>

15 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan
Buah alpukat segar

 15 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan – Buah 
alpukat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebut dengan avokad yang merupakan turunan dari bahasa Inggris: Avocado. Buah satu ini berasal dari famili Lauraceae bergenus Persea dan memiliki nama latin Persea Americana.

Sesuai dengan nama Latinnya, buah satu ini berasal dari dataran Amerika Serikat dan Meksiko, tepatnya berasal dari Amerika Tengah yang memiliki iklim semi tropis. Tumbuhan satu ini diperkenalkan ke Indonesia pada abad ke-16 oleh Martin Fernandez de Enciso, beliau adalah seorang pemimpin Spanyol yang menjajah Ameri Tengah saat itu.

Manfaat Buah Alpukat di Indonesia

Sampai sekarang ini buah alpukat sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. di negara kita, buah tersebut banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Bijinya bisa digunakan untuk bahan pewarna pakaian yang tidak mudah luntur, sedangkan batangnya yang sudah kering bisa kita gunakan sebagai kayu bakar.

Biasanya perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan produk dari kulit, memanfaatkan kulit pohon alpukat ini sebagai bahan pewarna coklat. Sebab kulit pohon alpukat menghasilkan warna coklat yang sangat sulit hilang meski dicuci berkali-kali.

Dalam dunia farmasi, buah alpukat banyak diracik menjadi ramuan-ramuan herbal oleh para ahli yang sudah profesional. Ada banyak sekali manfaat buah alpukat bagi pengobatan yang bisa kita dapatkan.

Khasiat Buah Alpukat Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh
Jus buah alpukat untuk kesehatan tubuh
Sudah ada banyak sekali ahli yang melakukan riset untuk membuktikan besarnya manfaat buah alpukat bagi kesehatan dan pengobatan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi beberapa khasiat buah alpukat yang telah dibuktikan oleh para ahli tersebut.

1. Mampu mempercepat penyerapan nutrisi

Manfaat buah alpukat yang pertama adalah mempercepat penyerapan nutrisi. Menurut penelitian yang telah dilakukan beberapa tahun yang lalu, buah alpukat memang sangat berkhasiat untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh kita.

Penelitian tersebut dilakukan melalui 2 orang yang mengonsumsi salad, dimana salah satu salad tersebut diberikan potongan buah alpukat. Setelah mengonsumsinya 2 jam, ternyata satu orang yang memakan salad dan potongan buah alpukat memiliki penyerapan nutrisi 5 kali lebih besar dari pada yang tidak mengonsumsinya.

2. Mampu menjaga kesehatan mata

Lutein dalam buah alpukat bisa dikatakan cukup tinggi apabila dibandingkan dengan buah-buahan yang lainnya. Khasiat buah alpukat terkait lutein sangatlah besar bagi manusia.

Lutein merupakan bagian dari senyawa karotenoid yang secara khusu diproduksi oleh kroloplas dan chromoplast tanaman. Kandungan lutein pada alpukat ini bertanggung jawab besar terhadap kesehatan mata Anda.

Menurut para ahli, konsumsi lutein dari buah alpukat secara rutin, maka mata kita akan terhindar dari degenerasi makula yang sangat berbahaya. 

Degenerasi makula ini bisa menyebabkan katarak, rabun, bahkan bisa menyebabkan kebutaan permanen.

3. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Menurut dokter, dalam tubuh kita sebenarnya terdapat sel-sel kanker. Namun setiap manusia memiliki pengaktifan sel kanker yang berbeda-beda, semua itu tergantung dari bagaimana kita menjaga kondisi tubuh setiap harinya.

Terkait dengan manfaat buah alpukat, buah satu ini mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi. dimana kandungan antioksidan tersebut berperan untuk menangkal radikal bebas penyebab pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

4. Mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi

Kolesterol dalam tubuh dapat dibagi menjadi 2 macam, yakni kolesterol tipe baik (HDL) dan kolesterol tipe jahat (LDL). Apabila kolesterol tipe baik jumlahnya lebih sedikit, maka tubuh Anda akan mengalami berbagai macam penyakit yang berbehaya, seperti gagal jantung dan stroke.

Melihat dampak buruk kolesterol jahat tersebut, kemudian para ahli melakukan sebuah penelitian uji klinis melalui 45 orang yang menderita kolesterol jahat lebih tinggi (LDL). Setelah memberikan mereka konsumsi buah alpukat secara rutin selama seminggu, kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh mereka turun sebesar 17 % tanpa mengurangi kadar kolesterol baik di dalam tubuh mereka.

5. Sumber Glutathione antioksidan

Glutathione atau GSH bisa dikatakan ibu dari segala macam antioksidan yang ada. Tubuh kita sangatlah memerlukan kontribusi aktif dari senyawa GSH satu ini. Salah satu manfaat dari antioksidan tersebut adalah anti-anging yakni dengan cara meningkatkan produksi kolagen di dalam lapisan kulit. produksi kolagen inilah yang akan membuat Anda nampak selalu awet muda.


Dikutip dari situs Merdeka, alpukat merupakan salah satu buah yang menjadi sumber utama dari glutathione. Adapun nama-nama lain dengan kandungan GSH seperti bayam, brokoli, asparagus, tauge, sawi, kubis, dan masih banyak lagi.

Hampir semua jenis buah dan sayur segar mampu meningkatkan GSH di dalam tubuh kita. Namun agar mendapatkan hasil maksimal, Anda dapat mengonsumsi kombinasi dari sumber GSH tersebut. seperti konsumsi salad, telur, sawi, dan jus buah alpukat.

6. Mengandung potassium

Potassium merupakan senyawa yang sangat baik untuk mengoptimalkan kinerja fisiologis dalam tubuh. Seperti mengoptimalkan kinerja jantung dan otak.

Mungkin selama ini Anda mengenal buah pisang merupakan sumber potassium yang besar dari buah lain, akan tetapi faktanya buah pisang mengandung potassium yang lebih rendah dari pada buah alpukat. bahkan bisa dikatakan kandungan potassium dalam alpukat 2 kali lipat (975 mg) dari pada dalam buah pisang.

Khasiat buah alpukat terkait dengan kandungan potassium antara lain:
-Membantu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)
-Membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri otot akibat aktivitas berlebih, seperti lari jarak jauh, fitnes, dan lain sebagainya.
-Mampu memelihara keseimbangan cairan, elektrolit, dan asam basa di dalam tubuh Anda.

7. Tinggi protein dan lemak tak jenuh

Dalam buah alpukat setidaknya mengandung empat gram protein. Kandungan protein dalam buah alpukat tersebut akan mampu memberikan kebutuhan protein harian Anda.

Disamping itu, buah alpukat juga mengandung lemak tak jenuh. Kandungan lemak satu ini termasuk kedalam lemak baik. sehingga apabila dikonsumsi akan membantu tubuh kita dalam melawan lemak jahat.

Menurut USDA MyPlate dan Dietary Guidelines for Americans, alpukat mampu menyediakan asam amino yang serupa dengan potassium. Kandungan asam amino tersebut sangatlah baik untuk membangun sel-sel otot dan jaringan tubuh, terutama pada masa pertumbuhan.

8. Memelihara berat badan agar selalu ideal

Apakah Anda sedang menjalani program diet penurunan berat badan? jika hal tersebut benar demikian, maka masukan buah alpukat kedalam menu makan Anda setiap harinya.

Dikutip dari Avocado Central, buah alpukat mengandung lemak jahat yang cukup rendah, sedangkan kandungan seratnya cukup tinggi. dengan demikian, mengonsumsi buah alpukat akan membuat berat badan Anda berada di angka ideal.

Selain membantu menurunkan berat badan, buah alpukat apabila dikombinasikan dengan telur juga cukup baik untuk meningkatkan berat badan. Sebab telur mengandung protein tinggi sebagai sel pembangun, sedangkan alpukat akan menyumbangkan lemak baik sebesar 8 % atau sekitar 3 gram agar protein tersebut dapat bekerja secara maksimal.

9. Baik untuk sistem pencernaan

Manfaat buah alpukat bagi kesehatan pencernaan bisa dikatakan hampir mirip dengan manfaat buah pepaya, sebab kedua buah ini mengandung senyawa serat yang cukup tinggi. kandungan serat inilah yang bertanggung jawab terhadap kesehatan pencernaan Anda.

Kandungan serat dalam alpukat akan membantu penyerapan nutrisi dalam organ pencernaan, selain itu kandungan serat tersebut juga cukup baik untuk mengatasi adanya sembelit (susah BAB).

10. Baik untuk kesehatan ibu hamil dan bayi

Manfaat buah alpukat tidak hanya berguna bagi orang dewasa pada umumnya, tetapi khasiat buah alpukat bagi bayi, ibu hamil, dan menyusui pun juga terbilang cukup besar sekali.

Dengan berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, buah alpukat akan membantu mengoptimalkan pertumbuhan bayi. Baik pertumbuhan saat dalam kandungan ataupun pertumbuhan saat sudah balita.

Sedangkan untuk ibu yang sudah menyusui, kandungan asam folat pada buah alpukat akan sangat berkhasiat untuk melancarkan keluarnya ASI dan meningkatkan kualitas air susu tersebut.

Nah bagi Anda yang ingin memberikan si kecil buah alpukat, berikut saya sajikan tips membuatnya:

- Siapkan 1/8 buah alpukat yang sudah matang dan segar, buah pisang yang sudah ditumbuk (bisa diganti pir atau buah lain), dan yoghurt bagi bayi (rasa apapun terserah).
- Untuk penyajiannya tumbuh buah alpukat dan pisang tadi dalam sebuah wadah kecil sampai benar-benar halus, lalu tuangkan yoghurt diatas tumbukan tersebut dan uleni sampai menjadi bubur.
- Berikan makanan bergizi satu ini kepada si kecil.

Khasiat Buah Alpukat Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Khasiat buah alpukat untuk kecantikan wajah dan rambut
Masker buah alpukat untuk kecantikan 

Manfaat buah alpukat tidak hanya sebatas bagi kesehatan saja, tetapi manfaat alpukat bagi kecantikan pun juga terbilang sangat besar. apa sajakah manfaat kecantikan dari buah satu ini?

11. Membantu menghaluskan kulit secara alami

Scrubing merupakan sebuah perawatan kulit yang berguna untuk membuatnya nampak lebih halus. Anda pun bisa melakukan perawatan tersebut dengan memanfaatkan buah alpukat.

Caranya, tumbuk buah alpukat tetapi jangan sampai terlalu halus. Lalu campur tumbukan tersebut dengan madu alami. Setelah itu, gosokan campurkan tersebut secara perlahan-lahan pada bagian kulit wajah Anda.

Dengan kandungan mineral alami di dalam buah alpukat, maka sel-sel kulit mati penyebab kasar dapat diangkat secara sempurna.

12. Mengurangi minyak di wajah

Minyak di wajah sebenarnya sangatlah bermanfaat, sebab dapat menjaga kulit tetap lembab secara alami. Namun jika minyak tersebut diproduksi secara berlebih, maka akan menyebabkan penyumbatan pori dan munculah jerawat sekaligus komedo.

Buah alpukat mengandung vitamin C yang mampu meringkas pori-pori besar 
penyebab produksi minyak berlebih tersebut, sehingga wajah Anda akan terhindar dari minyak lagi.

Caranya cukup gunakan masker buah alpukat yang dicampur dengan perasan jeruk nipis secara rutin sehabis mandi.

13. Menjaga kelembaban kulit secara alami

Folat dalam buah alpukat sangat baik untuk membantu menjaga kelembaban kulit Anda secara alami. kandungan tersebut menurut para ahli mampu mengunci kelembaban air pada bagian pori, sehingga kulit Anda akan terhindar dari masalah kering dan kusam.

Tidak hanya membantu melembabkan saja, tetapi kandungan tersebut ternyata juga mampu melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar UV.

14. Melebatkan rambut secara alami

Manfaat buah alpukat bagi kecantikan selanjutnya adalah mampu melebatkan rambut secara alami. buah satu ini mengandung senyawa protein cukup tinggi, kandungan protein inilah yang berfungsi untuk memacu pertumbuhan rambut dan melebatkannya secara alami.

Dengan adanya khasiat alpukat satu ini, maka bagi Anda yang memiliki rambut jarang atau botak silahkan untuk langsung menggunakannya.

Cara menggunakan buah alpukat untuk rambut:
- Sediakan 1 buah alpukat yang masih segar dan matang
- Lalu jus atau haluskan buah tersebut tanpa menggunakan tambahan bahan apapun.
- Bilaskan haluskan tersebut pada bagian kulit kepala Anda
- Setelah 30 menit bersihkan dengan menggunakan air dingin.

Manfaat buah alpukat untuk rambut lebat ini akan Anda rasakan setelah menggunakan secara rutin minimal 1 kali selama 1 Minggu.

15. Mampu menghitamkan rambut

Khasiat buah alpukat untuk kecantikan yang terakhir adalah mampu menghitamkan rambut. Rambut hitam merupakan idaman semua kalangan, baik itu wanita ataupun pria.

Nah bagi Anda yang ingin rambut nampak lebih hitam, gunakan hair mask dari buah alpukat secara rutin. Namun untuk hasil yang lebih maksimal, saya sarankan Anda juga menambahkan 3 sendok makan minyak zaitun kedalam perawatan tersebut.

Itulah sajian informasi lengkap seputar manfaat buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan. Dengan mengonsumsi dan menggunakan secara rutin, maka semua khasiat buah alpukat diatas bisa Anda dapatkan secara maksimal.
Selamat mencoba dan semoga berhasil... !

Baca juga: 13 Manfaat buah delima bagi kesehatan dan kecantikan


Share: