>

14 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan, Ibu Hamil, dan Bayi



Mnafaat buah bit untuk kesehatan, ibu hamil, dan bayi
Buah bit kaya akan manfaat kesehatan


14 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan, Ibu Hamil, dan Bayi – Khasiat buah bit bagi manusia sangatlah besar sekali, tidak cukup bagi kesehatan saja namun buah satu ini juga memiliki khasiat besar untuk ibu hamil dan tumbuh kembang bayi.

Buah bit tergolong kedalam buah-buahan yang mahal, sejenis buah tin. Meskipun mahal, Anda tidak boleh meremehkan khasiat buah bit untuk kesehatan manusia. Buah bit mengandung beragam nutrisi yang cukup berkhasiat untuk kesehatan tubuh, baik itu kesehatan tubuh manusia normal, sedang hamil, menyusui, ataupun masih bayi.

Sekilas melihat buah bit, pasti Anda akan mengira ini adalah ubi jalar. Sebab bentuknya memang hampir mirip, akan tetapi buah bit memiliki warna yang lebih kemerah-merahan (mirip darah). Selain berbeda warna, buah ini juga memiliki perbedaan khasiat dari ibu jalar.

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas sedikit mengenai manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh, ibu hamil, dan bayi. Penasaran? Langsung saja simak sajian informasi berikut.

Khasiat Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh Manusia


Khasiat buah bit untuk kesehatan tubuh
Jus buah bit untuk kesehatan tubuh lebih baik

Manfaat buah bit bagi kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi, semua manfaat kesehatan tersebut dapat muncul dari kandungan buah bit berupa mineral dan vitamin.

Dikutip dari situs Manfaat.co.id, buah bit mengandung vitamin C, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, asam folat, serat, kalium, triptofan, betasianin, dan masih banyak lagi. inilah beberapa manfaat buah bit bagi kesehatan yang akan Anda dapatkan.

1. Mengurangi resiko serangan jantung

Serangan jantung sekarang ini telah menjadi penyakit mematikan nomor satu diseluruh dunia. Bahkan bisa dikatakan hampir setiap 1 menit nyawa manusia melayang akibat dari serangan jantung tersebut.

Buah bit mengandung senyawa mineral kalium yang cukup tinggi, dipercaya kandungan ini akan menekan adanya senyawa homosistein dalam tubuh Anda, yang mana homosistein tersebutlah yang menjadi pemicu utama munculnya serangan jantung.

2. Mencegah penyakit stroke

Stroke muncul disebabkan karena penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah, semakin banyak kolesterol maka plak pembuluh darah akan semakin membuat saluran sempit. Hingga pada akhirnya menyebabkan pecahnya pembuluh darah dan terjadilah stroke.

Selain bermanfaat untuk pencegahan jantung, kalium dalam buah bit dipercaya juga mampu melebarkan pembuluh darah. Sehingga darah dapat mengalir dengan lancar dan penyakit stroke tidak akan menyerang Anda.

3. Menurunkan hipertensi (tekanan darah tinggi)

Masih dalam lingkup manfaat buah bit terkait kalium. Senyawa mineral tersebut tidak hanya mencegah serangan jantung dan stroke saja. Namun kandungan kalium tersebut juga baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi. silahkan konsumsi buah bit secara rutin setiap harinya.

4. Mengatasi anemia (kekurangan hemoglobin)

Anemia dapat muncul disebabkan karena kandungan sel darah merah (hemoglobin) mengalami penurunan yang cukup drastis. Penyebab kekurangan sel darah merah ini dikarenakan pengaruh kekurangan senyawa zat besi dalam tubuh.

Untuk mencukupi nutrisi zat besi, silahkan Anda mengonsumsi buah bit. Sebab buah satu ini juga mengandung senyawa zat besi yang cukup tinggi, sehingga baik untuk menambah darah dalam tubuh Anda.

5. Menjaga stamina tubuh

Khasiat buah bit bagi kesehatan selanjutnya adalah menjaga stamina tubuh. Manfaat satu ini dapat muncul disebabkan karena adanya kandungan senyawa nitrat yang cukup tinggi di dalam buah bit.

Menurut para ahli, kandungan senyawa nitrat tersebut mampu membantu tubuh mengikat oksigen bebas di udara dan menyebarkannya keseluruh bagian tubuh.

6. Melancarkan sistem pencernaan

Konsumsi makanan instan, junkfood, dan makanan kurang sehat lainnya dapat menyebabkan perut sakit dan bahkan keracunan. Untuk mencegahnya Anda dapat mengonsumsi buah bit secara rutin.

Menurut para ahli dan ilmuwan, buah bit mengandung senyawa serat yang 
cukup tinggi. kandungan serat tersebut mampu melarutkan berbagai racun yang ada dalam sistem pencernaan, termasuk salah satunya pada bagian perut Anda.

Selain bermanfaat untuk mengatasi sakit perut, dengan konsumsi jus buah bit secara rutin, maka sistem pencernaan Anda akan semakin lancar dan sehat secara alami.


7. Menjaga ginjal dan empedu tetap sehat

Ginjal dan empedu merupakan tempat penguraian racun dalam tubuh yang sebenarnya. Tanpa adanya empedu dan ginjal, sangat mustahil kita bisa hidup di dunia sampai sekarang.

Agar tetap sehat, ada baiknya Anda mengonsumsi jus buah bit secara rutin.  Sebab buah ini mengandung senyawa kalium tinggi yang mampu melarutkan segala macam racun berbahaya dalam tubuh, sehingga bisa membantu kinerja dari ginjal dan ampedu.

Khasiat Buah Bit Untuk Ibu Hamil dan Menyusui


Manfaat buah bit untuk ibu hamil dan bayi
Buah bit baik untuk ibu hamil dan bayi

Baik itu ibu hamil ataupun menyusui, mereka sangat memerlukan yang namanya makanan bergizi. Nah untuk mencukupi gizi tersebut sangat disarankan bagi ibu hamil dan menyusui agar selalu mengonsumsi buah bit.

Tidak hanya mampu mencukupi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil dan menyusui saja, namun khasiat buah bit untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan menyusui pun juga cukup besar. Berikut informasi selengkapnya.

8. Meningkatkan imunitas tubuh ibu hamil

Sistem imunitas ibu hamil haruslah dijaga sebaik muncul, sebab tanpa imunitas yang baik kekebalan tubuh ibu hamil terhadap serangan penyakit akan mengalami gangguan.

Buah bit mengandung vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi, kandungan senyawa itulah yang sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh ibu hamil dan mencegahnya terserang penyakit.


9. Mampu menurunkan berat badan

Ketika hamil bukan, pasti berat badan seorang ibu akan naik cukup dratis. Naiknya berat badan ini cukup wajar, sebab dalam tubuh ibu ada tambahan mahluk hidup (janin). Biasanya setelah melahirkan berat badan ibu akan pulih kembali.

Namun Anda bisa melakukan program diet sehat penurunan berat badan saat hamil. Caranya dengan konsumsi jus buah bit setelah selesai melakukan jalan sehat.

Buah ini mengandung serat tinggi dan kalori yang rendah, sehingga akan sangat baik untuk menurunkan berfat badan Anda tanpa menganggu pertumbuhan janin dalam kandungan.

10. Mencegah penyakit diabetes gestasional

Diabetes pada umumnya dapat dibagi menjadi 3 macam, yakni diabetes melitus tipe 1, diabetes melitus tipe 2, dan diabetes melitus gestasional. Jenis diabetes gestasional inilah yang sangat ditakuti oleh para ibu hamil.

Apabila Anda hamil, harap waspada dengan diabetes jenis tersebut. sebab diabetes gestasional akan membuat si kecil nantinya lahir cacat atau prematur. Akan tetapi untuk mencegahnya Anda dapat konsumsi buah bit secara rutin.

Menurut para ahli, buah bit mengandung kadar glikemik indeks yang cukup rendah. Kandungan GI rendah ini dipercaya tidak akan membuat kadar gula dalam darah Anda naik, malahan kandungan serat terlarutnya baik untuk menurunkan kadar gula dalam darah.


Khasiat Buah Bit Untuk Bayi dan Balita

Tidak hanya sebatas manfaat buah bit untuk kesehatan dan ibu hamil saja, namun banyak ahli juga setuju bahwa manfaat buah bit bagi bayi dan balita sangatlah besar. apa sajakah itu? berikut informasi selengkapnya.

11. Mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi

Khasiat buah bit bagi bayi yang pertama adalah mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi. Khasiat ini dapat muncul disebabkan karena adanya kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi dalam buah bit.

Kandungan kalsium dan fosfor tersebut tidak hanya mampu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi saja, tetapi juga baik untuk menguatkan tulang si kecil. Sehingga si kecil nantinya akan lebih cepat merangkak dan berjalan.

12. Mencegah anemia pada bayi

Anemia tidak hanya diderita oleh orang dewasa saja, namun penyakit kekurangan darah tersebut juga dapat diderita oleh bayi atau balita. Efek anemia pada bayi sangatlah buruk, sebab dari 10 bayi yang terkena anemia 7 diantaranya meninggal dunia.

Untuk mencegahnya Anda dapat memberikan si kecil jus buah bit. Kandungan zat besi dan mineral alami dalam buah satu ini dipercaya mampu meningkatkan jumlah HB (hemoglobin) darah si kecil.

13. Mencegah iritasi, alergi, dan radang pada bayi

Manfaat buah bit untuk bayi berikutnya adalah mencegah adanya iritasi, alergi, dan radang pada bayi. Munculnya gangguan tersebut dapat disebabkan karena adanya pengaruh kuman dan bakteri, bahkan bisa jadi bayi sudah terserang virus.

Dengan kandungan antibakterial, antiseptik, dan anti-inflamasi dalam buah bit, baik itu iritasi ataupun alergi dan bahkan peradangan sekalipun bisa dicegah secara optimal. Sehingga si kecil bisa bermain lebih ceria tanpa rasa takut terkena alergi benda-benda tertentu.

14. Mampu menjaga kesehatan mata bayi

Mata si kecil sangatlah rentan terkena radikal bebas, seperti radiasi sinar UV dan polusi udara. Banyak sekali bayi mengalami kebutaan akibat radikal bebas tersebut. sebab radikal bebas dapat mengakibatkan munculnya degenerasi makula.

Untuk mencegah semua itu agar tidak terjadi pada si kecil, silahkan berikan ia konsumsi jus buah bit secara rutin. Dengan kandungan antioksidan dan beta-karoten yang cukup tinggi, jus buah tersebut baik untuk menangkal radikal bebas.

15. Meningkatkan kecerdasan otak bayi

Inilah manfaat buah bit untuk bayi yang selalu ditunggu-tunggu oleh para ibu. Yup, konsumsi jus buah bit secara rutin akan membuat kecerdasan otak si kecil semakin meningkat.

Khasiat bit satu ini dapat muncul disebabkan karena kandungan asam folat dan protein yang cukup tinggi. kandungan inilah yang mampu mengoptimalkan perkembangan sistem saraf pusat (otak) si kecil.

Anda bisa meningkatkan kecerdasan si kecil dengan cara konsumsi buah bit sejak ia masih ada di dalam kandungan, terutama ketika memasuki trimester ketiga.

Cara Membuat Jus Buah Bit yang Benar dan Lezat

Semua manfaat buah bit diatas tidak akan Anda dapatkan secara maksimal apabila Anda tidak mengolah buah bit dengan benar. Untuk membuat jus buah bit dengan benar, simak berikut ini.

- Pertama ambil 1 buah bit yang masih segar, lalu kupas buah tersebut dengan menggunakan pisau bersih.
- Setelah dikupas, potong-potong buah tersebut dengan bentuk mirip dadu, hal ini berguna agar lebih mudah halus ketika diblender.
- Selanjutnya blender buah tersebut sampai halus. Ingat jangan menambahkan gula ataupun air. Sebab jika Anda tambahkan, khasiat buah bit tidak akan maksimal.
- Nah sekarang silahkan konsumsi jus buah bit tersebut. agar semakin nikmat Anda dapat menambahkan madu alami.

Catatan: Ketika mengolah pastikan alat dan tangan Anda higenis agar tidak akan kuman yang masuk kedalam jus tersebut. Lebih baik lagi apabila Anda menggunakan sarung tangan hiegenis.

Itulah beberapa manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh, ibu hamil, dan bayi. 
dapatkan semua khasiat buah bit diatas dengan mengonsumsinya secara rutin, baik buahnya secara langsung ataupun membuatnya menjadi jus.

Apabila ada yang kurang jelas atau ingin menambahkan, silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang tersedia. Semoga bermanfaat !

Baca juga: 17 Manfaat buah kiwi yang menakjubkan
Share: