>

14 Manfaat Daun Delima Untuk Kesehatan Anda


Khasiat daun delima untuk kesehatan
Daun delima merah

14 Manfaat Daun Delima Untuk Kesehatan Anda – Setelah saya kemarin membahas mengenai manfaat buah delima bagi kesehatan dan kecantikan, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas khasiat daun delima untuk kesehatan.

Khasiat delima sebenarnya tidak hanya berasal dari buahnya saja, namun Anda juga bisa mendapatkan khasiat delima dari daunnya.

Delima sendiri merupakan tamanan yang banyak ditemukan di lembah-lembah Gunung Himalaya antara ketinggian 900 mdpl sampai dengan 1800 mdpl. 

Akan tetapi sekarang buah delima sudah banyak dibudidayakan di Indonesia.
Sudah banyak sekali para ahli dan ilmuwan yang telah mampu membuktikan manfaat daun delima bagi kesehatan. bagi Anda yang belum tahu, berikut saya sajikan informasinya.

Khasiat Daun Delima Bagi Kesehatan Tubuh

1. Dapat mengatasi susah tidur

Susah tidur atau sering disebut insomnia bisa menyerang siapa saja. Insomnia sebenarnya bukan sebuah penyakit, tetapi jika kondisi tersebut dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit berbahaya.

Untuk mengatasinya Anda dapat mengonsumsi air rebusan 3 gram daun delima. dipercaya ramuan tersebut sangatlah baik untuk menenangkan pikiran Anda dan membuat cepat tertidur pulas.


2. Mengobati sakit perut

Salah satu manfaat daun delima bagi pencernaan adalah mampu mengobati sakit perut. Munculnya sakit perut dapat disebabkan karena berbagai macam faktor, salah satunya adalah adanya bakteri dalam lambung.

Untuk membunuh dan memusnahkan bakteri tersebut, rebus 5 gram daun delima dalam 200 ml air sampai tersisa ¼ saja. nah ramuan ini yang berkhasiat untuk membunuh kuman dan bakteri tersebut.

Sebab daun delima sendiri mengandung senyawa yang bersifat sebagai antibakterial dan antiseptik, sehingga cukup baik untuk membunuh kuman ataupun bakteri penyebab sakit perut tersebut.

3. Mengobati disentri

Selain mampu mengatasi sakit perut, manfaat daun delima juga cukup baik untuk mengobati adanya disentri penyebab diare. Disentri muncul dapat disebabkan karena adanya infeksi pada bagian saluran pencernaan. apabila dibiarkan secara terus menerus, infeksi tersebut akan menyebabkan kematian.

Anda dapat mengobati penyakit disentri tersebut dengan cara mengonsumsi air rebusan daun delima secara rutin. Manfaat daun  delima satu ini akan semakin maksimal apabila Anda juga mengonsumsi buahnya.

4. Mengobati penyakit kuning

Penyakit kuning muncul disebabkan karena adanya penumpukan bilirubin pada bagian sel darah dan jaringan tubuh. Sesuai dengan namanya, penyakit satu ini muncul ditandai dengan kulit berubah warna menjadi kekuning-kuningan.

Untuk mengobatinya, Anda dapat mengonsumsi rebusan daun delima. dipercaya ramuan herbal tersebut akan membantu mengurangi adanya penumpukan bilirubin pada bagian darah dan jaringan tubuh Anda.

5. Menyembuhkan penyakit eksim

Eksim merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan karena adanya pertumbuhan sel kulit secara abnormal, pertumbuhan inilah yang menyebabkan luka mirip melepuh pada bagian benjolan eksim.

Dengan mengoleskan tumbukan daun delima, maka penyakit eksim tersebut lama kelamaan akan sembuh dengan sendirinya. Tidak hanya menyembuhkan saja, tetapi kandungan anti-inflamasinya juga berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan eksim tersebut.


6. Mampu mengobati batuk

Khasiat daun delima bagi batuk sebenarnya sudah diketahui sejak jaman dahulu oleh nenek moyang kita. jaman dahulu banyak masyarakat yang mengonsumsi air rebusan daun delima, lada hitam, dan tunas delima untuk mengobati batuk tersebut.

Ada banyak sekali jenis batuk yang bisa kita obati dengan ramuan daun delima, mulai dari batuk berdahak, batuk rejan, batuk kering, dan masih banyak lagi yang lainnya.

7. Mengobati penyakit rektum prolap

Gangguan pada bagian rektum bisa Anda atasi dengan meredamkan diri di dalam air rebusan daun delima dan daun tawas (dalam keadaan hangat). dipercaya kandungan nutrisi di dalamnya akan membantu Anda mengobati gangguan tersebut.

Selain menggunakan air rebusan untuk berendam, Anda juga bisa langsung membasuhkan air rebusan tersebut secara langsung pada bagian yang bermasalah.

8. Mengobati sariawan

Manfaat daun delima berikutnya adalah mampu mengobati adanya sariawan. Gangguan kesehatan mulut ini sering sekali muncul, terlebih saat cuaca sedang panas.

Salah satu penyebabnya adalah adanya bakteri pada bagian mulut yang jarang dibersihkan, Anda dapat membunuh kuman atau bakteri tersebut dengan berkumur menggunakan air rebusan daun delima.

Sebab dalam air rebusan daun delima mengandung senyawa antibakterial dan antiseptik yang dapat membunuh kuman penyebab sariawan tersebut. bahkan dengan berkumur secara rutin, nafas Anda juga akan semakin segar dan wangi.

9. Mengobati gangguan pada bagian telinga

Telinga terkadang mengalami gangguan, seperti munculnya rasa sakit dan nyeri. Untuk mengatasinya Anda dapat memanfaatkan daun delima.

Caranya:
-Ambil daun delima secukupnya, kemudian tumbuh sampai halus
-Sangrai daun delima tersebut bersama dengan minyak wijen
-Gunakan hasil olahan ini sebagai obat tetes telinga.

Akan tetapi sebelum Anda menggunakan tetes telinga satu ini, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau ahlinya. Sebab saya kurang tahu takaran yang pas untuk setiap tetesnya.

10. Mengecah dan mengatasi keriput

Munculnya keriput dan kerupatan merupakan tanda adanya penuaan dini. Dengan semakin banyaknya keriput, maka wajah Anda akan terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Namun dengan mengonsumsi air rebusan daun delima, penuaan dini tersebut dapat Anda cegah secara maksimal. sebab daun delima mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab munculnya penuaan dini.

Adapun jenis radikal bebas yang dapat ditangkal oleh antioksidan tersebut antara lain seperti sinar matahari (UV), polusi, gelombang tertentu, dan masih banyak lagi.


11. Mencegah degerenasi makula

Degenerasi makula dapat muncul juga disebabkan karena pengaruh buruk radikal bebas, terutama radikal bebas dalam bentuk sinar UVA dan UVB. Degenerasi makula akan menyebabkan munculnya rabun, katarak, dan bahkan kebutaan.

Untuk mencegahnya Anda dapat mengonsumsi ramuan daun delima secara rutin setiap harinya, atau bisa juga menggunakan rebusan daun delima sebagai obat tetes mata.

Namun sebelum menggunakan, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau ahlinya, agar lebih aman.

12. Mampu menurunkan resiko obesitas

Bagi Anda yang sedang melakukan program diet sehat, maka silahkan mengonsumsi air rebusan daun delima secara rutin. sebab menurut Li Jun Du dari Tsinghua University di Jepang, manfaat daun delima bagi penurunan nafsu makan sangatlah besar.

Sehingga hal tersebut tidak akan membuat Anda mengalami peningkatan berat badan (obesitas) karena nafsu makan yang berlebihan.

13. Dapat menormalkan siklus haid

Khasiat daun delima selanjutnya adalah mampu mengontrol siklus haid agar tetap selalu normal dan berjalan dengan baik. manfaat daun delima ini muncul disebabkan karena adanya berbagai kandungan mineral alami, mulai dari zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan masih banyak lagi.

Kandungan-kandungan mineral alami inilah yang dipercaya mampu menggantikan senyawa yang hilang saat Anda mengalami menstruasi.

14. Meningkatkan sistem imun

Inilah manfaat daun delima yang sebenarnya. Tidak hanya manfaat buah delima saja yang mampu meningkatkan imun, tetapi daunnya pun juga berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Sistem imun dapat meningkat, karena daun delima mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi. kandungan inilah yang membantu tubuh menangkal radikal bebas penyebab munculnya penyakit dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat daun delima untuk kesehatan. semua khasiat daun delima diatas akan Anda dapatkan maksimal apabila dikonsumsi secara rutin setiap harinya, terutama jika dibarengi dengan konsumsi buah delima yang segar.


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat... !
Share: