>

16 Manfaat Buah Manggis yang Menakjubkan


Khasiat buah manggis bagi kesehatan tubuh
Daging buah dan kulit manggis itu berkhasiat

16 Manfaat Buah Manggis yang Menakjubkan – Khasiat buah manggis sekarang ini telah menjadi sebuah fenomena yang menarik di kalangan masyarakat Indonesia. mungkin kita sering mendengar dan melihat disana- sini membicara mengenai manfaat ekstrak manggis.

Seperti yang kita ketahui bersama guys, sekarang ini telah banyak sekali produk ekstrak buah dan kulit manggis di pasaran, produk-produk tersebut menggunkan bahan baku manggis karena buah satu ini tergolong sebagai “ratunya buah-buahan”.

Dikatakan sebagai ratu buah, sebab manggis mengandung berbagai macam senyawa yang cukup baik untuk mencegah dan mengatasi berbagai macam penyakit berbahaya.

Para ahli mengungkapkan, dalam buah manggis terkandung 40 lebih senyawa xanthone.senyawa inilah yang disebut dengan antioksidan alami. Selain kandungan antioksidan, buah manggis juga mengandung polikasanida, cathechins, dan polyphenols yang merupakan antikulat atau antibakterial alami.

Kandungan Buah Manggis

Sebagai buah super, manggis tidak hanya mengandung senyawa antioksidan dan antibakterial saja. Tetapi buah tersebut juga mengandung senyawa-senyawa nutrisi berkhasiat lainnya. Khusunya untuk kandungan vitamin dan mineral.

Dalam buah manggis terkandung senyawa vitamin C, B1, dan B2. Sedangkan untuk kandungan mineralnya, buah satu ini juga terbilang cukup lengkap. Antara lain seperti zat besi, niasin, protein, serat fiber, kalsium, dan masih banyak lagi.


Kandungan-kandungan nutrisi seperti inilah yang menjadikan manfaat buah manggis bagi kesehatan sangat tinggi. apa aja khasiat buah manggis tersebut? simak informasi selengkapnya berikut ini.

Khasiat Buah Manggis Untuk Keehatan


Cara membuat jus manggis yang segar dan enak
Jus manggis solusi gaya hidup sehat masa modern



1. Mampu mencegah dan melawan kanker

Khasiat manggis pertama dan juga yang paling menakjubkan adalah mampu mencegah kanker. Penyakit satu ini termasuk penyakit berbahaya di dunia guys. Bahkan bisa dikatakan sebagai pembunur nomor dua setelah serangan jantung.

Menurut Journal of Society for Integratif Oncology, ekstrak buah menggis mengandung senyawa garcinone E. kandungan senyawa ini mampu menghambat adanya pertumbuhan tumor ganas secara abnormal dalam tubuh.

Tidak hanya sampai disitu saja, para ahli juga berpendapat bahwa khasiat buah manggis untuk melawan kanker sangatlah besar. Sebab buah satu ini mengandung antioksidan tinggi berupa senyawa xanthone yang mampu melawan adanya pertumbuah sel secara abnormal.

2. Mampu mengurangi rasa sakit

Dibalik rasanya yang manis, buah manggis sebenarnya mengandung senyawa anti-inflamasi yang cukup tinggi. Dipercaya kandungan anti-inflamasi tersebut sangatlah baik untuk membantu mengurangi rasa sakit, nyeri, radang, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya manfaat manggis bagi rasa sakit, Anda dapat menggunakan buah tersebut untuk mengurangi rasa sakit akibat asam urat, rematik, ataupun luka yang terbentuk di area sekitar tubuh.

3. Mencegah terjadinya infeksi

Infeksi dapat muncul disebabkan karena adanya pengaruh kuman ataupun bakteri. Seperti yang telah saya ungkapkan diatas, buah manggis mengandung senyawa antikulat dan antibakterial yang cukup tinggi. nah kandungan antibakterialnya inilah yang bisa kita gunakan untuk mencegah terjadinya infeksi tersebut.

Manfaat buah manggis terhadap pencegahan infeksi ini juga dibuktikan dengan adanya sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2003 dari Chemical and Pharmaceutical Bulletin.

Dalam penelitian tersebut dsimpulkan bahwa kandungan senyawa polikasanida, cathechins, dan polyphenols mampu mencegah terjadinya sebuah infeksi pada bagian sistem pencernaan yang disebabkan adanya bakteri tuberkolosis.

4. Kaya akan kandungan antioksidan

Buah manggis dikatakan sebagai “ratu buah” karena mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi. yang harus Anda tahu, buah menggis ini mengandung 40 kali lipat kandungan antioksidan dari pada buah-buahan yang lainnya.

Kandungan antioksidan dalam buah manggis berasal dari senyawa xanthone. ada banyak sekali manfaat antioksidan bagi manusia. mulai dari mencegah radikal bebas penyebab penyakit, degenerasi, kerusakan sel, kerusakan jaringan tubuh, meningkatkan daya tahan, dan masih banyak lagi.

5. Baik untuk mengatasi anemia

Anemia dapat muncul disebabkan karena tubuh Anda mengalami kekurangan nutrisi mineral alami, lebih tepatnya mineral zat besi. Sebab kandungan zat besi inilah yang nantinya dijadikan tubuh ketika membentuk sel-sel darah.

Apabila Anda menderita kekurangan darah atau anemia, maka silahkan mengonsumsi buah manggis secara rutin setiap harinya. dalam buah tersebut terkandung senyawa zat besi yang cukup besar. Sehingga Anda akan merasakan khasiat buah manggis bagi anemia secara optimal.

6. Mampu melancarkan sistem pencernaan

Manggis tidak hanya terkenal dengan kandungan antioksidannya saja, tetapi buah satu ini juga diperkaya dengan kandungan serat. Seperti kita ketahui bersama, kandungan serat tersebut sangatlah baik untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh.

Anda bisa mengatasi berbagai gangguan pencernaan dengan konsumsi buah manggis, mulai dari gangguan sembelit sampai dengan diare.

7. Baik untuk program diet

Dengan kandungan rendah gula dan tinggi akan serat, buah manggis bisa Anda gunakan untuk mendukung program diet sehat penurunan berat badan.

Kandungan kadar gula yang rendah tersebut tidak akan membuat Anda mudah cepat gemuk, malahan kandungan seratnya yang tinggi akan membuat lemak-lemak dalam tubuh Anda mudah terlarut melalui sistem ekskresi.


8. Mampu mengurangi kolesterol

Sebuah penelitian mendalam yang dilakukan di Amerika Serikat oleh University of Chicago nampaknya mampu membuktikan buah satu ini berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubu.

Dalam penelitian tersebut diungkapkan setidaknya 34 % kandungan buah manggis adalah lemak baik. Sehingga jika buah satu ini dikonsumsi secara rutin setiap harinya, maka akan sangat baik untuk mengurangi kadar kolesterol jahat berlebihan.

9. Mencegah obesitas

Obesitas atau sering disebut kegemukan, dapat muncul disebabkan karena konsumsi makanan berlemak yang berlebihan tanpa didampingi dengan pola hidup sehat.

Untuk mencegah obesitas, konsumsilah buah manggis. Kandungan serat dan lemak baik yang tinggi dipercaya mampu mengurangi kadar lemak dalam tubuh Anda secara optimal.

10. Mengurangi stres dan depresi

Stres dapat terjadi karena banyaknya masalah kehidupan. Cegah stres Anda dengan mengonsumsi bauh manggis secara rutin. cukup dengan 1 buah sehari saja Anda bisa lebih tenang dalam menghadapi ujian hidup tersebut.

Tidak hanya sekedar mengatasi stres saja, tetapi manggis juga bermanfaat membuat Anda merasa lebih bahagia dari sebelumnya (Mood booster).

11. Mencegah katarak dan rabun

Manfaat buah manggis bagi kesehatan selanjutnya adalah mampu mencegah katarak. Munculnya katarak bisa disebabkan karena adanya degenerasi makula pada bagian mata.

Kandungan antioksidan senyawa xanthones dalam buah manggis dipercaya mampu mencegah radikal bebas penyebab degenerasi makula tersebut. Sehingga dengan mengonsumsi buah manggis secara rutin, mata Anda akan lebih sehat dan bekerja secara optimal.

12. Mampu menjaga kesehatan otak

Kinerja otak akan semakin sempurna apabila didukung dengan konsumsi asam folat yang tinggi, terlebih saat kita masih ada dalam kandungan.

Dalam hal ini buah manggis ternyata mengandung asam folat yang cukup tinggi, bisa dikatakan kandungan asam folat buah manggis hampir sama dengan kandungan asam folat kacang hijau yang notabenya terkenal dengan kandungan tersebut.

13. Mencegah penuaan dini

Ingin tetap awet muda? Inilah buah yang dapat Anda konsumsi secara rutin. khasiat buah manggis dalam mencegah penuaan dini sangatlah besar. Sebab buah satu ini mengandung senyawa xanthone yang mampu mencegah efek buruk radikal bebas penyebab penuaan.

Adapun penuaan yang dapat ditunda dengan buah manggis antara lain seperti keriput, kerutan, garis-garis wajah, dan masih banyak lagi. Anda pun bisa menggunakan masker wajah dari buah manggis untuk mendapatkan semua manfaat tersebut.

14. Mengobati sakit kepala migrain

Khasiat buah menggis selanjutnya adalah mampu mengobati adanya sakit kepala migrain. Sakit kepala satu ini dapat disebabkan karena adanya penegangan saraf pada bagian satu sisi kepala.

Konsumsilah buah manggis secara rutin untuk merileksasi saraf-saraf yang tegang tersebut. Tidak hanya mengobati saja, tetapi buah manggis juga mampu mencegahnya agar tidak datang kembali.

15. Mencegah penyakit alzheimer dan parkinson

Alzheimer dan parkinson merupakan penyakit yang umum menyerang 
seseorang yang sudah berumur 60 tahun keatas. Jika Anda memiliki keluarga yang sudah berumur 60 tahun keatas, waspadalah !

Dengan mengonsumsi buah manggis secara rutin setiap harinya, dipercaya sangatlah baik untuk mencegah muculnya penyakit alzheimer dan parkinson tersebut.

16. Baik untuk wanita yang lagi menstruasi

Manfaat buah manggis yang terakhir adalah baik untuk menstruasi wanita. terkadang saat mentruasi muncul rasa nyeri dan perih pada bagian tubuh tertentu. Anda dapat mengatasi/.mengurangi rasa nyeri tersebut dengan mengonsumsi jus buah manggis secara rutin.

Kandungan mineral alami berupa zat besi, kalsium, kalium, mangan, dan maagnesium dalam manggia sangatlah baik untuk mengurangi rasa nyeri tersebut. Bahkan kandungan anti-inflamasinya yang cukup tinggi dipercaya mampu mengurangi peradangan.

Itulah beberapa manfaat buah manggis bagi kesehatan. Dengan mengonsumsi manggis secara rutin, maka Anda akan mendapatkan semua khasiat diatas dengan cukup mudah.

Manakala ada yang belum jelas dan ingin bertanya, silahkan sampaikan melalui kolom komentar di bawah guys.

Semoga bermanfaat !

Baca juga: 15 manfaat si buah berbintang (belimbing)
Share: