>

20 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan dan Kecantikan



Khasiat buah anggur untuk kesehatan dan kecantikan
Buah anggur banyak jenisnya


Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan dan Kecantikan – Khasiat buah anggur sebenarnya sudah terkenal sejak jaman dahulu kala. Di Eropa buah anggur sudah dibudidayakan sejak 6.000 tahun yang lalu. Hal tersebut 
membuktikan bahwa manfaat anggur telah banyak diketahui oleh manusia.

Buah anggur sering kita jadikan sebagai minuman sirup, selai, dan bahkan disantap secara langsung. Tanaman anggur dapat tumbuh di dataran tinggi yang memiliki curah hujan cukup rendah, oleh karenanya buah satu ini menjadi sangat segar ketika menyentuh lidah.

Sampai sekarang ini ada sekitar 60 varietas buah anggur telah banyak dikonsumsi oleh seluruh masyarakat dari belahan dunia, termasuk salah satunya dari Indonesia.

Ada banyak sekali khasiat buah anggur bagi kesehatan yang bisa kita dapat, bahkan beberapa ahli juga berpendapat buah tersebut baik untuk merawat kecantikan, terutama kecantikan kulit secara alami.

Munculnya berbagai macam manfaat buah anggur tidak lepas dari kandungan nilai gizi yang ada dalam buah tersebut.

Nilai Nutrisi dan Kandungan Buah Anggur

Anggur memiliki kandungan nilai gizi yang cukup baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Sebenarnya kandungan gizi buah anggur itu berbeda-beda untuk setiap jenis varietasnya, namun secara umum buah anggur mengandung 70 % air, 20 % gula, dan sisanya 10 % kandungan nutrisi lain.

Khasiat buah anggur merah, hijau, biru untuk kesehatan
Konsumsi langsung lebih praktis
Kandungan nutrisi lain tersebut diantaranya seperti:
- Asam galat
- Glukosida
- Asam fosfat
- Mangan
- Zat besi
- Sejumlah vitamin
- Kalsium

Selain mengandung senyawa- senyawa tersebut, ada beberapa varietas anggur yang mengandung senyawa antioksidan cukup tinggi. Kandungan antioksidan tersebut dikenal dengan zat polifenol dan resveratol. Manfaat buah anggur terkait antioksidan tersebut adalah mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel dan jaringan tubuh.

Khasiat Buah Anggur Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah anggur untuk kesehatan tubuh
Jus buah anggur itu menyehatkan

Mengonsumsi buah anggur tidak hanya nikmat di lidah saja, namun kita juga akan mendapatkan manfaat anggur bagi kesehatan yang cukup menakjubkan. Apa sajakah itu?

1. Sumber gula yang baik

Apabila dibandingkan dengan buah durian, nanas, sirsak, dan sebangsanya, buah anggur mengandung kadar GI (Glikemik Indeks) yang lumayan rendah, yakni hanya sekitar 43-53 % saja, lain halnya dengan buah sebangsa durian yang mengandung Glikemik Indeks lebih dari 75.

Dengan demikian, khasiat anggur terhadap kadar gula dalam darah Anda cukup baik. Meskipun manis, tetapi konsumsi buah anggur secara rutin tidak akan membuat kadar gula darah dalam tubuh kita menjadi naik. Sehingga baik untuk pencegahan diabetes ataupun penderita diabetes.


2. Bersifat anti mikroba

Mikroba seperti bakteri, kuman, virus, jamur, parasit, dan sejenisnya dapat kita tangani dengan mengonsumsi buah anggur secara rutin. Sebab dalam buah satu ini mengandung piceatannol yang cukup tinggi.

Menurut penelitian di University of Yale, kandungan tersebut bersifat sebagai anti-mikroba, dimana sifatnya ini akan mampu membunuh segala macam/jenis mikroba yang hidup dalam tubuh kita, termasuk salah satunya pada bagian sistem pencernaan.

3. Mampu menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah anggur untuk jantung juga sangat besar sekali. Seperti kita ketahui bersama, penyakit gagal jantung merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Bahkan hampir setiap 1 menit manusia terbunuh dengan adanya penyakit tersebut.

Namun dengan konsumsi buah anggur, jantung kita akan menjadi lebih sehat. Kenapa? Karena buah satu ini mengandung senyawa resveratrol, kandungan senyawa inilah yang dipercaya mampu melebarkan pembuluh darah menuju ke jantung.

Apabila pembuluh darah sudah melebar, maka resiko penyumbatan pembuluh darah dan pecahnya pembuluh darah akan menurun. Sehingga jantung Anda bisa bekerja secara optimal untuk memompa darah dan mendistribusikannya keseluruh bagian tubuh.

4. Sumber nutrisi vitamin yang cukup baik

Khasiat buah anggur yang besar ternyata bersumber salah satunya dari kandungan vitamin. Ada banyak sekali kandungan vitamin dalam buah tersebut, mulai dari vitamin C sampai dengan kandungan vitamin K.

Menurut para ahli, setiap satu porsi buah anggur mampu menyediakan asupan vitamin C sebesar 16 mg, kandungan vitamin tersebut mampu memenuhi kebutuhan harian sebesar 27-30 % (hampir sama dengan manfaat buah jeruk)

Adapun vitamin yang akan kita dapatkan dari buah satu ini antara lain:
- 22 mg vitamin K (sekitar 28 % dari nilai diet harian)
- 0.4 thiamin (sekitar 27 % dari nilai diet harian)
- Kandungan vitamin E
- Kandungan vitamin A (asam pentatotenat)
- Kandungan vitamin B-6
- Kandungan senyawa folat
- Kandungan beta karoten
- Kandungan alpha keroten.

Khasiat anggur terkait dengan vitamin-vitamin tersebut adalah membantu tubuh menjalankan fungsinya secara maksimal, terutama fungsi organ-organ tubuh dalam melakukan metabolisme setiap harinya.

4. Kaya akan mineral alami (mineral essens)

Manfaat buah anggur tidak hanya datang dari kandungan vitaminnya saja, tetapi kandungan mineralnya pun juga cukup bermanfaat untuk merawat kesehatan tubuh Anda.

Dalam satu porsi buah anggur, Anda akan mendapatkan asupan mineral:
- 288 mg kalium (hampir sama besarnya dengan pisang)
- 0,2 mg mineral tembaga
- 0,1 mg mineral mangan
- 0,5 mineral zat besi.

Selain kandungan mineral diatas, sebenarnya buah satu ini masih mengandung mineral lainnya, tetapi dalam jumlah yang cukup kecil. kandungan mineral tersebut diantaranya adalah kalsium, magnesium, seng, dan selenium.

5. Meningkatkan kemampuan kognitif

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Concord, telah membuktikan bahwa khasiat anggur bagi kemampuan kognitif sangatlah besar, khususnya anggur yang sudah dibuat dalam bentuk olahan jus segar.

Penelitian tersebut dilakukan dengan memberikan beberapa orang konsumsi jus buah anggur selama kurun waktu 3-4 Minggu atau satu bulanan lebih.
Setelah itu kemampuan kognitif mereka meningkat cukup signifikan, terutama saat melakukan uji coba di California Verbal Learning Tes.

6. Menangkal efek buruk radikal bebas

Radikal bebas sangatlah buruk bagi kondisi kesehatan tubuh Anda, sebab melalui radikal bebas inilah sel-sel pada bagian organ tubuh menjadi rusak. 
Akibatnya sel tersebut akan tumbuh menjadi kanker yang mematikan.

Manfaat buah anggur untuk pencegahan radikal bebas dapat muncul disebabkan karena adanya senyawa polifenol dan resveratol. Kedua zat/senyawa inilah yang bertindak sebagai antioksidan penangkal radikal berbahaya bagi tubuh.

Tidak hanya bermanfaat untuk mencegah kanker dengan menangkal radikal bebas saja, tetapi kandungan antioksidan tersebut juga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dari berbagai macam serangan penyakit berbahaya.


7. Membantu pemulihan otot

Khasiat buah anggur selanjutnya adalah membantu pemulihan otot. Ketika kita melakukan olahraga, terutama fitness. Terkadang otot mengalami berbagai macam gangguan, seperti nyeri, perih, dan bahkan kesemutan.

Buah anggur mengandung berbagai macam senyawa mineral alami, kandungan senyawa mineral alami inilah yang berkhasiat untuk memulihkan sel-sel otot yang rusak akibat latihan tersebut.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah anggur mengandung senyawa vitamin C yang cukup tinggi, kandungan tersebut mampu memberikan asupan kebutuhan vitamin sebesar 27 % untuk setiap harinya.

Kandungan vitamin C menurut para ahli sangatlah baik untuk meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Apabila sistem imun telah meningkat, maka tubuh akan terhindar dari berbagai macam serangan penyakit.

Adapun penyakit yang dapat diatasi dan dicegah dengan vitamin C antara lain seperti sariawan, bibir pecah-pecah, influenza, batuk, pilek, demam, dan masih banyak lagi.

9. Mampu melancarkan sistem pencernaan

Khasiat buah anggur bagi sistem pencernaan juga lumayan menarik. Bauh bulat mirip kelereng ini mengandung serat yang cukup tinggi, kandungan serat ini hampir sama pada buah pepaya yang mana berkhasiat untuk melancarkan BAB.

Selain membantu melancarkan BAB, kandungan serat dalam buah anggur dipercaya mampu mengatasi adanya radang usus dan radang lambung secara alami. oleh sebab itu, apabila Anda mengalami peradangan konsumsi segara buah anggur sekarang juga.


10. Mencegah timbulnya penuaan dini

Siapa sih yang tidak ingin tampil awet muda, semua orang pastinya selalu ingin tampil awet muda. Agar Anda awet muda dan terbebas dari penuaan, silahkan konsumsi buah anggur secara rutin.

Sebenarnya manfaat buah anggur untuk awet muda ini sudah diketahui sejak jaman dahulu kala, hal ini dibuktikan dengan banyaknya ratu cantik (termasuk Ratu Cleopatra) yang mengonsumsi buah anggur secara rutin setiap pagi hari.
Anda pun juga bisa mendapatkan khasiat anggur tersebut dengan mengonsumsinya secara rutin setiap harinya.


11. Baik untuk merawat kesehatan mata

Degenerasi makula bisa menyebabkan mata Anda menjadi rabun dan bahkan katarak secara permanen. Namun Anda dapat mencegah degenerasi makula tersebut dengan konsumsi buah anggur secara rutin.

Dikutip dari Merdeka.com, buah anggur mengandung senyawa lutein dan zeaxanthin yang cukup tinggi. kandungan inilah yang menjadikan khasiat buah anggur bagi kesehatan mata cukup besar.

Kedua senyawa tersebut bersifat antioksidan, yang mana sifat antioksidannya ini bermanfaat mencegah radikal bebas penyebab degenerasi makula pada mata.

12. Menjaga berat badan tetap ideal

Ingin berat badan tetap ideal? Buah anggur bisa menjadi solusi impian Anda tersebut. Dikutip dari Healthy Site, setiap 100 gram buah anggur hanya menyediakan 67 kalori untuk tubuh.

Dengan kadar kalori yang rendah, maka buah anggur tidak akan membuat berat badan Anda naik. Malahan kandungan berbagai nutrisi di dalam buah anggur (termasuk serat) akan membantu Anda dalam menjalankan program diet sehat.

Khasiat Buah Anggur Untuk Kecantikan Kulit Alami

Manfaat buah anggur untuk kesehatan dan kecantikan kulit alami
Masker buah anggur untuk kulit cantik 
Manfaat buah anggur tidak hanya sebatas bagi kesehatan saja, tetapi buah satu ini juga cukup bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit secara alami. Berikut beberapa khasiat buah anggur bagi kecantikan yang bisa Anda dapatkan.

13. Mencegah penuaan dini pada kulit

Sama seperti yang disebutkan di point 10 tadi, buah satu ini sangatlah berkhasiat untuk menjaga tetap tampil awet muda. Khasiat tersebut dapat muncul disebabkan karena buah anggur mengandung senyawa antioskidan cukup tinggi.

Menurut berbagai pakar kesehatan, kandungan antioksidan akan sangat baik untuk menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini pada kulit.

Caranya dengan mengoleskan masker buah anggur secara merata pada bagian kulit wajah, terutama pada bagian kelopak mata dan alis. Sebab biasanya kerutan akan mudah sekali muncul pada bagian tersebut.

14. Mencegah dan mengatasi jerawat

Jerawat dapat muncul disebabkan karena adanya pengaruh kuman dan bakteri pada bagian wajah. Anda dapat melawan kuman dan bakteri tersebut dengan menggunakan masker buah anggur yang dikombinasikan dengan air perasan jeruk nipis atau lemon.

Dengan kandungan yang bersifat antibakterial atau anti-mikroba dalam buah anggur, maka segala jenis bakteri penyebab jerawat tersebut dapat dimusnahkan secara optimal.

15. Menghaluskan kulit secara alami

Vitamin C merupakan nutrisi yang sangat baik untuk scrubing pengelupasan sel-sel kulit mati di permukaan wajah Anda. Dalam buah anggur mengandung senyawa vitamin C yang cukup tinggi.

Anda bisa menghaluskan buah anggur dan menggunakannya sebagai scrub alami wajah. Caranya dengan menggosokan halusan tersebut secara perlahan pada kulit wajah.

Selain membantu menghaluskan kulit dengan mengelupasnya sel kulit mati, vitamin C tersebut juga akan membantu regenerasi sel-sel kulit baru secara maksimal. Sehingga Anda tidak perlu lagi suntik vitamin C untuk mendapatkan kulit cerah secara alami.

16. Melembabkan kulit wajah secara alami

Manfaat buah anggur untuk kecantikan berikutnya adalah melembabkan kulit. Baik kulit wajah ataupun bibir Anda bisa memanfaatkan buah anggur untuk melembabkannya.

Dikutip dari Manfaat.co.id, buah anggur mengandung senyawa folat dan vitamin E yang cukup tinggi. Kedua senyawa inilah yang berkhasiat untuk mengunci kelembaban pada bagian lapisan kulit dan mencegahnya menjadi kering secara alami.

17. Melindungi kulit dari sinar UV

Sinar matahari sebenarnya sangat baik untuk kulit, karena sinar matahari akan membantu regenerasi sel-sel kulit baru dan mengencangkannya secara alami.

Akan tetapi tidak untuk sinar UV diatas jam 9 pagi. Karena saat siang hari, sinar matahari tersebut justru akan merusak lapisan epidermis kulit Anda. 

Tidak hanya menimbulkan kulit terbakar saja, tetapi sinar matahari tersebut juga dapat menimbulkan kanker kulit.

Ada baiknya setiap hari Anda mengonsumsi buah anggur, buah satu ini dipercaya mampu menangkal efek buruk sinar UV dari dalam tubuh. Namun agar hasilnya lebih mantap, silahkan gunakan juga sunblock sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan.

18. Mengurangi minyak pada bagian wajah

Apabila kita konsumsi buah anggur, pasti akan terasa sedikit asam. Kandungan asam inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi minyak pada bagian wajah.

Kandungan asam tersebut akan membantu meringkas pori-pori besar di wajah Anda secara alami, sehingga akan meminimalisir keluarnya minyak dari wajah.

Tidak hanya membantu mengecilkan pori dan mengurangi minyak saja, tetapi dengan sifatnya yang abrasif Anda juga bisa menggunakan buah tersebut untuk menghilangkan komedo membandel di wajah.

19. Menghilangkan flek hitam bekas jerawat

Terkadang jerawat yangf hilang dapat menyisakan semacam flek hitam. Munculnya bintik hitam tersebut terjadi akibat adanya sel kulit mati di permukaan epidermis.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan masker buah anggur yang dicampur dengan tomat. Dengan kandungan nutrisi vitamin C dan nutrisi pada buah tomat, flek hitam tersebut bisa hilang dengan sangat mudah sekali.

20. Mampu menghilangkan make up secara alami

Adanya make up pada wajah yang tidak dibersihkan dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat. Sebelum tidur Anda wajib membersihkan sisa-sisa make up tersebut.

Selain menggunakan facial foam, Anda juga bisa mengombinasikannya dengan buah anggur. Dengan kandungan mineral alami dan vitamin dalam buah ini, sisa bedak ataupun krim kecantikan di pori bisa hilang dengan mudah.

Itulah sajian informasi seputar manfaat buah anggur untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Untuk mendapatkan semua khasiat buah anggur diatas, baik khasiat kesehatan ataupun kecantikan, saya sarankan Anda mengonsumsi buah tersebut secara rutin.


Apabila bosan, silahkan buah olahan dari buah anggur seperti jus ataupun sirup rasa anggur. Semoga bermanfaat guys... !

Share: