>

12 Manfaat Ciuman Untuk Kesehatan dan Bahayanya

Manfaat ciuman untuk kesehatan
Manfaat ciuman bagi kesehatan tubuh Anda



12 Manfaat Ciuman Untuk Kesehatan dan Bahayanya – Apakah sobat cantik pernah melakukan ciuman? Menurut survey WHO, seorang yang sudah menginjak remaja pasti sudah melakukan ciuman bibir. Terutama saat mereka sudah memiliki pacar.

Hayo disini siapa yang suka ciuman di tempat sepi bareng pacarnya?

Tapi tidak perlu malu kok sob sebab manfaat ciuman bagi kesehatan sebenarnya sangatlah besar, namun Anda juga harus memperhatikan bahaya ciuman tersebut.

Sebab ketika bibir kita menyatu dengan bibir pasangan, berjuta-juta virus dan bakteri berkumpul menjadi satu. Nah dari sinilah bahaya ciuman tersebut muncul.

Bahaya Ciuman Untuk Kesehatan

1. Dapat menularkan penyakit

Seperti yang telah saya sampaikan diatas, ciuman dapat menyatukan berjuta-juta bakteri dan virus baik yang berasal dari diri Anda ataupun pasangan. Melalui air ludah inilah kita akan rentan terkena penyakit.

Ada banyak sekali penyakit yang dapat ditularkan melalui ciuman, mulai dari penyakit ringan (flu, pilek, batuk, dll) sampai dengan penyakit berbahaya seperti HIV/AIDS, asma, sampai dengan diabetes melitus.

So, sebelum melakukan ciuman bibir lebih baik Anda dan pasangan memastikan kondisi kesehatan terlebih dahulu. lebih baik lagi apabila Anda melakukan ciuman tersebut setelah sudah menikah.

2. Dapat menyebabkan ketagihan

Inilh bahaya ciuman yang sebenarnya. entah karena rasanya yang nikmat ataupun yang lainnya, ciuman dapat menyebabkan siapa saja merasa ketagihan. Terlebih apabila ciuman tersebut dilakukan dengan lembut.

Menurut ahli psikolog dari UGM, ciuman pada merangsang emosi dan gairah yang lebih tinggi. dari gairah inilah biasanya banyak masyarakat yang kilaf dan melakukan tindakan lebih dari sekedar ciuman.

Oleh sebab itu, lakukan ciuman bibir sewajarnya saja. sebab jika dilakukan secara berlebihan bisa jadi sobat cantik keblablasan melakukan hal yang tidak senonok.

Manfaat Ciuman Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Ciuman tidak hanya memberikan efek buruk bagi tubuh kita dan pasangan, namun manfaat ciuman bibir bagi kesehatan ternyata juga sangatlah besar sekali. Penasaran dengan manfaat ciuman tersebut?  langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Membuat hati merasa lebih senang

Siapa sih yang tidak senang ketika berciuman dengan kekasihnya? Baik itu pria ataupun wanita pasti sangat senang ketika melakukan aktivitas berciuman tersebut.

Ternyata rasa senang tersebut dapat muncul diakibatkan karena adanya hormon dopamin yang meningkat. Hormon dopamin ini mampu memberikan rasa senang dari hati kita yang paling dalam.

Tidak hanya senang saja, tetapi para ahli juga berpendapat ciuman bibir akan menyebabkan hormon serotonin (hormon ketenangan) diproduksi secara optimal. Sehingga manfaat ciuman untuk suasana hati sangatlah besar sekali.

2. Menghilangkan stres

Apakah sobat cantik ada yang mengalami stres? Jika iya, maka silahkan lakukan ciuman bersama kekasih atau suami.

Manfaat ciuman bagi penghilang stres tidak bisa kita anggap sepele lagi. Saat melakukan ciuman pikiran kita akan jauh lebih rileks dan tenang dari pada sebelumnya, dengan demikian kita bisa melupakan segala jenis masalah yang sedang kita hadapi.

Manfaat ciuman bagi stres satu ini mekanismenya hampir sama dengan manfaat yang pertama tadi.

3. Menjaga kekencangan kulit wajah

Manfaat ciuman selanjutnya adalah mampu menjaga kekencangan kulit. menurut para ahli, saat berciuman terjadi pergerakan 34 otot wajah dan 112 otot postural. Apabila otot-otot tersebut sering digunakan (salah satunya dengan ciuman) maka wajah akan semakin kencang dan terhindar dari penuaan dini.

Maka dari itu, apabila Anda ingin tampil selalu awet muda silahkan ciuman secara rutin bersama dengan pasangan kekasih yang halal.


4. Dapat mencegah adanya gigi berlubang

Banyak sekali ahli pakar gigi yang berpendapat bahwa produksi air liur yang baru saja keluar akan menyapu habis segala macam bakteri dan kuman penyebab gigi berlubang.

Nah melalui ciuman bibir inilah produksi air liur tersebut akan bertambah banyak, sehingga sangatlah bermanfaat untuk mencegah munculnya gigi berlubang.

Bahkan beberapa ahli dan pakar gigi juga berpendapat, air liur dari ciuman tersebut bermanfaat untuk menghilangkan plak dan karang gigi secara alami.

5. Mencegah adanya alergi

Manfaat ciuman untuk pencegahan alergi juga cukup tinggi. Para ahli berpendapat bahwa kandungan antiobi IgE, yang menyebabkan produksi histamin dalam tubuh akan berkurang secara signifikan setelah kita melakukan ciuman bibir.

Histamin inilah yang disinyalir menjadi penyebab munculnya alergi-alergi tertentu, seperti bersin-bersin, batuk, kulit bengkak, mata berair, dan masih banyak lagi.

6. Mampu membakar kalori

Membakar kalori tidak hanya bisa Anda lakukan dengan menjalankan program diet sehat saja, tetapi berciuman ternyata juga bisa membantu Anda dalam membakar kalori dan lemak berlebih di dalam tubuh.

Menurut salah satu ahli bernama Dr. Alexander Deewes, berciuman selama 20 menit akan mampu membakar kalori/lemak sebesar 2-3 kalori. Semakin lama aktivitas ciuman tersebut maka akan semakin besar kalori yang Anda bakar.

Manfaat ciuman satu ini dapat muncul disebabkan karena hormon adrenalin diproduksi dalam jumlah banyak, yang mana adrenalin ini merupakan hormon metabolisme pembakaran kalori terbaik.

7. Mampu menyehatkan jantung

Manfaat ciuman untuk kesehatan berikutnya adalah mampu menjaga jantung. Ketika berciuman, mekanisme kerja jantung akan meningkat secara drastis dalam mendistribusikan darah keseluruh bagian tubuh.

Dengan demikian, jantung akan semakin sehat dan bekerja secara optimal. bahkan kinerja jantung tersebut juga akan berimbas pada pengurangan kolesterol dalam tubuh kita.

8. Mampu meredakan rasa nyeri

Nyeri dapat muncul disebabkan karena tubuh mengalami peradangan. Dengan berciuman, maka nyeri tersebut dapat diatasi secara optimal.

Manfaat ciuman satu ini muncul disebabkan karena adanya peningkatakan hormon endorfin dalam tubuh, hormon ini bekerja hampir sama dengan morfin pada narkoba yang mampu meredakan rasa nyeri.

9. Meningkatkan sistem imun tubuh

Sistem imun merupakan salah satu bagian dari sistem kekebalan tubuh kita terhadap berbagai serangan penyakit. Dengan sistem imun yang tinggi, maka kesehatan jauh lebih terjaga.

Banyak ahli yang berpendapat kandungan air liur dapat meningkatkan sistem imun tersebut. Sifatnya yang antibakterial, membuat air liur bermanfaat untuk menyapu kuman dan bakteri yang ada di dalam tubuh.

Akan tetapi selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, air liur tersebut juga bisa menyebabkan munculnya penyakit-penyakit berbahaya, khususnya untuk air liur yang banyak mengandung kuman atau virus dari penderita penyakit tertentu.

10. Membuat hidup lebih lama

Manfaat ciuman bibir bagi kesehatan terakhir adalah mampu membuat hidup lebih lama. khasiat ciuman satu ini secara mengejutkan dibuktikan oleh WHO, dimana dari 10 orang yang gemar melakukan ciuman 7 diantaranya memiliki sistem metabolisme dan organ-organ tubuh yang bekerja secara maksimal.

Dengan metabolisme dan organ bekerja maksimal inilah WHO mampu memprediksi 7 orang tersebut mampu hidup lebih lama dari 3 orang lainnya.

Itulah sajian informasi seputar manfaat ciuman untuk kesehatan tubuh yang dapat saya sampaikan. sobat cantik dapat membuktikan semua manfaat ciuman diatas sendiri, namun ingat jangan sampai kelewatan.

Semoga bermanfaat... !

Share: