sariawan.

Setelah dilakukan penelitian, memang benar khasiat buah jeruk bagi sariawan sangatlah besar. sebab buah satu ini mengandung vitamin C dan senyawa antibakterial yang cukup tinggi.

Meskipun terasa perih ketika dikonsumsi, tetapi kandungan antibakterial dan vitamin C tersebut akan membantu menyembuhkan penyakit sariawan yang sedang Anda derita dengan cepat.

14. Mampu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang

Jeruk merupakan buah yang mengandung berbagai macam mineral alami. kandungan-kandungan mineral alami ini sangatlah baik untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

Lebih tepatnya kandungan mineral kalsium. Kandungan tersebut mampu merawat kesehatan tulang, menjaga tulang tetap kuat, mencegah kekeroposan tulang, dan masih banyak lagi.

Sangat disarankan bagi Anda yang memiliki buah hati agar selalu memberikan buah jeruk secara rutin. sebab pertumbuhan tulangnya akan semakin optimal apabila Anda memberikan si kecil jeruk tersebut. terutama dalam hal pertumbuhan tinggi badannya.


15. Mampu memberikan stamina yang lebih

Memang buah jeruk tergolong memiliki kadar gula yang rendah dan kaya akan serat. Akan tetapi dibalik itu semua, jeruk juga mengandung kalori yang cukup besar.

Kandungan kalori dalam buah jeruk tidak akan membuat Anda cepat gemuk, malahan kandungan tersebut akan membuat Anda memiliki stamina yang lebih besar. terlebih jika Anda mengonsumsi jus buah jeruk secara rutin setiap harinya.

16. Membantu pembentukan masa otot

Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh kekar, saya sarankan untuk selalu mengonsumsi buah jeruk secara rutin setelah berolahraga. Sebab jeruk mengandung nutrisi berupa protein yang cukup tinggi.

Seperti kita ketahui bersama, protein sangatlah baik untuk membangun sel-sel tubuh secara optimal, terutama sel-sel pada bagian otot Anda. Akan tetapi untuk mendapatkan manfaat buah jeruk yang satu ini, Anda juga harus mengimbanginya dengan olahraga secara teratur.

17. Mampu melancarkan dan merawat sistem pencernaan

Sama seperti buah-buahan lainnya, khasiat buah jeruk bagi sistem pencernaan juga sangatlah besar sekali. bahkan bisa dikatakan buah jeruk khasiatnya lebih besar dari buah-buahan yang lain.

Khasiat jeruk tersebut didukung dengan kandungan serat. Seperti kita ketahui bersama, serat akan sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan, mengatasi sembelit, dan bahkan diare berlebihan.

18. Mencegah mata merah akibat iritasi

Iritasi mata dapat terjadi kapan saja, terlebih ketika Anda sedang berada di lingkungan yang kurang sehat, seperti lingkungan berdebu, berasap, dan bercahaya yang terlalu terang. Biasanya iritasi mata menimbulkan munculnya warna kemerah-merahan pada bagian organ tersebut.

Akan tetapi tidak perlu takut, dengan Anda mengonsumsi buah jeruk secara rutin, maka iritasi mata merah tersebut dapat dicegah secara optimal. Beberapa ahli juga mengungkapkan, konsumsi jeruk secara rutin akan membuat mata Anda tampak lebih bening.

19. Jeruk membantu program diet

Program diet dapat berjalan dengan baik, apabila Anda memperbanyak konsumsi makanan sehat dan kaya akan serat. Salah satu makanan sehat dan kaya serat tersebut adalah jeruk.

Baik jeruk bali, jeruk purut, jeruk nipis, ataupun jenis lainnya sangatlah berkhasiat untuk melarutkan lemak dalam tubuh Anda. karena sifatnya yang masam, akan membuat lemak terlarut secara optimal dari dalam tubuh Anda.



Melakukan program diet sehat tidak semata-mata untuk mendapatkan berat badan yang ideal saja, tetapi melalui diet tersebut kita juga berharap akan memiliki bentuk tubuh yang ideal.

Nah jika sobat ingin memiliki bentuk tubuh layaknya gitar Spanyol, silahkan untuk mengonsumsi buah jeruk secara rutin, terutama jeruk nipis. cara ini sudah saya buktikan sendiri, dan hasilnya tidak akan mengecewakan.

21. Mampu menjaga kesehatan sistem syaraf

Sistem saraf akan terjaga kesehatannya dan bekerja secara optimal, manakala Anda mendapatkan asupan magnesium yang cukup. Dalam hal ini buah jeruk mengandung mineral magnesium yang tinggi.

Menurut penelitian yang dilakukan di University of Chicago dari Amerika Serikat, konsumsi buah 1 jeruk akan memberikan tubuh kita sekitar 8 % dari asupan magneisum setiap harinya. dengan demikian, secara otomatis mengonsumsi jeruk secara rutin akan sangat baik untuk menjaga kinerja dan kesehatan saraf.

22. Mencegah kram dan kesemutan

Ketika kita melakukan aktivitas yang berlebihan, terkadang otot sering mengalami yang namanya kram dan kesemutan. Selain disebabkan karena aktivitas berlebih, munculnya kram tersebut juga bisa disebabkan karena kurangnya asupan potassium dalam tubuh.

Seperti halnya buah pisang, buah jeruk juga merupakan buah yang mengandung potassium yang cukup tinggi. potassium pada buah jeruk akan bekerja semakin optimal dengan adanya kandungan mineral kalium. Oleh sebab itu, cegah kram dan kesemutan dengan konsumsi buah jeruk secara rutin setiap harinya.

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kecantikan Alami


Manfaat jeruk bagi kecantikan kulit dan rambut
Masker jeruk baik untuk kecantikan kulit dan rambut


Selain berguna bagi kesehatan, jeruk juga bermanfaat besar bagi perawatan kecantikan kulit dan rambut. adapun manfaat-manfaat tersebut antara lain.

23. Buah jeruk dapat menghaluskan kulit

Buah jeruk memiliki senyawa asam yang bersifat abrasif. Sifat abrasifnya inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk menghaluskan kulit secara alami.

Caranya cukup dengan menggosokan bagian jeruk yang kasar secara perlahan keseluruh bagian wajah. Namun untuk hasil yang maksimal, saya sarankan Anda menggunakan jeruk nipis. sebab sifat abrasif jeruk nipis lebih besar dari pada jenis lainnya.

24. Mampu mengatasi masalah jerawat

Masalah jerawat bisa Anda atasi dengan mudah menggunakan jeruk, khusunya untuk jeruk lemon dan jeruk nipis. Kandungan antibakterial yang tedapat pada jeruk tersebut akan membantu Anda dalam membunuh kuman dan bakteri penyebab masalah jerawat di wajah.

Untuk menggunakannya, cukup dengan memeras jeruk lemon atau jeruk nipis. kemudian gunakan air perasan tersebut sebagai masker alami secara rutin setelah usai mandi.


25. Menghilangkan bekas jerawat

Berbicara mengenai masalah jerawat, seakan tidak lengkap rasanya apabila kita kita membahas mengenai bakas jerawat. Flek hitam yang muncul setelah jerawat hilang merupakan salah satu contoh bekas jerawat.

Untuk mengatasi flek hitam bekas jerawat tersebut, Anda dapat menggunakan masker alami dari perasan air jeruk lemon dan jeruk nipis. caranya cukup dengan mengoleskan air perasan tersebut secara merata.


26. Jeruk mampu menyejukan kulit kepala

Ketika cuaca sedang panas, pastinya kulit kepala Anda akan terasa sangatlah tidak nyaman. Nah untuk mengembalikan kenyamanan tersebut, campurkan air perasan jeruk nipis dengan tonik rambut, lalu diamkan dalam lemari pendingin 15 menitan.

Gunakan campuran antara tonik dan jeruk nipis tersebut untuk membasuh kulit kepala secara merata. Dipercaya kandungan jeruk nipis akan membuat kepala Anda lebih terasa sejuk dan dingin alami.

27. Mencegah masalah kerontokan

Masalah kerontokan dapat muncul dipicu karena adanya efek buruk radikal bebas, terutama radikal bebas dari sinar UVA dan UVB. Cegah radikal bebas tersebut dengan menggunakan masker jeruk secara rutin.

Kandungan vitamin C dalam bentuk antioksidan pada buah jeruk, akan sangat baik untuk menangkal semua radikal bebas penyebab kerontokan pada rambut tersebut. bahkan dengan penggunaan secara rutin, rambut Anda bisa lebih lurus layaknya smoothing.


28. Mambantu melebatkan rambut secara alami

Rambut yang lebat merupakan aset yang sangat berharga dari manusia. sebab tanpa adanya rambut yang lebat, penampilan kita akan terlihat lebih buurk dan tidak maksimal.

Agar Anda memiliki rambut lebat secara alami, silahkan gunakan masker jeruk nipis secara rutin setelah mandi. Dengan penggunaan secara rutin, kandungan mineral pada jeruk akan menutrisi rambut Anda dari dalam sampai ke akar-akarnya.

29. Mengursir kutu

Ini nih guys manfaat jeruk bagi kecantikan yang banyak menuai pujian. Yup, dibalik rasa masamnya buah jeruk ternyata bermanfaat untuk mengusir kutu-kutu yang bersarang di bagian kulit kepala.

Nah oleh sebab itu, bagi Anda yang mengalami kutuan langsung saja siram rambut dengan perasan air jeruk, Anda bisa menggunakan air jeruk lemon untuk hasil yang lebih optimal.

30. Mampu megembalikan kilau rambut secara alami

Khasiat buah jeruk yang terakhir adalah mampu membuat rambut berkilau kembali. Khusus untuk jeruk nipis, lemon, dan jeruk purut bisa Anda manfaatkan untuk mengilaukan rambut seara alami.

Caranya oleskan air perasan jeruk tersebut ke bagian rambut, lalu diamkan sampai kering dengan cara memaparkan rambut di bawah sinar matahari. Setelah kering, bilas dengan air dingin dan lihat hasil perubahannya.

Itulah 30 manfaat buah jeruk bagi kesehatan dan kecantikan yang dapat saya sajikan pada kesempatan kali ini. Konsumsilah buah jeruk secara rutin agar Anda mendapatkan semua khasiat diatas.

Apabila ada pertanyaan seputar khasiat buah jeruk, silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang telah tersedia di bawah.


Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda guys...!



Share: