>

20 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Dengan Mudah

 
Cara menghilangkan mual saat hamil muda
Mual saat hamil itu wajar 

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Dengan Mudah -  Hello sobat cantik, bertemu lagi dengan saya pada kesempatan kali ini. Sebelumnya saya sudah bagikan mengenai cara diet sehat dan cepat yang sangat mudah sekali. Nah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai kehamilan, lebih tepatnya cara menghilangkan mual saat hamil muda trimester pertama.

Sis... sebenarnya mual saat hamil pertama kalinya itu sangatlah wajar sekali, dalam dunia medis rasa mual tersebut sering disebut dengan gejala morning sickness. Rasa mual dapat muncul disebabkan oleh banyak faktor, yang mana salah satunya adalah meningkatnya penciuman pada ibu hamil. Sehingga ketika ibu hamil mencium sesuai yang berbau kurang sedap, dia akan merasa mual dan ingin muntah.

Meskipun morning sickness merupakan gejala kehamilan yang wajar, tetapi jika dibiarkan hal tersebut juga cukup berbahaya bagi kehamilan Anda. sebab ketika memasuki trimester pertama, janin dalam kandungan masih cukup rentan terhadap berbagai macam tekanan dari luar. Dengan demikian, bisa jadi janin akan mengalami keguguran.

Oleh sebab itu, saya akan berbagi cara menghilangkan rasa mual saat hamil pada kesempatan kali ini.

Apa Penyebab Mual Saat Hamil?

Sebelum kita membahas mengenai cara mengatasi mual, sangatlah penting kiranya bagi Anda untuk mengetahui beberapa penyebab dan pemicu munculnya rasa mual saat hamil tersebut. penyebab morning sicknees saat hamil antara lain.

1. Menderita maag/asam lambung

Apakah saat sebelum hamil Anda menderita maag? Jika hal tersebut benar, maka saat hamil Anda akan lebih beresiko mengalami rasa mual dan muntah-muntah, terutama saat perut sedang kosong. Hal ini dapat terjadi karena meningkatnya asam lambung (HCl) saat kehamilan.

2. Hormon estrogen meningkat

Meningkatnya kadar asam lambung dapat dipicu karena terjadinya peningkatan pada bagian hormon, tepatnya hormon estrogen. Biasanya hormon tersebut akan meningkat secara drastis pada pagi hari. Itulah yang juga menjadi alasan mengapa rasa mual sering terjadi pagi hari.

3. Hormon HCG

HCG merupakan salah satu jenis hormon yang dapat mendeteksi kehamilan seseorang. Berikut ini hal-hal yang berhubungan dengan hormon HCG.

- Saat tes urin, alat testpack akan mengidentifikasi terdapatnya hormon HCG di dalam rahim.

- Apabila hormon HCG di dalam rahim telah terbentuk, maka hasilnya akan menjadi positif. Tetapi jika tidak, hasilnya menjadi negatif.

- HCG merupakan sebuah hormon yang diciptakan oleh plasenta atau ari-ari bayi.

- Sebelum janin terbentuk dalam rahim, ari-ari yang mengandung HCG sebenarnya sudah muncul terlebih dahulu.

- Perubahan seperti itulah yang menyebabkan ibu hamil muda menjadi sering merasakan mual.

4. Metabolisme berubah

Memasuki masa kehamilan, Anda akan mengalami perubahan metabolisme tubuh secara singnifikan. Perubahan metabolisme inilah yang tekadang menyebabkan rasa mual dan ingin muntah. Apabila metabolisme sudah terganggu dalam waktu yang lama, sistem imun dalam tubuh Anda bisa berubah menjadi kurang efektif.

5. Pencernaan terdesak oleh janin

Memang rasa mual sering terjadi pada masa kehamilan trimester pertama, tetapi bukan menutup kemungkinan saat hamil tua Anda tidak akan terserang morning sickness tersebut. munculnya rasa mual saat hamil tua terjadi karena adanya desakan janin yang membuat ruang sistem pencernaan lebih sempit.

6. Faktor psikologis

Beberapa ibu mengalami tekanan mental yang cukup berat saat memasuki masa kehamilan. Mereka sering merasa cemas, takut kehamilannnya terganggu, takut gugur, takut anaknya terlahir prematur, dan lain sebagainya. kondisi psikologis seperti inilah yang menyebabkan sering munculnya rasa mual saat hamil muda.

Bagaimana Kondisi Mual yang Bahaya Saat Hamil?

Meski mual-mual saat hamil muda merupakan gejala yang wajar dan sudah umum, akan tetapi sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa kondisi khusus terhadap mual yang berbahaya. Indikasi mual yang berbahaya saat kehamilan tersebut antara lain.

-Saat makan dan minum, Anda disertai dengan mual dan muntah
-Sedikit berkemih dengan jumlah urine yang cukup sedikit
-Badan terus lemas dan lesu, bahkan malas beranjak dari tempat tidur.

Ciri-cri mual berbahaya saat hamil diatas mengindikasikan seorang ibu hamil mengalami penyakit hiperemisi gravidarum. Apakah Anda mengalami gejala mual seperti diatas? Jika iya, silahkan langsung berkonsultasi ke dokter. Sebab penyakit tersebut hanya bisa ditangani dengan perawatan intensif secara medis.

Cara Menghilangkan Mual Saat Hamil Muda Dengan Mudah

Cara menghilangkan mual saat hamil
Minum jahe bantu atasi mual

Agar dapat mengatasi gejala morning sickness tersebut, maka Anda wajib mengetahui cara mengatasi mual saat kehamilan. Sebenarnya untuk mengurangi rasa mual sangatlah mudah sekali, tanpa bantuan medis pun Anda bisa mengatasi masalah tersebut.

1. Perbanyak ngemil    

Cara mengatasi rasa mual yang pertama adalah dengan banyak ngemil. Usahakan setiap beberapa jam Anda mengonsumsi camilan sedikit demi sedikit . ini lebih baik dari pada Anda mengonsumsi banyak makanan tapi jarang. Sebab kebanyakan saat ibu hamil muda, mengonsumsi banyak makan akan membuat rasa eneg menjadi muncul.

Akan tetapi pastikan Anda mengonsumsi camilan yang sehat. Pilihlah camilan yang banyak mengandung senyawa karbohidrat. Karena kandungan karbohidrat akan memberikan energi dan mengatasi lemas saat hamil pertama kalinya.

2. Mengambil jeda setelah bangun tidur

Banyak sekali ibu-ibu hamil setelah bangun tidur mereka langsung beranjak untuk berdiri. Kebiasaan buruk seperti inilah yang menyebabkan rasa mual mudah sekali muncul. Oleh sebab itu, cara mengatasi mual selanjutnya adalah dengan memberikan waktu jeda setelah bangun tidur.

Usahakan setelah terbangun jangan langsung berdiri, tetapi duduklah sebentar di ranjang minimal 15 menit. Hal ini bertujuan agar kepala tidak pusing setelah bangun tidur. Manakala terasa mual, silahkan ambil camilan berupa biskuit ataupun yang lainnya agar tidak muntah.

3. Hindari makanan penimbul gas

Makanan yang memiliki gas sangatlah tidak baik bagi kondisi kehamilan ibu. Terutama saat Anda sedang menginjak trimester pertama kalinya. Makanan yang mengandung banyak gas tersebut antara lain seperti kol, sawi, nangka, durian, sirsak, dan berbagai makanan hasil fermentasi. Hindarilah makanan-makanan tersebut sebisa mungkin.

4. Jauhi makanan eneg pemicu mual

Inilah cara mengatasi mual saat hamil yang paling saya rekomendasikan bagi Anda yang masih trimester pertama. Agar rasa mual tidak menjadi-jadi, silahkan untuk menghindari makanan-makanan yang menjadi pemicu rasa mual atau rasa ingin muntah tersebut.

Untuk mengidentifikasi makanan yang bisa membuat Anda mual, biasanya makanan tersebut Anda anggap sebagai makanan eneg. Makanan-makanan pemicu rasa mual dan muntah diantaranya.

Makanan berlemak tinggi: kandungan lemak jahat yang terdapat pada makanan tersebut bukan hanya akan membuat Anda merasa mual, tetapi juga tidak baik bagi kesehatan janin dalam kandungan.

Makanan berminyak: gorengan merupakan makanan berminyak yang harus Anda hindari. Sebab minyak tidak bisa diurai oleh usu, sehingga akan menyebabkan munculnya rasa mual setelah mengonsumsinya.

Makanan pedas: makanan pedas akan memicu meningkatnya kadar asam lambung (HCl) yang lebih tinggi. dari sinilah rasa mual tersebut akan muncul dan bahkan semakin parah.

5. Minum secukupnya saja

Saat ibu mengalami muntah-muntah, cairan yang ada dalam tubuhnya secara otomatis akan berkurang. Untuk mengatasi hal semacam itu, Anda dapat mengonsumsi banyak cairan berupa air putih.

Tidak hanya mengurangi rasa mual, tetapi dengan mengonsumsi air putih secukupnya, dehidrasi bisa Anda hindari secara lebih optimal.

Mengonsumsi air putih dalam keadaan hangat lebih baik dari pada keadaan dingin. Sebab air yang hangat akan menjadi penetralisir rasa mual dan ingin muntah tersebut.

Akan tetapi jangan banyak-banyak ya sis, soalnya akan menyebabkan perut kembung dan muncul rasa mual yang lebih parah. Pastikan maksimal 8 gelas sehari saja.

6. Mengonsumsi buah bervitamin C

Tahukah Anda sebenarnya buah bervitamin C cukup mujarab untuk mengatasi mual saat hamil? Kandungan vitamin C dalam tubuh dapat menenangkan sistem saraf yang tegang, selain itu vitamin C juga membantu menurunkan kadar HCl dalam tubuh.

Adapun makanan bervitamin C tinggi antara lain seperti jeruk, lemon, jambu, tomat, dan masih banyak lagi. konsumsilah makanan bervitamin C untuk menghilangkan mual saat hamil muda.

7. Mengonsumsi buah dingin

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli di University of Havard, mengungkapkan bahwa buah yang dingin dapat dengan mudah diserap dan diterima oleh usus kita. Itu berarti buah tersebut akan sangat dengan mudah dicerna dalam tubuh dan tidak menyebabkan mual.

Oleh sebab itu cara mengatasi mual selanjutnya adalah dengan mengonsumsi buah dingin. Konsumsilah buah dingin yang sudah dimasukan kedalam freezer secara rutin seperti ketika Anda ngemil tadi.

8. Menghirup udara pagi yang segar

Pencium ibu hamil muda sangatlah peka sekali, terutama peka terhadap bau-bau yang tajam. Dengan kepekaan penciuman inilah terkadang ibu mengalami rasa mual dan ingin muntah.

Untuk menghilangkan rasa mual tersebut, silahkan Anda mencari tempat yang memiliki udara cukup segar. dengan menghirup udara segar di tempat tersebut, maka rasa mual Anda dapat dikurangi secara lebih efektif.

9. Olahraga

Berdiam diri bagi ibu hamil sangatlah tidak bagus, sebab dengan berdiam diri rasa pusing bisa saja menyerang mereka, yang mana dari sinilah timbul rasa mual dan ingin muntah.

Sembari mencari udara segar di pagi hari, Anda dapat melakukan olahraga secara rutin. cukup dengan berjalan-jalan saja Anda bisa menghilangkan mual saat hamil tersebut.

10. Terapi akupuntur

Apabila rasa mual yang Anda alami tidak tertahankan lagi, maka silahkan untuk melakukan sebuah terapi bernama akupuntur. Terapi akupuntur merupakan sebuah terapi yang dilakukan dengan cara totok jarum pada bagian saraf tertentu, sehingga sangat aman apabila diterapkan pada ibu hamil.

Silahkan melakukan terapi akupuntur pada bagian saraf lambung, dengan demikian rasa mual dapat dikurangi secara lebih tepat.

11. Berada di tempat bersuhu ideal

Suhu yang kurang mendukung, dapat menyebabkan rasa mual pada saat kehamilan semakin menjadi-jadi. Hal ini berlaku untuk suhu yang teralalu dingin dan terlalu hangat.
Usahakan Anda selalu berada di suhu yang ideal. misalnya bisa dilakukan dengan mengunjungi tempat-tempat yang sejuk dan berudara segar.

12. Mengonsumsi vitamin B6

Cara menghilangkan rasa mual berikutnya adalah dengan mengonsumsi vitamin B6. Biasanya vitamin tersebut banyak terdapat pada produk-produk susu seperti yoghurt, keju, ice cream, dan masih banyak lagi.
Konsumsilah makanan yang berasal dari produk-produk susu tersebut. akan lebih efektif apabila Anda mengonsumsinya dalam keadaan dingin.

13. Istirahat yang cukup

Untuk mengatasi rasa mual saat hamil, sangat disarankan bagi Anda untuk istirahat secukupnya. Pastikan istirahat setiap hari selama kurang lebih 8 jam.
Dengan istirahat secukupnya, maka saraf ibu hamil akan semakin rileks, sehingga rasa mualpun dapat dikurangi. Namun jangan lebih dari 9 jam ya sis, karena itu sangat tidak baik bagi kesehatan janin dan diri sendiri.

14. Hindari stres atau depresi

Keadaan stres dan depresi haruslah segara dihindari saat memasuki masa kehamilan. Sebab kondisi tersebut akan membuat gangguan psikologis ibu hamil itu sendiri. bahkan lebih parahnya lagi, pertumbuhan dan perkembangan janin akan semakin terganggu jika Anda selalu dalam keadaan stres tersebut.

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menghindari stres. Mulai dari mengunjungi tempat-tempat wisata, melakukan hobi yang disukai, sharing kepada teman dekat, dan masih banyak lagi.

15. Konsumsi minuman yang dapat membuat rileks

Ada minuman-minuman tertentu yang dapat membuat Anda merasa lebih rileks dan tidak merasa mual lagi, minuman tersebut diantaranya seperti.

Jahe hangat: banyak para ahli media yang menyarankan bagi para ibu hamil untuk mengonsumsi minuman jahe. Sebab selain hangat, kandungan minyak atsiri pada jahe juga bisa menghilangkan rasa mual saat hamil muda.

Teh mint: minuman yang satu ini memiliki aroma khas dan rasa menthol yang cukup dingin. Konsumsilah teh mint setiap pagi hari agar rasa mual Anda bisa hilang dan teratasi dengan baik.

Jus lemon hangat: lemon mengandung vitamin C yang cukup tinggi. konsumsilah jus lemon dalam keadaan dingin agar rasa mual Anda dapat hilang dengan mudah dan efektif.

16. Sibukan diri dengan aktivitas menyenangkan

Menyibukan diri dengan aktivitas yang menyenangkan bisa mengalihkan pikiran dan stres Anda. sehingga cukup efektif untuk menghilangkan rasa mual ketika hamil pertama kalinya.

Anda dapat menyibukkan diri dengan menjalani hobi, bermain bersama teman, berjalan-jalan bersama suami, dan masih banyak lagi.

17. Hindari bau menyengat

Seperti yang telah saya ungkapkan diatas, ibu hamil muda relatif memiliki penciuman yang lebih sensitif dari pada biasanya. Oleh sebab itu Anda harus bisa menghindari bau-bau yang menyengat agar tidak menimbulkan rasa mual.

Adapun bau menyengat yang bisa Anda hindari antara lain seperti bau keringat orang lain, bau bahan kimia tertentu, bau asap pabrik, bau kentut, bau busuk, dan masih banyak lagi.

18. Mengonsumsi jus buah

Jus buah juga bisa menjadi cara mudah menghilangkan rasa mual yang Anda alami. namun pastikan jus yang Anda buat tidak menyebabkan rasa eneg di mulut dan lambung. Sebab jika menyebabkan rasa eneg, jus tersebut malah akan membuat Anda muntah.

19. Atasi dengan berbaring

Ketika merasa ingin muntah, silahkan untuk berbaring dan mengatur pernapasan secara perlahan-lahan. Dalam kondisi seperti ini sangat tidak diperkenankan untuk memaksakan diri, sebab akan berakibat sangat fatal. 

Bukan hanya berakibat muntah saja, tetapi kondisi tersebut bisa menyebabkan Anda mudah merasa pusing dan pingsan.

20. Hirup minyak aroma terapi

Cara mengatasi rasa mual saat hamil muda yang terakhir adalah dengan menghirup aroma terapi. Minyak yang memiliki aroma mint, akan membuat pikiran Anda semakin rileks dan tenang. Maka dari itu hirup aroma segar dari minyak aroma terapi tersebut ketika Anda merasakan mual dan ingin muntah.

Itulah beberapa cara mengatasi mual saat hamil muda yang dapat saya sajikan pada kesempatan kali ini. Selain mengatasi rasa mual saat kehamilan, Anda juga harus menjaga daya tahan tubuh setiap saat. 

Sebab dengan daya tubuh yang sehat, tumbuh kembang janin dalam kandungan akan semakin optimal. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi sumber informasi mengatasi masalah kehamilan bagi Anda.

Selamat mencoba dan sukses ya sis !


Share: