>

17 Manfaat Buah Kiwi Luar Biasa Bagi Manusia




Khasiat buah kiwi untuk kesehatan manusia
Buah kiwi segar

buah yang berasal dari dataran China dan sekitarnya. Buah ini termasuk kedalam jenis yang mirip dengan anggur, sebab berbentuk bulat lonjong dan memiliki tekstur lembut di lidah.

Dengan warna hijaunya yang menarik dan rasa cukup eksotis, buah kiwi banyak diminati oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa. Namun dibalik semua itu, khasiat buah kiwi bagi kesehatan dan kecantikan ternyata cukup besar sekali.

Setelah kemarin saya membahas mengenai manfaat buah bit, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai manfaat buah kiwi yang sangat luar biasa bagi manusia. Menurut para ahli, buah kiwi bermanfaat untuk kesehatan, kecantikan, dan ibu hamil.

Khasiat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat buah kiwi untuk kesehatan tubuh
Jus buah kiwi segar



1. Membantu tubuh mencerna makanan

Manfaat buah kiwi untuk pencernaan cukup besar sekali, hampir mirip dengan manfaat buah pepaya yang mengandung senyawa papainya.

Dalam kiwi mentah mengandung senyawa actiniadin, sebuah enzim protein terlarut yang cukup baik untuk membantu tubuh mencerna makanan seperti papain dalam pepaya dan bromelain dalam nanas.

2. Membantu mengelola tekanan darah

Penyakit jantung, stroke, dan hipertensi dapat muncul disebabkan karena adanya pengaruh tekanan darah yang tidak stabil. Terutama apabila tekanan darah tersebut cukup tinggi dan didukung dengan saluran pembuluh darah yang sempit.

Menurut para ahli, buah kiwi mentah mengandung senyawa kalium yang cukup tinggi. dipercaya kandungan kalium tersebut mampu melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah akan berjalan dengan lancar.

Tidak hanya itu saja, kandungan kalium tersebut juga berkhasiat untuk mencegah serangan jantung. Sebab natrium (penyebab serangan jantung) dapat diturunkan kadarnya dengan mineral kalium tersebut.


3. Melindungi tubuh dari kerusakan DNA dan cegah kanker

Oksidasi negatif atau radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel pada DNA, apabila sel tersebut sudah rusak maka tubuh kita akan sangat rentan terkena panyakit kanker yang mematikan.

Buah kiwi mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi, kandungan antioksidan inilah yang mampu menangkal efek buruk radikal bebas, dengan demikian buah kiwi baik untuk mencegah kanker mematikan.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah studi yang dilakukan oleh Collins, Horska, dan Hotten telah membuktikan besarnya manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh. Buah ini dikatakan mengandung vitamin C yang baik untuk memelihara sistem imun atau kekebalan tubuh.

Dengan meningkatnya sistem imun dalam tubuh Anda, maka segala macam serangan penyakit dapat ditangkis. Mulai dari penyakit pilek, batuk, flu, demam, dan masih banyak lagi.


5. Baik untuk diet

Apakah Anda sedang melakukan diet sehat penurunan berat badan? jika benar demikian, silahkan masukan buah kiwi kedalam menu diet sehat Anda. Karena khasiat buah kiwi untuk diet sangatlah menakjubkan sekali.

Menurut berbagai penelitian, buah kiwi mengandung serat tinggi dan glikemik indeks yang rendah. Kandungan serat akan membantu tubuh mengikat lemak berlebih, sedangkan glikemik yang rendah akan mencegah pembentukan lemak.

6. Melancarkan sistem pencernaan

Diare, sembelit, dan disentri merupakan masalah pencernaan yang sering muncul akibat tubuh kurang asupan serat. Untuk mencukupi asupan serat Anda dapat mengonsumsi buah kiwi secara rutin.

Menurut beberapa ahli gizi, buah kiwi mengandung serat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. Tidak hanya mampu mengatasi sembelit dan diare saja, namun jika dikonsumsi secara rutin sistem pencernaan Anda jauh lebih sehat dan lancar.

7. Mencegah pembekuan darah

Manfaat buah kiwi untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah pembekuan darah. Munculnya pembekuan darah sangatlah buruk bagi kondisi kesehatan tubuh kita, sebab pembekuan tersebut menyebabkan stroke dan bahkan serangan jantung.

Konsumsi buah kiwi 2-3 butor setiap hari dipercaya mampu menurunkan resiko pembekuan darah sebesar 18 % dan menurunkan resiko trigliserida sebesar 15 %. Sehingga baik untuk menekan resiko serangan jantung.

8. Baik untuk menekan resiko diabetes

Buah kiwi dikatakan mengandung glikemik yang cukup rendah, sebab ladar glikemik indeks dari buah ini hanya 4. Dengan kandungan GI rendah, buah kiwi tidak akan membuat resiko diabetes menjadi tinggi.

Malahan, kandungan serat larut dalam buah satu ini dipercaya sangatlah baik untuk menurunkan kadar gula dalam darah secara maksimal. Saya sangat menyarankan bagi Anda yang berasal dari keluarga penderita diabetes untuk mengonsumsi buah kiwi secara rutin.


9. Mencegah degenerasi makula

Sebuah studi penelitian telah membuktikan bahwa 110.000 pria dan wanita mengalami penurunan resiko degenerasi makula sebesar 36 % setelah mereka mengonsumsi 3 porsi buah kaya akan lutein dan zeaxanthin.

Menurut para ahli, kedua senyawa tersebut mampu mencegah oksidasi negatif penyebab munculnya degerenasi makula pada bagian organ mata Anda, baik itu pada orang dewasa ataupun anak-anak.


10. Mengatur keseimbangan alkali dalam tubuh

Khasiat buah kiwi untuk keseimbangan alkali dalam tubuh cukup luar biasa. Termasuk kedalam buah yang bersifat “basa”, kiwi mampu mengatur keseimbangan alkali asam basa dalam tubuh.

Dengan adanya keseimbangan alkali ini, metabolisme dalam tubuh akan berjalan dengan lancar. Bahkan beberapa gangguan kesehatan bisa dicegah karena adanya keseimbangan alkali tersebut.

11. Terhindar dari residu pestisida

Buah kiwi pada tahun 2012 sampai sekarang telah termasuk kedalam top 10 makanan yang tidak mengandung residu pestisida, sehingga sangat aman apabila kita konsumsi.

Bagi Anda yang mencari makanan bernutrisi bersifat organik, saya rekomendasikan untuk mengonsumsi buah kiwi yang sudah matang. Sebab kandungan gizi dalam buah ini sangat baik untuk dicerna tubuh.

12. Makanan yang lezat

Anak-anak sangat menyukai makanan yang memiliki rasa cukup lezat dan eksotis. Anda dapat memberikan si kecil konsumsi buah kiwi, karena buah satuini memiliki rasa yang cukup lezat untuk lidahnya.

Selain memiliki rasa lezat, si kecil juga akan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dari buah satu ini. Kandungan nutrisi tersebut antara lain seperti vitamin, mineral, kalsium, dan masih banyak lagi.

13. Membantu proses detoksifikasi

Detoksifikasi merupakan sebuah proses pengeluaran racun dari dalam tubuh. organ yang paling dominan dalam detoks adalah hati atau liver. Untuk mengoptimalkan kinerja liver Anda dapat mengonsumsi buah kiwi.

Sebuah studi di Universitas of Yale, membuktikan bahwa buah kiwi mengandung serat fuzzy yang cukup tinggi. kandungan tersebut dipercaya baik untuk memindahkan racun dari dalam tubuh Anda keluar melalui sistem pencernaan.

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kecantikan Kulit


Gunakan masker kiwi rutin untuk wajah cantik alami


Khasiat buah kiwi tidak hanya untuk kesehatan saja, akan tetapi beberapa praktisi kecantikan juga menyarankan konsumsi buah kiwi untuk menjaga kulit tetap sehat dan cantik secara alami.

14. Baik untuk cegah degenerasi

Degenerasi kulit dapat menyebabkan munculnya berbagai macam masalah kesehatan dan kecantikan. Sinar matahari disinyalir sebagai penyebab utama degenerasi tersebut. Hal ini dibuktikan dengan beberapa orang yang mengalami kanker kulit setelah berjemur di siang hari.

Untuk mencegah efek buruk sinar matahari, Anda dapat mengonsumsi buah kiwi secara rutin. sebab buah ini mengandung vitamin C dan E yang bersifat antiosksidan. Sehingga mampu menangkal efek buruk radikal bebas.

15. Menjaga kulit tetap awet muda


Manfaat buah kiwi untuk kecantikan kulit wajah
Masker buah kiwi


Manfaat buah kiwi terkait antioksidan tidak hanya mampu mencegah degerenasi saja, tetapi kandungan tersebut juga cukup baik untuk mencegah munculnya keriput dan kerutan tanpa penuaan dini.

Caranya cukup dengan menggunakan masker buah kiwi yang dicampur dengan perasan lemon. Gunakan masker alami tersebut secara rutin setelah mandi selama 30 menit saja.

Dengan tidak adanya kerutan dan keriput, Anda akan nampak 10 tahun lebih awet muda dari pada orang lain. selengkapnya baca juga tips sederhana agar tetap selalu awet muda.

Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil dan Menyusui


Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil dan janin
Buah kiwi sangat baik untuk ibu hamil dan janin



Khasiat buah kiwi terakhir adalah untuk ibu hamil dan menyusui. Ada banyak sekali khasiat kiwi untuk kehamilan, mulai dari mengoptimalkan pertumbuhan janin sampai memacu keluarnya ASI yang berkualitas.

16. Mengoptimalkan pertumbuhan janin

Buah kiwi tergolong sebagai buah-buahan yang mengandung berbagai macam nutrisi, mulai dari vitamin, mineral alami, antioksidan, dan lain sebagainya. kandungan-kandungan nutrisi inilah yang mampu mengoptimlkan tumbuh kembang janin.

Menurut sebuah studi penelitian tahun 2009, asam amino dalam buah kiwi mampu mengoptimalkan perkembangan sistem saraf pusat bayi. Sedangkan kandungan kalsiumnya cukup baik bagi pertumbuhan tulang dan giginya.

17. Mengoptimalkan keluarnya ASI

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan ASI, silahkan mengonsumsi buah kiwi secara rutin. Dengan kandungan laktasif, asam folat, dan berbagai mineral alaminya, buah kiwi sangat baik untuk memacu keluarnya air susu tersebut.

Tidak cukup hanya memacu mengeluarkan ASI saja, tetapi kandungan berbagai macam nutrisi di dalamnya sangat baik untuk meningkatkan kualitas air susu Anda kepada si kecil.

Awas ! Bahaya Buah Kiwi Bagi Beberapa Orang

Tidak semua orang diperbolehkan mengonsumsi buah kiwi, beberapa kandungan senyawa dalam buah kiwi dapat sangat berbahaya bagi Anda yang menderita penyakit tertentu. Berikut beberapa orang yang tidak dianjurkan untuk konsumsi buah kiwi.

Penderita ginjal dan batu empedu: buah kiwi mengandung zat oksalat yang cukup tinggi. kandungan tersebut apabila terkonsentrasi secara berlebihan dalam tubuh akan berubah menjadi endapan kristal. Sehingga sangat tidak baik bagi kondisi ginjal dan empedu Anda.

Penderita alergi lateks: buah kiwi mengandung senyawa lateks yang cukup tinggi, sama halnya dengan kandungan lateks pada buah pepaya. Bagi Anda yang alergi dengan kandungan tersebut, saya sarankan tidak mengonsumsi buah kiwi dengan alasan apapun.

Itulah sajian informasi seputar manfaat buah kiwi bagi kesehatan, kecantikan, ibu hamil, dan menyusui. Agar semua khasiat kiwi diatas bisa Anda perolah, saya sangat menyarankan Anda konsumsi sesuai aturan atau tidak berlebihan. Sebab jika berlebihan takutnya nanti kandungan oksalat dalam buah tersebut dapat membuat munculnya batu ginjal.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi kesehatan bagi Anda. Apabila ada yang kurang jelas atau ingin menambahkan, silahkan sampaikan melalui kolom komentar. Selamat mencoba dan merasakan khasiatnya.



Share: